Sedulur sering mengalami sakit tenggorokan? Yuk, simak daftar obat sakit tenggorokan di bawah ini. Dijamin tenggorokan bersih dan sehat!

Menderita sakit tenggorokan memang menyiksa. Kita akan kesulitan makan dan bahan minum. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar obat alami radang tenggorokan. Bagi yang mengalami sakit tenggorokan, mengobati radang tenggorokan adalah hal yang wajib dilakukan.

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat herbal radang tenggorokan. Cara mengobati radang tenggorokan menggunakan bahan alami pun sangat mudah. Cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan bahan alami pun bisa dibilang aman dan tidak beresiko.

Bahan alami yang akan dibahas pun bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan dewasa dan obat alami untuk sakit tenggorokan, agar terhindar dari sakit radang tenggorokan. Apa saja bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 12 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Kamu Coba

Daftar Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Obat sakit tenggorokan!

1. Peppermint

1. Peppermint
tokopedia.com

­Bahan pertama yang bisa dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan adalah peppermint. Peppermint juga memiliki kandungan yang dapat mengharumkan nafas tidak sedap. Kandungan menthol pada peppermint dapat mengencerkan lendir yang menjadi penyebab sakit tenggorokan.

Selain itu, peppermint juga memiliki kandungan anti peradangan, antibakteri, sekaligus antivirus yang dapat membantu mengobati sakit tenggorokan.

2. Cuka Apel

2. Cuka Apel
merdeka.com

Bahan alami selanjutnya yang bisa dijadikan obat sakit tenggorokan adalah cuka apel. Cuka apel memiliki efek antimikroba untuk membantu melawan infeksi. Sifat asam dari cuka apel juga dapat memecah lendir yang bersarang di tenggorokan dan sekaligus dapat menghentikan penyebaran bakteri.

Cara menggunakan cuka apel sebagai obat sakit tenggorokan sangat mudah, Sedulur tinggal melarutkan satu sendok makan cuka apel ke dalam satu cangkir air. Lalu gunakan sebagai bahan untuk kumur-kumur dan membersihkan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan pun akan sembuh dengan sendirinya.

3. Susu Kunyit

3. Susu Kunyit
grid.id

Obat sakit tenggorokan selanjutnya adalah susu kunyit. Kombinasi bahan alami sebagai obat radang tenggorokan satu ini mungkin akan terdengar sangat aneh bagi Sedulur. Namun susu kunyit sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Susu sangat bermanfaatkan untuk meredakan rasa sakit yang dialami oleh peradangan di sekitar tenggorokan.

Sedangkan kunyit mengandung beberapa senyawa yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa nyeri dan rasa sakit. Kedua bahan alami ini sangat cocok diminum sebagai obat radang tenggorokan alami, dan tentu saja sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Salam, Praktis!

4. Teh Lemon Madu

4. Teh Lemon Madu
tribunnews.com

Obat sakit tenggorokan selanjutnya adalah teh lemon madu. Kombinasi dari air teh, lemon dan madu sangat baik untuk mengobati radang tenggorokan. Bukan hanya untuk radang tenggorokan, lemon dan madu juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya. Sedulur tinggal meminumnya secara rutin setiap hari.

Teh dan madu dapat secara efektif untuk menghilangkan lendir yang ada pada tenggorokan, sedangkan lemon mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat memaksimalkan imunitas tubuh dan dapat melawan virus atau bakteri penyebab sakit tenggorokan yang dialami.

5. Bawang Putih Mentah

5. Bawang Putih Mentah
haibunda.com

Obat sakit tenggorokan selanjutnya adalah bawang putih mentah. Kandungan antibiotik dalam bawang putih bisa menyembuhkan radang tenggorokan, sekaligus menghilangkan virus dan bakteri yang ada di dalam gigi dan mulut. Selain mengkonsumsi bahan alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, Sedulur juga wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

6. Buah Pisang

6. Buah Pisang
koranmemo.com

Obat sakit tenggorokan yang mungkin Sedulur sukai selanjutnya adalah buah pisang. Di dalam buah pisang terkandung kalium dan potasium yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, tekstur dari buah pisang yang sangat lembut mampu secara efektif menghilangkan sakit tenggorokan.

Namun disarankan jangan mengkonsumsi pisang dengan cara digoreng. Sedulur bisa langsung mengkonsumsi pisang yang telah matang, atau juga bisa diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Dengan begitu pisang akan lebih optimal memberikan manfaatnya untuk mengobati sakit radang tenggorokan yang dirasakan.

7. Air Garam

7. Air Garam
tribunnews.com

Selanjutnya obat untuk mengobati sakit tenggorokan yang sangat efektif adalah air garam. Air garam sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Hal tersebut dikarenakan, air garam sangat ampuh untuk membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan.

Selain mengandung sodium yang tinggi, air garam juga bisa berfungsi untuk menghilangkan infeksi. Namun perlu diingat, Sedulur hanya perlu berkumur saja, sangat menelan air garam. Karena hal tersebut akan menimbulkan bahaya bagi tubuh Sedulur.

8. Air Mineral

8. Air Mineral
tribunnews.com

Obat untuk sakit tenggorokan yang paling alami dan mudah untuk didapat adalah air mineral atau yang umum kita sebut dengan air putih. Selama mengalami peradangan, Sedulur wajib untuk mengkonsumsi air putih secara banyak. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan lendir dan juga meredakan rasa nyeri yang dirasakan.

Hal paling penting selanjutnya adalah untuk menjaga kelembaban di dalam tenggorokan agar peradangan bisa segera sembuh. Sedulur juga bisa mengkonsumsi air hangat untuk terapi rasa sakit yang dirasakan. Hal ini sangat penting untuk mempercepat proses rasa sakit dan nyeri yang terjadi.

Semoga daftar obat sakit  tenggorokan di atas bisa menjadi referensi Sedulur untuk dapat mengobati sakit tenggorokan lebih cepat. Sedulur juga bisa mendapatkan bahan untuk membuat obat radang tenggorokan alami dengan membelinya di Aplikasi Super.

Banyak bahan dan kebutuhan sehari-hari yang tersedia sangat lengkap di Aplikasi Super. Sedulur bisa langsung cek kelengkapan barang yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini agar bisa melakukan transaksi hanya melalui smartphone. Selamat mencoba!