Salah satu medium efektif dalam membantu tumbuh kembang si anak adalah melalui mainan anak 1 tahun. Sebab, memasuki usia emas ini, rasa ingin tahu Si Kecil akan jadi lebih terlihat dibanding sebelumnya. Pada periode ini, Sedulur perlu mendorong tumbuh kembang buah hati melalui beberapa gerakan, suara, dan berbagai hal lain di sekitarnya.

Carilah informasi perihal rekomendasi mainan yang cocok untuk anak 1 tahun yang sesuai dengan tahapan perkembangannya saat ini. Tujuannya agar bisa dipakai hingga beberapa waktu ke depan dan masih bisa dipakai untuk anak kecil lainnya.

BACA JUGA: Manfaat Permainan Lompat Tali Untuk Fisik & Mental Anak

1. Lego atau block

lego
my best

Lego atau block bisa dijadikan mainan anak 1 tahun baik itu yang laki-laki atau perempuan. Anak-anak berusia 1 tahun senang menyusun lego, menghancurkannya, dan menyusunnya kembali. Ketika mereka berhasil menyusun lego sesuai apa yang mereka inginkan. Hal ini dapat menumbuhkan kreativitas dalam diri anak.

-->

Bukan hanya menyenangkan, mainan edukasi anak 1 tahun ini juga mampu mengasah keterampilan dan ketangkasan. Banyak sekali jenis lego yang dijual di pasaran. Namun kamu wajib berhati-hati sebelumnya karena banyak lego menggunakan  bahan yang tidak aman seperti mengandung merkuri dan lain sebagainya.

Pastikan selalu memberikan mainan lego kepada anak dengan bahan material yang aman  dan tidak menimbulkan masalah yang serius untuk anak di kemudian hari. 

2. Mainan mencocokkan bentuk

mainan edukatif anak usia 1-3 tahun
orami

Mainan anak 1 tahun selanjutnya, yang bisa Sedulur bisa berikan adalah, mainan mencocokan bentuk. Mainan yang terbuat dari plastik atau kayu ini memiliki banyak bentuk, seperti bintang, oval, bulatan, dan lainnya, untuk dimasukkan ke dalam lubang-lubang pada kotak atau bola sesuai dengan bentuknya.

Mainan edukasi anak 1 tahun ini dapat membantu anak dalam mempelajari suatu permasalahan dan memecahkan masalah ketika harus memasukkan berbagai bentuk tersebut ke dalam kotak.

Tidak hanya itu, mainan mencocokan bentuk,  juga bisa membuat anak untuk melatih ketangkasan dan sensor motorik anak. Fungsi yang banyakn inilah, membuat mainan ini sangat pas buat si kecil.  Jadi, sangat direkomendasikan ya Sedulur.

3. Mainan musik

alat musik
my best

Beberapa rekomendasi mainan anak 1 tahun yang hendak dibeli ada sebaiknya dapat mendorong kemampuan motorik seperti gerak atau fisik, mental, dan perkembangan emosi. Permainan musik sudah bisa Sedulur berikan kepada sang buah hati.

Umumnya, mainan alat musik dimainkan dengan cara dipukul. Ketika anak mulai akan memukul-mukulnya dengan palu khusus, maka mainan tersebut bisa mengeluarkan suara. Musik mampu mendorong kemampuan motorik halus, koordinasi gerak, hingga kemampuan berbicara anak. Mainan ini sangat baik untuk membantu tumbuh kembangnya.

Jika masih berusia sekitar satu tahun, maka Sedulur dapat memilih mainan bertipe rattle atau marakas. Pada umumnya, mainan ini memiliki bentuk yang mudah digenggam. Pilihlah alat musik berbahan aman. Sebab, anak-anak sering memasukkan benda ke dalam mulutnya. Supaya anak Anda tertarik untuk memainkannya, carilah  produk dengan warna mencolok dan mudah dikenali secara visual olehnya.

Pada usia 1 tahun, anak sudah dapat mengontrol pergerakan tangannya dengan baik. Namun, karena belum bisa mengatur pergerakan jarinya dengan sempurna, direkomendasikan mainan alat musik bertipe drum. Produk ini bisa mengeluarkan suara hanya dengan memukulnya menggunakan tangan. 

Usia 1 tahun merupakan periode ketika anak-anak merasa senang dengan sesuatu yang bisa berbunyi. Karena itu, mainan yang bekerja dengan tenaga baterai tanpa harus menggerakkan atau memukulnya keras-keras tentu akan cocok baginya.

BACA JUGA: Jenis Permainan Tradisional Super Seru, Sudah Coba?

4. Bola warna-warni

mainan untuk anak 1 tahun
pixabay

Warna merupakan salah satu hal yang banyak disukai anak-anak. Banyak sekali mainan yang mengandung sebuah warna, hal ini penting sebagai langkah membentuk motorik si anak. Salah satunya  ada bola warna-warni.

Melihat dan memainkan bola warna-warni akan membuat anak merasa senang. Berusaha melempar dan menangkap bola dapat mengasah keterampilan motorik anak, serta mengatur keterampilan bahasa karena anak 1 tahun biasanya akan mengoceh saat bermain. Mainan untuk anak 1 tahun ini sangat bermanfaat untuk menggerakan tubuh anak dengan aktif.

 5. Puzzle berpotongan besar

puzzle
pixabay

Puzzle terbaik bagi anak 1 tahun adalah memiliki potongan yang besar agar dan tidak membuat bingung dan memudahkan anak dalam memainkannya. Beri anak puzzle dengan gambar hewan atau buah yang dapat membuatnya tertarik. Mainan edukasi anak 1 tahun ini dapat mendorong koordinasi mata, tangan, dan keterampilan visual anak.

Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun seperti puzzle alfabet ini juga bisa merangsang sensor motorik halus si kecil melalui indra peraba, indra penglihatan dalam mengenal warna, serta melatih fokus dan konsentrasi ketika mencocokkannya kembali. Keuntungan lainnya, puzzle alfabet ini merupakan salah satu material yang memiliki ragam ide belajar Montessori yang menyenangkan jika dilakukan di rumah. Jadi sangat layak buat anak-anak Sedulur untuk dilatih sensor motoriknya.

6. Board book

mainan anak perempuan 1 tahun
audio trip

Board book adalah buku yang tidak mudah robek meski si Kecil memainkannya dengan lincah karena terbuat dari karton tebal. Board book bisa dijadikan mainan anak 1 tahun yang mendidik karena dilengkapi dengan ilustrasi sederhana atau foto-foto yang membuat anak akan tertarik.

Semakin realistis gambar yang ada akan memudahkan bagi anak dalam memahami dan menghubungkan dengan dunia di sekitarnya. Selain itu, adanya penamaan atau kata-kata yang bisa membantu anak menumbuhkan kosakata.

Desain board book yang lucu dengan berbagai karakter menarik dapat menjadi media untuk merangsang respon si kecil. Cara ini dapat menstimulasi lima panca indera dan memberikan pengetahuan baru pada kemampuan berpikir si kecil.

Agar lebih optimal, Sedulur juga harus mengajak si kecil berbicara dan bermain sembari membacakan cerita pada board book anak. Ilustrasi pada board book dapat jadikan media untuk bercerita untuk mengundang respon si kecil ketika mendengarkan ceritamu.

Beberapa board book bahkan sudah dilapisi sebuah plastik khusus atau bahan yang kedap air. Sehingga, ilustrasi pada board book tetap terlindungi dan tidak akan mudah pudar walaupun terkena tetesan air dari botol minuman atau liur si kecil.

BACA JUGA : 17 Ide Kado Pernikahan Untuk Sahabat, yang Unik & Bermanfaat

 7. Mainan menyusun ring donat

mainan yang cocok untuk anak 1 tahun
kayu seru

Mainan menyusun ring donat dapat menjadi permainan yang menyenangkan untuk anak 1 tahun. Anak diharuskan menyusun ring donat dari yang terbesar ke terkecil sehingga mengasah kemampuannya berpikir. Selain itu, ini merupakan mainan edukasi anak 1 tahun  karena mengajarkan anak mengidentifikasi warna, memcahkan masalah, dan memperkuat kemampuan motorik halusnya. Pilihlah mainan ring donat berwarna-warni agar menarik perhatian sang anak.

Menyusun ring donat bisa dilakukan dari mulai yang besar paling bawah dan berurutan ukurannya semakin keatas semakin kecil ring donat nya hingga membuat menara yang bagus, permainan ini dinamakan menara donat pelangi karena bentuk ring nya bulat seperti kue donat, dan berwarna warni seperti warna pelangi. Terbuat dari kayu pilihan, pengerjaan dengan cara dibubut sehingga hasilnya sangat presisi, setiap ring donat ada lubang ditengahnya yang berfungsi untuk memasukkan ring ke tiang pada base permainan.

Manfaat yang bisa diambil dalam permainan menyusun donat ini adalah, pertama sang anak bisa  melatih kesabaran, melatih motorik halus, melatih mengenal sebuah warna dan melatih mengenal bentuk dan konsep besar kecil dan merupakan mainan yang bagus untuk anak 1 tahun

Material dalam pengecatan menara donat diwarnai dengan berpengencer air, non-toxic, aman untuk anak dan sudah sesuia dengan standar SNI. Biasana ring donat memiliki tinggi mencapai 18 cm, diameter ring donat bagian dasarnya yang paling bawah adalah 9 cm. Semakin ke atas maka ukuran akan semakin menjadi kecil.

8. Mainan kitchen set  anak

mainan yang bagus untuk anak 1 tahun
ralali

Mainan kitchen set umumnya cocok sebagai mainan anak perempuan 1 tahun. Dengan mainan ini, anak akan bermain masak-masakan atau bermain peran pura-pura berada dalam jamuan makan. Hal ini dapat mengasah kreativitas dan imajinasi anak. Alat-alat dalam kitchen set ini pun juga terbilang  sangat lengkap, sehingga sangat tepat buat anak perempuan usia satu tahun.

BACA JUGA : Cara Menghitung Tinggi Badan Ideal Laki-Laki & Perempuan

9. Mobil-mobilan

mobil-mobilan
blibli

Mobil-mobilan merupakan mainan edukatif anak usia 1 -3 tahun. Mainan jenis ini bisa membantu perkembangan fisik anak karena menggunakan kaki untuk menggerakan mainan tersebut. Mainan  ini bisa memuaskan rasa ingin tahu anak karena ia dapat berpetualang dengan mudahnya dan berkeliling rumah menggunakan mainan tersebut.

10. Rumah-rumahan

rumah-rumahan
shopee

Sedulur wajib memberikan anak sebuah tenda atau rumah-rumahan yang berbentuk dome. Mainan ini bisa membantu perkembangan fisik karena akan akan merangkak berjalan sambil merangsang rasa keingin tahuannya.

11. Walker

baby walker
alodokter

Walker bisa diberikan kepada anak usia satu tahun. Alat ini membantu berjalan dengan tombol musik atau suara. Walker bermusik dapat membantu anak fasih ketika berjalan. Mainan anak 1 tahun ini biasanya dilengkapi dengan tombol aneka warna yang dapat mengeluarkan suara atau musik bila ditekan.

Meski demikian, tetap harus hati-hati dan jangan memilih walker yang memiliki roda. Sebab, walker jenis ini dapat terbalik bila menabrak dinding. Pada beberapa negara, walker beroda sudah dilarang. Pilihlah walker yang tidak memiliki sebuah roda, supaya anak bisa belajar berjalan hanya dengan tempat duduk yang dapat bergeser saja.

12. Mainan bertema binatang

Mainan bertema binatang
tribunnews

Selanjutnya, Sedulur bisa memberikan mainan yang bertema binatang kepada sang anak. Mainan ini biasanya dimainka sambil duduk dan tidak terlalu melatih gerakan motorik kaki. Namun, anak dapat dilatih untuk mengingatkan berbagai jenis binatang melalui sebuah mainan ini.

13. Toolbox kit

mainan edukasi anak 1 tahun toolbox kit
alibaba

Mainan anak 1 tahun selanjutnya adalah toolbox kit atau mainan kayu portable. Mainan ini membantu anak dalam merangsang koordinasi mata dan tangan. Observasi kemampuan kognitif, kemampuan dalam belajar dan kemampuan dalam berpikir logis.

Kayu mainan ini terbuat dari bahan ramah lingkungan yang kuat tahan lama dan aman digunakan sehingga bisa melindungi tangan anak dari cedera. Karena bentuknya yang portable, mainan ini bisa dibawa kemana saja, praktis serta aman untuk anak.

14. Helikopter

helikopter
daftar harga

Mainan selanjutnya yang bisa diberikan kepada sang anak adalah, mainan seperti helikopter. Ya, maina ini sangat cocok untuk anak laki-laki dan harganya pun sangat murah yaitu sekitar Rp400.000. Penggunaan  mainan ini tentu dikendalikan dengan menggunakan sebuah remote kontrol sehingga cukup mudah.

Fungsi mainan helikopter buat sang anak adalah, melatih daya kembang otak, imajinasi, kemampuan parsial, serta koordinsi antara mata dan tangan Si Kecil. Mainan, ini sangat tepat  buat anak usia 1 tahun yang mempunyai cita-cita sebagai pilot. 

Helikopter RC adalah salah satu mainan yang menggunakan remote control. Mainan ini tidak hanya disukai oleh anak-anak saja, tidak sedikit para remaja hingga orang dewasa menyukai mainan ini.

Keasikan bermain helicopter RC di luar ruangan atau di outdoor menjadi keasyikan tersendiri dan tantangan yang menegangkan. Selain itu, ternyata mainan ini memiliki manfaat bagi pemainnya. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak langsung pembahasannya berikut ini. Namun sebelumnya simak penjelasan mengenai mainan remote control.

15. Marble run

marble run
marble genius

Mainan terakhir yang dapat digunakan adalah marble run. Barang untuk anak 1 tahun  ini mengajari si kecil tentang momentum dan sifat gravitasi melalui kelereng yang berlarian di lintasan. Setiap bendanya adalah gundu yang akan bergerak dari susunan tertinggi hingga terendah.

Sang buah hati dapat menggabungkan sesukanya sehingga Sedulur dapat membiarkan Si Kecil membangun balok secara berbeda-beda setiap sesuai dengan imajinasi mereka. Permainan ini sangat mengasikan dan sangat membantu mengasah motorik anak. 

Demikian list mainan yang bisa digunakan untuk mainan anak 1 tahun. Semoga informasi ini menjadi rekomendasi buat Sedulur sebelum memberikan mainan kepada si anak dan bisa mengetahui aman atau tidaknya.