Sebagai seorang pelamar kerja, pastinya sudah tidak asing lagi dengan surat lamaran kerja. Namun, sudahkah Sedulur mengetahui bagaimana struktur surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar?

Dokumen ini merupakan salah satu komponen wajib jika Sedulur hendak mencari kerja di suatu perusahaan. Sebagai pelamar, Sedulur harus memenuhi semua berkas administrasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Lalu, bagaimana struktur surat lamaran pekerjaan yang memenuhi kriteria? Berikut adalah penjelasannya. 

BACA JUGA: 16 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik & Arti

1. Pengertian surat lamaran pekerjaan

struktur surat lamaran pekerjaan
pexels

Sebuah dokumen yang dibuat oleh seseorang yang bersangkutan dan berkaitan dengan lamaran pekerjaan merupakan definisi dari surat lamaran kerja. Dokumen tersebut kemudian akan dikirim untuk orang atau pejabat yang bersangkutan atau berkaitan. Lebih tepatnya, dokumen ini digunakan untuk meminta sebuah pekerjaan yang ada di sebuah perusahaan atau instansi.

Bisa diartikan, dokumen ini sebagai salah satu berkas yang diberikan dari calon pegawai atau karyawan kepada calon atasan untuk meminta suatu jabatan yang diinginkan. Oleh karena itu, biasanya isi dari dokumen ini bersifat resmi atau formal. Tentunya, dokumen yang akan dikirimkan kepada calon atasan atau pihak tertentu adalah sesuai dengan iklan yang ditawarkan.

2. Sistematika atau struktur surat lamaran pekerjaan

struktur surat lamaran pekerjaan
pexels

Sebelum menulisnya, tentunya Sedulur harus mengetahui bagaimana struktur surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu. Semua jenis dokumen yang diberikan umumnya memiliki kesamaan dalam hal kerangka, sistematika, berbagai bentuk dasar lainnya, meskipun jenis lowongan dan perusahaan berbeda-beda.

Dikutip dari Tim Kemendikbud (2017, hlm 16), ada beberapa sistematika dalam penulisan dokumen yang satu ini, di antaranya adalah tempat dan tanggal pembuatan, alamat, lampiran, salam pembuka, alinea pembuka. Isi, penutup, salam penutup, tanda tangan beserta nama terang. Berikut ini adalah penjelasan lengkap dari berbagai macam sistematika dokumen ini.

3. Tempat dan tanggal pembukaan surat

struktur surat lamaran pekerjaan
pexels

Salah satu jawaban dari pertanyaan “sebutkan struktur surat lamaran pekerjaan” yang pertama adalah menuliskan tempat dan tanggal pembukaannya terlebih dahulu. Letak dari tulisan tempat dan tanggal ini biasanya ada pada pojok kanan atas dan tanpa menggunakan titik (.), karena bukan merupakan suatu kalimat.

Contohnya : Yogyakarta, 24 November 2022

BACA JUGA: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris + Terjemahannya

4. Lampiran dan Perihal

struktur surat lamaran pekerjaan
pexels

Struktur surat lamaran pekerjaan selanjutnya adalah lampiran atau perihal uang biasanya disisipkan di bagian atas. Contohnya adalah pada suatu dokumen, syarat yang harus dilengkapi pelamar adalah data diri dan kualifikasi pelamar sebanyak tiga lembar. Jadi, Sedulur bisa menulisnya seperti contoh berikut:

Lampiran: Tiga lembar

Hal: Pemberitahuan

Umumnya, kesalahan yang bisa terjadi adalah dengan menyingkat kata “Lampiran” menjadi “Lamp” atau “Lam”. Sebaiknya, hindari menyingkat suatu kata agar menjadi dokumen yang baik dan benar.

5. Tujuan dan alamat surat

struktur surat lamaran pekerjaan
pexels

Baik struktur surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, tujuan dan alamat perlu ditulis. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisannya, yaitu:

  • Penulisan kata “Kepada” disingkat menjadi “Yth”.
  • Jangan menulis kalimat lebih dari tiga baris.
  • Apabila menulis suatu jawaban, jangan menggunakan gender seperti penggunaan kata ibu atau bapak.
  • Jangan menyingkat kata “Jalan” dari sebuah alamat dalam penulisannya.
  • Jangan menggunakan titik pada setiap lahir baris.

Contohnya:

Yth. Manager GMMTV

Jalan Ratchaburi No. 15

Yogyakarta

6. Salam pembuka

pexels

Salam pembuka merupakan salah satu jawaban dari pertanyaan “tuliskan struktur surat lamaran pekerjaan” selanjutnya. Penggunaan salam pembuka dalam suatu kalimat adalah harus meletakkan koma setelah menuliskan kata “Dengan Hormat”. Sarannya, akan lebih baik jika Sedulur menjadikan kalimat “Dengan Hormat” menjadi satu baris dengan kalimat lanjutannya. Walaupun begitu, penggunaan kalimat lanjutan yang berbeda baris dengan kata “Dengan Hormat” masih bisa untuk dilakukan dan sifatnya opsional. 

Contohnya:

Dengan Hormat, kalimat selanjutnya….. (yang sebaiknya di pakai)

Dengan Hormat,

Kalimat selanjutnya…… (tidak masalah apabila menggunakan ini)

BACA JUGA: Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Cepat di Terima + 3 Tips Ampuh

7. Alinea pembuka

pexels

Alinea pembuka merupakan alinea utama yang digunakan untuk mengungkapkan pernyataan diri. Apabila iklan lowongan pekerjaan yang ditawarkan suatu perusahaan atau instansi mencantumkan persyaratan pelamar yang fresh graduate atau lulusan baru, maka Sedulur bisa mencantumkannya secara tidak langsung dengan menggunakan alinea pembuka ini.

Bisa dikatakan bahwa alinea pembuka merupakan salah satu struktur surat lamaran pekerjaan yang menjadi penghubung antara dialog dengan iklan lowongan kerja. Hal ini bertujuan agar perusahaan yang Sedulur lamar merasa dihargai dan dihormati. Berikut adalah contoh alinea pembuka yang benar:

Dengan Hormat,

Berdasarkan kebutuhan yang tercantum dalam lowongan pekerjaan yang saya peroleh melalui surat kabar, saya siap untuk bekerja keras dan memiliki kualifikasi yang relevan, karena saya baru saja lulus dari Universitas Majapahit bidang keahlian Ilmu Komunikasi.

8. Isi

pexels

Kebanyakan orang masih bingung dengan pertanyaan yang diminta untuk menjelaskan struktur surat lamaran pekerjaan yang selanjutnya, yaitu isi. Sebenarnya, isi dari dokumen ini berisi penjelasan tentang mengapa Sedulur melamar posisi yang diminta di tempat yang bersangkutan. Selain alasan, Sedulur juga bisa menjabarkan kemampuan apa saja yang dimiliki. Akan tetapi, kemampuan tersebut harus sesuai dengan posisi yang dilamar, ya. Ada beberapa hal yang terdapat dalam isi, seperti:

a. Identitas

Identitas merupakan keterangan data diri yang bersangkutan, misalnya nama, alamat, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir, dan hal lainnya yang bisa disesuaikan. Awal penulisan keterangan tersebut menggunakan huruf awalan kecil. Berikut adalah contohnya:

nama: Dyah Sekartaji

tempat tanggal lahir: Yogyakarta, 17 Januari 2002

pendidikan terakhir: S1 Ilmu Politik

alamat: Dukuh Sumbersari, Wonosobo, Jawa Tengah, 490904

b. Maksud dan tujuan

Isi dari Maksud dan Tujuan adalah alasan pengirim atau pelamar dalam menuliskan surat lamaran pekerjaan. 

c. Berkas atau lampiran

Setelah menuliskan maksud dan tujuan, selanjutnya adalah menyertakan beberapa lampiran yang diperlukan dan diminta sebagai syarat melamar pekerjaan pada suatu perusahaan atau instansi. Maka dari itu, pelamar harus memenuhi kriteria tersebut dengan adanya berkas atau lampiran yang terkait. Setiap akhiran dari kalimat, harus dilengkapi dengan tanda titik koma. Sedangkan, pada akhir kalimat lampiran harus ditambahi dengan titik. Contohnya bisa disimak sebagai berikut:

  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir;
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk;
  • Curriculum Vitae;
  • Pas foto ukuran 3×4 dua lembar.

BACA JUGA: 9 Contoh Surat Pengalaman Kerja Terlengkap Berbagai Profesi

9. Penutup

pexels

Pada kalimat penutup, sebaiknya kandidat menunjukkan harapan dan antusiasme dalam pekerjaan yang diinginkan. Contohnya bisa dilihat seperti berikut ini:

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dan menjadi bagian dari PT. GMM Grammy, di mana saya dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau lamaran saya.

10. Tanda tangan dan nama terang

pexels

Struktur surat lamaran pekerjaan yang terakhir adalah menyisipkan tanda tangan beserta nama terang yang bersangkutan pada pojok kanan bawah surat. Berikut adalah contohnya:

Hormat saya

(ttd)

Anita Putri

Demikian pengertian beserta struktur surat lamaran pekerjaan mulai dari pembukaan hingga penutup dan tanda tangan. Dengan memperhatikan unsur seperti di atas, diharapkan Sedulur tidak lagi mengalami kesulitan dalam membuat dokumen yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.