Berikut ini merupakan kumpulan doa untuk orang sakit yang wajib Sedulur ketahui agar cepat mendapatkan kesembuhan dan juga sebagai penggugur dosa.

Terdapat beberapa ucapan doa untuk orang sakit dalam Islam, bagi itu doa untuk anak-anak, orang tua dan juga doa untuk orang sakit perempuan. Tentu saja tidak termasuk dalam doa untuk orang sakit katolik atau doa untuk orang sakit kristen. Karena yang akan dibahas merupakan kumpulan doa untuk orang sakit dalam agama Islam.

Namun, bukan berarti tidak ada doa untuk setiap orang sakit dalam agama lainnya, karena sesungguhnya setiap agama mengajarkan kebaikan dan juga memiliki caranya masing-masing untuk mendapatkan kebaikan dan kedamaian. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar doa bagi orang sakit yang wajib Sedulur ketahui. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Doa Agar Dagangan Laris, Berkah dan Kaya [Lengkap Arab dan Latin]

Dalil Doa untuk Orang Sakit

Dalil Doa untuk Orang Sakit
pikiran-rakyat.com

Doa bagi orang sakit merupakan hal yang sangat penting dalam Islam, hal tersebut ditunjunkan dengan berbagai hadist dari Rasulullah SAW yang berisi tentang doa bagi orang sakit. Berikut ini merupakan hadist yang diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA, sebagai doa bagi orang sakit yang disabdakan oleh Rasulullah SAW:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Daftar Doa Untuk Orang Sakit yang Mujarab dalam Islam

1. Doa Menjenguk Orang Sakit

1. Doa Menjenguk Orang Sakit
liputan6.com

Pertama merupakan doa untuk menjenguk orang sakit, sebelum membahas doa untuk orang sakit, bagi Sedulur yang sehat dan menjenguk orang yang sakit, Sedulur bisa membaca doa ini untuk kesembuhan orang yang sedang sakit yang Sedulur jenguk. Berikut doanya:

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”  (HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Doa di atas bisa Sedulur baca setiap mengunjungi sahabat dan kerabat sesama muslim yang sendang mengalami sakit dan membutuhkan dukungan dan juga penyembuhan agar cepat sembuh dan bisa kembali beraktivitas.

Baca Juga: Ternyata Ini Doa Mustajab Meluluhkan Hati Seseorang & Artinya

2. Doa untuk Orang Tua yang Sedang Sakit

2. Doa untuk Orang Tua yang Sedang Sakit
geriatri.id

Doa untuk orang sakit parah selanjutnya, terutama bagi orang tua Sedulur yang sedang sakit parah, sebagai berikut:

Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkan penyakit dan berikan dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lainnya.”

Sedulur bisa secara rutin setiap selesai solat fardhu melafalkan doa di atas untuk kesembuhan orang tua Sedulur agar bisa segera sembuh dan juga berkumpul kembali dengan Sedulur dan keluarga lainnya.

3. Doa Anak yang Sedang Sakit

3. Doa Anak yang Sedang Sakit
alodokter.com

Selanjutnya doa untuk orang sakit diperuntukan bagi anak-anak Sedulur yang sedang sakit, berikut doa yang bisa Sedulur lafalakan adalah:

Bismillaahil Kabiiri. Nauudzu Billaahil Adhiimi Mm Syarri Irqin Na aarin Wa Min Syarri Harrin Naari.

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Saya berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang mendidihkan darah dan dan kejahatanpanas api nereka.”

Doa di atas bisa Sedulur lafalkan secara rutin dan berkala, ketika Sedulur sedang merawat anak Sedulur yang sedang sakit. Sedulur juga bisa membacanya setelah sulat fardhu dan juga setelah berdzikir kepada Allah SWT. Lafalkan dengan tulus, dan minta kemudahan dan ketulusan dari Allah SWT untuk kesembuhan sang buah hati.

4. Doa Pengampunan Dosa untuk yang Sedang Sakit

4. Doa Pengampunan Dosa untuk yang Sedang Sakit
orami.co.id

Selain melafalkan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh, terdapat juga doa pengampunan dosa bagi setiap orang yang sendang sakit. Sakit yang dialami bisa jadi merupakan sebuah penggugur dosa dan Sedulur bisa meminta pengampunan kepada Allah SWT agar bisa segera mendapatkan kesembuhan. Berikut doanya yang bisa Sedulur baca:

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

Lafalkan secara tulus dan dengan hati yang benar-benar tulus, agar Sedulur bisa mendapatkan pengampunan dari Allah SWT dan juga semoga penyakit yang Sedulur derita bisa segera sembuh dan menjadi penggugur dosa bagi Sedulur serta mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Pada akhirnya, setelah mendapatkan kesembuhan, Sedulur bisa memiliki keimanan yang lebih kuat kepada Allah SWT dan segala sesuatu yang menjadi ketentuaNya.

5. Doa Rasulullah SAW untuk Orang yang Sedang Sakit

5. Doa Rasulullah SAW untuk Orang yang Sedang Sakit
tribunnews.com

Doa untuk orang sakit sesuai sunnah yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya ada beberapa dan juga diamalkan oleh setiap umat muslim. Doa pertama adalah:

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya: Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Doa berdasarkan hadist Rasulullah SAW selanjutnya adalah:

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.”

Artinya, “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Sebenarnya ada beberapa doa lainnya yang menjadi sunnah dari Rasulullah SAW, namun dua doa di atas merupakan doa yang umum dilafalkan setiap umat muslim ketika sedang sakit. Segala sesuatu yang disabdakan oleh Rasulullah SAW merupakan sesuatu yang suci yang merupakan tauladan bagi setiap umat muslim di setiap zaman dan peradaban.

6. Membaca Surat Al-Fathihah

6. Membaca Surat Al-Fathihah
detik.com

Doa untuk orang sakit yang terakhir yang juga sangat mujarab dan sangat umum bisa Sedulur lafalkan jika Sedang sakit adalah dengan membaca Al-Fathihah. Karena Surat Al-Fathihah memiliki kedudukan dan keutamaan yang sangat tinggi, termasuk untuk menyembuhkan segala penyakit yang diderita oleh setiap umat muslim. Agar cepat mendapatkan kesembuhan dan sakit yang dideritanya bisa menjadi penggugur dosa yang dimiliki.

Semoga penjelasan terkait doa bagi orang sakit di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait keimanan dan keyakinan terhadap Islam yang menjadi agama yang Sedulur yakini. Jangan lupa juga untuk menjaga setiap asupan makanan dan nutrisi agar Sedulur tetap bisa menjaga kesehatan dan bisa beraktivitas sebagaimana biasanya.

Sedulur bisa mendapatkan asupan makanan yang penuh gizi dan bernutrisi dengan kualitas terbaik dengan membelinya di Aplikasi Super. Banyak tersedia kebutuhan dan asupan pangan yang ada di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, dan segera beli kebutuhan harian di Aplikasi Super. Selamat mencoba!