250 gram berapa sendok makan

Tidak semua orang melakukan kegiatan di dapur setiap harinya. Sebagian orang yang tidak biasa menggunakan dapur akan sering menemui kendala ketika akan memasak. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah “250 gram berapa sendok makan?”.

Menentukan berat suatu benda secara umumnya dilakukan menggunakan timbangan khusus. Selain itu, Sedulur juga dapat menggunakan takaran sendok makan atau sendok teh untuk melakukannya. Terkadang, beberapa resep yang tersedia di internet memberikan informasi menggunakan takaran sendok makan atau sendok teh. Berikut adalah informasi mengenai cara menentukan ukuran satu sendok makan dan ukuran gram yang diwakilinya. Simak baik-baik, ya Sedulur!

BACA JUGA: Takaran Resep Per 100 Gram Lengkap! Ada Sendok Makan, Gelas & Cup

1 sendok makan berapa gram?

250 gram berapa sendok makan
Pinterest

Sebelum menghitung ukuran 250 gram, alangkah lebih baik jika Sedulur mengetahui ukuran per satu sendok makan terlebih dahulu. Perhitungan satu sendok makan ini ternyata juga memiliki perbedaan untuk bahan makanan yang berbeda. 100 gram berapa sendok makan pada gula akan berbeda gramnya dengan 100 gram sendok makan pada tepung terigu. Sendok makan sering ditulis dengan ‘sdm’, sementara sendok teh sering ditulis dengan ‘sdt’.

-->

Untuk lebih memahaminya, berikut adalah informasi mengenai ukuran bahan makanan per satu sendok makan yang sering digunakan dalam berbagai resep masakan.

  1. 1 sdm tepung terigu sama dengan 10 gram.
  2. 1 sdm tepung beras sama dengan 15 gram.
  3. 1 sdm tepung jagung sama dengan 15 gram.
  4. 1 sdm tepung tapioka sama dengan 15 gram.
  5. 1 sdm tepung ketan sama dengan 15 gram.
  6. 1 sdm maizena sama dengan 12 gram.
  7. 1 sdm air sama dengan 15 gram.
  8. 1 sdm garam sama dengan 10 gram.
  9. 1 sdm gula pasir sama dengan 20 gram.
  10. 1 sdm gula merah sama dengan 15 gram.
  11. 1 sdm gula palem sama dengan 10 gram.
  12. 1 sdm mentega atau margarin sama dengan 12 gram.

BACA JUGA: Ada Berapa Ounce dalam Satu Cangkir? Ini Konversi Takarannya

250 gram berapa sendok makan?

250 gram berapa sendok makan
Epicurious

Setelah mengetahui ukuran 1 sendok makan akan mengandung berapa gram suatu bahan makanan, maka Sedulur dapat menentukan 250 gram berapa sendok makan tepung terigu dan bahan lainnya dengan mudah. Karena setiap bahan makanan memiliki massa yang berbeda, maka jumlah sendoknya juga akan berbeda menyesuaikan jenis bahan makanan yang akan dihitung.

Berikut adalah perhitungan jumlah sendok yang setara dengan 250 gram untuk beberapa jenis tepung yang paling sering digunakan dalam suatu resep. Sendok makan biasa ditulis dengan sdm.

  1. Tepung terigu, 250 gram : 10 gram = 25 sdm.
  2. Tepung beras, 250 gram : 15 gram = 16,6 sdm atau 16,5 sdm (disederhanakan).
  3. Tepung jagung, 250 gram : 15 gram = 16,6 sdm atau 16,5 sdm (disederhanakan).
  4. Tepung tapioka, 250 gram : 15 gram = 16,6 sdm atau 16,5 sdm (disederhanakan).
  5. Tepung ketan, 250 gram : 15 gram = 16,6 sdm atau 16,5 sdm (disederhanakan).
  6. Tepung maizena, 250 gram : 12 gram = 20,8 sendok atau 21 sendok (dibulatkan).

Dapat disimpulkan dari pembahasan di atas yaitu secara umum, 250 gram berapa sendok makan sekitar 17,5 sdm. Atau jika dihitung kembali dengan cara 250 gram : 15 gram = 16,7 sdm. Jumlah tersebut dapat dibulatkan menjadi 17 sdm. Sehingga, jawaban tepat untuk pertanyaan 250 gram berapa sendok makan adalah 17 sdm.

Sendok takar membantu mengukur kebutuhan bahan masakan

Ukuran sendok takar
Styled Setting

Sampai pembahasan ini, Sedulur sekarang setidaknya sudah mengetahui hasil 250 gram berapa sendok makan adalah. Umumnya, 250 gram akan menghasilkan 17,5 sdm. Akan tetapi, jumlah sendok makan tersebut dapat berbeda-beda sesuai dengan bahan makanan yang diukur.

Nah, untuk menghindari kesalahan pengukuran, Sedulur mungkin dapat mencoba menggunakan sendok takar sebagai solusi alternatifnya. Sendok takar adalah salah satu jenis sendok yang lazim digunakan di dapur pada saat proses masak-memasak. Ia sendiri secara khusus dipakai untuk mengukur bahan masakan yang kering (bubuk) maupun basah (cairan) dalam jumlah sedikit.

Di pasaran, sendok takar biasanya dijual dalam dua set. Satu set berisikan empat sendok takar, yang terdiri dari ¼ sdt, ½ sdt, 1 sdt, dan 1 sdm. Sedulur juga dapat menemukan satu set sendok takar yang berisikan enam sendok takar, mulai dari ⅛ sdt, ¼ sdt, ½ sdt, 1 sdt, ½ sdm, dan 1 sdm.

Jika Sedulur mau lebih teliti lagi mencari produk sendok takar tersebut di toko-toko perabotan rumah, biasanya juga ada sendok takar yang menambahkan ukuran ⅓ sdt dan 2 sdm sekaligus, loh! Tiap-tiap sendok takar biasanya memiliki tulisan ukuran di gagangnya. Selain itu, beberapa sendok takar juga memiliki warna yang berbeda-beda agar memudahkan penggunanya untuk menentukan ukuran sendok takar yang tepat.

Kegunaan sendok takar

250 gram berapa sendok makan
Saveur

Kalau begitu, apa sih kegunaan dari sendok takar ini? Seperti yang telah dibahas sebelumnya, beberapa di antara kita masih asing tentang perkara dapur dan masak-memasak. Maka dari itu, mengukur suatu bahan makanan yang diperlukan sebuah masakan menjadi hambatan tersendiri bagi mereka yang tidak terbiasa mengoperasikan dapur.

Nah, sendok takar hadir di sini untuk memudahkan kendala tersebut. Sedulur tidak perlu lagi menghitung dengan seksama berapa takaran bahan makanan yang diperlukan dalam ukuran sendok makan. 

Apabila resep menyatakan Sedulur harus membubuhkan 250 gram bahan masakan, maka Sedulur tinggal menggunakan sendok takar ukuran 1 sdm sebanyak 17,5 kali. Apabila resep menyatakan Sedulur harus membubuhkan ½ sdt bahan masakan, maka Sedulur tinggal menggunakan sendok takar ukuran yang diminta.

Tidak hanya bahan masakan kering (bubuk) saja yang bisa diukur dengan sendok takar. Bahan masakan yang bersifat basah (cairan) juga dapat diukur dengan sendok takar ini, kok! Beberapa di antaranya adalah santan, madu, susu, saus tomat, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, jumlah bahan masakan yang dibubuhkan akan lebih presisi. Sedulur tidak perlu lagi khawatir akan rasa masakan yang tidak sesuai karena bahan-bahan masakan yang dimasukkan tidak tepat jumlahnya. Bagaimana, apakah Sedulur tertarik untuk menggunakan sendok takar ini?

Jenis-jenis sendok takar

Jenis sendok takar
Clean Green

Sebelum Sedulur membeli sendok takar, mungkin ada baiknya apabila Sedulur mencermati jenis-jenis sendok tersebut. Secara umum, sendok takar terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan bahan materialnya, plastik, silikon, dan stainless steel. Tiap-tiap jenis sendok takar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

  1. Sendok takar plastik

Sendok takar yang paling sering dijumpai di pasaran adalah sendok takar bermaterial plastik. Sendok takar ini biasanya lebih awet dan tahan lama, bahkan sampai bertahun-tahun. Walaupun begitu, tampilan dari sendok takar plastik biasanya akan cepat ternodai dari waktu ke waktu, tergantung seberapa sering Sedulur menggunakannya. Kelemahan lain dari sendok takar plastik adalah ia dapat meleleh apabila Sedulur tidak sengaja menaruhnya di dekat kompor atau mencelupkannya ke dalam masakan yang sedang mendidih. Maka dari itu, perhatikan penggunaannya saat di dapur, ya Sedulur!

  1. Sendok takar silikon

Sendok takar silikon menjadi salah satu favorit ibu-ibu rumah tangga. Bagaimana tidak, bahan material silikon tersebut sangat cocok digunakan untuk mengukur bahan-bahan makanan yang lengket. Sama-sama awetnya dengan sendok takar plastik, tetapi lebih tahan panas jika dibandingkan dengannya. Tertarik untuk membeli sendok takar silikon ini, Sedulur?

  1. Sendok takar stainless steel

Sendok takar jenis terakhir adalah yang dibuat dengan material stainless steel. Sendok takar ini banyak menjadi pilihan karena mampu bertahan hingga bertahun-tahun, lebih lama daripada silikon atau plastik. Perawatannya pun juga tergolong mudah. Akan tetapi, Sedulur harus rela merogoh kocek lebih dalam ketimbang harga sendok takar silikon atau plastik, ya!

Nah, itulah informasi untuk menjawab pertanyaan 250 gram berapa sendok makan gula atau bahan dapur lainnya yang sering membingungkan Sedulur. Dari takaran di atas, Sedulur pun dapat menentukan 20 gram berapa sendok makan, 25 gram berapa sendok makan, bahkan 200 gram berapa sendok makan untuk suatu bahan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu Sedulur saat ingin memasak di dapur, ya!