cara membersihkan minyak yang tumpah

Bagaimana cara membersihkan minyak yang tumpah? Apakah benar-benar bisa dibersihkan kembali seperti semula? Tidak usah panik, simak informasi yang ada di bawah ini!

Sebagai tempat untuk aktivitas memasak, tentu saja lantai dapur rentan akan terkena cipratan minyak. Jika tidak segera dibersihkan, bekas minyak di lantai tersebut bisa membuat lantai menjadi licin, bahkan menimbulkan bercak yang mengganggu.

Padahal, noda minyak di lantai dapur biasanya memang susah atau justru tidak bisa hilang hanya dengan menggunakan air. Pasti masih terasa licin dan lengket saat disentuh dan noda masih terlihat. Bahkan terkadang, noda sudah dibersihkan berulang kali namun tetap saja tidak bisa benar-benar bersih.

Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara membersihkan minyak yang bisa Sedulur coba. Mulai dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan, sampai bahan kimia khusus. Nah, langsung saja, berikut ini beberapa metode yang dimaksud!

BACA JUGA: Perbedaan Teknik Shallow Frying dan Deep Frying

1. Kertas koran

cara membersihkan minyak yang tumpah
Unsplash/Anton

cara membersihkan minyak yang tumpah pertama adalah dengan kertas koran. Kertas koran sendiri mempunyai pori-pori yang dapat menyerap minyak dari lantai secara maksimal. Dengan begitu, maka cara ini akan sangat tepat pada saat ada minyak yang tidak sengaja tumpah di area lantai.

Caranya pun cukup mudah, Sedulur bisa meletakkan lembaran koran di lantai tempat minyak yang tumpah. Setelah itu, diamkan koran beberapa saat hingga menyerap minyak dari lantai. Sedulur dapat mengulanginya beberapa kali sampai minyak terserap secara maksimal.

2. Tepung terigu

Tepung terigu ternyata bukan hanya memiliki manfaat untuk memasak saja. Bahan yang satu ini juga dapat digunakan untuk membantu membersihkan minyak di lantai secara efektif. Sedulur hanya perlu menaburkan tepung terigu pada tumpahan minyak. Nantinya, tepung ini akan menyerapnya secara efektif.

Usai beberapa saat, minyak tersebut akan terserap sempurna dan Sedulur dapat menyapu lantai seperti biasa untuk membersihkan sisa-sisa tepung terigu yang telah bercampur dengan minyak yang terserap. Berikutnya, silahkan bilas lantai dengan menggunakan air bersih dan lap seperti biasa.

3. Baking soda

Baking soda memang dikenal sudah sejak lama mampu digunakan untuk membersihkan berbagai jenis noda di lantai keramik. Tentu saja Sedulur bisa memanfaatkannya untuk membersihkan minyak di lantai keramik. Sedulur hanya perlu menyiapkan beberapa bahan lain seperti air, cuka putih, dan detergen.

Campurkan air, baking soda, cuka putih, dan detergen ke dalam botol semprot. Kocok, aduk, dan semprotkan pada noda minyak. Diamkan beberapa sampai cairan bekerja pada noda. Terakhir bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa larutan pembersih yang dibuat.

4. Sabun cuci piring

Sabun cuci piring memang sengaja dirancang untuk membersihkan berbagai macam kotoran, termasuk dengan minyak dari peralatan dapur. Nah, maka dari itu, sabun cuci piring ini juga akan sangat efektif digunakan untuk membersihkan minyak yang ada di lantai dapur Sedulur.

Caranya juga sangat mudah, Sedulur cukup melarutkan beberapa tetes sabun dengan air bersih. Setelah itu, basahi spon dan gosokkan di bagian lantai yang terkena oleh noda minyak. Apabila dirasa sudah bersih, bilas seperti biasa supaya lantai tidak licin akibat sisa sabun cuci piring yang digunakan.

5. Garam dan cuka apel

Jika lantai di dapur menjadi kotor karena minyak serta noda, maka Sedulur juga dapat membuat larutan khusus pembersih sendiri dari garam serta cuka apel. Kedua bahan tersebut memang dinilai sangat efektif untuk membersihkan noda tanpa merusak permukaan lantai keramik di dapur.

Sedulur hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini, lalu aduk sampai merata. Lalu semprotkan larutan pembersih pada noda. Diamkan dulu larutan pada noda selama beberapa jam hingga larutan bekerja dengan maksimal. Jika sudah, lap dengan kain kering untuk menghilangkan noda yang membandel.

BACA JUGA: 7 Cara Menyimpan Sayur Bayam di Kulkas Agar Tetap Segar

6. Pasir kucing

cara membersihkan minyak yang tumpah
Unsplash/Hivebox

Kalau Sedulur punya kucing di rumah, maka pasir kucing yang dimiliki juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan minyak dari lantai keramik, lho! Ya, pasir yang biasanya digunakan untuk kotoran kucing tersebut ternyata dapat digunakan untuk menyerap cairan atau noda.

Untuk memanfaatkannya, Sedulur cukup menaburkan pasir kucing sampai menutupi lantai yang kotor dan lengket karena minyak. Lalu diamkan dulu selama 30 menit sampai minyak benar-benar terserap. Kemudian sapu bersih pasir yang telah menerap minyak, dan pel lantai seperti biasa.

7. Garam

Cara membersihkan minyak yang tumpah berikutnya adalah dengan garam. Metode ini dapat dilakukan agar lantai tidak menjadi licin karena sisa-sisa minyak yang menempel pada keramik. Sama seperti penggunaan tepung, Sedulur cukup menaburkan garam pada lantai keramik yang terkena minyak.

Berikutnya, diamkan saja selama beberapa saat agar garam dapat menyerap sisa minyak secara maksimal. Berikutnya, Sedulur dapat membersihkan lantai menggunakan lap untuk membersihkan sisa garam pada lantai. Lanjut dengan menyapu dan mengepel lantai keramik seperti biasa.

8. Cuka

Cuka juga dapat digunakan untuk membersihkan minyak yang tumpah di lantai. Cuka sendiri memiliki sifat asam yang dapat membantu melarutkan dan mengangkat minyak dari permukaan lantai. Sedulur bisa mengoleskan larutan cuka pada area yang terkena minyak menggunakan kain lap atau spons.

Biarkan larutan cuka meresap ke dalam minyak selama beberapa menit. Jika sudah, gunakan kain lap untuk menggosok area yang terkena minyak dengan lembut. Terakhir bilas dengan air bersih, lalu keringkan dengan cara dilap.

9. Air soda

Selain baking soda, Sedulur juga bisa memanfaatkan air soda untuk membersihkan minyak yang tumpah di lantai. Caranya yakni dengan menuangkan air soda pada area lantai yang terkena minyak. Gosok dengan sikat dan lap area tersebut sampai dirasa minyak terangkat.

Jika sudah, langsung saja bilas dengan menggunakan air bersih. Coba cek hasilnya, apakah proses pengangkatan noda minyak dari lantai. Apabila masih ada, Sedulur dapat mengulangi lagi cara membersihkan minyak yang tumpah dengan air soda ini sampai hasilnya maksimal.

10. Pasta pembilas lemak

cara membersihkan minyak yang tumpah
Unsplash/Kinn Living

Pasta pembilas lemak alias degreaser tentu saja dapat sangat efektif dalam membersihkan minyak yang tumpah di lantai. Cara untuk menggunakannya tidak susah, cukup oleskan pasta pembilas lemak tersebut ke area yang terkena noda minyak.

Pastikan bahwa pasta ini telah menutupi seluruh area yang terkena minyak. Biarkan selama beberapa saat sampai pasta pembilas lemak meresap pada minyak selama beberapa saat. Terakhir, Sedulur bisa membilas dengan air sampai bersih.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan minyak yang tumpah. Silahkan Sedulur coba salah satu dari beberapa metode yang sudah dijelaskan di atas. Pilihlah metode mana yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan dan juga tidak menimbulkan efek samping pada lantai.

Dan jika cara yang dipilih ternyata belum memberikan hasil yang maksimal, Sedulur bisa mengulangi cara tersebut. Atau jika tidak, Sedulur juga dapat mencoba metode yang lainnya sampai noda minyak yang tumpah di lantai benar-benar bersih.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan tips kali  ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp. Jadi dijamin tidak akan kerepotan saat melakukannya di rumah.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!