1 ton berapa kg

Masalah seputar konversi satuan berat seperti 1 ton berapa kilogram rupanya masih membuat bingung banyak orang. Tak sedikit yang kesulitan menjawab ketika mendapat pertanyaan 1 ton berapa kg.

Di sisi lain, hal ini bisa menimbulkan masalah apabila seseorang salah mengkonversikan berat dari satuan ton ke kilogram ataupun sebaliknya. Sebab, akan terjadi perbedaan ukuran yang bisa menimbulkan risiko kerugian.

Untuk itu, pada artikel kali ini Super akan membahas masalah konversi satuan, khususnya terkait ton dan kilogram. Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Suhu adalah: Pengertian, Alat Ukur, Skala, Satuan & Rumusnya

Mengenal satuan ton dan kilogram

1 ton berapa kg
gramedia

Sebelum masuk ke pembahasan tentang konversi satuan, ada baiknya Sedulur memahami terlebih dahulu apa itu satuan ton dan kilogram.

Dirangkum dari berbagai sumber, ton dan kilogram merupakan satuan ukuran yang digunakan untuk menunjukkan berat atau massa suatu benda. Adapun ton dan kilogram merupakan satuan resmi menurut Sistem Satuan Internasional. Penggunaan kedua satuan berat itu pun tidak terbatas hanya di Indonesia. Melainkan juga di berbagai negara di dunia.

BACA JUGA: Regresi: Pengertian, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Rumusnya

Macam-macam satuan ukuran berat

1 ton berapa kg
pikiran rakyat

Satuan ukuran berat tidak terbatas hanya ton dan kilogram. Tetapi juga terdapat satuan lain yang saling berurutan dengan selisih yang sama. Berikut daftar selengkapnya.

Ton:

  • Kuintal dilambangkan dengan kw
  • Kilogram dilambangkan dengan kg
  • Hektogram dilambangkan dengan hg

Ons:

  • Dekagram dilambangkan dengan dag
  • Gram dilambangkan dengan g
  • Desigram dilambangkan dengan dg
  • Centigram dilambangkan dengan cg
  • Miligram dilambangkan dengan mg

BACA JUGA: Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Konsep dan Contoh Soalnya

Konversi satuan berat

1 ton berapa kg
okezone

Setelah mengetahui macam-macam satuan berat, Sedulur juga perlu memahami bagaimana cara mengkonversikan ukuran berat dari satuan yang satu ke satuan yang lain.

Disampaikan sebelumnya, satuan berat saling berurutan dengan selisih yang sama. Kebanyakan, selisih satuan berat adalah 10 kali.

Contohnya adalah sebagai berikut.

  • 1 kg = 10 hg
  • 10 hg = 100 dag
  • 100 dag = 1000 g
  • 1000 g = 10.000 dg
  • 10.000 dg = 100.000 cg
  • 100.000 cg = 1000.000 mg

Sehingga dapat disimpulkan, pola perhitungannya ialah apabila satuan yang dituju berada di atasnya, maka dibagi 10. Sementara jika satuan yang dituju berada di bawahnya, maka dikali 10.

Di sisi lain, terdapat satuan lain yang juga digunakan untuk mengukur berat. Di antaranya ialah sebagai berikut:

  • 1 ons = 100 g
  • 1 pon = 5 ons
  • 1 pon = 0,5 kg

BACA JUGA: Rumus Luas Belah Ketupat Beserta Contoh & Cara Menghitung

Konversi satuan ton ke kilogram

1 ton berapa kg
pikiran rakyat

Berdasarkan tangga satuan berat, diketahui bahwa ton dan kilogram memiliki selisih tiga anak tangga. Artinya, dari ton ke kilogram harus menuruni tiga anak tangga. Sebaliknya, dari kilogram ke ton harus menaiki tiga anak tangga.

Adapun untuk menjawab pertanyaan “1 ton berapa kg,” kita harus kembali ke rumus sebelumnya yakni selisih satu tangga ke atas sama dengan dibagi 10, sementara selisih satu tangga ke bawah sama dengan dikali 10.

Maka ditemukan rumus sebagai berikut:

Ton ke kg = a x 1.000

Kg ke ton = a : 1.000

Keterangan: a adalah ukuran berat yang akan dihitung.

BACA JUGA: Hukum Ohm: Pengertian, Bunyi, Rumus dan Contoh Soalnya

Contoh:

1 ton = … kg

1 x 1.000 = 1.000 kg

1 kg = … ton

1 : 1.000 = 0,001 ton

Berdasarkan uraian di atas, maka ditemukan jawaban untuk 1 ton berapa kg, yaitu 1000 kg.

BACA JUGA: Rumus Luas Lingkaran dengan Cara Menghitung dan Contohnya

Contoh soal koversi satuan

1 ton berapa kg
fimela

Untuk lebih memahami tentang konversi satuan berat, mari simak beberapa pertanyaan berikut ini.

1000 kg berapa ton?

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, untuk menghitung konversi dari kg ke ton menggunakan rumus bagi. Sebab, dalam tangga satuan ukur, kilogram berada tiga tangga di bawah ton.

1 ton berapa kuintal?

Berikutnya mari kita hitung selisih ton dengan kuintal. Ditemukan bawah ton dan kuintal hanya selisih satu anak tangga sehingga untuk menghitung konversinya cukup dibagi atau dikali 10.

Nah, karena yang ditanyakan adalah 1 ton berapa kuintal, maka caranya adalah dikali. Sehingga jawabannya adalah 1 ton 10 kuintal.

Mungkin ada juga Sedulur yang bertanya-tanya, 1 ton berapa kuintal berapa kg? Sama seperti sebelumnya, untuk menghitungnya ialah dengan mengalikan sesuai selisih anak tangga.

1 ton = 10 kuintal (kw)

1 ton = 1.000 kg

Atau bisa disimpulkan menjadi:

1 ton = 10 kuintal = 1.000 kg

0,1 ton berapa kg?

Cara penyelesaiannya adalah dengan rumus 1 ton = 1.000 kg, sehingga dapat dituliskan sebagai berikut:

0,1 ton = 0,1 x 1.000 = 100 kg

Sehingga ditemukan 0,1 ton = 100 kg

10 ton berapa kg?

Maka cara menjawabnya ialah sebagai berikut.

1 ton = 1.000 kg

10 ton = 10 x 1.000 = 10.000 kg

100 kg berapa ton?

Karena pertanyaannya adalah kilogram ke ton, maka caranya ialah dengan rumus pembagian.

1 kg = 1 : 1.000 = 0,001 ton

100 kg = 100 : 1.000 = 0,1 ton

Sementara itu, Sedulur mungkin juga pernah menjumpai soal konversi dari satuan berat ke satuan jenis lainnya. Misalnya 1 ton berapa kg/cm² atau 1 ton berapa liter? Nah untuk persoalan tersebut, akan dibahas di artikel berikutnya, ya!

Demikian tadi pembahasan seputar konversi satuan ukuran dari ton ke kilogram dan sebaliknya. Bagi Sedulur yang ingin mempelajari soal konversi satuan ukuran ataupun materi pelajaran lainnya, terus ikuti blog Super, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!