Camilan dalam bentuk minuman dan makanan ternyata dapat menjadi bagian dari jenis pola makan yang sehat. Akan tetapi, kebiasaan yang satu ini boleh dilakukan asalkan tidak mendatangkan terlalu banyak asupan kalori ke dalam tubuh dalam satu hari. Hal ini tentu bisa dikontrol dengan mengonsumsi cemilan untuk diet sebagai alternatif.

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan adanya hubungan antara camilan dengan berat badan. Oleh sebab itu, beberapa orang memilih untuk memasukkan cemilan sehat untuk diet di dalam menu diet yang mereka jalani, sementara untuk yang lain tidak.

Dilansir dari British Nutrition Foundation, mungkin saja hal ini terjadi dengan pengaruh sejumlah faktor. Seperti rasa lapar sampai faktor lingkungan. Apabila ingin tetap ngemil pada saat menjalani diet, maka makanan tersebut harus berperan untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi.

Misalnya saja, cemilan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan asupan sayuran dan buah yang mungkin saja susah untuk dimasukkan dalam menu biasanya. Untuk itu, tidak jarang pula cemilan dimasukkan ke dalam menu sehat. Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi cemilan diet rendah kalori bagi Sedulur yang sedang menjalani diet ketat.

-->

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Produk Minyak Goreng untuk Diet, Bikin Sehat!

Ragam pilihan camilan untuk diet sehat

Sedulur yang ingin memasukkan camilan ke dalam menu diet tidak perlu bingung. Sebab ada beragam pilihan camilan sehat yang dapat ditemukan di pasaran bahkan harganya juga cukup terjangkau. Berikut 12 rekomendasi camilan sehat untuk diet yang bisa dicoba.

1. Kacang-kacangan

cemilan untuk diet
Pexels

Bisa dikatakan jika kacang-kacangan ini adalah cemilan diet yang murah. Snack sehat ini sangat cocok bagi Sedulur yang sedang menjalani diet. Untuk beberapa orang, mungkin saja kacang menjadi “musuh” dalam menu diet karena mengandung lemak dan juga kalori yang cukup tinggi.

Walaupun begitu, kacang ini dapat jadi pilihan yang baik pada saat Sedulur tahu dan paham tentang bagaimana cara mengonsumsinya. Hal ini karena kacang memiliki kandungan lemak sehat dan protein yang baik. Tidak hanya itu, lemak dan serat yang ada di dalam kacang-kacangan juga akan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.

Akan tetapi, makanan yang satu ini tidak disarankan untuk ditambahkan ke semua jenis makanan. Sedulur dapat menambahkan kacang ke dalam mangkuk sereal maupun yogurt ketika sarapan supaya bisa menjalani hari dengan perut yang kenyang lebih lama.

2. Greek yogurt dengan madu dan blueberry

iStock

Sedang mencari cemilan malam untuk diet? Salah satu cemilan yang tepat yakni greek yogurt dengan tambahan madu dan blueberry. Camilan ini memang terasa manis, bertekstur creamy, dan dapat membuat lidah bergoyang saking lezatnya.

Tidak hanya lezat, kombinasi antara serat, lemak sehat, dan protein yang ada di dalam yogurt juga sangat ampuh untuk mengatasi lapar. Sedulur juga bisa mencoba untuk menambahkan buah berry seperti raspberry atau blueberry pada saat mengonsumsi yogurt ini.

Menurut International Journal of Molecular Sciences, berry merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh manusia. Kandungan antioksidan inilah yang nantinya akan membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit kronis, terutama ketika menjalani program diet.

3. Dark chocolate

cemilan untuk diet
Pexels

Sebagian orang mungkin menganggap jika cokelat berpotensi untuk menaikkan berat badan dalam waktu singkat. Namum hal tersebut tidak berlaku untuk dark chocolate. Karena adanya kandungan antioksidan seperti polifenol dan katekin yang ada di dalamnya membuat jenis cokelat yang satu ini diyakini mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Salah satu manfaat paling jelas dari dark chocolate tersebut yakni mampu membantu mengendalikan nafsu makan, terlebih lagi pada saat menjalankan diet. Ini berhasil dibuktikan melalui suatu penelitian kecil yang telah dimuat dalam Jurnal Nutrition and Diabetes.

Walaupun begitu, Sedulur harus tetap berhati-hati karena mengonsumsi terlalu banyak dark chocolate justru akan membuat berat badan melonjak naik. Jika tujuan utamanya adalah cemilan untuk diet, maka selalu batasi konsumsi jenis cokelat ini.

4. Buah dan sayur

iStock

Jika Sedulur tidak sempat atau tidak mau ribet untuk menyiapkan cemilan diet, maka buah dan juga sayur mungkin dapat menjadi alternatif yang terasa sangat praktif. Pasalnya, porsi buah atau sayur yang cukup banyak bisa membuat perut tetap merasa kenyang walau dengan kandungan kurang dari 100 kalori. Beberapa opsi buah dan sayur di bawah 100 kalori yakni seperti berikut.

  • 20 kacang polong: 28 kal
  • 20 tomat ceri: 61 kal
  • 20 wortel ukuran sedang: 70 kal
  • apel ukuran sedang: 95 kal
  • dua buah kiwi: 84 kal
  • jeruk sedang: 65 kal
  • paprika merah sedang: 37 kal
  • pisang ukuran kecil: 90 kal

Misalnya saja untuk perbandingan satu stik keju rendah lemak memiliki kandungan sekitar 4,5 gram lemak dan 60 kalori. Lemak dan protein ini memang mampu menekan nafsu makan. Namun satu stik keju saja akan terasa sangat kurang untuk memuaskan rasa lapar. Berbeda jika Sedulur mengonsumsi 20 buah wortel.

BACA JUGA: 5 Tips Diet Sehat Mudah yang Bisa Kamu Coba

5. Chia puding

cemilan untuk diet
Pexels

Bagi Sedulur yang menggemari puding tapi ingin diet, tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa mengonsumsi puding tersebut dengan menambahkan biji chia. Chia pudding ini termasuk salah satu cemilan untuk diet yang bisa dibuat sendiri paling nikmat.

Jadi, biji chia itu termasuk makanan yang kaya akan serat. Tentu saja biji ini dapat dimasukkan ke dalam menu diet, baik itu diet keto maupun vegan. Biji ini sendiri merupakan sumber antioksidan yang juga dinilai mampu membantu mengurangi peradangan serta membuat kesehatan jantung meningkat.

Walaupun tidak mempunyai banyak pilihan rasa, biji-bijian ini mempunyai tingkat kekentalan yang sangat mirip dengan agar-agar saat direndam. Camilan sehat ini sangat cocok untuk orang yang sedang diet penurunan berat badan, karena kandungan kalori di dalamnya kurang dari 200 kalori.

6. Hummus

cemilan untuk diet
iStock

Hummus adalah bentuk dari olahan kacang arab atau chickpea dengan penambahan sedikit biji wijen serta minyak zaitun. Cemilan yang satu ini dikenal sebagai sumber protein yang baik, jadi sangat cocok dijadikan cemilan untuk diet.

Walaupun memiliki kandungan lemak, sebagian besar lemak dalam makanan ini bukanlah lemak jenuh. Sedulur dapat memanfaatkan hummus sebagai dip sauce yang dinikmati bersamaan dengan sayuran yang endah kalori seperti tomat atau mentimun.

Untuk 2 sendok makan hummus terkandung paling tidak sekitar 50 kalori serta 2,8 gram lemak. Sedulur bisa menyesuaikan kebutuhan kalori harian saat mengonsumsi hummus ketika menjalani diet penurunan berat badan.

7. Telur rebus

Pexels

Bicara soal camilan rebus untuk diet, maka jawaban yang paling tepat adalah telur rebus. Walaupun telur rebus ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, ternyata dapat Sedulur manfaatkan untuk cemilan sehat pada saat menjalani diet. Hal ini karena telur rebus telah dilengkapi dengan protein tinggi, vitamin B12, serta vitamin K2.

Dengan mengonsumsi telur rebus, tentu saja akan membuat perut terasa kenyang lebih lama dan juga mengurangi jumlah kalori yang akan Sedulur konsumsi sepanjang hari ini. Dengan ini, maka berat badan pun bisa menurun. Banyak yang menyebutkan metode ini sebagai diet telur. Diet satu ini juga mengandung asam amino yang mampu membantu tubuh kita untuk mengendalikan berat badan.

Asam amino juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan juga meningkatkan massa otot. Sedulur bisa memulai mengonsumsi telur rebus ketika sarapan, dan hari akan diawali dengan kondisi perut yang kenyang dalam waktu lama.

8. Keju rendah kalori

iStock

Kebanyakan keju memang tinggi akan kandungan kalori dan lemak, namun ada beberapa yang tidak. Salah satu jenis keju rendah kalori yang cocok untuk digunakan sebagai cemilan pada saat menjalani diet adalah keju cottage. Jenis keju ini memiliki warna putih dan teksturnya terasa sanhat lembut karena dibuat dengan menggunakan dadih susu sapi yang diliarkan.

Jika dibandingkan berbagai jenis keju yang lainnya, jenis keju cottage ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi yakni sekitar 8,3 gram tiap 100 gram. Selain itu, ternyata jenis keju yang mengandung banyak protein ini mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah, jadi sangat cocok untuk diet. Melansir penelitian dari The British Journal Nutrition, mengonsumsi makanan dengan protein yang tinggi bisa meningkatkan rasa kenyang untuk bertahan lebih lama.

Pada akhirnya, hal ini bisa membantu Sedulur untuk mengurangi asupan kalori secara keseluruhan yang bisa saja menurunkan berat badan. Kamu bisa mengoleskan keju yang satu ini di bagian atas roti maupun ditambahkan ke masakan telur orak-arik sesuai selera.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Makanan Untuk Diet Sehat Yang Harus Dicoba

9. Oatmeal

cemilan untuk diet
Pexels

Perlu untuk Sedulur ketahui jika oatmeal itu tidak hanya cocok dimakan sebagai menu sarapan sarapan. Tentu saja kamu juga bisa mengonsumsi makanan ini kapan saja, termasuk sebagai cemilan. Tingginya kandungan serat yang ada pada oatmeal menjadikannya sebagai cemilan yang enak dan mengenyangkan.

Serat larut yang terkandung di dalam oatmeal ini mampu menghasilkan suatu gel dalam sistem pencernaan Sedulur. Ternyata gel tersebut mampu menunda pengosongan lambung sehingga membuatmu bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Dengan begini, maka kamu bisa mengurangi asupan makan secara berlebih agar berat badan bisa menurun.

Sedulur bisa menemukan cemilan untuk diet di Indomaret dengan merek Quaker. Usahakan untuk memilih oatmeal yang tidak memiliki rasa alias plain. Tidak masalah jika oatmeal yang dipilih terdapat taburan buah blueberry di atasnya karena itu justru memberikan khasiat yang lebih baik.

10. Popcorn tawar

Pexels

Tidak banyak yang tahu jika popcorn ternyata dapat dipilih sebagai cemilan untuk diet yang sehat. Menurut fakta, popcorn itu juga termasuk salah satu sumber serat yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan kalori yang ada pada popcorn juga terbilang yang rendah.

Maka dari itu, banyak orang yang menganggap jika popcorn mampu membantu menurunkan berat badan juga membuat perut terasa lebih kenyang dalam waktu lama. Tidak hanya itu, dalam jumlah kalori yang sama popcorn bahkan dinilai memiliki manfaat yang lebih baik jika dibandingkan dengan keripik kentang.

Walau begitu, usahakan untuk memilih popcorn tawar tanpa rasa demi menghindari tambahan garam dan gula secara berlebih. Pastinya kandungan gula dan garam tambahan pada makanan ringan tersebut yang menyumbang banyak lemak dan kalori pada tubuh manusia.

11. Buah zaitun

iStock

Biasanya buah zaitun ini diolah menjadi minyak yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan  kesehatan. Ternyata buahnya juga dapat Sedulur jadikan sebagai cemilan pada saat menjalani program diet alias menurunkan berat badan.

Selain itu, buah zaitun ini termasuk salah satu makanan pokok yang digunakan dalam program diet Mediterania. Hal ini karena buah berwarna hijau tersebut kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk jantung dan menyumbang antioksidan berupa oleuropein.

Tingkat kepadatan kalori pada buah zaitun juga cukup rendah, jadi bisa digunakan untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Setelah mengonsumsi buah zaitun, maka tubuh akan tetap merasa kenyang.

12. Biskuit kedelai

SOYJOY

Biskuit kedelai sangat cocok sebagai cemilan saat menjalani diet. Merk cemilan untuk diet yang dimaksud ini adalah Soyjoy. Sudah sejak lama brand ini dipercaya sebagai cemilan yang sehat tanpa pemanis buatan ataupun pengawet.

Tingginya kandungan protein dan serat yang pada pada biskuit lembut ini dinilai mampu membuat Sedulur untuk mengontrol nafsu makan. Hal ini karena kandungan tersebut bisa memberikan rasa kenyang di tubuh Sedulur dalam waktu yang lebih lama.

Untuk saat ini, Soyjoy telah menyediakan lima buah varian rasa yaitu raisin almond, almond & chocolate, hawthorn berry, banana, dan juga strawberry. Untuk satu batang biskuit Soyjoy ini hanya mengandung 80 kalori. Jadi sangat aman bagi Sedulur yang sedang diet.

BACA JUGA: 12 Susu Diet Terbaik Untuk Turunkan Berat Badan

Manfaat konsumsi camilan saat diet

cemilan untuk diet
iStock

Seperti disampaikan sebelumnya, hingga kini belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan adanya hubungan antara camilan dengan berat badan. Oleh karenanya, ngemil atau makan camilan tidak bisa serta merta dijadikan kambing hitam atas naiknya berat badan apalagi menjadi faktor “gagalnya” program diet seseorang.

Sebaliknya, mengkonsumsi camilan sehat malah bisa mendukung program diet yang dijalankan. Sebab, camilan ternyata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan selama dikonsumsi secara tepat. Selain itu, perhatikan juga kandungan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi sebagai menu camilan di antara waktu makan.

Lantas, apa saja manfaat camilan untuk kesehatan? Berikut rangkuman informasinya.

  • Membantu mengontrol nafsu makan sehingga menghindarkan dari makan dengan porsi yang terlalu banyak atau bahkan berlebih.
  • Membantu menjaga kecukupan nutrisi dalam kondisi tertentu, misalnya seseorang dengan gangguan makan sehingga tidak bisa mengonsumsi makanan dengan porsi yang cukup.
  • Membantu menjaga gula darah tetap stabil di tengah melakukan aktivitas.
  • Membantu tubuh untuk pulih dengan cara menggantikan energi yang hilang setelah berolahraga ataupun melakukan aktivitas lainnya.

Itulah beberapa cemilan untuk diet yang aman untuk Sedulur coba ketika sedang menjalankan program penurunan berat badan. Ya, salah satu hal yang sangat sulit dihindari ketika diet adalah menghindari makan cemilan. Namun dengan beberapa cemilan yang sudah dijelaskan di atas, dijamin diet Sedulur tetap terasa menyenangkan.

Sebagai referensi, Sedulur bisa berbelanja aneka camilan sehat di Aplikasi Super. Selain membeli dalam bentuk siap makan, Sedulur juga bisa membuat camilan sehat sendiri menggunakan bahan-bahan yang tersedia di sana.

Menariknya lagi, ada banyak voucher diskon, cashback, dan gratis ongkir yang bikin belanja di Aplikasi Super makin menguntungkan. Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan belanja camilan serta bahan makanan sepuasnya tanpa takut dompet jebol!