Ikan cupang koi termasuk jenis ikan dengan corak warna bagus dan harganya lumayan bersaing. Di masa pendemi tahun 2020, ikan cupang jenis ini sempat booming dan menjadi primadona para penghobi ikan hias. Lantas seperti apa corak ikan cupang ini, harga dan cara merawatnya.  Berikut ulasan lengkap tim Aplikasi Super

BACA JUGA : Ini Arti Rib & Thigh, Bagian Ayam Favorit Semua Orang!

1. Ikan cupang koi

"	 Mengenal Ikan Cupang Koi, Ikan Hias Cantik yang Jadi Favorit"
gdm

Cupang koi ternyata bukan jenis ikan cupang asli yang biasanya kita temui di alam. Sebenarnya, cupang ini adalah hasil dari persilangan genetik yang dilakukan oleh para breeder atau pengembang biak ikan cupang. Awalnya punya warna dasar persis seperti ikan koi yaitu merah, hitam, orange dan kuning.

Cupang ini tidak hanya memiliki warna dasar koi saja, namun ada juga warna lain seperti corak hitam dan juga biru, serta ada juga warna gradasi. Yang menjadi ciri khasnya adalah pada corak atau motifnya.

-->

Bagaimanapun warnanya, cupang koi masih tetap memiliki corak yang unik dengan bercak yang terlihat acak di tubuhnya sebagaimana corak yang selama ini kita ketahui di tubuh ikan koi. Nah, Itulah yang menjadi salah satu inti dari ciri khas ikan cupang koi.

Cupang koi termasuk jenis khusus dari pembiakan selektif yang memiliki gen lompat. Secara detail, gen lompat artinya ikan cupang memiliki DNA warna yang aktif bergerak, Jadi, warnanya tidak tetap, karena bisa berubah warnanya saat dewasa dan pigmennya lebih kuat. Atas dasar itulah Sedulur akan melihat keunikan warnanya yang nampak terlihat dalam dan juga terang.

BACA JUGA : Ini 10 Manfaat Jus Seledri yang Baik Untuk Konsumsi Tiap Hari

2. Ciri-ciri ikan cupang koi

"	 Mengenal Ikan Cupang Koi, Ikan Hias Cantik yang Jadi Favorit"
pinterest

Sesuai dengan namanya cupang koi. Maka, ikan ini memiliki pigmen warna seperti ikan koi yang memiliki corak warna yang indah itu. Meski hanya bentuk corak badannya  yang aneh, namun harga ikan cupang koi bisa mencapai Rp 150 ribu sampai dengan Rp 250.000. Ikan ini adalah hasil persilangan yang dilakukan oleh para  breeder (pengembang biak ikan cupang koi). Butuh kegigihan dan kreatifitas para  breeder dalam mengembangbiakan warna ikan cupang jenis ini.

Sebab, cupang koi harganya bisa kompetitif di pasaran ikan hias, namun juga bisa turun drastis harganya, jika para breeder kurang kreatif dalam melakukan persilangan warna cupang koi.

Dalam upaya persilangan ikan cupang jenis ini, breeder juga harus paham kualitas cupang koi yang akan disilangkan. Jangan sampai, ikan cupang yang akan  disilangkan mutasi genetiknya salah mengambil tindakan dan pada akhirnya proses pengembang biakan gagal.

BACA JUGA : 10 Manfaat Chia Sheed yang Dapat Menangkal Berbagai Penyakit

3. Jenis- jenis ikan cupang koi

"	 Mengenal Ikan Cupang Koi, Ikan Hias Cantik yang Jadi Favorit"
Ikanhias

Ikan cupang koi ternyata memiliki beragam jenis dan corak lho. Ada sekitar enam jenis ikan cupang yang masih termasuk ke dalam jenis koi di antaranya sebagai berikut ini.

Cupang koi tiger

Ikan cupang koi yang pertama adalah jenis cupang koi tiger. Cupang koi jenis ini, memiliki warna tubuh dari hitam, putih dan merah. Bahkan terkadang ada warna kuning atau orange yang menutupi tubuhnya. Namun, ciri  khasnya adalah pola warna ada yang membentuk susunan layaknya bercakn garis yang rapi maka disebutlah tiger.

Cupang koi galaxy

Selanjutnya di posisi kedua, ada ikan cupang koi  galaxy yang mempunyai sisik mengkilat seperti halnya mutiara dengan warna biru atau lainnya sebagaimana pada cupang galaxy. Untuk warna dari jenis cupang koi galaxy ini sangatlah beragam. Perpaduan warna hitam, merah dan kuning menjadi satu. Nah, ciri utama dari ikan cupang koi galaxy adalah sisik mutiara dengan corak warna tetap membentu seperti bercak sebagaimana corak ikan koi.

Cupang koi emerald

Setelah tadi membahas cupang koi galaxy, selanjutnya ada jenis koi emerald. Ikan ini juga disebut dengan cupang koi asli. Sebab, memiliki warna dan corak dasar asli seperti ikan koi. Warnanya cupang koi jenis ini adalah, murni hitam, merah, putih atau perpaduan seperti kuning dan orange.

Jika Sedulur melihat cupang koi jenis ini, maka Sedulur akan melihat cupang koi emerald seolah-olah melihat koi asli dengan bentuk tubuh yang sedikit berbeda.

Cupang koi nemo

Ada lagi jenis ikan cupang koi bernama nemo, mengapa dinamakan demikian? Sebab, mempunyai warna yang beragam selain  warna dasar hitaam, merah, putih, ada juga warna lain seperti biru yang bisa ditemukan pada sirip atau ekornya lho. Jenis warnanya seperti ikan  nemo dengan motif ikan koi.

Cupang koi fancy

Ikan cupang jenis ini dianggap sebagai cupang koi paling indah dan cantik. Sebab, cupang koi ini memiliki warna yang sangat beragam dengan gradasi terbaik. Sebagaimana jenis cupang fancy yang punya warna begitu beragam dan bergradasi terlihat seperti lukisa. Nah, seperti itulah ikan cupang koi fancy.

Memiliki  corak dan gambar tubuh seperti halnya ikan koi, namun akan tetapi dengan  warna yang lebih banyak dan terlihat sangat lembut. Jadi, buat Sedulur  yang menyukai ikan cupang jenis koi, tidak ada salahnya untuk memiliki hewan yang satu ini.

Namun,  masih ada banyak jenis warna lainnya yang Sedulur wajib ketahui seperti cupang koi multicolor yang memiliki banyak warna sampai 7 jenis, cupang yellow yang punya warna dominan kuning, dan lainnya. Di pasaran kalian akan menemukan lebih banyak warna karena banyaknya breeder kreatif yang terus mengembangkannya. Harganya pun sekarang bervariasi mulai dari Rp 50 ribu sampai dengan  Rp 200 ribu.

BACA JUGA : 15 Jenis Pisang Terenak Di Indonesia dan Cara Pengolahannya

4. Bentuk ikan cupang koi

"	 Mengenal Ikan Cupang Koi, Ikan Hias Cantik yang Jadi Favorit"
ikantawar

Ikan cupang jenis koi memiliki bentuk tubuh yang lonjong, lalu untuk siripnya cenderung memiliki bentuk lebih panjang dan lebar. Sebab masih mempunyai gen cupang halfmoon yang lebar ekornya. Tidak hanya itu, segi sirip dan ekor cukup beragam warna dan bentuknya sesuia dengan indukannya.

Sebenarnya bentuk tubuh ikan cupang jenis koi tetap sama seperti ikan  cupang  pada umumnya. Namun yang menjadi ciri khas dari ikan cupang jenis koi adalah, corak dan warna polanya di kulitnya. Ukuran tubuh cupang jenis ini sekitar 3 inc atau 7,6 cm.

Selanjutnya bentuk mata ikan cupang koi memiliki warna hitam dan bulat sempurna Haruss warna hitam,  apapun warna dari kuliytnya, warna mata tetap hitam. Apabila warna matanya sedikit lain seperti putih, maka bisa dipastikan ikan yang Sedulur beli bukan cupang jenis koi.

BACA JUGA : Fakta Unik Pulau Socotra, Disebut Tempat Alien Hingga Dajjal

5. Habitat ikan cupang koi

"	 Mengenal Ikan Cupang Koi, Ikan Hias Cantik yang Jadi Favorit"
Tokopedia

Tidak seperti ikan cupang pada umunya yang ditemukan bebas di alam, untuk jenis ikan cupang koi hanya bisa Sedulur temukan di tempat pengembang biak ikan cupang atau para breeder.

BACA JUGA : Timun Jepang, Timun Lokal & Zucchini, Simak Perbedaanya

6. Reproduksi ikan cupang koi

Kompasiana

Ikan cupang jeni koi sangat berbeda dengan ikan cupang pada umumnya. Mereka diciptakan dari hasil  persilangan genetik.  Ya, persilangan dilakukan dari jenis  ikan cupang plakat dengan ikan cupang jenis halfmoon atau memiliki tubuh yang berjuntai-juntai sehingga dinamakan HMPK. Selanjutnya,  cupang HMPK dikawinsilangkan kembali dengan cupang plakat fancy yang tetunya memiliki warna yang beragam.

Ikan plakat yang dijadikan sebagai indukan awalnya berasal dari negara Asia Tenggara tepatnya di Thailand. Orang di sana menganggap,  ikan jenis plakat tidak terlalu menarik. Nah, karena ditolak atau direject, cupang reject tersebut akhirnya dibawa ke Indonesia melewati Medan.

Kecerdasan para breeder Indonesia pun membuat, ikan yang dianggap jelek di Thailand itu, disulap menjadi ikan cupang jenis koi yang cantik seperti yang kita lihat saat ini. Ikan ini memang tidak asli dari alam, melainkan hasil dari persilangan yang dilakukan  oleh para breeder di Indonesia.

BACA JUGA : Ini 6 Ciri Ciri Kucing Cacingan, Penyebab & Cara Mengobatinya

7. Makanan ikan cupang koi

zonahewan

Dalam memberikan pakan untuk ikan cupang jenis koi, para perawat harus pandai memberikan pakan yang bergizi. Makanan yang bergizi sangat bagus untuk perkembang biakan ikan cupang jenis ini. Mulai dari warna, corak badan, hingga siripnya pun tetap akan segar bugar.

Nah, rekomendasi pakan untuk cupang koi adalah, Sedulur bisa memberikan  pelet, cacing beku, jentik nyamuk atau juga bisa kutu air.  Berikan makanan  yang sesuai rekomendasi itu, selama  2 kali sehari. Sementara itu, untuk cacing sutra yang masih hidup, cukup diberikan sekali dalam sehari saja.

Sedulur juga harus tahu, untuk porsinya adalah, hanya sebesar bola matanya si ikan tersebut. Jadi, jangan sampai memberikan pakan secara berlebih ya Sedulur. Agar kandang tetap bersih dan si cupang tidak stress atau keracunan akibat zat makanan yang masuk ke dalam kandangnya.

BACA JUGA : 8 Fakta Shampo Kuda Untuk Memanjangkan rambut, Beneran?

8. Cara merawat ikan cupang koi

Hops

Merawat  ikan cupang jenis ini, sebenarnya sangat mudah dan praktis. Pastikan Sedulur mempunyai akuarium yang cukup luas. Sebab, ikan koi suka bergerak aktif ke sana ke mari sehingga harus dipikirkan ukuran aquariumnnya. Dan jangan lupa selalu melakukan pergantian  air satu minggu sekali dengan keran atau air yang mengalir, supaya ikan cupang Sedulur tidak menghirup racun dari kotorannya yang ditinggakan di aquarim.

9. Berikan vitamin yang bagus untuk cupangmu

Jualcupang

Memelihara ikan cupang jenis koi, kamu juga harus memperhatikan kesehatan si ikan setiap  hari. Pemberian vitamin sangat perlu,  sebagai upaya menjaga kesehatan si ikan dan mempertahankan  warna yang ada di tubuhnya.

10. Harga ikan cupang koi

Medium

Harga ikan cupang jenis koi, sebenarnya saat ini sudah berbeda. Dibandingkan dengan saat masa pandemi di tahun 2020.  Namun,  di pasaran, ikan cupang jenis ini masih dihargai sebesar Rp 30.000. Harganya  ditentukan berdasarkan dengan ukuran dan corak pada ikan cupang koi.

Itulah tadi ulasan mengenai ikan cupang koi, dari mulai jenisnya, harga hingga cara merawatnya. Semoga menambah referensi tentang dunia ikan cupang dan tertarik untuk merawatnya.