Sedulur mungkin menyukai roti gandum sebagai makanan untuk sarapan, namun bagi yang tengah menjalankan diet roti mukan sekedar makanan yang disukai untuk sarapan. Lebih dari itu, roti yang terbuat dari gandum dapat menurunkan berat badang secara efektif, terutama bagi yang menjalankan diet rendah kalori atau bebas gluten.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari roti gandum. Bagi yang fokus dan serius menjalankan diet, pemilihan roti pun sangat penting. Pilih roti yang menggunakan biji gandum secara utuh, termasuk yang menggunakan dedaknya. Berikut ini adalah manfaat roti dari biji gandum untuk diet yang wajib Sedulur ketahui. Yuk langsung kita ulasannya di bawah ini:

BACA JUGA: Mengenal Gandum dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

1. Lebih mengenyangkan

1. Lebih mengenyangkan
freepik

Hal yang membuat roti berbahan dasar gandum sebagai pilihan tepat makanan untuk diet adalah karena dapat membuat kenyang lebih cepat dan lebih lama. Hal tersebut disebabkan karena kalori roti gandum yang mengandung energi sangat tinggi. Sebab kandungan serat dari roti juga yang dapat membantu merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Dibanding dengan roti yang terbuat dari biji lain, roti yang terbuat dari biji gandum utuh dapat membuat kita lebih kenyang karena kandungan kalori dan serat yang tinggi tersebut. Selain itu, panganan satu ini sangat aman untuk dikonsumsi dan dapat membebaskan kita dari diabetes dan obesitas.

BACA JUGA: 8+ Menu Diet Sehat Cocok Untuk Makan Siang Pagi & Malam

2. Melancarkan sistem pencernaan

2. Roti gandum dapat melancarkan sistem pencernaan
freepik

Manfaat roti gandum sari roti untuk diet selanjutnya adalah dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut tentu saja disebabkan oleh kandungan serat pada roti ini bisa membantu sistem pencernaan kita lebih lancar lagi. Sedulur akan terhindar dari permasalahan pencernaan seperti sembelit dan lain sebagainya.

Bukan hanya melancarkan sistem pencernaan, mengonsumsi roti secara rutin juga dapat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan oleh kemampuan gandum dapat mencegah peradangan. Selain mengenyangkan, mengkonsumi roti juga dapat membuat kita lebih sehat lagi. Oleh karena itu perlu mulai dibiasakan bagi kita orang Indonesia untuk mengonsumsi roti sebagai pengganti nasi.

3. Makanan rendah kalori

3. Makanan rendah kalori
pexels

Kandungan sari roti gandum memiliki kalori yang cukup dengan jumlah energi yang dihasilkan sangat tinggi. Hal tersebut yang membuat roti sangat efektis sebagai makanan untuk dikonsumsi saat sedang diet. Dari setiap 100 gram roti terdapat sekitar 100 hingga 200 kalori di dalamnya. Sebuah angka yang cukup tinggi dibandingan makanan pokok lainnya. Belum lagi kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam roti yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain rendah kalori, roti satu ini juga dapat secara efektif menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekelompok pria yang mengonsumsi lebih dari tujuh porsi sereal gandum utuh dan roti per minggu memiliki risiko 19% lebih rendah terkena hipertensi daripada mereka yang hanya mengonsumsi satu atau kurang dari tujuh porsi saja.

 Di Indonesia mengonsumsi roti memang belum begitu terbiasa, namun di beberapa negara lain yang mengonsumsi gandum sebagai bahan makanan pokok, tingkat risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi begitu kecil. Hal ini membuat gandum jauh lebih aman sebagai sumber karbohidrat ketimbang nasi yang menjadi sumberi karbohidrat orang Indonesia.

BACA JUGA: Daftar Resep Sari Roti yang Super Nikmat

4. Kaya serat dan nutrisi

4. Roti gandum kaya serat dan nutrisi
pexels

Roti gandum merupakan makanan yang mengandung serat dan nutrisi yang tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari gandum yang terdiri dari serat larut dan tidak larut yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat dari roti gandum contohnya, dipercaya lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan serat dari roti putih. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, kandungan makronutrien dalam gandum juga lengkap meliputi karbohidrat, lemak, dan protein.

Sedulur tentu sudah mengetahui bahwa serat dan nutrisi sangat dibutuhkan untuk tubuh kita. Serat terutama sangat dibutuhkan untuk metabolisme pencernaan kita. Semakin banyak serat yang kita konsumsi, akan semakin mudah untuk sistem pencernaan kita bekerja. Nutrisi juga baik untuk kerja tubuh  kita, terutama organ-organ vital dalam tubuh.

5. Mampu mengontrol gula darah

roti gandum
pexels

Manfaat roti gandum untuk diet selanjutnya yaitu dapat mengontrol gula darah, terutama bagi penderita diabetes dan juga yang mengalami obesitas. Hal tersebut disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan manis di Indonesia. Untuk menurunkan kadar gula darah, Sedulur bisanga mengonsumsi gandum secara rutin.

Konsumsi gandum utuh dipercaya dapat membantu mengontrol gula darah, bahkan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan karena kebanyakan gandum memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat mengendalikan berat badan serta mencegah obesitas atau kelebihan berat badan.

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama dari diabetes. Selain itu, kadar magnesium yang banyak terkandung dalam gandum utuh juga dipercaya dapat membantu metabolisme karbohidrat yang terikat dengan sensitivitas insulin.

BACA JUGA: Resep Roti Maryam atau Canai Manis yang Mudah Dibuat

Kandungan Roti Gandum

roti gandum
pexels

Setelah membaca manfaat roti gandum untuk diet di atas, kita lantas bertanya apa yang membuat roti satu ini sangat berkhasiat tinggi seperti penjelasan di atas? Tentu saja jawabannya karena kandungan yang terdapat dalam roti dan gandum itu sendiri. Berdasarkan laporan dari para ahli gizi, dalam setiap 100 gram gandum, terdiri dari kandungan:

  • Energi: 233 kkal
  • Lemak: 3,49 g
  • Sodium: 395 mg
  • Karbohidrat: 44,19 g
  • Serat: 7 g
  • Gula: 6,98 g
  • Protein: 11,63 g
  • Kalsium: 47 mg

BACA JUGA: 18 Makanan Berkalori Tinggi Penambah Berat Badan & Aturannya

Cara Memilih Roti Gandum

roti gandum
pexels

Akan lebih lengkap bagi Sedulur jika mengetahui pula bagaimana cara memilih panganan satu ini yang berkhasiat baik bagi tubuh. Agar Sedulur bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal. Berikut tipsnya:

  • Jangan pernah tertipu dengan tampiilan roti yang berwarna kecoklatan dan dengan label bertulisan gandum utuh. Cek daftar bahan-bahannya, jika bertuliskan tepung gandum atau diperkaya tepung gandum putih makan roti tersebut bukan menggunakan gandum utuh.
  • Jangan pernah terkecoh oleh merk dan brand. Karena label tidak mempengaruhi kualitas. Banyak merk yang mengecoh dengan menyampaikan terbuat dari gandum utuh, namun pada kenyataannya tidak demikian.
  • Jika membeli roti yang berlabes rendah kalori atau khusus untuk diet, makan bisa dipastikan roti memiliki ukuran kecil. Maka Sedulur harus memerikan komposisinya lagi.

Sekian penjelasan terkait roti gandum dengan beberapa manfaatnya untuk diet dan bagiamana cara memilih roti yang benar-benar terbuat dari wheat. Untuk menghindari kualitas roti yang abal-abal, tentu Sedulur harus membelinya di tempat yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Maka hanya ada satu tempat yang bisa jadi solusi Sedulur, yaitu Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan bahan-bahan makan dengan kualitas tinggi yang sangat terjamin, termasuk roti dari gandum itu sendiri. Sedulur bisa cek langsung bagaimana Aplikasi Super melayani dengan kualitas barang yang diberikan dan pelayanan yang prima. Langsung saja cek di aplikasinya, bagi yang belum memilikinya bisa klik di sini untuk download aplikasi terlebih dahulu ya.