1 kaki berapa meter

Penasaran seperti apa perhitungan 1 kaki berapa meter? Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai ukuran mengenai ukuran 1 kaki lantas berapa meter. Pertanyaan semacam ini sering muncul ketika ingin mencari tahu soal ketinggian pesawat yang biasa dihitung dengan menggunakan ukuran ketinggian kaki atau feet (ft). Nah, untuk membahas mengenai 1 kaki berapa meter, berikut ini penjelasan mengenai ukuran tersebut!

BACA JUGA: Cara Mengukur Kaki untuk Ukuran Sepatu Saat Belanja Online

Sejarah satuan kaki

1 kaki berapa meter
How Stuff Works

Satuan kaki dalam bahasa Inggris adalah foot (tunggal) dan feet (Jamak). Adalah sebuah ukuran kaki secara internasional yang biasa disingkat menjadi Ft. Lantas sebenarnya dari mana ukuran kaki atau feet ini berasal ya Sedulur? Lalu sejak kapan juga ukuran ini digunakan.

Dikenal sebagai sebuah satuan British, sebuah satuan mengenai ukuran panjang/tinggi/kedalaman ini memang yang diperkenalkan oleh Britania Raya (Inggris). Sampai dengan saat ini terkait istilah foot atau feet masih sering digunakan oleh beberapa negara di bawah persemakmuran inggris dan negara jajahannya.

-->

Menurut berbagai sumber, konon untuk ukuran satuan kaki ini sebenarnya sudah dimulai sejak jaman Summeri kuno lho. Wah, cukup lama juga ya Sedulur. Sebelumnya kita akan berpikir jika dalam 1 meter berapa langkah kaki, namun ternyata istilah itu kurang benar. Jadi, ukuran 1 kaki berapa meter ya benar-benar ukuran kaki. Lebih tepatnya adalah ukuran kaki orang dewasa lebih tepanya lho Sedulur.

Bagi beberapa orang Indonesia, mungkin ukuran kaki ini bisa dikatakan termasuk besar atau panjang. Meski demikian, bagi orang Eropa khususnya di negara Inggris, ukuran tersebut mungkin termasuk sedang, atau mungkin tidak begitu besar. Namun ada beberapa sumber menjelaskan jika, pengukuran ‘kaki’ ini sebenarnya berasal dari sebuah ukuran dari kaki Raja Henry 1. Mengenai panjang telapak kakinya yang mencapai 12 inci. Lalu, Raha Henry pun lantas mengharapkan agar ukuran kakinya untuk dijadikan ukuran baku di Inggris.

Dalam  sebuah catatan, 70 tahun sebelum kelahiran Raja Henry I, sebenarnya sudah ada sebuah pengukuran dalam kaki. Bahkan untuk memperkuatkannya lagi ada bukti penggunaan ukuran feet tersebut sebelum benar-benar dilakukan sebagai sebuah standarisai. Namun, ada pula penjelasan yang mengenai asal-usul terkait ukuran 1 kaki itu bukanlah dari ukuran sebuah kaki telanjang. Tapi merupakan sebuah ukuran alas kaki Raja Henry I.

Sebenarnya, secara teoritis menambahkan 1-2 inci dari sebuah ukuran panjang kaki telanjang. Mungkin masuk akal juga. Sebab, para raja akan selalu menggunakan alas kaki kemana saja pergi. Terkait berapa ukuran 1 meter berapa kaki tim Aplikasi Super sudah mempersiapkan beberapa rangkuman penting suapaya pemahaman kita terkait perhitungan ini bisa dipelajari dengan baik dan bisa lebih paham. Berikut adalah penjelasannya. Yuk disimak dengan seksama Sedulur

BACA JUGA : 20+ Ikan Aqua Space Terbaik, Cocok Dipelihara Untuk Pemula

1. 1  Kaki berapa meter

1 kaki berapa meter
Housing

Tahukan Sedulur, dalam kehidupan sehari-hari banyak orang mungkin akan banyak bertanya-tanya mengenai 1 kaki berapa meter? 1 kaki (feet ) sama dengan 12 inch atau setera dengan 0,3048 meter. Sehingga dapat kita bulatkan lagi lho Sedulur bahwa dalam 1 kaki (feet )  sebenarnya sangat setara dengan 0,3 meter atau dalam satuan cm adalah 30,48 cm (dibulatkan menjadi 30 cm).

Feet atau kaki adalah sebuah satuan dari panjang. Satuan internasional (SI) dari panjang adalah meter. Satuan panjang pada cgs adalah centimeter (cm). Feet atau kaki atau mempunyai singkatnya yaitu ft. Biasanya kita akan mendengar kata feet ini saat berada di dalam pesawat terbang.

1 meter = 3,28 feet dan 1 feet (kaki) =  0,3048 meter.

Lantas dari mana Sedulur bisa mengenal feet atau kaki yang merupakan sebuah satuan dari panjang? Sebenarnya saat ketika kita menonton sebuah televisi luar negeri atau film yang tertera bahwa untuk menentukan panjang pada kedalaman laut seperti 2000 kaki, panjang seekor ikan paus mencapai 300 kaki, ketinggian pada gunung itu 5000 kaki, dan lain sebagainya.

Tahukah Sedulur, beberapa negara yang memakai satuan panjang dalam kaki atau feet ialah Amerika dan Inggris. Dahulunya asal usul dari sebuah satuan kaki berasal dari bangsa Sumeria kuno. 3 kaki sama dengan 1 yard.

Lalu apakah di  Indonesia ada yang memakai satuan kaki seperti ini? Tentu jawabannya pasti ada, contohnya ialah pesawat terbang buatan Amerika. Pada pesawat itulah untuk mengukur sebuah ketinggian pesawat yang sedang terbang dengan memakai kaki. Seperti ketika pesawat sedang terbang pada ketinggian 6000 kaki. Namun, pada beberapa pesawat buatan Rusia seperti Sukhoi malah memakai sebuah satuan metrik.

Jadi ketika menonton televisi luar negeri atau menonton film Amerika di dalam bioskop yang biasa muncul satuan kaki sudah tidak heran lagi bukan? sebagai tambahan bahwa dalam 1 yard sama dengan 3 kaki. 1 yard sama dengan 36 inch. Sehingga 1 yard dalam centimeter adalah 91,44 cm.

BACA JUGA : 12+ Cara Mengusir Tokek di Rumah Pake Bahan Alami, Manjur!

2. Satuan ukuran panjang, ketinggian dan kedalaman

Satu Kaki Berapa Meter?
Yopiepankey

Setelah tadi kita membahas mengenai sedikit tentang ukuran 1 kaki berapa meter, lantas di bawah ini kita  akan membahas mengenai satuan ukuran panjang, ketinggian hingga juga kedalaman sebuah benda. Lantas seperti apa penjelasan secara lengkapnya? Berikut adalah penjelasannya. 

  • 1 inch/inchi/inc/inci dalam hitungan milimeter = 25,4 mm, dan dalam centimeter = 2,54 cm.
  • 1 feet /ft/kaki dalam hitungan inch = 12, dalam meter = 0,3048 m, dan dalam centimeter = 30,48 cm.
  • 1 yard dalam hitungan kaki = 3 feet , dalam meter = 0,9144 m, dan dalam centimeter = 91,44 cm.
  • 1 mile/mil dalam hitungan kaki = 5.280 feet dan dalam kilometer = 1,6093 km.
  • 1 mil laut dalam hitungan kaki = 6.080 feet dan dalam kilometer = 1,852 km.

BACA JUGA : 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

3. Standar internasional (SI) dalam satuan panjang

Mitos Gunung Slamet Jika Meletus!
Synaoo
  • Centimeter = Cm
  • Dekameter = Dam
  • Desimeter = Dm
  • Hektameter = Hm
  • Kilometer = Km
  • Meter = M
  • Milimeter = Mm

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sabun Pemutih Wajah Terbaik Murah & Bagus!

4. Contoh soal 1 Feet dan Meter

Satu Kaki Berapa Meter?
Rookitenagers

 

Contoh soal 1

Junay ingi menikmati liburan ke pulau Bali, dia mengikuti diving (menyelam) bersama turis asal amerika di pulau bali tersebut. Biaya untuk sekali diving adalah Rp500.000 / jam. Junay bisa menyelam pada kedalaman 45 kaki. Berapa meter kah si Junay menyelam kedalam laut tersebut?

Diketahui =
1 feet = 0,3048 meter
Jawab: 45 x 0,3048 meter = 13,716 meter

Jadi, Kedalaman Junay menyelam pada lautan tersebut adalah 13,716 meter.

Contoh soal 2

Ketinggian pada sebuah bukit atau perbukitan yang berada di sekitar Gunung Krakatau adalah 2500 meter. Lalu, jika kita konversikan ke dalam satuan kaki (feet ), berapa kaki kah tinggi sebuah perbukitan tersebut?

Diketahui =
1 feet = 0,3048 meter
Jawab: 2500 feet : 0,3048 meter = 8202,099 kaki.

Jadi, tinggi sebuah perbukitan tersebut adalah 8202 kaki (dibulatkan).

Contoh soal 3

Ayah dini mengajak jalan-jalan dini kepasar didekat rumah. Jarak pasar dari rumah adalah 150 kaki. Berapa meter kah si ayah dini dan dini pergi kepasar tersebut?

Diketahui =
1 feet = 0,3048 meter
Jawab: 150 x 0,3048 meter = 45,72 meter

Contoh soal ukuran kaki 4

Stadion Manchester United (Old Trafford) merupakan sebuah stadion sepak bola yang sangat legendaris. Tahukan kamu Sedulur, stadion ini memiliki lapangan boa dengan panjang 105 meter dan memiliki lebar sekitar 68 meter. Lalu berapakah yang ada di luar lapangan dari Stadion Old Trafford milik klub Setan Merah atau Manchester United ini dalam bentuk ukuran kaki persegi?

Diketahui

p = 105 meter
l = 68 meter
1 meter = 3,2808 Kaki

Panjang dalam kaki = 105 x 3,2808 = 344,49
Lebar dalam kaki = 68 x 3,2808 = 223,1

Luas = 344,49 x 223,1
Luas = 76.855,719

Jadi luas lapangan bola Old Trafford adalah 76.855,719 kaki persegi (feet square)

Demikian penjelasan mengenai ukuran 1 kaki berapa meter. Ternyata ukuran ini memiliki sebuah sejarah yang panjang ya Sedulur di mana untuk negara Eropa, Inggris dan bekas jajahannya juga masih memakai sistem feet atau kaki. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan buat Sedulur untuk menghitung ketinggian, langkah kaki dan sebagainnya.