rib ayam goreng

Jika Sedulur gemar memesan dan makan ayam siap saji, pasti tidak asing dengan istilah thigh dan rib ayam. Keduanya merupakan bagian dalam ayam yang memiliki kenikmatan yang sama, namun dengan bentuk yang berbeda. Ada berbagai cara untuk mengolah bagian pada ayam tersebut, di antaranya adalah dengan digoreng tepung, dijadikan gulai, sampai dijadikan opor ayam yang tentunya lezat untuk dikonsumsi.

Selain harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan daging, ayam juga bisa membantu memenuhi nutrisi dan protein dalam tubuh. Bagian dalam tubuh ayam mudah digunakan untuk berbagai hidangan. Lalu, apa saja nama bagian dalam ayam tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

BACA JUGA: Ciri Ayam Pakhoy Petarung Handal Berkualitas Tinggi

Arti Rib Ayam McD

rib ayam
Beautynesia

Rib ayam mcd artinya adalah irisan tulang pada dada ayam. Sedangkan, thigh ayam mcd artinya adalah paha kaki ayam. Keduanya merupakan hasil potongan pada ayam utuh dan banyak disukai oleh orang. Dengan porsi yang pas, harga dari ayamnya juga terbilang terjangkau.

-->

Dua bagian pada ayam ini juga sering menjadi incaran para pembeli karena enak dan cepat untuk disajikan. Bagian paha kaki ayam hanyalah satu di antara tiga potongan bagian paha ayam. Bagian paha ayam yang lainnya disebut dengan leg (paha utuh) dan juga drumstick (paha bawah). Maka dari itu, jangan kebingungan lagi ketika memesan menu pada mcd ya, Sedulur. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai bagian ayam lainnya yang bisa Sedulur ketahui.

BACA JUGA: Resep Bumbu Semur Ayam yang Kental, Nikmat dan Praktis

1. Roasted Full Chicken (Ayam Utuh)

Tempo

Roasted Chicken merupakan nama lain dari ayam utuh yang biasanya disajikan oleh banyak restoran berkelas. Biasanya, sajian ini diperuntukkan untuk Sedulur yang datang dan menyantap hidangan bersama teman atau keluarga. Sehingga, masing-masing bisa mengambil bagian dari ayam sesuai selera. Selain dapat ditemui di restoran, Sedulur juga dapat memesannya untuk hidangan pesta bersama orang terdekat. Ayam utuh memiliki berbagai komponen dalam ayam, tak terkecuali dengan rib dan thigh ayam. 

Ayam utuh yang masih mentah disebut juga dengan ayam karkas, yang merupakan daging ayam utuh tanpa adanya ceker dan juga kepala. Selain itu, bagian bulu dan juga jerohannya juga sudah dibersihkan. Sehingga, Sedulur hanya perlu mencuci dan mengolahnya saja. Ayam karkas banyak ditemui di berbagai pasar tradisional maupun modern. Meskipun terlihat sudah dibersihkan, Sedulur perlu untuk membersihkannya ulang karena tak jarang terdapat bulu halus yang masih menempel pada bagian ayamnya. Pengolahan roasted full chicken cukup beragam dan mudah untuk dipraktekkan, di antaranya adalah dibakar, bumbu kecap pedas manis, dan bermacam sajian lainnya.

2. Keel (Dada Mentok)

rib ayam goreng
Eatbook

Sebelum rib ayam, salah satu potongan dari ayam adalah dada mentok atau keel. Bagian tubuh ini punya tekstur daging yang lebih banyak dari bagian lainnya. Sehingga, Sedulur bisa memesan bagian ayam ini jika menyukai bagian yang memiliki daging yang banyak. Dada ayam mentok merupakan bagian dari potongan dada dan sayap ayam. Cara pengolahan yang bisa dilakukan adalah digoreng, dijadikan ayam bacem, maupun sebagai bahan utama soto ayam.

BACA JUGA: Resep Ayam Betutu Asli Khas Bali Pedas Berempah

3. Drumstick (Paha)

rib ayam
Haibunda

Setelah mengetahui arti rib ayam mcd dalam menunya, bagian ayam yang juga menjadi salah satu menu di restoran cepat saji tersebut adalah drumstick atau paha. Tekstur daging yang mudah dikunyah, tidak membuat seret, serta dagingnya yang lembut dan bumbu yang mudah meresap membuat bagian ini menjadi favorit banyak orang. Bagian dari ayam ini adalah yang paling familiar karena bentuknya yang berbeda dari lainnya. Olahan drumstick yang populer di kalangan masyarakat adalah kentucky.

4. Chicken Thigh (Paha)

fried chicken terenak dimana
Orami

Meskipun sama-sama bagian paha, namun chicken thigh berbeda dengan drumstick. Bentuk dari bagian ayam ini lebar dan diambil dari kaki paha bagian atas. Tekstur dari chicken thigh lebih lembut, juicy, jumlah daging yang lebih sedikit daripada drumstick, dan juga agak licin. Ukurannya lebih besar dari drumstick dan rib ayam dikarenakan bagian kaki paha atasnya tidak dipotong. Ini merupakan gabungan dari bagian paha bawah dan paha atas. Biasanya, chicken thigh banyak diolah menjadi ayam kentucky atau bumbu kuning ungkep.

BACA JUGA: Resep Bistik Ayam Ala Restoran yang Empuk & Harum

5. Chicken Wings (Sayap Ayam)

rib ayam goreng
Delish

Bagian ayam yang juga banyak diminati oleh masyarakat adalah sayap ayam atau chicken wings. Jika rib ayam adalah irisan tulang pada dada ayam, chicken wings terletak di dekat dada ayam, yaitu bagian sayapnya. Pada bagian sayap yang utuh, biasanya tidak terdapat banyak daging.

Meskipun begitu, bagian ini tetap lezat untuk dikonsumsi. Apalagi jika digoreng dengan tepung krispi sehingga teksturnya menjadi renyah dan disajikan bersama saus khas restoran siap saji. Pasti rasa yang didapatkan enak dan lezat. Selain digoreng, sayap ayam juga cocok untuk diolah dengan bumbu pedas (spicy chicken wings) ataupun manis seperti honey chicken wings.

6. Chicken Giblets

rib ayam goreng
Pinterest

Disamping rib ayam yang menjadi favorit, bagian jeroan ayam seperti usus dan ati ampela juga banyak dicari oleh masyarakat. Jeroan ayam atau disebut juga dengan chicken giblets bisa disajikan dengan cara digoreng, dijadikan menu pendamping bubur ayam atau soto, ataupun di bumbu pedas. Tak hanya itu, chicken giblets juga menjadi menu populer di angkringan dan dijadikan sebagai sate seperti sate usus atau sate ati ayam.

7. Chicken skin (kulit ayam)

rib ayam goreng
Slurp

Tidak hanya bagian seperti chicken wings atau rib ayam saja yang digemari oleh mansyarakat. Kulit ayam juga tak kalah populer dibandingkan yang lainnya, lho. Dengan teksturnya yang kenyal serta rasanya yang unik, kulit ayam diminati oleh banyak orang. Olahan dari kulit ayam atau chicken skin biasanya digoreng dengan tepung bumbu dan ditambahi dengan rasa asin atau pedas. Kerenyahan dan rasa gurih dari kulit ayam membuat makan menjadi lebih nikmat.

Selain berbagai bagian ayam di atas, ada pula bagian lainnya seperti ceker atau chicken feet dan juga kepala ayam yang sama-sama tidak memiliki banyak daging namun tetap lezat untuk dinikmati. Biasanya, kepala ayam dan lehernya dijual terpisah dan bisa dinikmati dengan berbagai olahan seperti dimakan bersama sambal bawang atau digoreng garing. 

Demikianlah penjelasan dari rib drumstick artinya apa dan berbagai bagian lainnya. Semoga bisa menambah wawasan Sedulur dan Sedulur tidak lagi bingung dengan artinya ketika memesannya di restoran siap saji. Semoga bermanfaat!

Bumbu untuk mengolah sajian rib ayam dan bagian ayam lainnya bisa Sedulur dapatkan dengan mudah melalui Aplikasi Super. Selain itu, ada berbagai kebutuhan pokok yang bisa Sedulur pilih untuk melengkapi kebutuhan dapur. Segera download, yuk!