Perbedaan sel hewan dan tumbuhan ternyata memiliki ciri khas yang spesifik. Sel tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar dari pada sel hewan. Ukuran sel tumbuhan  berkisar antara 10 um sampai dengan  100 um, sementara ukuran  sel hewan berisar antara 10 um sammpai dengan 30 um.

Tahukah Sedulur, makhluk hidup tersusun atas sel di dalam tubuhnya. Dan setiap makhluk hidup memiliki jenis-jenis sel yang berbeda. Hal ini itu jugalah yang berlaku pada sel hewan dan sel tumbuhan. Dilansir dari erepo.unud.ac.id., sel merupakan sebuah unuit struktural terkecil dari sebuah makhluk hidup. Nah, sel dikelilingi oleh sebuah membran sel yang di dalamnya ada sebuah cairan atau matriks.

Secara struktural, sel adalah sebuah bagian terkecil dari sebuah makhluk hidup yang bisa melaksanakan fungsinya yaitu untuk menyusun makhluk hidup. Sementara berdasarkan fungsinya, sel berguna dalam menyusun kehidupan dan membentuk organisme.

Sel sendiri bisa berkembang dengan cara mitosis atau membelah diri seperti amoeba. Yang menjadikannya semakin spesial ialah di dalam sel terdapat materi genetik yang memiliki peran penting dalam penentuan sebuah sifat makhluk hidup serta mewariskan sebuah sifat tersebut kepada keturunannya.

Sebenarnya secara umum, sel penyusun makhluk hidup terbagi menjadi dua jenis yaitu sel prokariotik dan juga sel eukariotik.

  • Sel Prokariotik : merupakan sebuah sel penyusun makhlluk hidup yang di dalamnya tidak ada membran yang memiliki fungsi sebagai memisahkan DNA dan letak DNA ada sitoplasma atau yang dikenal dengan sebuah nama nukloid. Sel ini ditemukan pada makhluk hidup dengan sel satu.
  • Sel Eukariotik : sel ini sebenarnya memiliki nukleus dan susunannya cukup lengkap. Manusia, hewan, dan tumbuhan termasuk daam makhluk hidup yang disusun oleh jenis sel ini.

Nah, bisakah Sedulur jelaskan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan?

Berikut ulasan 10 perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang wajib Sedulur tahu!

BACA JUGA : 11 Manfaat Olive Oil Extra Virgin Untuk Kulit & Tubuh

10 Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

1. Ukuran

Inilah Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan
suara

Pertama yang wajib  kamu ketahui adalah, ukuran. Ukuran antara sel tumbuhan dan sel hewan ternyata memiliki perbedaan yang cukup spesifik. Sel tumbuhan memiiki ukuran yang lebih besar dari pada sel hewan. Sel tumbuhan memiliki bentuk lebih besar karena pada sel tumbuhan terdapat sebuah dinding sel sementara itu pada sel hewan tidak. Ukuran sel tumbuhan lbih besar, dari pada hewan.

Ukuran sel tumbuhan berkisar antara 10 um sampai dengan 100 um, sedangkan ukuran sel hewan berkisar antara 10 um hingga 30 um. Tidak hanya itu, vakuola yang terdapat sel tumbuhan jauh lebih besar dari pada sel hewan. Hal inilah yang membuat ukuran sel tumbuhan lebih besar dari pada sel hewan.

BACA JUGA : 15 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ala Selebgram di Android & iOS

2. Keberadaan dinding sel

Inilah Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan
IDN Times

Poin kedua yang wajib Sedulur tahu adalah sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terdiri dari membran sel dan juga sel selulosa yang bersifat kaku. Maka dari itu, sel tumbuhan memiliki bentuk yang kaku seperti kubus atau persegi panjang yang cenderung tidak berubah.

Fungsi dari dinding sel pada tumbuhan berfungsi dalam melindungi serta menunjang pertumbuhan pada bagian sel tersebut. Kondisi ini pun memaksa sel tumbuhan lebih keras dibandingkan dengan sel lainnya.

Dinding sel yang keras itu merupakan satu di antara zat kayu yaitu selulosa dan tersusun dari sebuah glukosa. Dinding sel sendiri diketahui terdiri dari dua jenis, yaitu dinding sel primel dan  juga dinding sel sekunder.

BACA JUGA : Kenali Ikan Cupang Koi, Harga, Ciri Ciri & Cara Merawatnya

3. Perbedaan ukuran vakuola

Inilah Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan
masfikr

Baik sel tumbuhan dan sel hewan, kedua sel ini sama-sama memiliki vakuola, namun berbeda dalam segi ukuran. Untuk sel tumbuhan hanya memiliki sekitar satu vakuola (vakuola tunggal) yang besar dan menempati 90 persen dari volume sel. Sementara itu sel tumbuhan yang memiliki banyak vakuola dengan ukuran yang kecil.

Vakuola merupakan organ sel penting berupa rongga berisi cairan yang bisa ditemukan di dalam sel hewan dan sel tumbuhan. Untuk vakuola yang ada pada sel tumbuhan, ukurannya lebih besar dibanding yang pada ditemukan dalam sel hewan dan jumlahnya lebih banyak. Apabila semakin besar ukuran vakuolanya, maka tandanya adalah, akan semakin tua umur pada tumbuhan tersebut.

BACA JUGA : 11 Ikan Air Laut yang Sering Dikonsumsi, Kaya Nutrisi & Gizi

4. Keberadaan Lisosom

Inilah Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan
IDN Times

Poin keempat yang harus kamu ketahui dalam perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan adalah,  pada sel hewan memiliki lisosom yang mengandung enzim hidrolitik yang dapat membunuh bakteri di dalam tubuh hewan dan juga enzim pencernaan untuuk memecah molekul makanan.

Berbeda dengan sel tumbuhan yang memiliki lisosom, sementara sel pada hewan tidak memiliki lisosom karena pemecahan degradasi molekulnya sudah ditangani oleh badan golgi. Nah, begitulah perbedaannya ya sobat Sedulur.

BACA JUGA : 12 Manfaat Bawang Dayak bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

5. Keberadaan kloroplas

kelaspintar

Selanjutnya perbedaan mendasar dari sel tumbuhan dan sel hewan adalah,  sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama memiliki mitokondria, namun hanya sel tumbuhan saja yang memiliki kloroplas. Kloroplas merupakan organel sel yang mengandung klorofil untuk proses fotosintesif.

BACA JUGA : Plastisin Terbuat dari Tepung, Jadi Kerajinan Unik & Bermanfaat

6. Keberadaan plastisida

Inilah Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan
Informazone

Terkait keberadaan plastisida, untuk sel tumbuhan dan sel hewan keduanya memiliki perbedaan. Sel tumbuhan memiliki plastisida dan menjadi tempat untuk fotosintesis. Plastisida merupakan organel yang membrannya berupa butir-butir dan juga dalam plastisida mengandung pigmen. Di dalam kandungan plastisida, terdapat kloroplas atau zat hijau daun yang memiliki fungsi untuk membuat makanan sendiri dan menjadi tempaat untuk fotosintesis. Sementara itu, pada sel hewan tidak memiliki plastisida.

7. Keberadaan sentirol

Inilah Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan
gambarhewan

Perbedaan selanjutya adalah, untuk sel hewan memiliki organel senitirol yang membantu dalam proses pembelahan sel dalam proses replikasi DNA. Sementara itu, pada sel tumbuhan tidak memiliki organel sentirol sebab sistematika sitokinesi dalam pembelahan sel hewan dan juga tumbuhan yang berbeda.

Perlu diketahui, sentriol memiliki peran penting dalam mengatur pembelahan sel hewan. Sentriol diketahui juga memiliki sebuah fungsi sebagai pemisah kromosom saat pembelahan terjadi.

8. Keberadaan silia

suara

Selanjutnya adalah silia adalah sebuah organel yang bertanggung jawab dalam pergerakan sebuah sel. Maka dari itu,  unsur ini hanya bisa diketahui di sel hewanlah yang memiliki silia.  Berbeda halnya dengan sel tumbuhan yang memiliki kecenderungan yang stabil dan tidak bergerak. Sebab, tidak ditemukan silia sebagai organelnnya.

9. Keberadaan plasmodemata

Liputan6

Keunggulan lain yang dimiliki sel tumbuhan dibandingkan dengan sel hewan adalah, sel tumbuhan memiliki semacam plasmodemata. Sementara itu, sel hewan malah tidak memilikinya. Plasmodemata merupakan sebuah jembatan hidup pada sel tumbuhan yang menghubungkan sitoplasma dan memungkinka komunikasi antar sel.

10. Kemampuan sintesis

detik

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan  selanjutnnya adalah terkait dibidang sintesis. Sel tumbuhan diketahui dapat melakukan sintesis semua jenis asam amino (20 jenis) sedangkan sel hewan hanya mampu mensistesis 10 jenis asam amino. Sel hewan diketahui tidak mampu dalam mensistesis vitamin dan koenzim. Tentu berbeda dengan sel tumbuhan yang dapat melakukannya.

Tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Perbedaan

Sel hewan

Sel tumbuhan

Bentuk sel

Bentuknya bermacam-macam dan bisa berubah bentuk

Bentuknya kaku dan jarang berubah bentuk

Ukuran sel

Kecil

Besar

Dinding sel

Tidak ada

 Ada

Matriks Ekstraseluler

Ada

Ada

Lisosom

Umumnya banyak terdapat sel hewan

Jarang ditemukan

Peroksisom

Ada

Ada

Glioksisom

Tidak ada/ jarang

Ada

Elastisitas jaringan

Tinggi, tidak ada dinding sel

Rengah, ada dinding sel

Letak inti sel

Terletak teptnya di tengah sel

Terletak pada peripheral sitoplasma

Sentrosom/Sentriol

Ada

Tidak ada/jarang ditemukan

Organel respirasi

Mitokondria

Mitokondria dan kloroplas (plastida)

Vakuola sel

Kecil dan banyak

Tunggal, tapi sangat besar

Silia

Sering ditemukan

Jarang ditemukan

Flagela

Sering ditemukan

Jarang ditemukan

Pembentukan spindle

Secara amphiastral

Secara anastral

Sitokinesis sel

Membentuk furrowing

Membentuk lempeng mitosis

Ketahanan tekanan

Lemah tanpa vakuola kontraktif

Kuat karena dinding sel

Tingkat totipotensi

Rendah

Sangat tinggi

Sambungan antar

Desmosome tight junction

Plasmodesmata

Perbedaan paling menonjol antara sel tumbuhan dan hewan

Meski sudah disebutkan jika secara mendasar keduanya bisa dibilang serupa, namun berdasarkan sebuah tabel rincian perbedaab di atas sebenarnya perbedaannya cukup banyak.

Di antara banyaknya perbedaan antara kedua jenis sel tersebut baik sel tumbuhan dan sel hewan, ternyata ada perbedaan yang dianggap cukup signifikan atau paling menonjol.

Nah, dari pada berlama-lama, berikut perbedaan yang paling menonjol antara sel tumbuhan dan sel hewan.

Sel hewan

 Sel tumbuhan

Tidak memiliki dinding sel

Memiliki dinding sel

Vakuola berukuran kecil

Vakuola berukuran besar

Memiliki sentriol

Tidak memiliki sentriol

Tidak memiliki semacam plastisida

Memiliki plastisida (kloroplas, kromoplas, leukoplas)

Demikian ulasan mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Semoga menambah ilmu pengetahuan buat Sedulur.