Sakit gigi memang sangat menyiksa, apalagi sakit karena gigi berlubang. Simak cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat di bawah!

Gigi berlubang seringkali menimbulkan masalah bagi kita, nyeri yang tidak berkesudahan akibat sakit gigi bisa mengganggu aktivitas kita. Oleh karena itu, banyak penderita sakit gigi berlubang membeli obat sakit gigi berlubang sebagai jalan pintas. Namun, alangkah lebih baiknya mendapatkan obat sakit gigi paling ampuh dari dokter setelah berkonsultasi.

Namun apakah ada cara untuk mengobati sakit gigi berlubang tanpa obat? Jawabannya tentu saja tidak ada, untuk mengobati sakit berlebih akibat gigi berlubang, tentu saja harus minum obat gigi berlubang. Namun, jika pertanyaannya seputar cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat? Hal tersebut ada jawabannya.

Bagaimana cara mengobati sakit gigi tanpa obat sekaligus bisa meredakannya? Sedulur bisa menyimak langsung ulasannya di bawah ini. Karena, Superapp.id dalam kesempatan ini akan menyampaikannya untuk Sedulur Super.

-->

Baca Juga: 6 Cara Jitu Menghilangkan Flek Hitam di Wajah yang Membandel

Cara Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang

1. Berkumur Air Garam

1. Berkumur Air Garam
kompas.com

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat yang pertama adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Berkumur menggunakan air garam juga merupakan cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dan paling ampuh. Selain itu, cara ini merupakan cara tradisional yang digunakan dari dahulu.

Selain bisa membersihkan kuman dan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang nyeri, berkumur dengan air garam juga bisa mengurangi tegangan permukaan gusi sehingga bisa meredakan nyeri secara cepat. Namun, perlu diingat, berkumur dengan air garam hanya meredakan bukan menghilangkan sumber nyeri dari gigi berlubang.

2. Kunyah Bawang Putih Mentah

2. Kunyah Bawang Putih Mentah
merdeka.com

Cara mengatasi gigi berlubang kedua selanjutnya adalah dengan mengunyah bawang putih mentah. Bawang putih juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi gigi berlubang parah. Karena bawang putih mengandung antiseptik dan antimikroba yang bisa mengendalikan rasa nyeri.

Hal tersebut yang membuat bawang putih sangat efektif untuk mengobati sakit gigi berlubang, karena setiap bakteri dan mikroba yang membuat gigi nyeri bisa hilang. Namun, cara satu ini bukan berarti menyembuhkan atau menghilangkan sumber sakit, namun hanya meredakan nyeri saja. Perlu konsultasi dan arahan dari dokter gigi untuk kesembuhan total.

3. Kompres dengan Air Dingin

3. Kompres dengan Air Dingin
yukepo.com

Salah satu obat nyeri gigi berlubang yang paling ampuh dan paling murah adalah kompres dengan air dingin. Jika ada pertanyaan sakit gigi berlubang apa obatnya? Tentu saja ada banyak macamnya, namun jika pertanyaan bagaimana cara mengatasi gigi berlubang dengan cepat dan murah? Kompress dengan air dingin adalah jawabannya. Kompress dengan air dingin bisa Sedulur lakukan untuk atasi sakit gigi berlubang dengan cepat.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Berat Badan, Ini Menu Diet Sehat 30 Hari!

4. Menggunakan Cengkih

4. Menggunakan Cengkih
filmapro.co.id

Solusi gigi berlubang selanjutnya adalah dengan menggunakan cengkih. Pertanyaannya bagaimana cara cengkih bekerja sebagai obat sakit gigi berlubang alami? Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal mengambil biji cengkih, dan menghaluskannya lalu mencampurkannya dengan air hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan pada gigi yang sakit dan gosok sebagaimana ketika Sedulur menyikat gigi.

Cengkih bukan hanya merupakan obat sakit gigi berlubang tradisional, namun juga obat berbagai penyakit. Hal tersebut dikarenakan cengkeh mengandung eugenol yang bisa mengurangi rasa sakit dari inflamasi dan juga berfungsi sebagai analgesik yang sangat ampuh menghilangkan nyeri.

5. Filling atau Tambal Gigi

5.  Filling atau Tambal Gigi
dream.co.id

Filling atau tambal gigi bukan hanya ampuh untuk mengurangi sakit gigi berlubang dan bukan hanya sebagai pereda sakit gigi berlubang, namun Sedulur bisa mengatasi masalah gigi berlubang. Karena, permasalahan gigi berlubang bisa selesai dengan ditambal atau filling. Tentu saja cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat satu ini bisa dilakukan oleh dokter gigi.

Sedulur tidak bisa melakukannya sendiri, dokter gigi akan membersihkan gigi berlubang yang telah dipenuhi oleh bakteri, dan membersihkan bagian gigi yang rusak. Lalu menambalnya dengan bahan khusus, seperti porselen atau komposit yang sama kuatnya dengan gigi kita. Sehingga permasalahan gigi berlubang tidak akan Sedulur hadapi kembali.

6. Menggunakan Fluoride

6. Menggunakan Fluoride
klikdokter.com

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat adalah dengan menggunakan fluoride. Fluoride merupakan penanganan yang dilakukan untuk mencegah gigi berlubang semakin parah. Cara ini lebih tepat disebut sebagai cara untuk mencegah dari pada cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat.

Namun penggunaan fluoride tentu saja harus dengan arahan dari dokter gigi. Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat dan dengan menggunakan fluoride adalah dengan menggosok fluoride yang berjenis cair, busa, gel atau pernis kepada gigi berlubang selama beberapa menit oleh dokter. Sakit gigi berlubang akan teratasi, namun tidak cukup ampuh untuk mengobati.

7. Cahaya Neon

7. Cahaya Neon
depositphotos.com

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat yang terakhir adalah dengan menggunakan lampu cahaya neon. Cahaya neon juga digunakan sebagai perawatan baru yang sedang dalam tahap pengembangan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Caha neon yang mengandung sinar X dapat mendeteksi adanya gigi yang berlubang dan dapat meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan.

Namun, tentu saja cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat satu ini masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu, Sedulur bisa menggunakan beberapa cara di atas sebagai rekomendasi cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat yang telah terbukti khasiatnya.

JIka Sedulur membutuhkan rekomendasi obat untuk mengatasi nyeri gigi, Sedulur bisa mendapatkannya di Aplikasi Super. Karena, Aplikasi Super terdapat Supercare yang menyediakan berbagai obat-obatan untuk kesehatan tubuh Sedulur. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini, dan langsung cek kelengkapan barang yang Sedulur butuhkan.