buah matoa

Buah matoa merupakan buah asli Papua berwana hitam gelap dan memiliki rasa yang manis. Buah ini bernama ilmiah Pometia pinnata ini merupakan salah satu buah asli Indonesia yang keberadaannya terbilang langka. Nah, seperti apa bentuknya dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasan lengkap mengenai buah unik berwarna hitam ini.

Apa itu buah matoa?

Buah yang berasal dari Papua ini memang terbilang sangat langka dan tidak semua orang pun menanam buah berwarna hitam ini. Buah yang berada dalam kelompok famili Sapindaceae ini masih berkaitan erat dengan keluarga buah leci dan buah maple. Rasa yang dihasilkan oleh buah matoa ini terasa seperti buah rambutan juga leci, dengan tekstur yang manis dan berair.

Selain itu, matoa buah yang memiliki beragam khasiat penting buat tubuh. Sebab, buah ini mengandung vitamin C yang sangat baik untuk ketahanan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Ada dua jenis buah matoa yang hidup di Papua dengan beragam macam khasiatnya tersebut. Pertama matoa kelapa dan kedua matoa papeda. Matoa kelapa ciri khas dagingnya kenyal dan padat seperti rambutan aceh, sementara itu Matoa Papeda memiliki tekstur buah yang berdaging lebih lengket dan lembek. Berikut manfaat buah matoa untuk tubuh

-->

BACA JUGA : 15 Ide Kado untuk Cowok yang Berkesan & Bikin Senang

1. Menurunkan risiko kanker

Matoa, Buah Eksotis Asal Papua Kaya Manfaat
pexels

 Buah matoa dipercaya bisa digunakan sebagai obat menurunkan risiko kanker. Sebab, khasiat buah matoa ini berasal dari tingginya kandungan antioksidan, sehingga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Antioksidan dibantu dengan vitamin C untuk menghalau zat karsinogen yang mudah menyerang tubuh dan salah satu pemicu kanker.

BACA JUGA : Manfaat Konsumsi Roti Gandum Untuk Diet & Tips Memilihnya

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

buah matoa
Unsplash

Kandungan vitamin C yang istimewa di dalam daging buah asal Papua ini, membuat matoa sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Meski sudah banyak minuman suplemen yang dijual di pasaran, namun akan lebih lengkap jika Sedulur juga mengonsumsi buah ini.

BACA JUGA : 10 Vitamin Penambah Nafsu Makan Terbaik Untuk Dewasa & Anak

3. Mengatasi jantung koroner

Matoa, Buah Eksotis Asal Papua Kaya Manfaat
pexels

Bagi Sedulur yang menderita atau pengidap penyakit jantung koroner, ada baiknya mengurangi penggunaan obat-obatan kimia. Sebab, masih ada beberapa alternatif lain yang bisa dikonsumsi salah satunya buah matoa. Kandungan vitamin E dan C pada buah matoa membuat buah ini mampu membantu tubuh mengatasi penyakit jantung koroner. Vitamin E dan C ini berperan mencegah degenerasi sel-sel dan meningkatkan fungsi pembuluh darah juga meningkatkan aliran darah. 

BACA JUGA : 12 Pilihan Cat Rambut yang Bagus Tidak Merusak & Tahan Lama

4. Menekan pertumbuhan virus berbahaya

Matoa, Buah Eksotis Asal Papua Kaya Manfaat
pexels

Selanjutnya, khasiat matoa adalah untuk menekan pertumbuhan virus berbahaya. Bukan tanpa alasan mengapa bisa dikatakan demikian. Melawan virus berbahaya bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk itu, sangat diperlukan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kandungan matoa yang kaya vitamin C dan antioksidan mampu menekan pertumbuhan infeksi virus berbahaya seperti flu, herpes, bahkan HIV.

BACA JUGA : Umpan Ikan Nila Paling Jitu & Ampuh, Mancing Mania Harus Tau

5. Mengatasi stress

Matoa, Buah Eksotis Asal Papua Kaya Manfaat
pexels

Stress selalu dialami oleh siapa saja. Tidak mengenal usia bahkan jenis kelamin. Namun,  apabila tidak tertangani dengan baik, maka bisa menimbulkan hal yang fatal. Berkaitan dengan stress, ternyata ada obat alami yang bisa menyembuhkannya. Buah matoa mengandung vitamin E dan senyawa lainnya yang mampu digunakan sebagai obat penenang alami. Dengan begitu stress yang kamu rasakan dapat teratasi.

BACA JUGA : 12+ Jenis Bunga Aglonema Paling Populer & Cara Merawatnya

6. Meningkatkan kesuburan pria dan wanita

https://www.pexels.com/photo/man-in-black-framed-eyeglasses-sitting-beside-woman-in-white-crew-neck-shirt-6149230/
pexels

Khasiat lain buah matoa adalah, ialah bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Vitamin E pada buah matoa membuat antibodi sehingga dapat melindungi sel telur pada wanita. Sedangkan pada pria, vitamin E dapat meningkatkan kualitas sperma pria.

BACA JUGA : 12 Jenis Burung Murai Batu Terfavorit & Tips Memilihnya

7. Menangkal radikal bebas

buah matoa
Unsplash

Kegunaan lain buah matoa adalah, bisa menangkal radikal bebas yang akan menyerah tubuh kita. Kandungan matoa akan vitamin E dan antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang menggerogoti sel-sel tubuh.

BACA JUGA : Susu untuk Tulang Berkalsium Tinggi untuk Atasi Osteoporosis

8. Menjaga kesehatan kulit

Matoa, Buah Eksotis Asal Papua Kaya Manfaat
pexels

Memiliki kulit sehat adalah dambaan bagi setiap orang. Maka dari itu, butuh perawatan ekstra supaya kulit tetap bersih dan sehat. Meskipun harus menggunakan obat kimia untuk mencapai hal itu semua. Di samping penggunaan obat kimia, juga bisa menggunakan obat alami salah satunya mengonsumsi matoa.

Dengan adanya kandungan vitamin E dan vitamin C pada buah matoa, kamu bisa memiliki kulit yang sehat. Adanya vitamin E bisa meningkatkan regenerasi sel kulit sedangkan vitamin C akan membuat wajahmu cerah dan lembap.

9. Menekan pertumbuhan bakteri

Matoa, Buah Eksotis Asal Papua Kaya Manfaat
pexels

Selain meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit dan virus, rupanya buah ini bisa berguna juga dalam menekan pertumbuhan bakteri. Bukan tanpa alasan, mengapa matoa bisa menekan pertumbuhan bakteri. Sebab sudah pernah ada penelitian mengenai khasiatnya dalam mengatasi masalah ini.

Suatu penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2016 membuktikan bahwa matoa mampu menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutan Streptococcus sobrinus, dan Escherichia coli

10. Menurunkan darah tinggi

Matoa, Buah Eksotis Asal Papua Kaya Manfaat
pexels

 Menderita hipertensi atau penyakit darah tinggi  bisa menimbulkan beragam macam penyakit berbahaya yang akan mengancam tubuh kita. Seperti jantung, diabetes dan masih banyak lagi. Penanganan yang terlambat pun bisa mengakibatkan nyawa seseorang bisa terancam.

Sebelum mengalami penyakit darah tinggi yang parah, ada baiknya untuk melakukan pencegahan sejak dini dengan mengonsumsi obat-obatan alami dan mengurangi penggunaan obat kimia.Salah satu obat alami yang bisa digunakan adalah, buah matoa. Buah asal Papua ini, memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh dan salah satunya dapat menurunkan penyakit hipertensi atau darah tinggi.

 Matoa mengandung zat yang bersifat diuresis, yang mana akan meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh.Dengan keluarnya cairan tubuh ini maka kadar cairan dalam tubuh yang terlalu banyak tadi dapat kembali normal dan membuat tekanan darah menurun.

11. Munculnya jerawat

pexels

Munculnya jerawat di tubuh khususnya di bagian wajah, memang sangat mengganggu aktivitas. Rasa percaya diri bisa hilang, bahkan bisa menimbulkan penyakit serius di kemudian hari.

Penanganan pertama biasanya setiap orang menggunakan obat kimia untuk menghilangkan jerawat. Meski sebenarnya hal yang wajar, namun jika digunakan terus menerus tanpa prosedur yang tepat, bisa sangat berbahaya. Maka dari itu, perlu penggunaan obat alami dalam mengimbanginya. Salah satunya dengan mengonsumsi buah asal Papua yaitu matoa.

Matoa memiliki senyawa antimikroba. Tentunya ini akan membuat manfaat buah matoa semakin kaya seperti mencegah munculnya jerawat. Jerawat yang muncul di wajah disebabkan oleh bakteri dan kotoran yang menumpuk. Maka dari itu, hal ini bisa diatasi oleh kandungan yang terdapat di dalam buah matoa.

12. Memperbaiki kulit dari sinar UV

pexels

Khasiat lain yang bisa diambil setelah mengonsumsi buah matoa adalah, buah ini bisa memperbaiki kulit dari sinal ultraviolet atau UV. Tingginya sinar UV pada tubuh membuat kulit rusak bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Penggunaan produk kecantikan yang mengandung SPF seperti sunscreen saja tidak cukup. Kandungan vitamin E pada buah matoa mampu memperbaiki kulit dari sinar UV dan membuat kulit lembab dan elastis.

Demikian ulasan mengenai manfaat buah matoa bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa agar Sedulur selalu menjaga kesehatan, supaya bisa terbebas dari berbagai macam penyakit. Sementara bagi Sedulur yang ingin berbelanja kebutuhan pokok, langsung bisa unduh Aplikasi Super. Dijamin mudah dan murah!