Salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT adalah bulan rajab. Di bulan rajab, umat islam sebaiknya melakukan amalan yang lebih banyak dari bulan sebelumnya karena memiliki banyak keutamaan. Salah satu anjuran untuk melakukan amalan pada bulan rajab adalah melakukan puasa rajab. 

Meskipun sunnah, anjuran untuk melaksanakan puasa di bulan rajab bisa dilaksanakan untuk umat muslim karena manfaatnya banyak. Lalu, apa saja keistimewaan dari melaksanakan puasa sunnah ini? Simak rangkumannya setelah mengetahui definisi dari puasa ini, ya.

BACA JUGA: Pengertian Qada & Qadar dan Hikmah Mengimaninya Dalam Islam

Apa itu puasa rajab?

Puasa rajab adalah puasa sunnah yang dimuliakan selain puasa ramadhan. Bulan rajab juga termasuk bulan penuh kemuliaan selain Dzulhijjah, Dzulqqidah, dan Muharram. Kapan puasa rajab dapat dilaksanakan? Pada tahun 2022, puasa ini dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Februari 2022. Meskipun sunnah, dianjurkan kepada umat muslim untuk melaksanakan puasa ini. Seperti yang sudah diriwayatkan dari Mujibah Al-Bahiliyah, Rasulullah SAW bersabda:

-->

“Puasalah pada bulan-bulan haram (mulia).” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Sementara itu, keistimewaan yang didapatkan ketika menjalankan puasa sunnah ini adalah sebagai berikut:

1. Melipatkan rezeki sedekah di bulan rajab

puasa rajab
lazuq

Keistimewaan puasa rajab yang pertama adalah untuk melipatkan rezeki sedekah pada saat datangnya bulan penuh kemuliaan ini. Sedekah tampaknya adalah hal yang sangat sederhana, namun ternyata keutamaannya sangat banyak. Seperti yang sudah dikatakan oleh Syekh Ali Jaber di sebuah dakwahnya yaitu:

“Sedekah menjaminkan dari kematian yang buruk, sedekah memadamkan kemurkaan Allah sebagaimana air memadamkan api, sedekah mengampuni semua dosa, sedekah menjaminkan melipatkan rezeki untuk kita dan keluarga, sedekah menjaminkan khusnul khotimah”

Meskipun bulan rajab dekat dengan bulan ramadhan, namun kita tidak pernah tahu sampai kapan kita hidup di bumi ini. Maka dari itu, lakukanlah puasa di bulan mulia ini dengan niat puasa rajabnya. Jika ingin bersedekah pada bulan ini, niatkan atas nama sendiri atau bisa juga untuk keluarga atau orang terdekat yang sudah meninggal dan bisa diwalikan untuk sedekah. Sehingga, amal jariyahnya akan mengalir untuk orang yang didoakan tersebut di akhirat. 

2. Menghapus dosa

puasa rajab
detik

Keistimewaan puasa rajab 2021 yang kedua adalah untuk menghapus dosa. Nabi junjungan kita yaitu nabi Muhammad SAW bersabda bahwa puasa yang dilaksanakan sehari dalam bulan rajab ini, maka sama juga dihitungnya dengan satu bulan berpuasa. Dan apabila berpuasa selama 10 hari lamanya di bulan rajab, maka akan terhapus dosa-dosanya dan digantikan dengan kebaikan dalam dirinya.

“Barangsiapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan (HR. AT-Thabrani).”

BACA JUGA: 9 Tanda-tanda Kiamat Kubra Menurut Ajaran Islam, Harus Tau!

3. Mendapat tempat tertinggi di surga firdaus

puasa rajab
unsplash

Surga tertinggi dan paling mulia di akhirat yaitu surga Firdaus merupakan salah satu kenikmatan yang tidak bisa dibayangkan saking hebatnya. Ketika Sedulur berpuasa selama satu hari di bulan rajab, maka akan mendapatkan tempat tertinggi di surga Firdaus. Seperti yang disampaikan Mawlana Syaikh Hisyam Al-Kabbani yang menyampaikan sabda Rasulullah SAW yaitu:

“Barangsiapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab, Allah akan ridho terhadapnya dan ia akan memperoleh ridho Allah dan tingkat tertinggi dari Jannat Al-Firdaus”.

4. Amalan pahala pada 1 hari puasa rajab setara dengan 60 bulan puasa 

inews

Keistimewaan berikutnya dari puasa rajab yang sangat menarik adalah amalan pahalanya jika satu hari berpuasa, setara dengan amal kebaikan selama 60 bulan berpuasa. Coba Sedulur bayangkan, pahalanya bisa berkali kali lipat diluar kuasanya manusia. Seperti sabda Rasulullah SAW yaitu:

“Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan”.

BACA JUGA: Apa Itu Musyrik dan Perbedaannya Dengan Syirik Dalam Islam

5. Seperti menjalankan puasa selama satu bulan

unsplash

Keistimewaan puasa rajab 2021 sama dengan tahun selanjutnya, yaitu salah satunya adalah mendapatkan pahala yang setara de ngan sebulan berpuasa. Hal ini diperkuat dengan hadits dari Rasulullah SAW yang disampaikan oleh HR At-Thabrani yaitu:

“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan.”

6. Allah akan menutup pintu neraka

unsplash

Selanjutnya, keutamaan melaksanakan puasa yang disertai dengan niat puasa rajab adalah akan dijauhkan dari pintu neraka jika mengerjakannya selama satu minggu tanpa jeda. Allah akan menutup pintu neraka dan janjinya merupakan hal yang mutlak dan pasti. Allah juga akan membukakan pintu surga untuk umatnya.

BACA JUGA: 10+ Hadist Ciri-Ciri Orang Munafik Menurut Islam, Harus Diwaspadai

7. Diberi minum air surga

faridpratamaputra

Air dari sungai yang berada di surga mempunyai warna yang lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Keistimewaan dari puasa rajab bagi umat muslim yang berkaitan dengan air surga adalah Allah memberikan air surga kepada umat-Nya.

8. Setara 700 tahun

unsplash

Allah akan memberikan pahala yang setara dengan 700 tahun beribadah ketika umat-Nya bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Dzulhijjah, Muharram, Rajab, serta Dzulqa’dah. Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas dalam hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Barangsiapa Puasa di bulan Haram, yaitu hari Kamis, Jum’at dan Sabtu, maka akan ditulis baginya ibadah 700 (tujuh ratus) Tahun.”

Itulah tadi 8 keutamaan puasa sunnah yang Sedulur perlu ketahui sebagai umat muslim. Kapan puasa rajab 2021 adalah bertepatan pada hari Sabtu, 13 Februari 2021 lalu. Jangan lupa untuk melaksanakan puasa sunnahnya pada tahun depan karena keutamaannya sangat beragam, ya. Selain melaksanakan puasa sunnah, imbangi dengan melakukan ibadah sholat wajib dan kebaikan yang dianjurkan lainnya, ya. Semoga bermanfaat.