Ketika mengalami kulit terbakar, Sedulur harus segera mengoleskan salep luka bakar. Hal tersebut bertujuan agar luka bakar tidak parah dan menyebar. Namun, kadang juga kita tidak dapat menghindari bagian-bagian tubuh yang akan terkena panas dan kemudian akhirnya terbakar.

Salep luka bakar hadir sebagai solusi untuk mengatasi masalah luka bakar tersebut. Meskipun dapat sembut tanpa diobati, namun mustahil untuk sembuh dalam waktu cepat. Agar lebih aman, Sedulur juga dapat menggunakan salep scara klinis dan medis, agar aman untuk kulit Sedulur.

Namun sebelum masuk pada daftar salep yang bisa Sedulur gunakan, Sedulur perlu mengetahui tingkatan-tingkatan luka bakar yang bisa Sedulur alami:

  • Luka bakar tingkat 1 (superficial burn): pada tingkatan ini luka bakar hanya mempengarhui epidermis atau lapisan kulit luar saja. Secara tampilan kulit yang terdampak luka ini akan terlihat kering dan terasa sakit. Tanpa diobati pun, luka bakar tingkatan ini akan sembuh dalam waktu 7-10 hari.
  • Luka bakar tingkat 2 (super partial-thickness burn): pada tingkatana ini, luka bakar yang diderita sudah sampa pada bagian epidermis kulit dan sebagian dermis kulit. Luka akan tampak merah, lecet, melepuh, bengkak dan terasa sakit. Jika tidak diabat, luka ini akan lama untuk sembuh. Maka dari itu perlu ditangani dengan menggunakan obat.
  • Luka bakar tingkat 3 (full thickness burn): pada tingkatan ini kerusakan jaringan telah mengenai seluruh lapisan epidermis dan dermis, bahkan lebih dalam lagi. Secara klinis, kulit tampak putih kasar dan terlihat hangus serta mati rasa. Sedulur bisa menggunakan perawatan medis untuk mengatasi luka pada tingkatan ini.

Untuk mengatasi luka bakar pada setiap tingkatan, terdapat beberapa rekomendasi salep yang bisa Sedulur gunakan. Berikut ini beberapa rekomendasi salep yang bisa Sedulur gunakan, yuk mari langsung kita cek daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: 9 Penyakit Kulit yang Sering Menyerang & Cara Mengobatinnya

1. Bioderm Cream

1. Bioderm Cream
halodoc

Rekomendasi salep luka bakar yang pertama yang bisa Sedulur gunakan adalah Bioderma Cream. Salep ini mengandung gentamicin sulfate yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Selain itu, kandungan tersebut juga memiliki antibiotik aminoglikosida, yang mampu membunuh bakteri yang dapat menyebabkan kulit terinfeksi.

Kandungan tersebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang ada pada luka bakar Sedulur. Sedulur hanya tinggal menggunakan salep ini ke bagian kulit yang terkena luka bakar atau terinfeksi. Baik dermatitis yang terinfeksi, furunkulosis, atau acne pustularis. Sedulur bisa mendapatkan salep ini dengan harga Rp 20.000. Sangat terjangkau ‘kan?

2. Betadine Anti-Septic Ointment

2. Salep luka bakar Betadine Anti-Septic Ointment
tokopedia

Betadine terkenal dengan produk kesehatan, terutama untuk penanganan luka. Melalui produk Betadine Anti-Septic Ointment, produk ini dapat digunakan untuk membunuh kuman dan mencegah infeksi yang terjadi pada kulit Sedulur. Salep ini mengandung anti-septik yang dapat membuat proses penyembuhan menjadi cepat sembuh.

Salep untuk luka bakar ini memiliki kandungan lain povidone-iodine sebanyak 10% yang dapat membunuh kuman penyebab infeksi. Selain untuk luka bakar, salep ini juga dapat digunakan untuk luka sayatan, luka gores, dan penyembuhan sunat. Sebelum menggunakan salep ini, Sedulur bisa membersihkan permukaan luka. Sedulur bisa mendapatkan salep ini dengan harga Rp 15.000 – Rp 30.000 saja.

BACA JUGA: Obat Hajar Jahanam: Kenali Khasiat & Cara Pakainya Untuk Pria

3. Mebo Ointment

3. Mebo Ointment
k24klik

Mebo Ointment merupakan rekomendasi salep luka bakar untuk anak, terbuat dari kandungan yang aman, yaitu kandungan antibiotik. Terdapat juga ekstrak minyak wijen sebagai bahan alami yang mampu menyembuhkan sekaligus meminimalisir luka bakar ringan dan berat sekaligus.

Kandungan bahan herbal dan aktif pada produk ini juga dapat meredakan rasa nyeri, menyerap sisa panas, serta meregenerasi sel baru. Bukan hanya itu, menggunakan salep ini juga dapat membuat area sekitar luka menjadi lembab. Namun hati-hati bagi Sedulur yang sensitif terhadap minyak wijen dalam menggunakan salep ini. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 85.000.

4. Neocenta Gel

4. Salep luka bakar Neocenta Gel
halodoc

Neocenta Gel merupakan rekomendasi salep penghilang bekas luka bakar selanjutnya. Sedulur bisa menggunakan salep ini untuk meredakan luka bakar yang Sedulur alami. Salep ini dilengkapi dengan kandungan Neomycin sulfate 0.5 % dan Placenta extract 10%. Kandungan yang memiliki sifat anti-biotik topikal.

Anti-biotik tipikal sendiri mampu menjadi terapi untuk luka bakar serta masalah kulit yang terkena infeksi bakteri. Tidak hanya mampu menghambat pertumbuhan bakteri, produk ini juga mampu membentuk jaringan sel kulit baru. Sedulur bisa menggunakan salep ini secara teratur sebanyak 4-6 kali dalam satu harinya. Sedulur bisa mendapatkan salep ini dengan harga Rp 17.000.

BACA JUGA: Sakit Kepala Bagian Belakang, Ini Penyebab dan Obatnya!

5. Nebacetin Ointment

5. Nebacetin Ointment
k24klik

Terdapat juga salep luka bakar air panas yaitu Nebacetin Ointment. Merupakan salep yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri seperti luka ringan, goresan benda tajam, hingga luka bakar ringan. Dalam salep ini terkandung Neomycin sulfate dan Bacitracin yang diklaim mampu menghentikan terjadinya pertumbuhan bakteri pada kulit yang luka.

Kandungan antibiotik dalam salep ini juga mambut mengatasi infeksi akibat virus atau jamur. Sangat ampuh untuk menyembuhkan bukan hanya luka bakar, namun luka pada kulit secara keseluruhan. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 45.000 dan bisa didapatkan di setiap apotik terdekat.

6. Bioplacenton

6. Salep luka bakar Bioplacenton
halodoc

Salah satu rekomendasi salep luka bakar bernanah yang juga paling ampuh dan paling banyak digunakan adalah Bioplacenton. Selat ini mampu membuat kulit Sedulur tetap terjaga kelembabannya. Namun Sedulur harus memastikan kondisi kulit selalu bersih. Sebelum menggunakan salep ini, Sedulur bisa mendinginkan luka dengan menggunakan air mengalir.

Biasanya, luka bakar terkena knalpo atau akibat suhu panas dapat diredakan secara efektif menggunakan salep ini. Selain itu, salep ini juga dapat Sedulur gunakan untuk infeksi kulit dan luka kronik. Salep ini mengandung neomycin yang dapat mengatasi infeksi bakteri pada area luka. Disarankan untuk menggunakan Bioplacenton sebaganya enam kali secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Harga salep ini sangat terjangkau, Sedulur bisa mendapatkannya dengan harga Rp 18.000 saja.

BACA JUGA: 12 Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes, Aman & Ampuh

7. Nutrimoist

7. Nutrimoist
shopee

Nutrimoist merupakan rekomendasi salep luka bakar knalpot yang bisa Sedulur gunakan. Salep ini terbuat dari bahan-bahan alami, dan mengandung polygonum multiflora yang dapat meredakan nyeri dan sebagai bahan anti-septik untuk membersihkan luka. Terdapat juga kandungan polygonum cuspidatum yang dapat menyerap luka bakar dan bersifat anti-bakteri dan anti-jamur.

Produk ini dapat membuat luka selalu lembab dan membantu mempercepat pertumbuhan jaringan kulit. Selain itu, salep ini juga tidak memiliki efek samping yang diderita kulit, seperti gatal-gatal. Terdapat juga kandungan angleica sinensis yang dapat melancarkan aliran darah untuk mengatasi tahap awal infeksi kulit. Sedulur bisa mendapatkan salep ini dengan harga Rp 120.000.

8. Burnazin

8. Burnazin
blibli

Selain untuk anak-anak dan dewasan, Burnazin juga merupakan salep luka bakar untuk bayi. Karena salep ini diklaim terbuat dari bahan yang aman untuk setiap jenis kulit. Kandungan silver sulfadiazine dalam salep ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang dapat membuat luka terkena infeksi.

Bukan hanya itu, salep ini juga mampu menurunkan risiko bakteri menyebar ke kulit yang dapat menekan penyebaran luka semakin meluas. Salep ini cocok digunakan untuk luka bakar tingkat kedua atau tingkat ketiga. Sedulur bisa mendapatkan salep ini dengan harga Rp 60.000.

BACA JUGA: 9 Obat Gusi Bengkak yang Ampuh Bikin Cepat Kempes

9. Madecassol

9. Salep luka bakar Madecassol
shopee

Sedulur bisa menggunakan salep Madecassol sebagai obat luka bakar melepuh. Harga salep ini dibanderol dengan Rp. 130.000. Salep ini memiliki kandungan cantella asiatica yang dapat mempercepat proses penyembuhan kulit akibat luka. Bukan hanya itu, kandungan tersebut juga memiliki senyata anti-bakteri yang dapat mengurangi peradangan akibat luka bakar.

Terdapat juga kandungan madecassic acid 30%, asiatic acid 30% dan juga asiaticoside 40% yang merupakan komposisi bahan ampuh untuk menyembuhkan luka bakar yang dipicu oleh masalah apapun. Selain itu, Sedulur juga bisa mengaplikasikan salep ini untuk keloid, luka beda dan luka akibat trauma lainnya.

10. Bacitracin

10. Bacitracin
halodoc

Produk selanjutnya adalah Bacitracin, salep luka bakar ini mampu mencegah dan mengobati infeksi kulit ringan dan luka akibat goresan serta luka bakar. Selain itu, obat salep ini juga menghentikan pertumbuhan bakteri. Namun salep ini hanya dapat diaplikasikan untuk luka bakar area kecil. Selain itu, salep ini juga mampu mencegah infeksi kulit yang disebabkan oleh virus dan jamur. Salep ini dapat Sedulur beli dengan harga super murah, yaitu hanya Rp 8.000 saja.

BACA JUGA: 8 Manfaat Kayu Bajakah Sebagai Obat Kanker & Penuaan Dini

11. Lucas’ Papaw Ointment

11. Lucas’ Papaw Ointment
shopee

Terdapat juga salep luka bakar yang multifungsi, selain untuk perawatan luka bakar, kulit ini juga mampu mengatasi permasalahan kulit seperti ruang, gatal dan lainnnya. Dalam salep ini terkandung petroleum jelly dan wax yang mampung mengurangi gejala sakit saat luka bakar. Sedulur bisa mengurangi gejala eksim serta dermatitis.

Bukan hanya itu, Sedulur juga bisa menggunakan salep ini sebagai lip balm, untuk menjaga kelembaban kulit. Salep ini dibanderol dengan harga Rp 70.000 dan tersedia di setiap apotik terdekat yang ada di sekitar rumah Sedulur.

12. Octenilin Gel

12. Salep luka bakar Octenilin Gel
shopee

Octenilin Gel merupakan rekomendasi salep luka bakar selanjutnya. Sedulur bisa mendapatkan salep ini dengan harga Rp 31.500. Salep ini dapat Sedulur gunakan sebagai pertolongan cepat untuk mengatasi luka dan mencegah ingeksi. Salep ini juga berbentuk gel bening, dan tidak memiliki aroma sama sekali, serta tidak lengket dan dapat menghambat infelsi hanya dalam waktu 2 minggu saja.

Selain itu, salep ini dapat mengatasi luka lebab, gatal di badan dan ruam pada kulit. Sedulur hanya perlu mengoleskan salep ini pada luka sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Hal tersebut dapat secara efektif menghilangkan luka-luka pada kulit Sedulur. Bagi Sedulur yang memiliki permasalahan kulit, termasuk kulit sensitif, diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu saat menggunakan salep satu ini.

BACA JUGA: 15 Manfaat Kencur Untuk Mengobati Diare Hingga Kanker

13. Borobudur Herbal Bioskin Gel

13. Borobudur Herbal Bioskin Gel
blibli

Borobudur herbal bioskin gel merupakan rekomendasi salep luka bakar terakhir yang bisa Sedulur gunakan. Salep ini dibanderol dengan harga Rp 17.000 saja. Sedulur bisa menggunakan salep ini untuk luka yang diakibatkan knalpot atau air panas. Penggunaan salep ini secara rutin dan setiap hari dapat memberikan dampak yang lebih baik.

Salep ini terbuat dapat bahan alami, terdapat kandungan lidah buaya dan minyak pohon teh yang dapat membuat salep ini efektif menyerap panas sekaligus melembabkan area luka bakar. Bukan hanya itu, salep ini juga efektif untuk menenangkan kulit yang mengalami peradangan atau iritasi.

14. Mundicare Burnaid Gel

14. Salep luka bakar Mundicare Burnaid Gel
tokopedia

Rekomendasi salep luka bakar selanjutnya adalah Mundicare Burnaid Gel. Salep ini berasal dari Australia, merupakan salep yang wajib dimiliki di rumah Sedulur. Karena biasanya kita selalu mengalami kecelakaan kecil di rumah, baik itu terkena setrikan panas, wajan panas, hingga terciprat minyak atau air panas.

Menggunakan salep ini bisa menghidari kulit Sedulur melepuh. Hal tersebut diakibatkan oleh kandungan utama dalam salep ini yaitu melaleuca oil. Yang merupakan minyak hasil pemurnian tea tree oil yang memiliki fungsi sebagai anti mikroba, antifungal, sekaligus anti-inflamasi. Namun produk ini memiliki waktu penggunaan singkat. Ketika Sedulur membuka tutupnya, hanya 28 hari Sedulur bisa menggunakan salep ini. Sedulur bisa mendapatkan salep ini dengan harga Rp 150.000.

BACA JUGA: 15 Manfaat Jamu Beras Kencur yang Ajaib untuk Kesehat

15. Ching Wan Hung

15. Ching Wan Hung
my-best

Rekomendasi salep luka bakar terakhir adalah Chung Wan Hung. Sdulur bisa mendapatkan salep ini dengan harga Rp 30.000. Salep ini merupakan rpoduk ramuan herbal dari Tiongkok, yang dapat menghilangkan rasa sakit ketika selesai dioleskan. Bukan hanya itu, menggunakan salep ini juga dapat mempercepat luka bakar menjadi kering dan sembuh kembali. Sedulur bisa mendapatkan salep ini di apotik terdekat.

Semoga rekomendasi salep luka bakar yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi rekomendasi Sedulur. Jangan lupa untuk mempertimbangkan bahan pembuatan salep dan berkonsultasi kepada dokter dan para ahli. Disiplin melakukan perawatan juga merupakan hal yang penting agar luka bakar bisa cepat sembuh.

Setelah luka bakar Sedulur sembuh, Sedulur dapat memudarkan bekasnya dengan ragam produk perawatan kulit dan tubuh dari SuperStyle by Aplikasi Super. Terutama menggunakan produk skincare dari Korea, bekas luka dijamin akan cepat memudar. Yuk install Aplikasi Super sekarang