tips jadi penulis

Menulis menjadi profesi yang tak pernah mati sampai sekarang. Bahkan banyak bidang yang membutuhkan jasa seorang penulis. Misalnya, di bidang akademis, bisnis, kreatif, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa sampai sekarang juga banyak lowongan kerja untuk penulis.

Selain itu dengan memiliki skill menulis yang baik, kamu juga bisa melebarkan sayap ke bidang lain. Salah satunya adalah menjadi penulis novel. Saat ini banyak orang yang ingin bisa menjadi penulis fiksi maupun novel dengan menerbitkan sebuah buku. Bahkan ada juga cara menjadi penulis novel online dibayar dengan jumlah uang tertentu.

Nah, bagi Sedulur yang punya minat menjadi seorang penulis profesional entah untuk novel, buku, maupun film, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipelajari. Yuk, scroll sampai bawah.

BACA JUGA: Belajar Huruf Jepang: Penulisan Hiragana, Katakana dan Kanji

-->

1. Terus mengasah diri

unsplash.com

Selama kamu mau belajar dan melatih diri, sudah bisa sebagai modal dasar untuk syarat menjadi penulis novel sukses. Sebab, rahasia menjadi penulis yang hebat tentu kamu harus mau terus belajar dan mengasah diri untuk lebih baik. Hal ini juga bisa membuat kamu belajar kosakata baru sehingga perbendaharaan literasi kamu semakin kaya.

Sehingga topik yang kamu tulis juga akan semakin berkembang dan meningkatkan kualitas tulisanmu. Di sisi lain, juga akan belajar bagaimana sudut pandang penceritaan. Tapi kamu jangan mudah puas dan terus menanamkan rasa haus dalam pikiran kamu untuk terus belajar.

2. Banyak membaca buku

pexels.com

Salah satu cara menjadi penulis buku yang baik adalah dengan rajin membaca buku. Bohong rasanya jika kamu ingin menjadi seorang penulis, tapi kamu malas untuk membaca. Sebab dengan membaca kamu bisa sekaligus belajar bagaimana karya tulisan dari penulis-penulis handal.

Kamu juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan dalam banyak hal, gak cuma soal penulisan saja. Apalagi menjadi seorang penulis itu gak cuma sekadar bisa menulis dan merangkai kata-kata indah, tapi kamu juga harus memiliki wawasan luas dan membuka ide-ide baru. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan rajin membaca.

BACA JUGA: Struktur Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar Serta Contohnya

3. Punya ide-ide kreatif

pexels.com

Menjadi penulis kamu perlu memiliki kemampuan dalam berimajinasi untuk memunculkan ide-ide yang orisinil. Sehingga kamu bisa mengembangkan ide-ide kreatif kamu dengan caramu sendiri. Kamu bisa mulai dengan sering mencatat ide-ide yang muncul. Sebab, ide bisa datang kapan saja dan di mana saja.

Untuk itu biar kamu gak lupa, setiap kepikiran sebuah ide langsung catat dalam ponsel sebelum hilang. Ketika sudah ada waktu, coba tulis ide tersebut sembari untuk kamu berlatih. Atau, jika kamu ingin ‘menyimpan’ ide ini, bisa kamu tuangkan ke dalam blog pribadi. Sehingga semua koleksi karya tulisanmu ada di situ.

4. Memiliki gaya penulisan sendiri

pexels.com

Dengan terus berlatih, biasanya semakin lama kamu akan menemukan gaya penulisanmu sendiri. Ini menjadi faktor penting karena kamu harus punya karakter sendiri yang orisinil. Jika kamu sudah menemukannya, teruslah untuk kamu latih agar menjadi lebih baik. Kemudian setelah itu kamu bisa mempejalari gaya penulisanmu dengan target pembaca kamu.

Maksudnya kamu perlu mengenali siapa pembacamu, agar cara atau gaya komunikasimu dalam tulisan cocok untuk mereka. Kalau kamu berhasil melakukan hal ini, pembaca akan merasa dekat dengan penulisnya. Dan ini penting, karena ketika kamu mengeluarkan karya lagi, mereka akan tertarik untuk menikmati tulisanmu kembali.

BACA JUGA: Info Lomba Online Gratis, Hadiah Jutaan Rupiah 2022

5. Perbanyak koneksi

pexels.com

Ketika kamu ingin menjadi penulis hingga menerbitkan sebuah buku sendiri, penting untuk memiliki banyak koneksi di industri penulisan. Kamu bisa mulai mencarinya melalui media sosial. Kemudian kamu bisa mencoba untuk magang menjadi penulis di sebuah perusahaan penerbit buku. Atau, menjadi asisten editor maupun penulis buku idola kamu. Di sini kamu akan banyak belajar pengalaman menjadi penulis novel dari para pelakunya langsung yang sudah terjun dalam dunia ini lebih dulu.

6. Ikut komunitas penulis

pexels.com

Selain mencari koneksi di industri penulisan, kamu bisa ikut komunitas atau grup penulis. Tujuannya sudah pasti untuk membangun relasi dan saling belajar dengan penulis lain. Sehingga kamu akan lebih banyak memiliki cerita baru dari pengalaman orang lain. Semoga saja dari sini kamu akan lebih termotivasi untuk menjadi seorang penulis.

BACA JUGA: 20+ Kerja Sampingan Online, Nambah Penghasilan Tanpa Modal!

7. Cermat membaca selera pasar

pexels.com

Gak cuma perusahaan penerbit saja yang membaca pasar, kamu juga perlu melakukan riset terkait apa yang sedang menjadi tren atau paling laris. Cobalah untuk datang ke toko buku dan melihat buku apa yang paling best seller. Cobalah untuk mempelajari buku-buku tersebut sebagai bahan riset kamu.

Misalnya buku yang sedang banyak dicari adalah soal motivasi atau quotes, kamu bisa mencari tahu cara menjadi penulis quotes seperti apa. Selama kamu gak malas untuk melakukan riset, pasti kamu akan menemukan cara atau celah yang bisa kamu manfaatkan.

8. Melakukan observasi

pexels.com

Ketika kamu akan menuliskan sebuah cerita, pasti di dalamnya akan ada karakter, alur cerita hingga dialog. Kebanyakan penulis handal, mereka menciptakan semua itu dari hasil observasi yang bagus, atau setidaknya didasari dari sebuah pengalaman tertentu. Saat kamu bisa mengamati dan peka dengan sekitar, akan memudahkan kamu dalam menuliskan sebuah cerita dengan karakter hingga latar belakang yang kuat. Jadi berlatihlah untuk melakukan observasi dan mulailah dari lingkungan sekitarmu.

BACA JUGA: Cara Membuat Blog Gratis yang Dapat Menghasilkan Uang

9. Terbuka dengan hal-hal baru

unsplash.com

Sebagai seorang penulis yang baik, kamu jangan menutup diri dengan hal-hal baru. Justru kamu harus selalu terbuka dengan banyak hal. Sebab, dengan begini kamu akan bisa bereksperimen secara bebas dan kreatif tanpa terfokus pada genre tertentu saja. Jadi cobalah untuk keluar dari zona nyamanmu. Misalnya, mulai mencoba menulis tema yang belum pernah kamu coba, seperti misteri, percintaan, fiksi, dan lain sebagainya.

10. Pelajari mekanisme penerbit

pexels.com

Penting untuk mempelajari kebijakan penerbit dan bekerja sama dengan mereka. Sebab setiap penerbit pasti memiliki kebijakan sendiri-sendiri. Jadi saat kamu ingin mencoba menerbitkan buku, cobalah untuk diskusi dengan editornya. Ketika mereka tertarik dengan gaya atau karakter tulisan kamu, biasanya mereka akan memberikan banyak masukan untuk menyempurnakan karyamu. Jadi ikuti saran dan masukan mereka. Sebab gak jarang penerbit suka membeli karya tulisan yang dinilai memiliki karakter dengan gaya penulisan yang fresh.

BACA JUGA: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

Intinya jangan takut untuk memulai dan nikmati prosesnya

unsplash.com

Rasanya semua ide yang kamu miliki akan sia-sia jika kamu takut untuk memulai. Jika kamu merasa tulisanmu tidak baik tak menjadi soal, sebab practice makes perfect. Jadi mulailah untuk menulis sejak dini dengan rasa percaya diri. Kalau kamu konsisten bukan tidak mungkin suatu saat kamu akan menjadi penulis handal.

Di samping itu cobalah untuk menikmati segala proses yang ada. Misalnya tulisanmu ditolak penerbit, itu adalah hal yang normal terjadi dan banyak dialami oleh semua penulis-penulis ternama. Maka dari itu jangan pernah menyerah dan terus belajar untuk menjadi lebih baik lagi. Selama kamu mau berusaha, pasti akan ada jalannya.

Itulah tadi beberapa tips menjadi penulis yang perlu Sedulur pelajari. Meskipun semua ini membutuhkan proses yang tidak sebentar, namun dengan melatih diri dan kemauan untuk terus belajar bukan tidak mungkin suatu saat kamu bisa menerbitkan buku karya tulisanmu. Jadi terus semangat ya!

Selain itu bagi Sedulur yang gemar menulis dan punya blog, boleh banget ikutan Kontes Blog Super Bercerita yang diselenggarakan oleh Aplikasi Super pada 4 April-5 Juni 2022 dan terbuka untuk umum serta GRATIS. Untuk tema tahun ini adalah #KadoUntukPahlawan. Di sini kamu bisa menulis sosok pahlawan di sekitar kalian menurut versi Sedulur. Lomba ini juga berhadiah jutaan rupiah, lho. Yuk, langsung simak info lengkapnya di sini!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.