vitamin penambah nafsu makan

Perihal makan dan nafsu makan mungkin bukan perkara berat bagi banyak orang. Namun, sebagian orang ternyata bergelut dengan tubuh kurus dan nafsu makan yang menurun. Nyatanya, nafsu makan yang turun bisa menjadi berbahaya dan mampu menyebabkan defisiensi nutrisi pada tubuh. Karena itu, produk vitamin penambah nafsu makan banyak dipasarkan.

Secara umum, berkurangnya nafsu makan pasti memiliki sebab yang jelas. Bisa jadi karena sakit, gangguan pencernaan, ketidakseimbangan hormon, stress, hingga gangguan mental. Untuk mengatasinya pun ada berbagai cara. Salah satunya adalah dengan konsumsi vitamin yang dapat meningkatkan nafsu makan. Berikut beberapa rekomendasinya!

Vitamin penambah nafsu makan anak

Seringkali anak mengalami penurunan nafsu makan atau yang kerap disebut dengan Gerakan Tutup Mulut (GTM) oleh ibu-ibu muda masa kini. Biasanya, penyebabnya beragam. Mulai dari tumbuh gigi, tubuh yang terasa kurang nyaman, tidak cocok dengan makanannya, lingkungan yang asing bagi anak, atau sekadar kurang berselera saja. Tak perlu risau, berikut daftar rekomendasi merk vitamin penambah nafsu makan anak 1 tahun yang bagus.

BACA JUGA: 12 Multivitamin yang Bagus Untuk Kekebalan & Daya Tahan Tubuh

1. Curvit CL Emulsion

perawatankesehatan

Suplemen berbentuk sirup ini menjadi salah satu senjata andalan banyak orang tua yang sedang berupaya menambah nafsu makan anak. Dengan bentuk sirup dan rasa jeruk yang nikmat, suplemen ini dirancang untuk konsumsi anak-anak berusia 6 bulan ke atas.

Tak hanya menambah nafsu makan, Curvit CL Emulsion juga diklaim bagus untuk perkembangan otak serta menjaga daya tahan tubuh anak. Fungsi ini berasal dari kandungan Curvit CL Emulsion yang meliputi ekstrak curcuma, minyak ikan kod, vitamin A, vitamin B kompleks, Vitamin D, Kalsium, Omega 3, AA, dan DHA.

2. Kitavit Sirup

labmalang

Sedulur pasti pernah dengar tentang manfaat curcumin bagi penambah nafsu makan anak. Selain menambah nafsu makan, curcumin juga merupakan antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas pada anak serta menjaga daya tahan tubuh.

Kitavit Sirup merupakan salah satu suplemen penambah nafsu makan anak yang mengandung curcuminoid, lysine, pantothenat, dan vitamin B kompleks. Kandungan ini membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta nutrisi pada anak, sekaligus meningkatkan nafsu makan. Bentuknya yang sirup pun mudah dikonsumsi oleh anak.

3. Scotts Emulsion

gitacinta

Scotts Emulsion adalah salah satu vitamin penambah nafsu makan anak 1 tahun yang banyak direkomendasikan. Terbuat dari minyak ikan kod, Scotts Emulsion berhasil mengemas beragam gizi yang penting bagi tubuh, dengan rasa jeruk yang digemari oleh anak-anak. Dalam setiap 15 ml atau 1 takaran Scotts Emulsion, terdapat 1500 mg minyak ikan kod, 480mg Omega 3, vitamin A, vitamin D, kalsium hipofosfit, dan natrium hipofosfit.

Selain berperan dalam menambah nafsu makan anak, Scotts Emulsion juga menjaga kesehatan mata dan daya tahan tubuh anak.

BACA JUGA: 12 Jenis Vitamin Anak yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh

4. Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh

vitamin penambah nafsu makan
merekbagus

Bagi anak yang sudah berusia 6 tahun ke atas dan menginginkan suplemen dengan rasa berbeda, cobalah madu penggemuk badan Al Mabruroh ini. Madu satu ini memiliki fungsi untuk meningkatkan nafsu makan, menjaga berat badan tetap stabil, meningkatkan metabolisme, sekaligus membantu penyerapan nutrisi pada tubuh.

Cara penggunaannya adalah dengan minum 1 sendok takar madu penggemuk badan sebanyak 2-3 kali sehari. Setelah itu, minum air hangat. Atau Sedulur juga bisa mencampurkan 1 sendok takar madu ke dalam minuman atau makanan anak.

5. Blackmores Superkids Multi Chewables

vitamin penambah nafsu makan
namaste-organic

Siapa yang tak kenal dengan brand suplemen satu ini. Blackmores ternyata juga memiliki produk suplemen untuk nafsu makan dan nutrisi anak, yakni Blackmores Superkids Multi Chewables. Sesuai namanya, suplemen dari Blackmores ini berbentuk jelly yang dapat dikunyah sehingga disukai oleh anak-anak. Meski bentuknya seperti permen jelly, Sedulur tenang saja karena vitamin ini 99,5% bebas dari gula.

Selain itu, terdapat 13 nutrisi esensial yang diperlukan oleh anak usia 2 tahun ke atas untuk perkembangan dan pertumbuhan optimal. Harga dari multivitamin ini mungkin cenderung tinggi, namun sebanding dengan fungsi dan khasiat yang ditawarkan.

BACA JUGA: Ini 8 Jenis Vitamin yang Bagus Untuk Daya Tahan Tubuh Kamu!

6. Vidoran Plus

vitamin penambah nafsu makan
halodoc

Sedulur pasti kerap mendengar brand ini di mana-mana. Vidoran plus merupakan salah satu suplemen gizi anak yang paling terkenal. Suplemen ini memiliki kandungan curcuma extract, lysine, vitamin C, A, D, B1, B2, B6, dan B12. Kandungan inilah yang memberikan khasiat menambah nafsu makan anak sekaligus membantu perkembangan otak serta kecerdasan si kecil.

Vitamin Penambah Nafsu Makan Dewasa

Tak hanya anak-anak, terkadang orang dewasa pun mengalami penurunan nafsu makan. Untuk mengatasinya, berikut beberapa rekomendasi vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa di apotik yang dijual secara bebas.

1. Appeton Weight Gain

appeton

Tak melulu berbentuk sirup atau kaplet, kali ini suplemen penambah nafsu makan Appeton Weight Gain dikemas dalam bentuk susu. Selain menambah nafsu makan, Appeton Weight Gain juga sudah mengandung kalori yang tinggi sehingga membantu proses penggemukan badan, serta menambah energi.

Appeton Weight Gain dirancang untuk konsumsi remaja dan dewasa usia 13-50 tahun. Sedulur yang sedang berjuang untuk menggemukkan badan, cobalah konsumsi susu satu ini. Dilengkapi dengan whey protein dan karbohidrat, susu ini tak hanya menggemukkan namun juga bisa membantu pembentukan otot jika dibarengi dengan olahraga teratur.

BACA JUGA: Penting! Ini 10 Manfaat Vitamin C Yang Harus Kamu Tahu

2. Curvit Kaplet

popbela

Masih merupakan suplemen dari curcuma, curvit kaplet tergolong dalam obat herbal yang dapat dikonsumsi untuk menambah nafsu makan bagi orang dewasa. Selain meningkatkan nafsu makan, kaplet ini juga dapat mencegah terjadinya defisiensi kalsium serta menambah daya tahan tubuh. Pasalnya, kaplet ini juga mengandung ragam nutrisi esensial bagi tubuh.

Dikemas dalam bentuk kaplet, Curvit jadi suplemen yang mudah dibawa saat bepergian dan cocok bagi Sedulur yang sibuk. Cukup minum 1 kaplet sebanyak 3 kali dalam sehari, Sedulur sudah bisa merasakan manfaatnya bagi tubuh.

3. Tiens Zinc Capsule

vitamin penambah nafsu makan
tienspartner

Tiens mungkin kerap dikenal sebagai perusahaan multilevel marketing yang merekrut banyak muda-mudi Indonesia sebagai penjualnya. Terlepas dari kontroversi bentuk bisnis MLM tersebut, Tiens sendiri memiliki produk-produk yang berkualitas dan bermanfaat, lho. Salah satunya adalah Tiens Zinc Capsule.

Sesuai namanya, Tiens Zinc Capsule ini merupakan suplemen zinc yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Zinc dapat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh, sekaligus meningkatkan metabolisme dan imunitas tubuh. Selain itu, zinc juga membantu pertumbuhan tulang bagi Sedulur yang masih berada di usia pertumbuhan.

BACA JUGA: 10 Vitamin Kucing Terbaik Untuk Nafsu Makan Hingga Alergi

4. Vitamin B Kompleks IPI

vitamin penambah nafsu makan
bp-guide

Mencari suplemen penambah nafsu makan sekaligus untuk memelihara kesehatan yang terjangkau dan mudah didapatkan di mana-mana? Vitamin B Kompleks IPI adalah jawabannya. Vitamin B kompleks dapat membantu Sedulur yang sedang kurang nafsu makan, mengalami anemia atau kekurangan darah, serta menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain vitamin B, dalam suplemen ini juga terdapat nicotinamide dan kalsium pantothenate.

5. Jamu Gemuk Sehat Sidomuncul

vitamin penambah nafsu makan
sidomuncul

Bicara suplemen tak akan lengkap tanpa jamu. Suplemen tradisional ini dipercaya secara turun temurun mampu menyehatkan masyarakat Indonesia dengan kandungan-kandungan di dalamnya. Salah satu perusahaan yang kerap memproduksi jamu dalam kemasan modern dan praktis adalah Sidomuncul.

Produk Jamu Gemuk Sehat Sidomuncul, sesuai namanya, mampu meningkatkan nafsu makan, mengobati pencernaan, serta melancarkan sirkulasi darah. Mengandung ekstrak temulawak, daun papaya, serta rumput teki, jamu ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Selain itu, jamu ini juga mampu mengatasi tubuh yang lelah serta pegal linu.

Setelah melihat ulasan dan rekomendasi vitamin penambah nafsu makan di atas, mana nih pilihan Sedulur? Ada banyak jenis vitamin serta suplemen yang beredar di pasaran, akan tetapi konsumsi suplemen ini perlu dilengkapi dengan ragam makanan sehat serta berkualitas.

Sedulur bisa memenuhi kebutuhan akan makanan sehat melalui Aplikasi Super. Tersedia beragam jenis bahan makanan kemasan yang berkualitas baik dengan harga miring. Lebih istimewa lagi, pembelanjaan di Aplikasi Super akan mendapatkan gratis ongkir dan barang akan dikirim sampai ke rumah Sedulur. Yuk install Aplikasi Super sekarang dan rasakan manfaatnya!