Di tengah kecanggihan dunia digital saat ini, apakah ada tersisa permainan tradisional? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Terdapat beberapa permainan tradisional Indonesia atau mainan tradisional Indonesia yang legendaris dan mungkin saat ini sudah mulai ditinggalkan. Beberapa permainan jadul mungkin menjadi salah satu permain yang sangat menyenangkan pada masanya, berbeda dengan saat ini yang sudah penuh dengan dunia digital.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan beberapa permainan asli Indonesia, mulai dari permainan tradisional dari bambu, permainan daerah, permainan anak Indonesia, permainan anak laki laki tradisional, permainan anak perempuan tradisional, hingga permainan tradisional rangku alu dan dolanan tradisional lainnya.

Saat ini mungkin beberapa anak-anak tidak mengetahui nama permainan tradisional dan berbagai macam permainan tradisional lainnya. Seperti apa saja daftar permainan tradisional Indonesia dan permainan tradisional Indonesia dan cara bermainnya? Yuk, langsung saja simak ulasan permainan rakyat dan permainan tradisional Jawa Tengah di bawah ini.

-->

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Sekolah Ramah Anak, Kamu Wajib Tahu!

Daftar Permainan Tradisional yang Super Seru, Sedulur Wajib Tahu!

1. Petak Umpet

1. Petak Umpet
idntimes.com

Permainan tradisional ini merupakan permainan paling seru, banyak gambar permainan tradisional petak umpet yang dijadikan sebagai poster yang menunjukan keceriaan anak-anak bermain. Sedulur bisa memainkan permainan ini dengan beberapa teman-teman, karena permainan ini harus dimainkan lebih dari dua orang.

Cara memainkannya sangat mudah, satu orang sebagai penjaga dan pemain lainnya bersembunyi. Penjaga harus menghitung hingga 10 atau 30 hitungan, dan mencari pemain lainnya yang bersembunyi. Pemain yang pertama kali ditemukan akan menjadi penjaga selanjutnya, kecuali jika penjaga tersebut lengah dan diselamatkan oleh satu pemain lainnya yang datang ke tempat penjaga sambil berteriak ‘inglo’.

2. Bola Bekel

2. Bola Bekel
ibudanbalita.com

Permainan tradisional ini merupakan permainan yang dimainkan oleh perempuan. Permainan ini sudah ada sejak zaman dulu, walaupun jadul. Permainan satu ini membutuhkan keahlian khusus untuk memainkannya, tidak semudah yang dibayangkan. Untuk memainkan permainan ini juga membutuhkan beberapa benda khusus.

Pertama yang pasti Sedulur membutuhkan bola bekel dan enam biji benda yang disebut bekel. Permainan ini bisa dimainkan dalam beberapa level. Semakin tinggi level permainan, semakin sulit permainan yang harus dimainkan. Dari mulai mengambil satu persatu biji bekel hingga harus mengambil enam biji bekel sekaligus.

3. Kelereng atau Gundu

3. Kelereng atau Gundu
okezone.com

Permainan tradisional lainnya yang sangat disukai oleh anak laki-laki adalah permainan gundu atau kelereng. Permainan ini membutuhkan benda yang berbentuk bulat, di beberapa daerah disebut dengan gundu dan di daerah lain disebut dengan kelereng. Kelereng merupakan kaca bening yang berbentuk bulat dan bisa dimainkan dengan cara disentil hingga mengenai kelereng lawan.

Jika Sedulur berhasil mengenai kelereng atau gundu lawan, maka kelereng dan gundu tersebut menjadi milik Sedulur. Permainan ini akan sangat seru ketika dimainkan secara bersama-sama dan beramai-ramai. Pemenang dari permainan ini adalah mereka yang mendapatkan kelereng dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Kreatif Untuk Anak Muda, Modal di Bawah 1 Juta!

4. Lompat Tali Karet

4. Lompat Tali Karet
kompasiana.com

Permainan tradisional selanjutnya adalah permainan lompat tali karet, permainan ini bisa dimainkan untuk anak laki-laki atau anak perempuan. Memainkannya sangat mudah, Sedulur hanya tinggal melompati karet yang dibentangkan. Tali karet yang digunakan disambung menjadi panjang.

Terdapat beberapa level memainkan permainan tali karet ini, dari mulai tari karet ada di bawah hingga, tali karet di atas kepala yang memegangnya. Permainan ini harus dimainkan oleh lebih dari dua orang. Karena membutuhkan dua orang yang memang tali karet dan pemain lain yang melompati karet.

5. Congklak

5. Congklak
andikafm.com

Permainan tradisional selanjutnya adalah congklak, permainan ini membutuhkan alat yang bernama papan congklak dan biji congklak yang biasanya menggunakan biji bekas kerang. Total keseluruhan congklak ada 98 buah, yang nantinya akan diisi pada lubang papan congklak. Cara bermainnya pun sangat mudah, Sedulur harus mengisi lupang papan satu persatu dari kiri ke kanan.

Papan siapa yang biji congklaknya habis duluan merupakan yang kalah, sedangkan pemenangnya adalah yang mendapatkan biji congklak dengan jumlah banyak.

6. Egrang

6. Egrang
indonesia.go.id

Hampir di setiap daerah di pulau Jawa, baik itu di Banten, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan bagian lainnya, egrang merupakan permainan tradisional yang bisa dijumpai di setiap daerah tersebut. Tidak mudah memainkan egrang, butuh latihan dan juga keterampilan khusus untuk memainkannya.

Egrang merupakan dua tongkat panjang yang bagian tengahnya diberi pembatas. Cara memainkannya dengan naik ke atas pijakan egrang, jika jatuh maka pemain akan diberi hukuman. Namun memainkan egrang membutuhkan kehati-hatian, karena jika jatuh akan mengalami rasa sakit yang lumayan. Sedulur juga bisa mengalami luka.

7. Gobak Sodor

7. Gobak Sodor
bombastis.com

Gobak sodor merupakan permainan tradisional lainnya. Di beberapa daerah dikenal dengan nama benteng sodor, atau bentengan. Permainan ini harus dimainkan secara tim, setiap tim diwajibkan menjaga benteng masing-masing. Pemenang dari permainan ini adalah yang berhasil menembus benteng lawan tanpa tersentuh dari setiap penjaganya. Mirip seperti permainan american football.

8. Patok Lele

8. Patok Lele
merahputih.com

Permainan tradisional lainnya adalah patok lele, permainan ini dimainkan oleh dua kelompok masing-masing, yang minimal terdiri dari dua orang. Alat yang dibutuhkan untuk memainkannya adalah dua potong bambu, pertama berukuran kecil, satunya lagi berukuran agak besar. Selanjutnya hanya tinggal memukul bambu dengan cara yang baik.

9. Ular Naga Panjang

9. Ular Naga Panjang
keluargacaplang.com

Permainan satu ini di daerah Jawa Barat dikenal dengan oray-orayan. Anak-anak sangat menyukai permainan satu ini. Untuk memulai permainan satu ini, tentukan terlebih dahulu dua orang yang menjadi penjaganya, pemain sisanya berjaga melewati penjaga. Sambil melewati penjaganya, menyanyikan lagu ular naga panjang hingga selesai, ketika lagu selesai, penjaga akan menangkap satu orang. Satu orang yang tertangkap harus keluar barisan.

10. Engklek

10. Engklek
keluargacaplang.com

Permainan tradisional selanjutnya adalah engklek. Permainan ini merupakan permainan legendaris yang hampir pernah dimainkan oleh anak-anak pada tahun 80-an, 90-an, hingga 2000-an awal. Untuk memainkannya hanya perlu menggambar kotak-kotak di lantai atau tanah. Setiap pemain akan melompati kotak-kotak yang telah digambar secara bergiliran.

Menyimak penjelasan tentang permainan tradisional di saat akan membawa kita ke masa lalu dan mengenang masa kecil. Semoga anak-anak di masa kini bisa merasakan permainan tradisional di tengah serangan permainan digital yang menggunakan gadget. Tentu saja, setiap anak-anak memiliki permainan masing-masing di setiap zamannya.

Sebelum artikel ini disudahi, informasi penting yang selalu disampaikan oleh Superapp.id adalah membeli kebutuhan sehari-hari dengan menggunakan Aplikasi Super. Karena banyak barang berkualitas dengan harga murah yang dijual oleh Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Selamat mencoba permainan anak-anak di atas ya!