cerita singkat aladin

Sedulur penggemar cerita klasik mungkin sudah tidak asing dengan kisah Aladin dan Lampu Ajaib. Inti cerita singkat Aladin mengisahkan tentang seorang pemuda yang tidak sengaja menemukan sebuah lampu ajaib. Tanpa disangka, lampu ajaib itu berisi jin yang bisa mengabulkan permintaan Aladin.

Penasaran bagaimana kelanjutan kisah Aladin dan Lampu Ajaib? Berikut cerita selengkapnya.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merek Baju Koko Anak, Nyaman dan Berkualitas

Mengenal Cerita Aladin dan Lampu Ajaib

Unsplash/Taha

Aladin dan Lampu Ajaib merupakan dongeng klasik yang populer di berbagai negara. Menurut sejumlah literatur, dongeng tersebut berasal dari Timur Tengah dan menjadi bagian dari dongeng Seribu Satu Malam.

Sesuai dengan judulnya, cerita singkat Aladin dan Lampu Ajaib mengisahkan tentang pemuda bernama Aladin yang menemukan sebuah lampu ajaib. Lampu misterius itu ternyata memiliki kekuatan magis karena dihuni oleh sesosok jin yang dapat mengabulkan permintaan pemilik lampu tersebut.

Tokoh-Tokoh Dalam Cerita Aladin dan Lampu Ajaib

Sebelum menyimak ceritanya, tak ada salahnya Sedulur mengenal tokoh-tokoh dalam cerita singkat Aladin dan Lampu Ajaib.

  • Aladin. Tokoh utama dalam cerita ini diceritakan sebagai seorang pemuda miskin, namun memiliki hati baik dan juga pemberani. Suatu ketika, ia tidak sengaja menemukan sebuah lampu ajaib yang dapat mengeluarkan jin saat digosok.
  • Jin. Lampu ajaib yang ditemukan Aladin ternyata dihuni oleh sesosok jin yang memiliki kemampuan untuk mengabulkan permintaan pemilik lampu. Semenjak lampu ajaib ditemukan oleh Aladin, Jin pun menjalin persahabatan dengan sosok pemuda tersebut.
  • Putri Yasmin. Putri Yasmin adalah seorang putri kerajaan di negeri di mana Aladin hidup. Ia diceritakan jatuh cinta kepada Aladin setelah bertemu dengannya saat Aladin menyamar menjadi seorang pangeran.
  • Penyihir jahat. Cerita Aladin juga menampilkan tokoh jahat yang digambarkan sebagai sosok penyihir. Ia berusaha mencuri lampu ajaib yang ditemukan Aladin.

BACA JUGA: Cerita Pendek Pinokio Si Boneka Kayu, Ajarkan Anak Agar Jujur!

Isi Cerita Singkat Aladin dan Lampu Ajaib

cerita singkat aladin
Unsplash/Taha

Seperti halnya cerita dongeng lainnya, ada banyak versi yang bisa Sedulur temukan dari cerita singkat Aladin. Pada artikel kali ini akan disajikan cerita Aladin dalam versi klasik.

Cerita dimulai dari sosok Aladin, seorang pemuda miskin yang tinggal di sebuah kota bernama Agrabah bersama ibunya. Ia biasa membantu sang ibu menjual buah-buahan di pasar untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.

1. Aladin menemukan lampu ajaib

Suatu ketika, datang seorang pedagang kaya raya yang menawarkan pekerjaan untuk Aladin. Tanpa sepengetahuan Aladin, pedagang tersebut ternyata merupakan seorang penyihir yang berniat memanfaatkan Aladin. Ia meminta Aladin untuk masuk ke dalam gua dan mengambil sebuah lampu tua.

Setelah berhasil mengambil lampu tersebut, Aladin tidak langsung memberikannya kepada si penyihir. Pasalnya ia merasa curiga melihat lampu tua yang tersembunyi di dalam gua bersama kepingan emas dan perhiasan berkilau.

Penyihir yang marah dengan Aladin lantas mengurungnya di dalam gua. Tanpa disangka, sosok jin tiba-tiba keluar dari lampu tersebut. Ternyata, Aladin tanpa sadar sudah menggosok lampu tua itu. Jin pun mengatakan bahwa ia akan mengabulkan tiga permintaan Aladin. Aladin pun memanfaatkan hal itu untuk dapat keluar dari gua dan kembali pulang.

2. Aladin menjadi pangeran

Setelah berhasil pulang, Aladin meminta kepada jin untuk mengubahnya menjadi seorang pangeran dan memiliki istana mewah. Dalam sekejap, Aladin pun menjadi pangeran yang terkenal di seluruh negeri. Tak hanya itu, ia juga bertemu dengan Putri Yasmin dan mereka pun saling jatuh cinta.

3. Aladdin menyelamatkan jin dari penyihir

Di tengah kebahagiaan itu, Aladin kembali bertemu dengan penyihir jahat. Penyihir itu mencuri lampu ajaib dari Aladin dan berusaha merebut segala yang dimiliki Aladin, termasuk istana dan Putri Yasmin.

Namun Aladin tak menyerah begitu saja. Ia berusaha merebut kembali lampu ajaib yang dicuri penyihir. Apalagi ia sudah menganggap jin sebagai sahabatnya. Ia tidak tega melihat sahabatnya itu harus menjadi tawanan dari penyihir jahat.

Pesan Moral Dari Cerita Aladin dan Lampu Ajaib

Tak sekadar hadir sebagai dongeng yang menghibur, cerita Aladin rupanya juga sarat akan pesan moral. Tak heran, cerita ini kerap dibacakan untuk anak-anak.

Salah satu pesan moral yang bisa Sedulur ajarkan kepada si kecil melalui cerita ini adalah tentang persahabatan dan kesetiaan. Aladin diceritakan berusaha keras mendapatkan kembali lampu ajaib.

Bukan hanya untuk mendapatkan apa yang dimilikinya sebelumnya, namun juga untuk menyelamatkan jin yang sudah dianggapnya sebagai sosok sahabat. Bahkan Aladin juga berniat membebaskan jin dari lampu ajaib.

BACA JUGA: Dongeng Cinderella dan Sepatu Kaca Untuk Pengantar Tidur

Fakta Menarik Tentang Cerita Aladin dan Lampu Ajaib

cerita singkat aladin
Unsplash/Crayton

Ada beberapa fakta menarik tentang cerita singkat Aladin dan Lampu Ajaib yang sayang untuk Sedulur lewatkan. Berikut rangkumannya.

1. Ragam teori tentang asal usul cerita

Disampaikan sebelumnya, dongeng Aladin disebut berasal dari Timur Tengah. Teori yang paling populer dan umum dikenal mengatakan bahwa cerita Aladin diperkirakan sudah ada sejak abad ke-9.

Cerita Aladin dan Lampu Ajaib sendiri merupakan bagian dari karya sastra Seribu Satu Malam. Menurut sejumlah literatur, dongeng Seribu Satu Malam dibacakan oleh Ratu Syahrazad kepada suaminya, Raja Syariar untuk menunda hukuman mati dirinya.

Dalam teori lain disebutkan bahwa kisah Ratu Syahrazad merupakan fiksi atau karangan belaka. Dikatakan bahwa Seribu Satu Malam dikarang oleh Abu Abdillah bin Abdus Al Jahsyiyari. Sementara dalam sumber lain dikatakan bahwa kisah tersebut ditulis oleh Abu Abd-Allah Muhammad el-Gahshigar.

2. Diadaptasi menjadi film

Selain diterbitkan dalam bentuk buku dan terjemahkan ke dalam berbagai bahasa, cerita Aladin dan Lampu Ajaib juga sudah diadaptasi ke berbagai media, termasuk film, serial televisi, animasi, hingga video gim.

Salah satu film adaptasi yang cukup terkenal adalah film Aladdin dari Disney yang dirilis pada 2019 lalu. Film tersebut dibintangi oleh sederet bintang kenamaan Hollywood, di antaranya adalah Will Smith, Mena Massoud, dan Naomi Scott.

Itu dia cerita singkat Aladin dan Lampu Ajaib yang bisa Sedulur bacakan untuk si kecil. Selain itu juga sudah dipaparkan berbagai fakta menarik dengan dongeng ini.