Rekomendasi kado pernikahan untuk orang terkasih ini membuat Sedulur tidak bingung lagi. Intip, yuk.

Pernikahan merupakan suatu momen yang spesial dan ditunggu-tunggu bagi hampir semua pasangan dan merupakan hal yang juga sakral momennya. Hadir di sebuah pernikahan, entah itu pernikahan sahabat, teman, rekan kerja, ataupun saudara merupakan suatu hal yang membuat bahagia. Hal tersebut kemudian diekspresikan melalui sebuah hadiah yang bisa digunakan untuk pasangan yang akan menempuh hidup baru. Selain memberikan hadiah, mengirimkan uang juga bisa dilakukan oleh tamu undangan. Namun, untuk menjadikannya lebih berkesan, kado adalah salah satu caranya.

Sedulur sedang bingung dengan inspirasi kado pernikahan untuk sahabat atau saudara tercinta? Berikut adalah rangkumannya. 

BACA JUGA: Seni Makrame: Definisi, Teknik Menyimpul & Cara Membuatnya

1. Voucher makan atau voucher menginap

kado pernikahan untuk sahabat
unsplash

Ide kado pernikahan untuk sahabat yang pertama adalah dengan memberinya voucher. Voucher tersebut bisa bermacam-macam, bisa voucher makan, menginap, bahkan belanja. Sesuaikan pemberian tersebut dengan kebutuhan mereka ya, Sedulur. Misalnya mereka cenderung membutuhkan voucher belanja karena kebutuhannya banyak, Sedulur bisa memberinya voucher untuk berbelanja di supermarket. Penggunaan voucher sebagai hadiah juga dinilai sebagai suatu hal yang pasti digunakan oleh mempelai, baik itu menginap untuk bulan madu, voucher untuk perawatan diri, atau bisa juga voucher untuk makan malam yang romantis di sebuah restoran. 

2. Parfum

kado pernikahan untuk sahabat
pexels

Rekomendasi kado pernikahan untuk sahabat selanjutnya adalah parfum. Banyak sekali merk yang menawarkan berbagai macam wangi atau parfum yang cocok untuk pasangan. Namun, jika Sedulur memilih minyak wangi untuk dijadikan kado, harus memperhatikan juga wangi apa yang sahabat atau saudara Sedulur suka, ya. Jangan sampai salah wangi, karena barang akan menjadi tidak terpakai karena wanginya tidak cocok dengan selera mereka. 

BACA JUGA: Seni Makrame: Definisi, Teknik Menyimpul & Cara Membuatnya

3. Album foto

kado pernikahan untuk sahabat
pexels

Pilihan selanjutnya untuk dijadikan kado pernikahan untuk sahabat karib adalah album foto. Sebagai pengantin yang baru menikah, tentunya akan ada banyak momen yang terukir seperti resepsi, akad nikah, foto bersama keluarga dan sahabat. Album foto ini menjadi sangat berguna untuk menyimpan berbagai kenangan tersebut dan akan dijadikan sebagai nostalgia di masa depan. Album foto tersebut bisa juga berupa berbagai foto yang sudah dipilih oleh Sedulur yang berisi momen-momen Sedulur dengan sahabat karib dari dulu sampai dia sudah menempuh hidup baru ini. Dijamin, sahabat Sedulur akan menjadi terharu oleh momen tersebut dan akan menjadi kenangan yang disimpan selamanya. Tentunya kita ketahui bahwa setelah menikah, keadaan tidak akan sama seperti dulu dan Sedulur pasti akan kehilangan waktu yang biasanya bersama dengan sahabat karena sekarang sahabat sudah menikah. Maka dari itu, album foto adalah salah satu kado yang tepat.

4. Sprei atau bed cover

kado pernikahan untuk sahabat
pixabay

Rekomendasi selanjutnya kado pernikahan untuk sahabat yang cocok adalah sprei dan bed cover. Kado ini menjadi kado yang paling umum namun juga pasti berguna bagi pengantin. Pasangan baru tentunya juga akan merasakan satu ranjang, dan pemberian kado berupa sprei atau bed cover ini adalah kado yang tepat untuk mengisi kebutuhan mereka. Sedulur bisa memberikan warna-warna cerah agar pasangan bisa memiliki suasana baru yang menggambarkan keceriaan.

BACA JUGA: Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

5. Skincare

kado pernikahan untuk sahabat
pixabay

Skincare adalah salah satu barang yang penting dan digunakan untuk merawat wajah supaya terlihat lebih cerah dan glowing. Pemberian skincare sebagai kado pernikahan untuk sahabat pasti bermanfaat untuk mereka karena pasti berguna untuk merawat wajah dan kulit, sehingga akan cantik atau tampan di hadapan pasangannya. Namun perlu diingat, sebelum membeli skincare untuk dijadikan sebagai hadiah, pastikan skincare tersebut cocok untuk dipakai sahabatmu ya, Sedulur. Jika sahabat memiliki kulit yang cenderung kering, pilihlah skincare untuk mengatasi kulit kering, dan sebaliknya. Untuk menghindari kesalahan dalam pembelian produk, ada baiknya Sedulur mengetahui dahulu merk apa yang sedang digunakan oleh sahabat yang akan menikah tersebut. 

6. Barang-barang yang berpasangan

kado pernikahan untuk sahabat
pexels

Rekomendasi kado pernikahan untuk sahabat selanjutnya adalah dengan memberikan barang yang berpasangan atau couple. Contoh dari barang tersebut adalah gelas atau mug berpasangan, sandal rumah, jam tangan, handuk, hingga sikat gigi. Barang-barang yang berpasangan tidak harus memiliki warna yang sama. Jadi, sedulur bisa memberikan pilihan motif yang sama dengan warna yang berbeda agar tidak terkesan terlalu terlihat. Mengenakan benda yang berpasangan bisa berarti sebuah tanda kasih sayang untuk kedua pihak, lho!

7. Custom gift

kado pernikahan untuk sahabat
pixabay

Custom gift merupakan barang kekinian yang juga cocok untuk dijadikan kado pernikahan untuk sahabat. Banyak sekali toko online maupun offline yang bisa Sedulur pilih, menyediakan berbagai macam custom gift yang bisa dipilih dengan berbagai macam harga juga sesuai dengan budget. Sahabat akan lebih terkesan dengan pemberian kita karena memberikan custom gift merupakan sebuah bentuk usaha Sedulur khusus agar sesuai dengan apa yang sahabat inginkan. 

BACA JUGA: Manfaat Ikan Gabus Kaya Nutrisi yang Baik Untuk Pertumbuhan

8. Perlengkapan ibadah

kado pernikahan untuk sahabat
tokopedia

Perlengkapan ibadah akan sangat berguna untuk dijadikan kado pernikahan untuk sahabat karena pasti akan dipakai untuk beribadah. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan agamanya, misalnya sahabat sedulur merupakan beragama islam, Sedulur bisa memberikan peralatan mukenah, sajadah, sarung, dan juga peci untuk mereka beribadah. Begitu pula jika beragama kristen, katolik, atau budha dan hindu, sesuaikan dengan perlengkapan ibadah yang mereka yakini.

9. Microwave

pixabay

Salah satu peralatan elektronik yang bisa dijadikan sebagai kado pernikahan untuk sahabat adalah microwave. Selain pasti dibutuhkan, kado ini juga tergolong kado yang kekinian dan berguna apalagi untuk pasangan yang sama-sama sibuk bekerja. Sedulur bisa memberi kado ini dengan cara patungan dengan teman-teman yang lain agar menjadi tidak terlalu mahal. Jangan lupa untuk menyesuaikan tegangan listriknya ya, Sedulur.

10. Hiasan rumah / dekorasi rumah

pexels

Rekomendasi kado pernikahan untuk sahabat ini termasuk kado pernikahan murah dan bermanfaat. Pasangan yang baru menikah pasti sedang suka untuk menghias rumah yang mereka tempati. Dengan memberikan kado dekorasi rumah, tentunya bisa membantu mereka untuk mengisi rumah. Contohnya adalah pigura, makrame, hiasan dinding, vas bunga, atau hiasan-hiasan kecil lainnya pasti cocok untuk dijadikan hiasan rumah. Sesuaikan kado tersebut dengan interior rumahnya ya, Sedulur. Misalkan rumahnya memiliki konsep natural dan hijau-hijau, maka Sedulur bisa memberinya kado cermin dari kayu atau rak gantung estetik yang banyak dijual.

BACA JUGA: 22 Variasi Warna Cat Rumah Minimalis yang Simple & Elegan

11. Humidifier / minyak esensial

pixabay

Barang yang juga sedang menjadi trend baru-baru ini memiliki beragam manfaat selain bisa mengharumkan ruangan. Aromaterapi bisa berfungsi untuk merangsang otak untuk memproduksi lebih banyak hormon yang digunakan untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik (serotonin) yang bisa cocok digunakan sebagai kado pernikahan untuk sahabat. Humidifier ini bisa diletakkan di berbagai sudut ruangan, mulai dari ruang tamu ataupun ruang tidur agar lebih menambah relaksasi.

12. Air fryer

idntimes

Selain memberikan microwave, opsi lainnya adalah air fryer. Alat elektronik dapur ini memiliki fungsi untuk menggoreng sesuatu seperti ayam, nugget, daging, dan lain sebagainya tanpa menggunakan minyak goreng. Jadi, selain memulai hidup baru, sahabat Sedulur juga memulai hidup sehat tanpa minyak. Selain air fryer, alat elektronik lain untuk dapur bisa juga digunakan sebagai kado, seperti oven, rice cooker, dan juga blender.

13. Buku tentang pernikahan

pexels

Kado pernikahan untuk sahabat perempuan yang murah selanjutnya adalah buku tentang pernikahan. Buku-buku tentang motivasi dalam pernikahan ataupun saran bisa banget Sedulur jadikan kado untuk mempelai. Apalagi jika sahabat Sedulur hobi membaca, pasti buku tersebut akan menjadi sangat berguna. Selain buku motivasi, Sedulur juga bisa memberinya buku resep masakan yang pastinya berguna saat sedang bingung ingin memasak apa.

14. Tanaman terrarium

pexels

Tanaman terarium adalah kado pernikahan yang cocok untuk sahabat terutama yang memiliki hobi mengoleksi tanaman atau berkebun. Selain mengatasi stress, berkebun dan adanya tanaman terarium ini juga bisa menambah estetika dalam rumah. Bentuknya yang cantik dan juga indah dipandang ini sangat cocok sebagai hiasan rumah.

15. Sketsa, karikatur, atau lukisan

tokopedia

Selain dekorasi rumah berupa rak dinding atau vas bunga, sketsa maupun karikatur juga bisa menjadi salah satu yang cocok sebagai dekorasi rumah dan kado pernikahan untuk sahabat. Sedulur bisa melakukan custom sketsa, karikatur, atau lukisan di jasa pembuat gambar-gambar tersebut. Jangan lupa untuk memilih potret yang dirasa pas untuk dijadikan sketsa, ya!

16. Set cangkir 

pexels

Memberikan set cangkir merupakan kado pernikahan untuk sahabat perempuan maupun laki-laki yang cocok serta berguna. Dengan satu set berisi teko dan cangkir yang cantik, pasti sahabat Sedulur menyukainya dan akan berguna untuk menjamu tamu-tamu yang datang ke rumah pasangan tersebut.

17. Emas batangan

tirto

Rekomendasi kado pernikahan untuk sahabat yang terakhir adalah emas batangan. Emas batangan bisa dijadikan kado pernikahan yang tak terlupakan karena bernilai sebagai investasi di masa depan yang cukup menguntungkan. Memang harganya tidak murah, namun Sedulur bisa patungan dengan teman lain untuk membelikan ini karena pasti berguna dan sahabat Sedulur akan senang ketika menerimanya.

Demikianlah beberapa ide-ide yang bisa Sedulur pilih untuk dijadikan kado pernikahan untuk sahabat, saudara, ataupun rekan kantor. Kado pernikahan tidak harus sesuatu yang bisa Sedulur beli, namun bisa juga membuat karya sendiri. Dengan membuat karya sendiri bisa menjadi kado pernikahan bermanfaat dan juga akan diingat terus oleh sahabat atau orang terkasih. Semoga bermanfaat!

Selain membutuhkan rekomendasi kado untuk pernikahan orang terkasih, pastinya Sedulur juga membutuhkan bahan pokok untuk kebutuhan harian di rumah. Cukup dengan men-download Aplikasi Super dan cek barang yang dibutuhkan dengan sekali klik.