Beetroot atau lebih dikenal sebagai buah bit merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki banyak khasiat. Buah ini memiliki warna yang mencolok serta rasa yang unik. Namun, perlu digarisbawahi, meskipun sering dikenal sebagai buah, ternyata bit ini merupakan umbi layaknya singkong atau ubi. Warnanya yang menyegarkan membuatnya lebih dikenal sebagai buah.

Selain terkenal sebagai buah bit, beetroot juga terkenal mengandung beragam nutrisi. Sedulur bisa mendapatkan karbohidrat, protein, serat, vitamin C, folat, kalium, magnesium, natrium, hingga zat besi melalui buah bit ini. Apa saja kah kegunaan kandungan tersebut? Mari kita bahas lebih jauh tentang buah bit dan segudang manfaatnya!

BACA JUGA: 12+ Manfaat Buah Matoa Asal Papua Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

1. Tentang buah beetroot

1. Tentang buah beetroot
pexels

Beetroot adalah tanaman umbi yang masuk ke dalam keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Sedulur yang mengatakan ini sebagai buah harus tahu bahwa ternyata ia satu keluarga dengan lobak dan sayuran berakar lainnya. Kandungan gizinya yang melimpah membuat pangan satu ini tergolong sebagai superfood.

-->

Mengonsumsi buah bit dapat dilakukan dalam keadaan mentah maupun setelah diolah. Beberapa variasi pengolahan bit ini diantaranya dengan cara dijadikan jus, dijadikan acar, dikukus, dipanggang, direbus, atau sarinya dibuat sebagai bahan pewarna. Bit juga menjadi menu makan sehat jika disajikan sebagai topping toast. Dijamin keseharianmu akan lebih berenergi.

Selain sebagai pangan, tak jarang juga kita menemukan buah bit digunakan sebagai bahan pewarna. Warnanya yang pekat berasal dari kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning). Perpaduan kedua warna itu menjadikan warnanya menjadi merah keunguan.

2. Mampu menurunkan tekanan darah

2. Mampu menurunkan tekanan darah
freepik

Hasil penelitian Barts and London School of Medicine dan Peninsula Medical School mengatakan bahwa buah bit mampu menurunkan hipertensi. Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah berada di atas 130/80 mmHg. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berlangsung parah hingga mengundang penyakit lain yang serius.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah adalah dari asupan makan. Misalnya dengan mengonsumsi bit, didalamnya terkandung nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Menurut penelitian, manfaat beetroot yang satu ini diperoleh dari pigmen merah betalain dan antioksidan di dalam buah bit. Maka,

Untuk menurunkan tekanan darah, Sedulur bisa mengonsumsi beetroot dengan cara dimakan langsung atau dibuat menjadi jus. Pasalnya, mengonsumsi bit ini terbilang ampun menurunkan tekanan darah meski hanya sedikit. Ketika Sedulur rutin mengonsumsi buah bit, manfaat yang didapat tidak hanya mencegah hipertensi, namun sekaligus memelihara kesehatan jantung.

BACA JUGA: Fakta Seputar Buah Bidara; Segudang Manfaat dan Kadungan Nutrisi!

3. Mengontrol kadar gula darah

3. Mengontrol kadar gula darah
freepik

Kadar gula yang tidak terkontrol pada umumnya disebabkan oleh asupan makan dan pola hidup yang juga tidak teratur. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis merupakan salah satu penyebab gula darah tidak terkendali. Beberapa makanan menjadi andalan untuk menekan risiko diabetes. Salah satunya adalah makanan yang mengandung antioksidan.

Melihat gambar buah beetroot, Sedulur tentu melihat warnanya yang merah keunguan. Tahukah Sedulur bahwa makanan dengan warna serupa seringkali memiliki kadar antioksidan yang tinggi? Nah, pada buah bit ini, terdapat kandungan antioksidan asam alpha-lipoic yang dipercaya mampu menghambat kerusakan sel serta memperbaiki saraf yang rusak pada tubuh.

Khasiatnya tersebut menjadi sebuah pertolongan tersendiri bagi para penderita diabetes. Dengan mengonsumsi buah bit, luka sulit sembuh pada penderita diabetes bisa menjadi lebih teratasi. Adapun senyawa kimia yang ia miliki juga dapat mengendalikan kadar glukosa dan insulin dalam tubuh manusia.

4. Meningkatkan stamina

 

4. Meningkatkan stamina
pexels

Nitrat yang terkandung dalam buah bit telah terbukti dapat membantu sel-sel dalam tubuh memproduksi energi dengan lebih baik. Hasil itu didukung oleh penelitian dari University Exter di Inggris yang menyatakan bahwa minum jus buah bit dapat meningkatkan stamina hingga 16%. Performa yang meningkat dapat membuat pekerjaan dilakukan dengan lebih produktif.

Karena hal itu pula, Sedulur tidak perlu heran apabila banyak atlet yang memilih untuk mengonsumsi buah ini. Selain meningkatkan performa tubuh, buah bit juga bisa membantu mengurangi pembakaran oksigen pada saat olahraga. Hal itu ampuh untuk membuat rasa lelah berkurang.

Khasiat ini bisa didapatkan dengan maksimal apabila Sedulur rajin dan rutin mengonsumsi buah bit. Studi terkait hal ini menyatakan bahwa mengonsumsi buat bit secara rutin akan meningkatkan tenaga seseorang menjadi 2,8% lebih banyak. Jadi, Sedulur hitung sendiri ya 16% stamina ditambah 2,8% lagi karena rutin.

BACA JUGA: 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

5. Mengatasi peradangan dalam tubuh

5. Beetroot dapat mengatasi peradangan
freepik

Peradangan dalam tubuh kerap terjadi akibat respons dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit atau cedera. Singkatnya, hal ini terjadi sebagai bentuk pertahanan tubuh dari benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Namun, Sedulur juga tetap harus berhati-hati karena apabila dibiarkan, peradangan ini nantinya bisa menyebabkan kerusakan pada  jaringan tubuh.

Untuk mencegah hal itu agar tidak terjadi, Sedulur bisa memilih buah beetroot sebagai asupan nutrisi. Kandungan buah bit yang bermacam-macam ini mempunyai manfaat untuk mengatasi peradangan dan mencegah kerusakan pada jaringan tubuh. Untuk hasil yang maksimal, peliharalah tubuh dengan diimbangi olahraga dan pola hidup yang sehat juga.

6. Menekan masalah pencernaan

6. Menekan masalah pencernaan
pexels

Beetroot merupakan umbi-umbian yang kaya akan serat. Dalam 100 gram bit yang masih mentah saja, tersedia 2,8 gram serat. Kemudian apa sih fungsinya serat ini? Dalam tubuh, kebutuhan yang mampu membantu makanan hingga bergerak dengan lancar adalah serat ini. Nantinya, serat bekerja melunakkan feses sehingga buang air menjadi lebih lancar dan teratur.

Selain itu, bit merah juga mengandung vitamin B-9 atau folat. Kandungan folat yang cukup di dalam tubuh akan menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Folat ini juga dapat membantu pertumbuhan sel baru sehingga perbaikan jaringan di dalam tubuh bisa berlangsung lebih mudah. Begitu pula dalam jaringan pencernaan.

Sekarang, bagaimana ya apabila tubuh kita kekurangan serat? Hal pertama yang akan dirasakan adalah feses yang keras. Hal ini membuat proses buang air menjadi menyakitkan dan lama. Kandungan serat dalam tubuh juga membantu melindungi tubuh dari penyakit pencernaan seperti infeksi usus, wasir, hingga penyakit asam lambung.

7. Rendah kalori

7. Beetroot rendah kalori
pexels

Berbicara mengenai kalori, sudah tidak akan salah lagi salah satu pemburu informasinya adalah orang yang sedang diet. Jika Sedulur juga demikian, tentu benar bahwa beetroot ini bisa menjadi asupan yang tepat. Bisa dibilang, ini merupakan paket lengkap karena melibatkan nutrisi yang lengkap, kalori rendah, serta penambah energi sehingga bisa terhindar dari lemas.

Jika dijabarkan lebih jauh, dalam 100 gram bit hanya terdapat 43 kalori. Kandungan lainnya adalah 88% air, 1.6 gram protein, 9.6 gram karbohidrat, 6.8 gram gula, 2.8 gram serat, dan 0.2 gram lemak.

Kalori yang rendah sebenarnya tidak hanya baik untuk diet. Bagi kesehatan, mengonsumsi makanan rendah kalori mampu menurunkan risiko diabetes, hipertensi dan kolesterol tinggi. Namun, jangan lupa untuk tetap mengimbanginya dengan asupan dari makanan lain ya, Sedulur. Pastikan agar nutrisi yang masuk ke tubuh tetap seimbang agar badan tetap sehat.

BACA JUGA: 9 Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Otak Hingga Jantung

8. Mengandung banyak antioksidan

8. Mengandung banyak antioksidan
freepik

Antioksidan adalah senyawa yang berperan melawan radikal bebas. Dalam keadaan normal, radikal bebas berfungsi untuk melindungi jaringan tubuh yang sehat dari kerusakan. Tetapi, radikal bebas ini akan menjadi ancaman apabila jumlahnya berlebihan. Ia akan merapuhkan keseimbangan mekanisme yang tengah bekerja dalam tubuh manusia.

Selain itu, antioksidan terutama dalam beetroot ini bisa mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat merusak sel-sel baik dalam tubuh. Untuk mendapatkan antioksidan selain melalui bit, Sedulur juga bisa memperolehnya pada asupan yang bervitamin. Misalnya vitamin C, vitamin E, dan karotenoid yang banyak terdapat pada sayur-sayuran.

Antioksidan juga melindungi tubuh dari penyakit berbahaya, seperti jantung, kanker, diabetes, dan alzheimer. Penyakit yang satu ini banyak disebabkan oleh pengaruh radikal bebas. Sebagai penetralisir, antioksidan dapat mencegah penyakit tersebut . Sebagai tips, manfaat antioksidan lebih terasa jika mengonsumsi makanan secara langsung atau bukan dalam bentuk suplemen.

Demikian sejumlah manfaat dan fakta menarik seputar beetroot. Umbi-umbian ini cukup banyak tersedia di Indonesia. Untuk memilih bit dengan kualitas yang baik, pastikan untuk memilih yang berwarna cerah, merah keunguan, keras, dan tidak memar atau lunak. Hindari bit yang akarnya berambut.

Hal di atas menandakan buah bit sudah tua dan keras. Jika Sedulur ingin membeli buah-buahan yang berkualitas baik. Sedulur bisa cek di Aplikasi Super. Tersedia buah dan sayur dengan kualitas terbaik yang bisa Sedulur konsumsi. Bagi yang belum memiliki aplikasinya, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu.