cara mencerahkan pakaian berwarna yang kusam

Seperti yang kita ketahui, warna baju yang pudar menjadi masalah yang umum dan sering dialami oleh banyak orang. Namun tidak usah khawatir, ada beberapa cara mencerahkan pakaian berwarna yang kusam, yang bisa Sedulur coba.

Nah, untung saja, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kenapa warna pakaian bisa menjadi kusam, cara mencerahkan pakaian berwarna yang kusam, dan juga cara untuk mempertahankan warna agar tidak kusam. Untuk itu, langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Noda Tipe-X di Baju dan Cara Mencucinya

Penyebab Warna Pakaian Menjadi Kusam

bisnis baju modal 1 juta
Unsplash/Becca Mchaffie

Dapat dikatakan ada beberapa hal yang menyebabkan warna pakaian menjadi kusam. Kurang lebih, seperti berikut penjelasannya!

1. Pencucian yang berlebihan

Pencucian yang berlebihan dapat menyebabkan serat kain menjadi aus sehingga warna pakaian akhirnya memudar. Penggunaan deterjen yang terlalu keras atau siklus pencucian yang kasar juga bisa mempercepat proses tersebut.

2. Paparan sinar matahari yang berlebihan

Paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan warna pakaian memudar. Sinar UV dapat merusak pigmen warna pada serat kain, terutama pada pakaian berwarna terang atau gelap.

3. Pemilihan deterjen yang salah

Penggunaan deterjen yang tidak cocok dengan jenis kain atau warna pakaian juga dapat menyebabkan warna pakaian menjadi kusam. Beberapa deterjen mengandung bahan kimia yang dapat merusak serat kain dan menyebabkan warna memudar.

BACA JUGA: 8 Cara Mencegah Warna Baju Agar Tidak Pudar Saat Dicuci

Cara Mencerahkan Pakaian Berwarna yang Kusam

cara mencerahkan pakaian berwarna yang kusam
Unsplash/Markus Winkler

Bisa dibilang jika pakaian yang cerah atau berwarna merupakan salah satu cara dalam mengekspresikan diri serta tampil dengan percaya diri. Akan tetapi, sering kali warna pakaian menjadi pudar karena proses penggunaan dan pencucian yang salah.

Pemudaran warna pada pakaian tentu saja akan menjadi masalah yang cukup mengganggu, terutama saat Sedulur ingin tampil dengan stylish dan menarik. Untuk itu, coba lakukan beberapa cara mencerahkan pakaian berwarna yang kusam yang ada di bawah ini!

1. Pakai Wantex

Wantex adalah merek produk pewarna pakaian yang umum digunakan untuk mencerahkan pakaian. Nah, di bawah ini ada langkah-langkah untuk menggunakan Wantex dalam mencerahkan pakaian berwarna yang kusam.

  • Siapkan Wantex dengan warna sesuai warna pakaian yang akan dicerahkan.
  • Siapkan sebuah baskom atau wadah yang cukup besar, isi dengan air, lalu didihkan.
  • Tambahkan Wantex ke dalam air sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan.
  • Campur Wantex secara merata dalam air.
  • Rendam pakaian yang berwarna kusam ke dalam larutan Wantex mendidih.
  • Biarkan pakaian terendam dalam larutan Wantex selama beberapa jam.
  • Setelah selesai, cuci pakaian seperti biasa, jemur sampai kering.

2. Gunakan pemutih

Pemutih pakaian bisa digunakan untuk mencerahkan pakaian. Hanya saja, pastikan untuk memilih pemutih yang aman untuk pakaian berwarna. Jika sudah didapatkan, ikuti cara mencerahkan pakaian berwarna yang kusam dengan pemutih berikut ini.

  • Larutkan pemutih dalam air.
  • Rendam pakaian berwarna yang kusam ke dalam larutan pemutih.
  • Setelah proses perendaman selesai, cuci pakaian seperti biasa, bilas, dan jemur sampai kering.

3. Cuci menggunakan baking soda

Baking soda atau soda kue sering digunakan sebagai pemutih dan pencerah alami pada pakaian. Berikut tata cara untuk menggunakan baking soda dalam mencerahkan pakaian berwarna kusam yang bisa Sedulur coba.

  • Siapkan baking soda, campurkan baking soda dengan air dan deterjen.
  • Masukkan pakaian yang ingin dicerahkan, cuci pakaian seperti biasa.
  • Setelah selesai, jemur pakaian sampai benar-benar kering.

4. Gunakan kopi

Mencerahkan pakaian berwarna yang kusam dengan kopi mungkin terdengar cukup aneh, namun ternyata cara ini efektif, terutama untuk pakaian berwarna gelap khususnya hitam. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  • Siapkan kopi bubuk dengan cara yang sama seperti Sedulur biasanya membuat secangkir kopi, namun dalam takaran yang lebih banyak.
  • Rendam pakaian kusam ke dalam larutan kopi yang telah disiapkan.
  • Setelah proses perendaman, cuci pakaian seperti biasa dengan deterjen.
  • Bilas, lalu jemur pakaian sampai kering.

5. Cuci pakaian menggunakan cuka

Mencerahkan pakaian berwarna yang kusam dengan cuka memang merupakan salah satu metode yang umum digunakan, karena cuka dapat membantu menghilangkan noda dan mengembalikan kecerahan warna pada pakaian.

  • Campurkan cuka putih atau cuka sari apel dengan air hangat dalam sebuah baskom atau wadah.
  • Rendam pakaian berwarna yang kusam selama beberapa saat.
  • Setelah itu, cuci pakaian dengan deterjen, lalu bilas.
  • Terakhir jangan lupa untuk menjemurnya sampai kering.

6. Rendam pakaian di air garam

Cara mencerahkan pakaian berwarna yang kusam terakhir adalah dengan menggunakan air garam. Sedulur bisa coba merendam pakaian yang kusam tersebut di dalam larutan air garam supaya warnanya kembali cerah.

  • Siapkan air hangat di dalam sebuah baskom besar.
  • Tambahkan garam dapur ke dalam air hangat tersebut, dengan perbandingan sekitar satu cangkir garam untuk setiap liter air
  • Rendam pakaian ke dalam larutan air garam, pastikan pakaian benar-benar terendam.
  • Setelah beberapa saat, angkat pakaian dan cuci dengan deterjen.
  • Bilas sampai bersih, kemudian keringkan.

BACA JUGA: Tips Mencuci Baju Agar Wangi Tahan Lama Seperti dari Laundry

Tips Menjaga Warna Pakaian

Unsplash/Vidar Nordli Mathisen

Selain tahu beberapa cara mencerahkan pakaian berwarna yang kusam di atas, penting juga bagi Seulur untuk tahu bagaimana cara menjaga kecerahan warna pakaian sejak awal. Untuk itu, berikut ada beberapa tips dalam mempertahankan warna pakaian yang dapat diterapkan!

1. Pisahkan pakaian berwarna

Pada saat mencuci pakaian, pastikan untuk selalu memisahkan pakaian berwarna dari pakaian putih atau terang. Hal ini dilakukan untuk mencegah transfer warna dari pakaian gelap atau warna yang mudah luntur ke pakaian lainnya.

2. Gunakan deterjen yang tepat

Gunakan jenis deterjen yang memang dirancang secara khusus untuk pakaian berwarna. Hindari deterjen yang mengandung pemutih atau bahan kimia yang keras, karena dapat merusak warna pakaian dan menyebabkannya menjadi kusam.

3. Cuci dengan air dingin

Pilih siklus pencucian dengan air dingin atau bisa juga hangat, daripada air panas. Air panas dapat menyebabkan warna pakaian memudar lebih cepat, sementara air dingin atau hangat akan membantu menjaga warna tetap cerah.

4. Hindari penggunaan pengering

Hindari menggunakan pengering pakaian jika memungkinkan. Pengering dapat menyebabkan gesekan dan gesekan yang berlebihan pada pakaian, yang dapat menyebabkan warna memudar lebih cepat. Lebih baik jemur pakaian di tempat yang teduh atau dengan menggunakan pengering dengan suhu rendah.

5. Gunakan pengaturan pencucian yang lemah

Ketika mencuci pakaian, pilih pengaturan pencucian yang lembut dan hindari siklus pencucian yang kasar atau intens. Siklus pencucian yang lembut akan membantu menjaga integritas serat kain dan juga warna dari pakaian yang dicuci.

Nah, mungkin hanya itu informasi mengenai penyebab kenapa warna pakaian bisa menjadi kusam, cara mencerahkan pakaian berwarna yang kusam, dan juga cara untuk mempertahankan warna agar tidak kusam yang bisa dibagikan.

Semoga informasi di atas dapat membantu Sedulur dalam mengatasi masalah terkait warna pakaian yang sedang dialami, ya!