Permainan lompat tali cukup populer di kalangan anak. Apa saja sih manfaatnya? 

Usia anak-anak merupakan usia di mana keaktifan anak terus meningkat dan tidak kunjung habis. Sebagai orangtua, pasti harus mengupayakan yang terbaik untuk anaknya sehingga keaktifan anak dapat terpenuhi dengan positif dan juga bermanfaat. Ada banyak sekali cara untuk meningkatkan aktivitas fisik anak, salah satunya adalah dengan melatih anak bermain lompat tali. Permainan yang sudah ada sejak dulu ini punya banyak sekali manfaat terutama untuk mental dan fisik anak. Sebelum itu, kita kenalan dulu sama lompat tali, yuk!

Cara bermain lompat tali

medan.tribunnews.com

Sedulur pasti tau kan, gimana cara bermain lompat tali? Yups, permainan ini termasuk kategori yang bisa dilakukan secara berkelompok maupun individu. Biasanya, permainan lompat tali dapat menggunakan tali dari karet yang dirangkai menjadi satu, namun pada saat ini banyak sekali pilihan tali untuk lompat tali yang dijual bebas di pasaran yang bisa dibeli. Tempat atau halaman yang luas dibutuhkan untuk permainan ini. Biasanya, bermain lompat tali dilakukan di halaman rumah yang luas atau di pinggir jalan yang jarang dilalui kendaraan (gang kecil). Singkirkan dulu batuan, kerikil, maupun benda tajam di sekitar tempat permainan untuk menghindari cedera karena lompat tali dilakukan tanpa alas kaki. 

Permainan lompat tali individu biasanya diawali dengan gerakan melompat sambil mengarahkan tali dari atas ke bawah sesuai irama (gerakan skipping). Sementara untuk berkelompok, harus ada dua orang yang memegangi tali dari sisi kanan dan kiri, kemudian pelompat melompat sesuai irama tali yang diarahkan.

-->

Permainan seru yang menjadi favorit anak-anak ini punya ragam manfaat, lho, Sedulur. Simak manfaatnya di bawah ini, ya.

Baca Juga: 12 Biskuit Bayi Terbaik Untuk Camilan Si Kecil, Dijamin Suka!

Membakar kalori

beritabaik.id

Salah satu manfaat dari permainan lompat tali yang hampir semua orang tau adalah untuk membakar kalori. Ini karena aktivitas yang melibatkan fisik, yaitu melompat, yang bisa membuat kita berkeringat. Lemak yang bisa terbakar pada permainan ini 200 hingga 300 kalori dalam 15 menit. Kalori yang terbakar ini lebih besar daripada berlari atau bersepeda.

Meningkatkan kesehatan jantung

Photo by Robina Weermeijer on Unsplash

Manfaat selanjutnya adalah untuk menjaga atau meningkatkan kesehatan jantung. Detak jatung mengalami peningkatan aktivitas dari biasanya ketika kita sedang melompat dengan lompat tali. Jantung menjadi jauh lebih kuat sehingga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Namun, sebaiknya diimbangi dengan nutrisi makanan seimbang agar bisa terjaga, ya. 

Meningkatkan koordinasi

Photo by dylan nolte on Unsplash

Seperti yang kita ketahui bahwa permainan lompat tali bisa dilakukan secara berkelompok maupun individu. Khususnya untuk permainan lompat tali yang dilakukan secara berkelompok, manfaatnya adalah bisa meningkatkan koordinasi. Hal ini bisa terjadi terutama saat maju ke gerakan yang lebih terampil, seperti mengayun tali dengan cepat dua kali dalam setiap lompatan. Selain itu, konsentrasi juga diperlukan disamping dengan koordinasi.

Meningkatkan keseimbangan

haibunda.com

Manfaat permainan lompat tali selanjutnya adalah untuk meningkatkan keseimbangan. Itu karena perlu keseimbangan yang baik dan koordinasi antar teman yang baik dalam permainan ini. Selain itu, ini juga bisa dilakukan untuk melatih refleks tubuh dengan baik dan benar dan untuk keseimbangan motorik juga. 

Suasana hati jadi bahagia

Unsplash.com

Ketika kita sedang melakukan suatu aktivitas yang menyenangkan, dijamin suasana hati akan berubah meningkat. Salah satunya adalah dengan melakukan lompat tali. Sendiri maupun berkelompok, suasana hati bisa meningkat, kok. Selain itu, manfaat permainan tali juga dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi ketegangan, dan membuat anak menjadi lebih aktif dan komunikatif.

Meningkatkan kesehatan mental dan fisik

Photo by Tim Mossholder on Unsplash

Sudah pasti ketika melakukan lompat tali, maka tulang akan menjadi sehat serta fisik menjadi bugar. Bahkan, permainan ini juga mampu melatih peningkatan memori hingga kewaspadaan, keterampilan membaca yang lebih baik, dan dapat membantu anak mengatasi rasa malu karena permainan ini membutuhkan sosialisasi jika dilakukan secara berkelompok. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Popok Bayi Terbaik yang Aman Untuk Si Kecil

Meningkatkan kepadatan tulang

Photo by Owen Beard on Unsplash

Selain kesehatan tulang, permainan ini juga memiliki manfaat yaitu untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini bisa disimpulkan berdasarkan kekuatan tulang, jika memiliki lebih banyak mineral, seperti kalsium dalam tulang. Kepadatan tulang yang baik juga dapat mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari, baik pada laki-laki maupun perempuan.

Mengembangkan kemampuan otak

Photo by Robina Weermeijer on Unsplash

Berdasarkan Jump Rope Institute, melompat membantu mengembangkan kemampuan otak kiri dan kanan, meningkatkan kesadaran spasial, serta keterampilan membaca anak. Tak hanya itu, manfaat lompat tali juga bisa meningkatkan kewaspadaan dan juga daya ingat, sehingga kinerja anak di sekolah dapat menjadi lebih bagus.

Demikianlah 8 manfaat permainan lompat tali dengan gerakan dan cara dalam penggunaannya. Dapat disimpulkan bahwa olahraga atau beraktivitas fisik itu penting baik dari segi mental maupun jasmani, baik dewasa maupun anak kecil, karena jika kita berolahraga, maka fisik akan bugar dan mental akan tenang dan damai. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan diimbangi dengan makanan yang bergizi agar semakin jelas manfaat yang bisa didapatkan dan juga maksimal. Salam sehat!