Pernahkah Sedulur bertanya-tanya tentang 1 kg berapa gram? Ya, pertanyaan tersebut biasa muncul di benak kita dalam beberapa kesempatan. Misalnya, pada saat sedang membeli bahan-bahan pokok di toko kelontong. Konversi dari kilogram ke gram terkadang dibutuhkan pada saat menimbang beberapa barang sembako, seperti gula, tepung, ataupun beras. 

Contoh kesempatan lainnya adalah ketika sedang melaksanakan ujian mata pelajaran Matematika. Pertanyaan tersebut kadang muncul karena konversi dari kilogram ke gram memang menjadi salah satu topik pembahasan pada mata pelajaran tersebut.

Lalu, sebenarnya apa jawaban dari pertanyaan “1 kg berapa gram”? Coba simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 250 Gram Berapa Sendok Makan, Begini Takarannya

-->

Sistem Satuan Internasional (SI)

 1 kg berapa gram
Depositphotos

Dalam mencari tahu jawaban dari 1 kg berapa gram, rasanya tidak lengkap apabila kita tidak menyinggung tentang pembahasan Sistem Satuan Internasional (Système International d’Unités atau SI). Kilogram adalah salah satu dari tujuh satuan pokok dalam sistem SI. Sistem SI sendiri merupakan wujud modern dari sistem metrik, dan saat ini berfungsi sebagai sistem pengukuran yang paling umum pada hampir seluruh negara di dunia.

Perkembangan sistem SI sendiri diawali dengan banyaknya ambiguitas dalam sistem ukur yang sebelumnya digunakan, yaitu centimetre-gram-second (CGS). Sistem CGS pertama kali dibuat oleh Carl Friedrich Gauss pada tahun 1832. Sistem tersebut sempat digunakan selama beberapa tahun, tetapi kemudian ditinggalkan atas dasar efisiensi. 

Sistem CGS memiliki beberapa kelemahan, contohnya adalah banyaknya objek di kehidupan kita yang memiliki panjang ratusan centimeter. Alhasil, sistem CGS pada waktu itu hanya digunakan dalam lingkup bidang ilmu pengetahuan saja, jarang yang menggunakan sistem tersebut untuk mengukur sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

Pada akhir abad ke-19 hingga pertengahan abad ke-20, banyak pihak yang mulai beralih ke sistem MKS (metre-kilogram-second). Oleh karena itu, akhirnya digelar Konferensi Umum untuk Ukuran dan Timbangan (Conférence générale des poids et mesures atau CGPM) pada tahun 1875 untuk menetapkan definisi dan standar sistem pengukuran yang baru. Pada tahun 1960, barulah sistem SI dipublikasikan ke khalayak luas, dengan tiga negara yang sampai saat ini memutuskan untuk tidak menggunakan satuan tersebut (Amerika Serikat, Liberia, Myanmar).

BACA JUGA: 1 Ton Berapa Kg? Begini Cara Konversi dan Menghitungnya

Satuan pokok dalam SI

 

1 kg berapa gram
Math Is Fun Forum

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan Sistem Satuan Internasional (SI) dalam upaya mencari jawaban 1 kg berapa gram, terdapat tujuh satuan pokok dalam sistem SI. Berikut adalah daftar dari ketujuh satuan pokok tersebut.

  • Detik (s) – mengukur waktu
  • Meter (m) – mengukur panjang
  • Kilogram (kg) – mengukur massa
  • Ampere (A) – mengukur arus listrik
  • Kelvin (K) – mengukur suhu termodinamika
  • Mol (mol) – mengukur jumlah zat
  • Kandela (cd) – mengukur intensitas cahaya

BACA JUGA: 1 Sendok Teh Berapa Gram? Ini Cara Hitung Paling Mudah

Kilogram

1 kg berapa gram
Depositphotos

Untuk lebih memahami tentang pembahasan 1 kg berapa gram, pada bagian ini kita akan mengulas tentang salah satu satuan pokok dari Sistem Satuan Internasional (SI), yaitu kilogram.

Kilogram merupakan satuan pokok dalam sistem SI untuk mengukur massa. Kilogram sering disebut secara singkat dengan sebutan “kilo” saja. Dalam sistem SI, simbol dari kilogram adalah kg. Kilogram pertama kali diperkenalkan pada tahun 1795, dimana awalnya ia merupakan definisi massa dari satu liter air.

BACA JUGA: 1 Kaki Berapa Meter? Ini Penjelasan dan Cara Hitung Cepat

Gram

 1 kg berapa gram
Depositphotos

Masih belum menemukan jawaban dari 1 kg berapa gram? Tenang dulu Sedulur, coba ulik lebih dalam mengenai apa itu gram. Gram adalah sebuah satuan dari massa dalam sistem metrik. Simbolnya adalah g. Pada tahun 1795, gram pertama kali didefinisikan sebagai massa dari volume air murni pada suhu leleh es. 

Kemudian, di akhir abad ke-19, terdapat upaya untuk menjadikan gram dan kilogram menjadi satuan turunan dan satuan pokok. Sampai akhirnya pada tahun 1960, Sistem Satuan Internasional (SI) menetapkan gram sebagai satuan turunan dalam massa, dimana jumlahnya adalah 1/1000 kilogram.

BACA JUGA: 1 Yard Berapa Meter – Simak Rumus, Cara Hitung & Contohnya

1 kg berapa gram?

 1 kg berapa gram
Advernesia

Nah, bagaimana Sedulur? Sudah menemukan jumlah 1 kg berapa gram? Jika Sedulur memperhatikan penjelasan pada bagian sebelumnya, terdapat penjelasan bahwa nilai 1 gram adalah 1/1000 kilogram atau 0,001 kilogram. Berpatokan dengan nilai tersebut, maka dapat diketahui bahwa jawaban dari pertanyaan “1 kg berapa gram” yaitu 1.000 gram. Sedulur dapat melihat penjelasan lebih lanjutnya pada gambar di atas.

Nah, ternyata teknik perhitungan ini sangat penting dikuasai oleh orang-orang yang memiliki toko kelontong dan sembako, lho! Hal ini karena beberapa barang, seperti gula, garam, dan tepung biasanya dijual dalam berbagai ukuran kemasan, yakni 100gram, 250gram, 500gram, dan 1 kilogram. Jadi, mengetahui konversi satuan berat semacam ini adalah hal yang harus dipahami dengan baik sebagai seorang penjual.

Untuk informasi lebih lanjut, terdapat daftar mengenai beberapa konversi 1 kg dan 1 gram ke satuan-satuan lain.

  • 1 kg berapa liter = 1 liter
  • 1 kg berapa ml = 1.000 ml
  • 1 kg berapa ons = 10 ons
  • 1 gram berapa ons = 0,01 ons
  • 100 gram berapa ons = 1  ons

Itulah pembahasan mengenai 1 kg berapa gram yang bisa Sedulur pelajari sendiri. Berdasarkan pembahasan di atas, sudah diketahui bahwa jawabannya adalah 1.000 gram. Nah, bila pembahasan ini sudah Sedulur pahami dengan baik, tidak ada salahnya bila Sedulur ingin memulai bisnis toko kelontong & sembako di awal tahun 2023 ini.

Tak perlu khawatir kesulitan mencari tempat kulakan terpercaya, karena Sedulur bisa belanja semua kebutuhan toko di Aplikasi Super. Tak hanya mudah dalam pemesanannya, pengiriman produknya juga sangat cepat.

Selain itu, Sedulur juga akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah bila belanja grosiran. Jadi buruandownload aplikasinya di PlayStore dan mulai kulakan lewat Aplikasi Super! Ada fitur banyak menarik seperti gratis ongkir. Sehingga Sedulur akan mendapatkan pengalaman belanja yang mudah, murah dan bikin untung melimpah!