manfaat chia seed

Manfaat chia seed ternyata cukup banyak untuk kesehatan tubuh. Chia seed merupakan tanaman yang berasal dari gurun Salvia hispanica dan masih dalam  satu famili dengan jenis tanaman mint.  Chia seed cukup populer karena memiliki kandungan omega 3 yang cukup baik . Biasanya, tanaman ini bisa dikonsumsi mentah atau bisa dicampurkan dengan  sereal, beras, yoghurt, atau sayuran.

Di negara meksiko, hidangan yang biasa disebut chia fresco ini dibuat dengan merendam biji chia ke dalam jus buah atau air. Sifat biji chia memiliki sifat menyerap yang baik, sehingga membuat tekturnya mengembang saat direndam di dalam air.

Nah berbicara mengenai manfaat chia seed untuk tubuh, berikut ulasan selengkapnya dari tim Aplikasi Super untuk para Sedulur.

BACA JUGA : 15 Jajanan Korea Paling Enak & Populer, Saosnya Bikin Ngiler!

-->

10 Manfaat Chia Seed untuk Menangkal Berbagai  Penyakit

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

"	 Manfaat Chia Seed yang Sayang untuk Dilewatkan "
Detik

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Penanganan yang tidak maksimal atau terlambat, bisa mengakibatkan seseorang meninggal dunia. Maka, sebelum penyakit semakin parah, maka perlu tindakan pencegahan dan mengonsumsi makanan sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi chia seed.

Bukan tanpa alasan, chia seed mengandung serat, protein, dan omega-3 yang lumayan tinggi. Sehingga dipercaya bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian  pernah menunjukkan, jika manfaat chia seed memang berguna untuk kesehatan jantung. Meski demikian, harus tetap diimbangi pula dengan pola hidup sehat dan makan- makanan bergizi yang teratur.

BACA JUGA : 8 Vitamin Penggemuk Badan untuk Dewasa, Aman!

2. Mengurangi kadar gula

"	 Manfaat Chia Seed yang Sayang untuk Dilewatkan "
Kompas

Memiliki kadar gula yang tinggi, memang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Sebab, hal ini bisa menimbulkan  penyakit berat seperti diabetes tipe 2. Biasanya kadar  gula yang tinggi secara konsisten dikaitkan dengaan munculnya peningkatan resiko beberapa penyakit  kronis seperti jantung.

Pernah ada suatu penelitian dan dilakukan pada hewan telah membuktikan bahwa salah satu manfaat chia seed adalah dapat atau bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah, serta juga mampu menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Bahkan dalam beberapa penelitian yang ditujukan pada manusia mendukung hal ini dan sangat menunjukkan bahwa makan roti yang mengandung chia seed dapat menurunkan kenaikan gula darah pasca makan dibandingkan dengan memakan roti tanpa kandungan chia seed.

BACA JUGA : 6 Pilihan Obat Cacing Kucing Bagus, Ampuh & Cara Pakainya

3. Mengurangi peradangan kronis

"	 Manfaat Chia Seed yang Sayang untuk Dilewatkan "
Grid

Masalah peradangan kronis dalam tubuh juga jangan pernah dianggap sepele. Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan penyakit lainnya. Peradangan kronis biasanya sering tidak memiliki gejala yang terlihat, namun dapat dinilai dengan cara mengukur penanda peradangan dalam darah Sedulur lho.

Masalah seperti ini pun semakin bertambah berbahaya karena  berbagai kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, sehingga lebih meningkatkan risiko peradangan kronis. Antara lain merokok, jarang olahraga, atau pola makan yang berantakan dan tidak teratur. Dan di sisi lain, makanan sehat tertentu, sanggup mengurangi kadar penanda inflamasi dalam darah.

Pernah ada sebuah penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu  3 bulan pada 20 orang dengan diabetes, menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 37 gram biji chia atau chia seed setiap hari setidaknya dapat mengurangi tingkat inflamasi hs-CRP sebesar 40%. Sebaliknya, mereka yang mengonsumsi gandum, malah tidak akan mengalami manfaat yang signifikan.

BACA JUGA : 14 Produk Keju Mozarella Favorit yang Terjangkau & Berkualitas

4. Menjaga kesehatan tulang

"	 Manfaat Chia Seed yang Sayang untuk Dilewatkan "
Sehatq

Masalah tulang keropos, dan bermasalah di daerah persendian, jangan pernah dianggap sepele. Kasus osteoporosis atau pengapuran bisa terjadi akibat hal ini.  Maka dari itu, mengatur pola makan sehat yang seimbang dan dibarengi dengan menjalani olahraga secara teratur, setidaknya bisa menekan persoalan masalah tulang.

Selanjutnya,  manfaat chia seed memang sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan tulang kita  Sedulur. Tahukah Sedulur,  dalam biji chia atau chia seed mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting untuk kebutuhan tulang kita. Di antaranya adalah, kalsium, magnesium, fosfor hingga mangan. Sebab, kandungan kalsium dari sebuah biji chia dapat dijadikan sebagai sumber mineral yang cukup baik untuk mereka yang mungkin menghindari meminum susu.

BACA JUGA : 14 Vitamin C 1000mg yang Bagus Untuk Jaga Imun Tubuh Kamu

5. Melawan pertumbuhan kanker

"	 Manfaat Chia Seed yang Sayang untuk Dilewatkan "
Bola

Manfaat chia seed untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk melawan pertumbuhan kanker. Kanker menjadi pembunuh nomor satu umat manusia di seluruh dunia. Perlu penanganan serius untuk mengobati penyakit ini. Meski pada umumya harus menggunakan beberapa pengobatan yang mahal, namun cara seperti itu tidak semua orang mampu.

Agar sel kanker tidak tumbuh, maka mengonsumsi chia seed bisa menjadi pilihan. Dilansir dari Draxe, biji chia sangat kaya akan asam alfa-linolenat (ALA) atau sejenis asam lemak omega-3 yang biasa ditemukan pada banyak makanan nabati.

Pada tahun 2013, sebuah studi in-vitro yang pernah diterbitkan di dalam sebuah Journal of Molecular Biokimia pernah menemukan bahwa ALA membantu membatasi pertumbuhan sel kanker payudara dan leher rahim. Para peneliti bahkan menemukan bahwa senyawa tersebut menyebabkan kematian sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat normal dalam tubuh.

Meski demikian, perlu ada kajian lebih lanjut apakah perlub mengetahui implikasi yang lebih dalam dari ALA pada jenis kanker lainnya. Penemuan ini setidaknya membuat chia seed sangat berpotensi untuk menjadi makanan untuk penangkal kanker.

BACA JUGA : Ini Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias, Bisa Jadi Peluang Usaha!

6. Menurunkan berat badan

CNN Indonesia

Obesitas atau penambahan berat badan, bisa sangat berpotensi dalam timbulnya beragam macam penyakit yang kronis. Untuk itu, disarankan untuk selalu menjalankan olahraga dan pola makan yang sehat. Sebab, masalah obesitas bukan persoalan yang sepele.

Chia seed bermanfaat untuk setidaknya menurunkan berat badan yang dialami oleh Sedulur. Caranya dengan menambahkan biji ini ke dalam makanan Sedulur untuk bisa membantu dalam proses menurunkan berat badan. Biji chia berada pada tingkat teratas di antara makanan protein nabati teratas.

Maka dari itulah, mengapa biji chia sangat baik untuk dikonsumsi untuk mereka yang mencoba menggunakan otot tanpa lemak, membakar lemak, mengola rasa lapar serta juga mengatur nafsu makan. Sebuah penelitian lain pernah menunjukan manfaat chia seed untuk diet. Sebab, chia seed dapat mengurangi kadar ghrelin, hormon yang bertanggung  jawab untuk merangsang rasa yang lapar.

BACA JUGA : 24+ Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Perlu Dihindari

7. Mencegah kerusakan sel

https://www.grid.id/read/04122119/term.html
Grid

Manfaat chia seed selanjutnya dipercaya dapat melawan produksi radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan stres oksidatif. Apabila terjadi secara terus menerus, stres oksidatif bisa menyebabkan kerusakan molekul sel dan bisa mempercepat penuaan.

Tak hanya itu, stres oksidatif juga bisa memicu terjadinya kanker. Maka dari itu, kandungan antioksidan dalam chia seed memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan sel, sehingga Anda juga bisa mencegah proses penuaan terlalu cepat dan risiko kanker.

BACA JUGA: 15 Produk Salep Luka Bakar Terbaik yang Aman dan Ampuh

8. Meredakan gejala divertikulitis

Alodokter

Kandungan serat yang tinggi dalam sebuah biji chia atau chia seed, dipercaya dapat mengatasi dan meredakan sebuah gejala divertikulitis. Diverkulitis adalah sebuah peradangan atau infeksi yang terjadi pada divertikula, yaitu kantung-kantung yang terbentuk pada sepanjang saluran pencernaan khususnya di usus besar (kolon).

BACA JUGA : 12 Camilan untuk Diet yang Sehat Enak & Mudah Dicari

9. Menurunkan kolesterol

Alodokter

Manfaat chia seed selanjutnya adalah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol muncul dari pola makan yang tidak sehat atau pola hidup yang kurang teratur, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat. Meningkatnya kadar kolesterol, bisa memuncullkan penyakit kronis seperti jantung, kanker atau penyakit berbahaya lainnya.

Nah, untuk setidaknya menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, bisa dengan mengonsumsi biji chia atau chia seed. Salah satu kandungan dari biji chia atau chia seed yaitu adanya asam lemak omega-3, yang diketahui sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Diketahui, asam lemak omega-3 dikenal mengandung lemak monounsaturated yang dianggap terbukti ampuh dalam menekan kadar lemak jahat.

BACA JUGA : 15 Vitamin Daya Tahan Tubuh Terbaik Agar Tidak Mudah Sakit

10. Mengatasi rambut yang rontok

Kompas

Bagi Sedulur yang mengalami rambut rontok, jangan pernah dianggap sepele dan harus segera diatasi. Untuk membantu menjaga kekuatan dan pertumbuhan rambut, Sedulur perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin  E. Nah, salah satunya adalah mengonsumsi chia seed.

Meski memiliki serat yang kaya, namun alangkah baiknya agar tidak mengonsumsi chia seed secara berlebihan. Bahaya chia seed salah satunya adalah, bisa memicu gangguan dalam masalah pencernaan, resiko tersedak hingga berpotensi menyebabkan kanker prostat.

Nah, demikian ulasan mengenai  manfaat chia seed untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat ya Sedulur. Supaya terbebas dari berbabagai macam penyakit.

Tak hanya untuk dewasa, ada pula manfaat chia seed untuk bayi. Antara lain untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, menyehatkan otak, serta memperkuat tulang dan gigi anak. Chia seed juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Antara lain sebagai campuran jus atau fruit bowl, serta bisa juga sebagai chia pudding.

Untuk membeli bahan-bahannya, Sedulur tak perlu repot. Cukup download Aplikasi Super saja, dan cari kebutuhan pokok yang Sedulur butuhkan dengan harga terbaik!