Makanan penyebab asam urat sebenarnya sangat  banyak sekali dan sering dikonsumsi oleh kita sehari-hari. Asam urat atau gout adalah kondisi gangguan metabolisme asam urat yang terjadi di dalam tubuh. Peningkatan kadar asam urat akan membuat kristalnya bertumpuk  dan bisa menyebabkan peradangan pada sendi. Tidak hanya itu,  asam urat bisa menurunkan fungsi ginjal atau malah dapat membentuk batu ginjal.

Terkait  masalah asam urat  yang bisa menyerang siapa saja, berikut adalah penjelasan mengenai asam urat dan makanan apa saja yang bisa menyebabkan penyakit asam urat.

Pengertian asam urat

Penyakit asam urat adalah kondisi yang bisa menyebabkan berbagai macam gejala nyeri  yang sudah tidak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh beresiko dapat terkena penyakit asam urat. Namun, pada umumnya, sendi yang paling banyak diserang oleh penyakit asam urat terjadi di jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya pula, penyakit asam urat lebih banyak menyerang pria, khususnya mereka yang sudah berusia di atas 30 tahun.

Sementara itu, pada wanita penyakit asam urat ini biasanya dapat muncul seteah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat juga bisa berlangsung selama rentang waktu kurang lebih 3-10 hari, tentunya dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertaama. Sering kali, banyak orang salah kaprah dan menyamakan penyaakit asam urat dengan rematik. Meski demikian, rematik adalah sebuah istilah yang menggambarkan suatu rasa sakit pada persendian atau otot saat mengalami peradanga.

-->

Nah, di bawah ini adalah makanan penyebab munculnya asam urat yang wajib Sedulur hindari dan waspadai dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA : 10+ Aplikasi Penghasil Uang, Terbukti Bisa Cuan Di Rumah

24 makanan penyebab asam urat 

1. Waspadai makanan jeroan

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
IDN Times

Makanan jeroan memang sangat nikmat disantap dengan nasi panas. Tahukah Sedulur, jeroan  yang biasa dikonsumsi dan diambil dari hewan seperti sapi, kambing atau bahkan ayam bisa menimbulkan beragam macam penyakit lho. Jeroan tersebut bisa menimbulkan penyakit yang sangat  berbahaya seperti asam urat. Sebab, makanan yang berasal dari jeroan mengandung purin tinggi. Akibatnya bisa menyebabkan penyakit peradangan asam urat dapat bertambah parah. Dan tidak hanya itu, mengonsumsi secara berlebihan bisa membuat asam urat kambuh secara tiba-tiba.

2. Udang

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
Cookpad

Makanan selanjutnya yang bisa mengakibatkan asam urat tinggi adalah, mengonsumsi udang. Udang termasuk dalam makanan dengan kandungan purin 9-10 mg setiap 100 gramnya. Meski makan masakan laut itu mengandung gizi yang banyak, tapi apabila dikonsumsi secara berlebihan maka tidak baik untuk tubuh.

Dalam satu porsi, daging udang ada sekitar 3,5 ons mengandung kurang lebih 200 mg  kolesterol untuk sekali konsumsi.  Jumlah yang tentu sangat berlebihan sekaligus membahayakan tubuh. Penderita asam urat dalam jangka waktu yang lama, dapat mengalami komplikasi jantung dan bisa menimbulkan stroke karenanya.

3. Daging merah

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
kompas

Bagi Sedulur yang suka mengonsumsi daging berlebihan, mulai sekarang harus dikurangi. Sebab, daging merah yang berasal dari produk hewani seperti daging sapi, kambing atau kerbau, bisa memicu penyakit asam urat yang tinggi.

Makanan yang berbau daging menjadi pantangan bagi mereka penderita asam urat. Sebab, daging merah dari produk hewani seperti ini, mengandung purin yang tidak bagus untuk tubuh. Apabila tetap memaksakan memakan olahan daging merah, maka akan membuat peradangan asam urat semakin parah.

BACA JUGA : 12 Pelembab Wajah Pria yang Nyaman & Mudah Dicari

4. Daging ayam

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
kompas

Olahan daging ayam menjadi pemicu munculnya asam urat selanjutnya. Menikmati olahan  daging  ayam seperti ayam goreng bertepung memang sangat nikmat dan digemari banyak orang. Namun siapa sangka, di balik kenikmatan menyantap olahan daging ayam berlebihan, justru bisa menimbulkan  beragam penyakit.

Pemicunya, kenapa ayam goreng bisa menimbulkan penyakit asam urat tinggi salah satunya adalah, kulit dan dada ayam yang mengandung purin. Membatasi mengonsumsi daging ayam, adalah salah satu cara dalam menurunkan resiko terjadinya penyakit asam urat tinggi. Sebab, daging ayam mengndung kurang lebih 175 mg/ 100 gram zat purin.

5. Olahan seafood

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
kompas

Menikmati sajian seafood di restaurant atau di warung-warung  sepanjang bibir pantai sepertinya sangat menyenangkan bukan. Selain sehat dan mengandung protein  tinggi, namun di balik itu semua bisa menimbulkan beragam penyakit yang mematikan. Hampir semua jenis seafood bisa memicu munculnya penyakit asam urat. Di antaranya adalah, kerang, udang, lobster, remis, teri, sampai dengan sarden.

Makanan tersebut sebenarnya mengandung zat purin tinggi. Maka dari itu, dengan membatasi mengonsumsi olahan seafood setidaknya bisa menghindari atau menurunkan penyakit asam urat tinggi Sedulur.

6. Bayam

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
CNN Indonesia

Makanan penyebab asam urat tinggi selanjutnya adalah bayam. Biasanya tumbuhan banyak diolah atau dihidangkan dalam bentuk sup atau sayur bening sebagai sajian yang menyehatkan tubuh. Namun, tahukah Sedulur, mengonsumsi olahan bayam secara berlebihan dapat memicu asam urat juga. Diketahui, dalam 100 gram bayam, terdapat setidaknya 57 gram purin, Sedulur! Jadi harus hati-hati dalam menyantapnya ya Sedulur. Meski termasuk makanan sehat,  namun harus tetap dibatasi.

BACA JUGA: 15 Lulur Pemutih Terbaik yang Cepat Mencerahkan Kulit

7. Kangkung

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
ProSehat

Selanjutnya, sayuran kangkung yang termasuk dalam elemen hijau Sedulur. Diketahui, dalam sayuran kangkung terdiri atas 9-10 mg purin. Buat Sedulur yang menyukai tumisan kangkung, maka tidak ada salahnya, untuk membatasi memasak sayuran jenis ini. Sebab, makanan ini bisa juga memicu terjadinya asam urat juga.

8. Kembang kol

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
Suara

Makanan penyebab asam urat selanjutnya adalah kembang kol. Makan sayuran yang bergizi seperti kembang kol, memang sangat menyehatkan. Akan tetapi potensi yang ditimbukan dari mengonsumsi makanan jenis ini, bisa memicu penyakit yang tidak diinginkan salah satunya asam urat. Dalam kandungan kembang kol, terdapat kurang lebih 51 gr purin dalam 100 gramnya.

9. Asparagus

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
Alodokter

Makanan selanjutnya yang bisa menimbulkan penyakit asam urat, adalah asparagus. Asparagus merupakan makanan penyebab kolesterol dan asam urat. Jadi, mengonsumsi  secara  berlebihan makanan ini, bisa sangat berbahaya. Meski demikian kandung purin dalam makanan ini hanya 23 gr purin dalam 100 gr sayurnya. Tentu saja sedikit lebih rendah dari sayur kol. Meskipun masih lebih rendah dari kembang kol, Sedulur tetap harus membatasi mengonsumsi makanan ini.

BACA JUGA: Manfaat Konsumsi Roti Gandum Untuk Diet & Tips Memilihnya

10. Emping

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
kompas

Biasaya emping terbuat dari olahan mlinjo, namun mungkin beberapa di antaranya ada yang  tidak memakai mlinjo. Emping biasanya kita temukan  saat menyantap sop kikil atau campuran makanan  lainnya. Nah,  tahukah Sedulur, makanan ini sangat dihindari oleh banyak orang karena, termasuk dalam makanan penyebab asam urat kambuh dan menjadi pantangan buat mereka yang menderita penyakit asam urat. Dalam 100 gr bahannya terdapat sekitar 150-800 mg purin Sedulur. Cukup tinggi dan sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

11. Jamur

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
Suara

Dibalik kelezatannya  saat diolah menjadi masakan atau dibuat keripik, namun  nyatanya,  jamur termasuk dalam makanan penyebab asam urat dan kolesterol. Bukan tanpa alasan mengapa jamur masuk dalam makanan pantangan bagi penderita asam urat lho. Diketahui, dalam 100 gr jamur terdapat kira-kira 12-17 gram purin. Mungkin sebaiknya, jika Sedulur sudah sangat mencintai olahan jamur baik itu dibuat sop, tumisan atau keripik, alangkah baiknya untuk dibatasi dalam mengonsumsinya. Hal ini perlu, supaya menekan muncunya penyakit asam urat.

12. Tape ketan

https://www.kompas.com/food/read/2021/05/11/030600475/resep-tape-ketan-untuk-sajian-lebaran-bisa-pakai-magic-com?page=all
kompas

Tape ketan biasanya dapat diolah menjadi minuman atau bisa langsung dikonsumsi secara langsung dengan ditemani emping. Olahan fermentasi beras ketan  ini, memang sangat manis untuk dikonsumsi dan memberikan sensasi memabukan bila dinikmati secara berlebihan karena mengandung alkohol.  Namun, tahukah Sedulur, tape ketan selain bisa memabukkan, makanan ini juga termasuk dalam makanan penyebab asam urat tinggi lho. Dalam kandungan tape ketan, terdapat kandungan purin yang dimiliki setiap 100 gr tape ketan adalah 100 –  1000 mg. Jadi, Sedulur harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan ini.

BACA JUGA: 10 Vitamin Penambah Nafsu Makan Terbaik Untuk Dewasa & Anak

13. Nangka

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
kompas

Selanjutnya ada makanan penyebab asam urat yaitu nangka. Nangka biasanya selalu dijadikan bahan campuran minumal es campur dan sering kita jumpai  di pinggir-pinggir jalan. Tidak hanya itu, buah ini, juga ternyata menjadi olahan dasar pembuatan gudeg yang terkenal di Kota Yogyakarta tersebut. Tahukah Sedulur nangka termasuk makanan yang wajib dibatasi oleh banyak penderita asam urat.  Jadi,  mulai sekarang, alangkah lebih baiknya untuk membatasi makanan berbahan dasar ini, supaya tubuh terhindar dari penyakit berbahaya seperti asam urat.

14. Nanas

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
klikdokter

Buah nanas terkenal memiliki tekstur daging yang sangat manis, dan bisa menjadi campuran olahan makanan atau minuman tertentu. Namun, dibalik rasa manis yang ditimbulkan buah ini, ternyata bisa memicu penyakit asam urat. Ya, nanas termasuk makanan penyebab asam urat tinggi karena memiliki kandungan purin yang tinggi pula. Maka dari itu, Sedulur wajib membatasi mengonsumsi buah ini. Meski terlihat menyegarkan, namun harus dibatasi mengonsumsinya.

15. Durian

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
kompas

Bagi Sedulur yang menyukai durian, saat ini harus benar-benar waspada akan kesehatan yang bisa mengancam tubuh kita kapan saja. Memang buah ini, sangat digemari karena rasanya yang manis. Namun, tetap harus membaca efek samping buah ini, jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, buah dengan tekstur legit ini, termasuk dalam makanan penyebab asam urat dan kolesterol tinggi lho. Jik terlalu banyak mengonsumsi buah ini,  bisa menyebabkan komplikasi penyakit seperti jantung,  stroke, hingga hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi.

BACA JUGA : 8 Keistimewaan Puasa Rajab. Menutup Pintu Neraka & Diampuni Dosanya

16. Kacang tanah

Waspadai Makanan Ini Penyebab Asam Urat!
lemonilo

Makanan penyebab asam urat dan kolesterol selanjutnya adalah, kacang tanah. Sebab, dalam kacang tanah terkandung 79 mg  percangkir. Jadi, buat Sedulur yang menderita asamm urat sebaiknya mengganti kacang tanah dengan kacang almond yang lebih menyehatkan.

17. Daun pepaya

popmama

Daun pepaya menjadi salah satu makanan penyebab asam urat selanjutnya. Bukan tanpa alasan, mengapa daun pepaya sangat dihindari oleh penderita asam urat tinggi. Sebab, daun pepaya termasuk sayuran yang memiliki kandungan purin tinggi. Kandungan ini, masih sama  dengan sayuran lain seperti kembang kol, asparagus hingga kankung atau bayam. Jadi, buat Sedulur yang sangat menyukai makanan ini, ada lebih baiknya untuk segera mengurangi, agar penyakit asam urat bisa dihindari sejak dini.

18. Ikan teri

Beritasatu

Selanjutnya ada olahan makanan yang berasal dari laut yaitu Ikan teri. Ikan teri tenyata merupakan makanan penyebab asam urat dan sangat dihindari oleh penderita asam urat. Sebab, dalam daging ikan ini terdapat kandungan purin yang tinggi sehingga wajib membatasi mengonsumsi makanan ini. Meski mengonsumsi makanan laut memang menyehatkan dan penuh gizi, namun alangkah baiknya untuk membatasi makanan berbahan dasar ikan ini.

BACA JUGA : Mengenal Suntik Putih, Manfaat & Efek Sampingnya, Amankah?

19. Alkohol

IDN times

Minuman berbahan dasar alkohol juga termasuk minuman yang berpotensi tinggi menimbulkan penyakit asam urat lho. Sebab, senyawa ini mengandung kadar purin tinggi sehingga sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Jadi, alangkah lebih baiknya untuk tidak mengonsumsi minuman ini atau malah tidak mengonsumsinya sama sekali.

20. Gorengan

Detik

Selanjutnya ada makanan gorengan seperti bakwan, tahu atau  tempe goreng. Tidak bisa dipungkiri, makanan ini selalu jadi idola buat semua orang,  rasanya yang gurih, asin dan crunchy jadi alasan mengapa banyak orang masih suka mengonsumsinya. Namun, di balik kelezatannya, ternyata gorengan termasuk makanan penyebab asam urat dan kolesterol lho.

Tidak hanya itu, gorengan sarat akan kalori dan dapat mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan bisa merusak kesehatan. Terlebih lagi mengonsumsi gorengan yang tinggi bisa dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung, obesitas bahkan yang jauh lebih parah lagi adalah diabetes. Jadi, meskipun terlihat sangat lezat dan sudah menjadi menu wajib Sedulur saat makan, alangkah lebih baiknya mulai saat  ini, harus mengurangi konsumsi gorengan. Selain supaya terhindar dari penyakit, juga menekan munculnya asam urat.

21. Bebek

Detik

Makanan penyebab asam urat tinggi selanjutnya adalah olahan daging bebek. Daging bebek biasanya diolah menjadi beragam makanan seperti, bebek goreng ataupun bebek ungkep dan biasanya selalu dijual oleh warung lamongan di pinggir jalan. Namun tahukah Sedulur, daging bebek ternyata mengandung purin  yang tinggi dengan kisaran 100 – 1000 mg purin per 100 gram bahan, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Khususnya  bagi mereka yang sudah menderita penyakit asam urat.

BACA JUGA: 12+ Manfaat Buah Matoa Asal Papua Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

22. Angsa

kompasiana

Sama seperti bebek, hewan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita asam urat atau bagi mereka yang sudah memiliki gejala asam urat. Sebab, olahan daging angsa termasuk makanan penyebab kolesterol dan asam urat. Dalam kandungan daging  angsa terdapat kandungan purin tinggi (100-1000) mg purin per 100 gram bahan.

23. Kepiting

kompas

Kepiting  juga termasuk makanan seafood yang mengandung purin  tinggi sekitar 100-1000 mg per 100 gram bahan. Biasanya kepiting diolah menjadi masakan asam, pedas  dan manis dan banyak temui di restauran atau warung-warung makan. Namun, tahukah Sedulur seafood ini dihindari karena masuk dalam makanan penyebab asam urat dan kolesterol tinggi. Sehingga bagi Sedulur yang sudah terbiasa mengonsumsi makanan ini, alangkah lebih baiknya mulai sekarang untuk membatasinya.

24. Telur ikan

alodokter

Mengonsumsi telur ikan memang enak dan mengandung gizi yang tinggi. Bahkan dilihat per 100 gr daging ikan dan telur ikan tinggi protein. Telur ikan mengandung omega 3 yang dapat mencukupi kebutuhan harian kita. Jadi akan lebih bernutrisi, dibandingkan dengan telum pada umunya. Meski demikian, meski kaya akan nutrisi, akan tetapi telur ikan memiliki kolesterol tinggi.

Namun tahukah Sedulur meski telur yang berasal dari ikan mengandung protein tinggi, namun ada banyak bahaya yang bisa mengancam kesehatan tubuh lho. Sebab, telur ikan per 100 gram memiliki kandungan kolesterol dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan kuning telur.Sehingga  masuk sebagai makanan penyebab kolesterol dan asam urat. Sajian per 100 gram telur ikan, mengandung 370 kolesterol

Demikian ulasan mengenai makanan dan minuman yang dapat menyebabkan atau memicu munculnya penyakit asam urat dan juga kolesterol tinggi. Semoga ini dapat menambah pengetahuan para  Sedulur dapat mengatur  pola makan dan menjaga kesehatan supaya bisa terhindar dari penyakit berbahaya ini.

Jaga kesehatan Sedulur dengan konsumsi berbagai makanan sehat dari Aplikasi Super. Meski sehat dan kualitasnya jempolan, namun harga bahan makanan di Aplikasi Super demikian terjangkau. Yuk install Aplikasi Super sekarang juga!