sakit di ulu hati

Ada berbagai macam penyebab sakit di ulu hati mulai dari gejala timbulnya masalah dalam tubuh ataupun pola makan yang tidak sehat. Seringkali, orang mengabaikan penyakit ini karena menganggapnya hanya sebuah tanda terlalu lelah saja. Meskipun tidak semua penyebab penyakit ini bukan hal yang serius, namun ada baiknya untuk selalu mencegah daripada terlambat.

Apabila Sedulur merasa sakit pada ulu hati dan memiliki riwayat penyakit pencernaan seperti maag, ada baiknya untuk mewaspadai. Hal ini bisa jadi mengarah pada penyakit serius seperti GERD. Jadi, penting bagi Sedulur untuk mengetahui dahulu apa saja penyebabnya melalui rangkuman dibawah ini. 

BACA JUGA: Sakit Kepala Bagian Belakang, Ini Penyebab dan Obatnya!

1. Terlalu banyak minum alkohol

sakit di ulu hati
alodokter

Penyebab sakit di ulu hati yang pertama adalah minum alkohol yang terlalu banyak. Apalagi jika Sedulur meminumnya dalam jangka waktu yang lama dan rutin, itu bisa mengakibatkan nyeri pada ulu hati. Lapisan lambung akan mengalami peradangan dan akan timbul masalah nyeri epigastrik dan masalah lainnya.

-->

Tak hanya itu, terlalu banyak konsumsi makanan juga bisa membuat nyeri karena perut akan mengembang dan melebihi kapasitasnya yang normal. Mules, refluks asam, dan gangguan pencernaan lainnya juga akan timbul karena ini.Selain itu, risiko penyakit jantung dan stroke akan meningkat bila keseringan minum alkohol.

2. Intoleransi laktosa

sakit di ulu hati
alodokter

Apabila saat minum susu merasakan nyeri dan sakit pada ulu hati, bisa jadi Sedulur punya alergi susu atau intoleransi terhadap laktosa. Kondisi ini dapat terjadi karena enzim laktase yang diproduksi untuk memecah gula laktosa tidak cukup diproduksi oleh tubuh. Sehingga, akan terjadi nyeri pada bagian tersebut.

Akan timbul juga gejala lainnya seperti diare, muntah, mual, kembung, kram, ataupun sakit perut yang hebat. Seseorang yang memiliki intoleransi pada laktosa akan menyebabkan kondisi nyeri pada epigastrium nya dan ada pula gejala lain yang timbul.

BACA JUGA: Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Pereda Nyeri Bisa Dibeli di Apotek

3. Tukak lambung

sakit di ulu hati
alodokter

Tukak lambung adalah suatu kondisi penyakit yang disebabkan oleh pengaruh asam lambung yang kemudian lapisan dalam lambungnya akan sedikit demi sedikit terkikis. Tukak lambung juga dapat terjadi pada bagian usus halus atas dan bawah kerongkongan yang berkaitan dengan lambung. Bakteri H. pylori adalah penyebab paling dominan dari penyakit ini. Selain itu, penggunaan obat tertentu juga bisa menjadi penyebabnya karena lapisan lambung terkikis oleh asam pada obat dan membentuk luka. 

Gejala utama dan paling umum dari tukak lambung adalah sakit di ulu hati. Kemudian, ada gejala lain yang mempengaruhi di antaranya adalah terlalu sering bersendawa, perut kembung, mudah kenyang, mual, bahkan mengalami muntah. Rasa nyeri pada bagian perut akan semakin parah ketika Sedulur belum mengkonsumsi makanan sama sekali dan bisa jadi kulit akan menjadi pucat dan wajah akan menjadi lesu. 

4. Radang kerongkongan (esofagitis)

sakit di ulu hati
halodoc

Sakit perut di ulu hati bisa juga diakibatkan oleh adanya penyakit esofagitis atau radang kerongkongan. Radang kerongkongan adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh iritasi pada bagian kerongkongan dalam. Sebab dari penyakit ini adalah karena pemakaian obat-obatan tertentu, infeksi, asam lambung yang naik, dan juga gangguan autoimun.

Gejala yang awal terjadi adalah nyeri di bagian ulu dan menjalar di perut bagian kanan. Setelah itu, Sedulur akan mengalami rasa asam yang tidak normal pada mulut, sulit menelan, dan heartburn. Selain kondisi tersebut, saat menelan makanan akan timbul rasa nyeri di belakang tulang dada. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menimbulkan pendarahan atau pembentukan jaringan pada perut.

BACA JUGA: Inilah Doa Untuk Orang Sakit Paling Mujarab Dalam Islam

5. Kecemasan yang berlebihan

sakit di ulu hati
pexels

Meskipun hal ini jarang terjadi, namun kecemasan yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit pada ulu hati. Semua orang pasti memiliki momen atau suatu kejadian yang bisa menyebabkan adanya kecemasan. Dalam beberapa kasus, kecemasan bisa menjadi sebuah masalah jika tidak bisa dikontrol.

Selain menimbulkan reaksi berlebihan pada otak, kecemasan juga bisa membuat pernafasan menjadi tidak seimbang dan juga akan muncul keringat dingin. Ulu hati juga akan bereaksi karena hal tersebut. Sedulur harus waspada dan berhati-hati karena gejala lain juga akan timbul seperti detak jantung meningkat bahkan muntah.

6. Obesitas

pexels

Obesitas adalah salah satu penyakit yang gejalanya adalah adanya sakit pada ulu hati. Penyakit ini diakibatkan karena adanya peningkatan tekanan pada perut dan perut akan menjadi mengembang melebihi keadaan normalnya.

Kalau perut mengembang semakin besar, akan terjadi tekanan yang dapat membuat susah untuk bernafas dan rasa sakit pada bagian usus. Kebiasaan makan yang berlebihan, pola makan yang tidak sehat, serta tidak pernah melakukan olahraga adalah penyebab dari obesitas. Maka dari itu, ubah pola makan dan imbangi dengan olahraga agar tidak terjadi gejala yang menimbulkan obesitas.

BACA JUGA: Cara Jitu Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat Dokter

7. Kehamilan

pexels

Selain obesitas, kehamilan juga menjadi salah satu sebab timbulnya rasa sakit pada ulu hati. Tekanan yang disebabkan oleh pertumbuhan janin di dalam perut akan meningkat dan bisa mempengaruhi fungsi dari Lower Esophageal Sphincter (LES) atau otot berbentuk cincin yang berfungsi untuk mengatur posisi saluran kerongkongan yang terhubung dengan lambung.

Salah satu tanda timbulnya rasa sakit tersebut adalah perih di bagian perut dan tengah dada dan berlangsung selama beberapa menit. Biasanya, nyeri ini bisa timbul karena perubahan hormon progesteron yang meningkat dan tinggi. Usia kandungan trimester dua sampai tiga adalah yang paling sering mengalami kondisi ini. 

8. Gangguan kantong empedu

kompas

Sakit di bagian ulu hati adalah salah satu gejala dari gangguan kantong empedu. Kantong empedu yang akan mengalami pembukaan akan terhalangi oleh batu empedu. Sehingga, kantong empedu akan mengalami gangguan. Adanya peradangan juga bisa menjadi penyebab adanya gangguan pada kantung empedu diiringi dengan nyeri hebat di sisi kanan atas perut ketika selesai makan.

Selain itu, nafsu makan akan menjadi hilang, perut akan mengalami kembung karena gas, serta lebih parahnya lagi tinja akan berwarna seperti tanah liat dan tubuh akan menguning. Jika mengalami penyakit ini, ada baiknya segera diperiksakan karena jika tidak akan mengalami penyumbatan yang serius.

BACA JUGA: 8 Obat Alami Paling Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorokan

9. Hernia hiatus

alodokter

Hernia hiatus adalah suatu kondisi dimana lambung bagian atas akan masuk menuju rongga dada. Seharusnya, lambung berada di bagian rongga perut. Namun, lambung akan cenderung menonjol ke atas melalui otot pada bagian diafragma yang berfungsi untuk memisahkan rongga perut dengan rongga dada.

Penyakit yang kebanyakan dialami oleh usia lansia ini salah satu gejalanya adalah sakit di ulu hati dan kesulitan dalam menelan. Selain itu, sakit tenggorokan, dada yang merasa tidak nyaman, terlalu keras dalam bersendawa, dan iritasi dalam tenggorokan juga menjadi gejala dari penyakit ini.

10. GERD

pexels

Salah satu penyakit asam lambung yang diakibatkan oleh lemahnya katup dan sfingter dalam kerongkongan bagian bawah disebut juga dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease. Katup pada kerongkongan bawah akan menjadi lemah, sehingga tidak bisa menutup dengan baik.

Gejala dari GERD ini salah satunya adalah sakit pada ulu hati dan disertai dengan nyeri epigastrik. Gejala umum lainnya adalah adanya rasa terbakar atau nyeri di dada, sering batuk, merasa adanya benjolan pada dada atau tenggorokan, bahkan timbulnya rasa asam atau seperti muntahan pada mulut.

Ketika Sedulur mengalami gejala nyeri pada ulu hati, sebaiknya lakukan beberapa langkah untuk mengatasinya seperti melonggarkan pakaian yang membuat perut tertekan, menidurkan badan dan memposisikan kepala lebih tinggi dari badan, dan jangan lupa untuk meminum obat. Obat sakit ulu hati di apotik dapat Sedulur pilih, salah satunya adalah menggunakan jenis obat antasida untuk menurunkan asam lambung dan meredakan nyeri. Semoga bermanfaat!

Untuk menghindari penyakit diatas, jangan lupa untuk menjaga pola makan dengan benar. konsumsi makanan yang bergizi bisa menjadi salah satu cara yang efektif mencegahnya. Untuk mendapatkannya, Sedulur bisa cek Aplikasi Super yang menyediakan berbagai bahan untuk kebutuhan pokok. Selain mudah, harganya pun juga terjangkau. Download sekarang, yuk!