Plastisin terbuat dari bahan yang cukup sederhana, plastisin adalah mainan sederhana seperti gumpalan tanah liat yang bisa kamu bentuk sesuka hati. Selain digunakan untuk mainan, plastisin ini juga dapat digunakan untuk menghias berbagai benda yang ada di rumah Sedulur lho, seperti tempelan, bingkai foto dan masih banyak lagi.

Nah, seperti apa bahan pembuatan plastisin ini, dan bisa digunakan untuk apa saja plastisin ini, berikut adalah ulasan selengkapnnya dari tim Aplikasi Super. Yuk simak penjelasan lebih detailnnya di bawah ini Sedulur

BACA JUGA : 11 Manfaat Olive Oil Extra Virgin Untuk Kulit & Tubuh

1. Plastisin adalah

Ini Kreasi Plastisin yang Unik & Lucu!
senirupadansejarah

Plastisin merupakan sebuah bahan lunak yang digunakan oleh anak. Selain digunakan untuk mainan anak, plastisin ini juga bisa dipakai sebagai penghias berbagai benda di rumah. Beberapa hal yang bisa kamu hias antara lain, seperti tempelan, bingkai foto dan masih banyak lagi.

Bermain plastisin menjadi salah salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan khususnya buat anak-anak.  Bahan lunak yang biasa dinamakan playdough tersebut, sejatinya bisa dibentuk menjadi aneka macam mainan yang menarik.  Selain itu, mainan ini juga bisa melatih imajinasi anak lho Sedulur.

Terkait keamanan dari menggunakan mainan berbahan dasar plastisin ini, Sedulur tidak perlu merasa khawatir atau cemas. Sebab, sudah ada standarisasi keamanan yang sudah terjaga sehingga tidak perlu merawa gelisah.

BACA JUGA : 12 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berseri dan Sehat

2. Apakah plastisin berbahaya?

Ini Kreasi Plastisin yang Unik & Lucu!
mimpibaru

Kata-kata inilah yang selalu muncul ketika ada sebuah mainan  yang diberikan kepada anak-anak. Dikutip dari Very Well, ini tergantung dengan produk plastisin mainan yang digunakan. Beberapa lilin mainan yang beredar di pasaran tidak beracun. Sebab, barang tersebut sudah mempunyai sertifikat internasional.

Meski demikian, tetap harus berhati-hati dalam mencarikan plastisin untuk anak-anak kita. Jadi, selalu cek dan bisa memahami kandungan atau bahan apa saja yang ada dalam plastisin  yang kita pilih.

3. Cara membuat plastisin

orami

Banyak sekali cara membuat plastisin atau bahan lunak untuk bermain anak-anak ini. Baik menggunakan bahan-bahan kimia yang mahal atau bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Nah, di sini tim  Aplikasi Super akan menerangkan bagaimana cara membuat plastisin sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Cara membuat plastisin sederhana

mimpibaru

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan minyak sayur
  • 2 sendok makan garam
  • 60 ml air hangat
  • 8 sendok makan tepung terigu
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara membuatnya

  1. Langkah pertama adalah, campur tepung dan garam ke dalam  sebuah mangkuk pertama
  2. Kemudian langkah kedua, campurkan juga air dan  pewarna pada mangkuk kedua
  3. Langkah ketiga, tuangkan larutan air dan pewarna ke mangkuk pertama yang sudah berisi tepung, kemudian aduk hingga merata
  4. Langkah keempat tuangkan adonan plastisin  ke atas sebuah meja atau mungkin alas yang sudah ditaburi tepung terigu.
  5. Langkah kelima, uleni adonan hingga benar-benar tercampur rata dan selannjutnya tambahkan pewarna makanan.

BACA JUGA : Fakta Buah Beetroot, Si Merah dengan Segudang Nutrisi

Dapat kita ketahui, jika plastisin merupakan jenis lilin mainan  yang bisa dengan mudah kita bentu dengan sesuka hati anak-anak. Terkait asal-usulnya, bahan  lunak ini sebenarnyan ditemukan oleh orang Eropa bernama William Harburt. Dia adalah seorang guru seni asal Inggris yang mencoba melakukan alternatif bahan untuk menunjang kreativitas para muridnya.

Perbedaan  plastisin  dengan tanah liat, dilihat dari tekstur dan warnanya. Untuk plastisin lebih terlihat sangat bersih dan didesain  tidak akan mengera,  karena mengandung lilin dan berbentuk dalam sebuah adonan. Beda halnya dengan tanah liat,  di mana teksturnya sangat mudah mengeras dan tampilannya kotor.Karena bahannya lunak dan sangat mudah untuk dibentuk, plastisin dianggap sebagai  mainan  yang bisa mengasah kemampuan motorik anak dan sangat cocok dengan jari-jari mereka.

BACA JUGA : 5 Manfaat Infused Water Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

5. Karya yang dibuat dari plastisin

Ini Kreasi Plastisin yang Unik & Lucu!
kibrispdr

Banyak sekali karya-karya menarik yang bisa diciptakan  dari sebuah plastisin atau bahan lunak untuk bermain sang buah hati ini. Salah satunya adalah patung. Anak-anak sangat menyukai hewan-hewan maka bisa dibuatkan hewan dengan menggunakan bahan dari plastisin.Berikut ini adalah patung yang terbuat dari plastisin yang wajib kamu ketahui Sedulur Super. Caranya mudah dan bisa dibuat oleh anak Sedulur sendiri.

  • Patung boneka hewan macan
  • Patung boneka hewan harimau
  • Patung buaya dan jerapah
  • Hingga patung boneka salju.

6. Membuat tempat lilin dari plastisin

mimpibaru

Plastisin  juga bisa kamu gunakan untuk keperluan membuat kerajinan  tangan bernilai ekonomi tinggi lho. Seperti membuat lilin salah satunya. Kreatifitas dan ketrampilan kamu akan banyak diuji di sini.

BACA JUGA : 12 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan & Tips Mengolahnya

7. Jenis permainan dari plastisin

Ini Kreasi Plastisin yang Unik & Lucu!
genemil

Setelah tadi kita membahas mengenai patung terbuat dari plastisin, kali ini beberapa jenis permainan yang bisa dijadikan ajang belajar  buat anak. Maklum, anak-anak sangat dianjurkan  sekali dalam melakukan permainan ini. Sebab, permainan menggunakan jenis plastisin ini bisa membantu kemampuan sel motorik  atau tumbuh kembang si anak. Nah, permainan apa saja yang bisa dikembangkan dari bahan plastisin untuk si buah hati Sedulur. Berikut adalah penjelasan secara lengkapnnya

Bangun datar

Bahan plastisin juga bisa dipakai untuk membuat permainan bangun datar. Ajarkan selalu anak-anak Sedulur bahwa mereka  akan bermain dan membuat beragam bentuk menggunakan lilin  plastisin sebagai bahannya. Aawali pembeajaran dari bentuk yang cukup sederhana dulu. Seperti membuat sebuaah lingkaran. Tidak hanya membuaat sebuah lingkaran, pola lain bisa diajarkan dengan membuat bentuk segi empat kemudian  menyambungkan dengan  barang-barang di sekitar. Praktis dan sangat bermanfaatkan.

Mengenal huruf dan angka

Setelah Sedulur mengajarkan tetang bangun datar menggunakan plastisin. Kemudian selanjutnya ajarkan pula kepada anak-anak juga untuk belajar mengenal huruf dan angka menggunakan plastisin.

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan ialah, ambil selembar kertas dan kemudian gambarlah beberapa angka yang tidak terlalu sulit buat si anak dan bisa dipaahami. Sebagai contoh untuk anak-anak. Langkah selanjutnya adalah, coba Sedulur ajarkan anak-anak untuk membentuk lilin sama seperti gambar yang telah dibuat.

Terus lakukan hal tersebut sampai anak benar-benar bisa dengan mandiri membuat tanpa ada gambar. Hal semacam ini memang wajib dilakukan ketika suasana anak sedang ceria, dan jangan pernah memaksa anak, karena anak tersebut akan cepat bosan dengan permainan yang diulang-ulang.

Mengenal hewan

Kegunaan plastisis untuk pembelajara adalah, bahwa media belajar ini juga bisa dipakai  oleh Sedulur untuk membentuk boneka hewan, dan selanjutnya mengenalkannya kepada anak-anak.Biarkan  anak anak Sedulur berimajinasi dengan hewan-hewan yang sebelumnya Sedulur buat menggunakan bahan plastisin. Tapi, pastikan, mainan hewan yang Sedulur buat harus sesuai kehendak dari si anak.

BACA JUGA : 12 Manfaat Timun yang Baik untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

8. Cara menyimpan plastisin

pojokmungil

Sering kali kita mengetahui jika plastisin yang kita buat dapat mengalami kekeringan . Nah, hal semacam itu mungkin bisa terjadi jika cara menyimpannya kurang baik. Tentu perlu sebuah teknis khusus agar plastisin  yang sudah tidak kita gunakan  lagi akan mengering.

Cara menyimpan plastisin sebenarnya sangat sederhana dan mudah kok Sedulur. Yaitu, simpanlah pada suhu yang lumayan lembab dan harus terhindar dari matahari. Plastisin tidak akan  bisa digunakan apabila sudah kering dan  kaku. Maka dari itu, Sedulur harus perlu menjaga  kelembapannya supaya tetap bisa dipakai.

BACA JUGA : Ini Arti Rib & Thigh, Bagian Ayam Favorit Semua Orang!

9. Tips membuat playdough

Inews

Apabila Sedulur ingin menyimpan permainan plastisin setelah usai digunakan, maka platisin harus dibungkus ke dalam kantong ziplock atau semacam wadah yang berbahan plastik.  Mengapa hal ini dilakukan, supaya plastisin tidak mengering. Kamu juga bisa menyimpanya ke dalam lemari es dan akan bertahan  3 sampai 7 hari.

Tidak hanya itu, kamu tidak boleh meremehkan fungsi garam. Garam yang ditambahkan dalam adonan inilah yang memiliki fungsi sebagai pengikat air, maka dari tekstur yang kenyal dan kelembapan pada adonan bisa bertahan lebih lama.

BACA JUGA : 10 Manfaat Chia Sheed yang Dapat Menangkal Berbagai Penyakit

10. Manfaat bermain plastisin

Pojokmungil

Sebagai sebuah bahan yang lunak, ternyata plastisin memang memiliki banyak manfaat untuk si buah hati. Sebab, mainan ini memang diciptakan sebagai media pembelajaran anak-anak. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapat setelah bermain plastisin ini.

Mengembangkan ketrampilan sel motorik anak

Ketika anak sedang membentuk adonan menjadi sebuah bentuk yang berbeda, maka mereka sedang membangun kekuatan yang berada di tangan mungilnya. Gerakan meremas, menggulung, memilih, meratakan,  hingga akhirnya membentuk bulatan itu sedang memgembangkan otot-otot tangannya. Ketrampilan semacam ini sangat berguna untuk masa depan si buah hati.

Menenangkan anak

Meremas dapat meredakan ketegangan, melepaskan energi berlebih, meningkatkan fokus dan juga mengekspresikan emosi anak. Jika anak Sedulur sedang rewel atau uring-uringan, mungkin bisa dicoba saja tawarkan untuk bermain lilin mainan dan saksikan bagaimana secara alami sikapnya menjadi tenang.

Mendorong kreatifitas

Manfaat platisin selanjutnya adalah bisa mendorong kreatifitas anak. Membuat sebuah objek darti awal hingga  selesai  juga dapat mendorong anak-anak Sedulur untuk  memperluas imajinasinya dan berpikir dengan cara yang baru yang lebih inovatif.

11. Harga platisin di pasaran

inkuiri

Harga yang ditawarkan plastisin di pasaran sebenarnya sangat murah dan mudah dijangkau. Plastisin dari lilin biasanya untuk satu batang sudah berisi lima sampai dengan enam warna pilihan sesuai dengan selera kita. Untuk satu batangnya, sudah dihargai sebesar Rp 3.500 sampai dengan harga Rp 7000.

Demikian ulasan mengenai plastisin dan cara penggunannya untuk berbagai macam kerajinan tangan. Semoga menambah pengetahuan buat Sedulur dan bisa menjadi sarana mainan anak-anak