manfaat kulit manggis

Sedulur pasti ingat dengan iklan yang pernah ramai di layar kaca tentang obat herbal dari ekstrak kulit manggis yang ampuh melawan segala macam penyakit. Manggis (Garcinia Mangostana) merupakan salah satu buah yang memang dikenal kaya akan nutrisi bermanfaat bagi tubuh. Tak hanya buahnya, ada pula manfaat kulit manggis untuk kesehatan.

Jika Sedulur penasaran apa manfaat kulit manggis dan bagaimana cara mendapatkan manfaat tersebut, simak dan cermati ulasan berikut!

BACA JUGA: Manfaat Buah Bidara & Kandungan Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Photo by Tirachard Kumtanom from Pexels

Tahukah Sedulur bahwa kulit manggis mengandung vitamin C yang cukup tinggi? Sebagaimana Sedulur ketahui, vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kulit manggis dapat membuat sistem kekebalan tubuh lebih aktif meregenerasi sel saat bertemu dengan infeksi. Selain itu, vitamin C dalam kulit manggis juga dapat membantu daya tahan tubuh sehingga tak mudah sakit.

-->

2. Mencegah sembelit

Photo by cottonbro from Pexels

Salah satu keuntungan dari konsumsi kulit buah-buahan seperti kulit manggis, adalah kandungan seratnya yang cenderung tinggi. Kulit manggis sendiri dikenal kaya akan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dalam kulit manggis ini mampu memperbanyak massa tinja dan membuatnya menjadi lebih lunak karena serat ini menyerap air dari luar usus besar. Akibatnya, tinja mudah dikeluarkan dan Sedulur terhindar dari sembelit.

Selain kulit manggis, manfaat ini juga bisa Sedulur dapatkan dari sayuran hijau maupun buah kaya serat lainnya. Konsumsi serat sangat penting untuk menjaga kesehatan usus dan mencegah perut kembung.

BACA JUGA: 12 Manfaat Kumis Kucing, Daun Herbal yang Kaya Akan Manfaat

3. Menangkal radikal bebas

Photo by Angela Roma from Pexels

Jika Sedulur ingat, salah satu klaim manfaat garcia kulit manggis adalah menangkal radikal bebas. Hal ini tak mengherankan mengingat kulit manggis memang merupakan sumber antioksidan yang tinggi.

Menurut Journal of Food Science and Technology, kulit manggis adalah sumber penting antioksidan fenolik alami. Selain fenolik, terdapat pula senyawa bioaktif flavonoid yang juga merupakan antioksidan penting bagi tubuh. Karena itu, konsumsi kulit manggis secara rutin dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas.

4. Mengontrol kolesterol tubuh

Photo by Kindel Media from Pexels

Kolesterol merupakan momok bagi manusia zaman kini yang hobi makan. Ragam makanan lezat diolah dengan cara deep-fry atau goreng dengan jumlah minyak tinggi. Tak heran jika kolesterol kerap menjadi penyakit bahkan pada orang di usia muda sekalipun.

Untuk mengimbangi hal ini, ada baiknya Sedulur konsumsi ekstrak kulit manggis. Serat dalam kulit manggis mampu mengikat kolesterol jahat dan trigliserida dalam usus, mencegahnya untuk terserap ke darah dan diedarkan ke seluruh tubuh. Karena itu, kulit manggis dapat menjaga kadar kolesterol tubuh agar tak berlebihan.

BACA JUGA: 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

5. Menjaga kadar gula darah

Photo by Artem Podrez from Pexels

Penderita diabetes wajib tahu manfaat kulit manggis satu ini. Gula darah tinggi merupakan momok bagi penderita diabetes. Karenanya, mereka yang memiliki diabetes berjuang untuk mengontrol gula darah dengan berbagai macam cara. Salah satunya bisa dengan mengonsumsi kulit manggis.

Serat yang terkandung dalam kulit manggis dapat mengikat gula berlebih di usus, sama halnya dengan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Gula berlebih ini kemudian dikeluarkan oleh tubuh bersama dengan tinja sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Namun tentu saja selain konsumsi kulit manggis, Sedulur penderita diabetes juga perlu menjaga gaya hidup sehat dan pola makan sehat demi menjaga kondisi tubuhnya.

6. Menjaga kesehatan jantung

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Jantung merupakan salah satu organ terpenting pada tubuh. Organ ini bertugas untuk memompa darah yang membawa oksigen serta nutrisi penting ke seluruh bagian tubuh. Kemampuan jantung dalam memompa darah ini perlu untuk terus dijaga, karena ketika jantung tak mampu lagi memompa darah, tubuh pun akan berhenti berfungsi dan berakibat pada kematian.

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengontrol kolesterol dalam tubuh. Kolesterol atau lemak jahat dapat menyebabkan plak atau penumpukan pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah. Aterosklerosis ini sendiri merupakan penyebab dari banyak penyakit jantung seperti stroke, hipertensi, maupun serangan jantung.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan yang Disebutkan Al-Quran

7. Mencegah penyakit kanker

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Sedulur mungkin pernah sekilas mendengar tentang apa manfaat daun sirsak dan kulit manggis. Kabarnya, air rebusan kulit manggis dan daun sirsak mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kulit manggis memiliki kandungan antioksidan xanthone yang berperan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Sedangkan daun sirsak diklaim dapat mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

Melihat kedua manfaatnya di atas, maka manfaat kulit manggis dan daun sirsak yang direbus adalah sebagai obat herbal bagi penderita kanker, maupun mereka yang berisiko terkena kanker. Bahkan terdapat pula obat herbal siap minum yang memadukan kedua tumbuhan ini dan menjadi suplemen bagi penderita kanker.

8. Membantu proses detoksifikasi

manfaat kulit manggis
Photo by Vegan Liftz from Pexels

Tubuh secara otomatis memang memiliki proses detoksifikasinya sendiri, yakni dengan sistem ekskresi atau pembuangan. Akan tetapi, terkadang dibutuhkan ‘bantuan’ untuk melakukan proses detoksifikasi ini. Salah satunya adalah dengan konsumsi ekstrak kulit manggis kering.

Antioksidan dalam kulit manggis diketahui mampu melapisi mukosa usus sehingga tak bersentuhan langsung dengan racun-racun yang melewati usus besar. Hal ini menjaga agar racun tak terserap lagi oleh tubuh.

BACA JUGA: Ragam Manfaat Jinten Hitam (Habbatussauda) Melawan Penyakit

9. Menjaga kekuatan tulang

manfaat kulit manggis
Photo by Pixabay from Pexels

Tahukah Sedulur bahwa kulit manggis juga mengandung kalsium? Kalsium merupakan zat yang penting dalam menjaga kepadatan serta kekuatan tulang. Terlebih dengan bertambahnya usia, tulang akan semakin berkurang kepadatannya sehingga dibutuhkan asupan kalsium yang cukup demi mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Sedulur dapat menjaga kekuatan tulang ini dengan konsumsi suplemen kulit manggis dan berbagai makanan kaya kalsium lainnya seperti susu, sayuran hijau tua, ikan sarden, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

10. Mencegah stroke

manfaat kulit manggis
Photo by MART PRODUCTION from Pexels

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulit manggis memiliki serat dan antioksidan yang mampu mencegah terjadinya aterosklerosis atau penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Dengan kata lain, kulit manggis berperan dalam pencegahan penyakit stroke dengan melancarkan pembuluh darah.

Selain itu, antioksidan kulit manggis juga dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah yang dapat meminimalisir risiko terjadinya sumbatan.

BACA JUGA: 15+ Manfaat Daun Suji yang Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit

11. Mencegah tanda-tanda penuaan

manfaat kulit manggis
Photo by cottonbro from Pexels

Kulit manggis tak hanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh, namun juga kecantikan. Salah satu manfaat kulit manggis kering atau jus kulit manggis adalah kemampuannya dalam mendorong proses regenerasi sel sehingga mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan seperti keriput atau dark spots.

Antioksidan ini juga dapat membantu meredakan kulit yang stress dan meningkatkan kekebalan kulit secara menyeluruh. Hasilnya, kulit pun lebih sehat dan mulus.

12. Meredakan jerawat

manfaat kulit manggis
Photo by cottonbro from Pexels

Sifat antiinflamasi yang terkandung pada kulit manggis akan sangat bermanfaat bagi Sedulur yang menderita jerawat. Kulit manggis mampu meredakan peradangan pada jerawat yang mengganggu dan menyebabkan rasa sakit. Selain itu, antiinflamasi ini juga akan meredakan warna kemerahan pada jerawat.

Di samping kandungan antiinflamasi, kulit manggis juga memiliki kandungan antimikroba yang berperan bagi pencegahan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada kulit. Dengan kata lain, kulit manggis dapat membantu meredakan kulit berjerawat sekaligus mencegah kemunculan jerawat baru.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Tempuyung, Ramuan Penghancur Batu Ginjal

13. Menyehatkan mata

manfaat kulit manggis
Photo by Noelle Otto from Pexels

Salah satu vitamin yang terkandung dalam kulit manggis adalah vitamin A. Kandungan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A mampu melindungi retina, mencegah penyakit rabun gelap, sekaligus mempertajam penglihatan. Jika Sedulur bermasalah dengan penglihatan, cobalah konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti kulit manggis atau wortel.

14. Membantu membakar lemak tubuh

Manfaat kulit manggis
Photo by Towfiqu barbhuiya from Pexels

Manfaat rebusan kulit manggis satu ini digemari oleh banyak orang yang sedang menjalankan program diet. Bagaimana tidak, kulit manggis dipercaya mampu membakar lemak membandel dalam tubuh, lho. Lemak tubuh merupakan bagian penting yang memang diperlukan tubuh. Akan tetapi jika berlebihan, lemak tubuh berpotensi menyebabkan berbagai penyakit dan membuat Sedulur menderita obesitas.

Untuk menurunkan kadar lemak tubuh, Sedulur perlu melakukan defisit kalori dalam jangka waktu tertentu, dan memperbanyak aktivitas fisik tubuh. Selain itu, suplemen dengan antioksidan Xanthone seperti kulit manggis mampu membantu tubuh dalam membakar lemak-lemak berlebih tersebut.

15. Meredakan eksim

Manfaat kulit manggis
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Sedulur penderita eksim, bisa mencoba menggunakan ekstrak kulit manggis sebagai obat. Antioksidan xanthone dan antiinflamasi dalam kulit manggis mampu meredakan gangguan kulit satu ini. Sedulur dapat mengonsumsi ekstrak kulit manggis baik berupa kapsul serbuk maupun air rebusannya saja.

Melihat deretan manfaat kulit manggis di atas, tak heran jika buah satu ini banyak dimasukkan dalam obat herbal dan jamu-jamuan. Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat dari herbal satu ini, mulai dari dibuat sebagai jus, dikeringkan dan dijadikan kapsul herbal, maupun direbus dan air rebusannya diminum. Paling praktis tentu saja dengan konsumsi suplemen ekstrak kulit manggis yang banyak dipasarkan.

Selain menjaga kesehatan dengan suplemen kulit manggis, Sedulur juga perlu untuk selalu konsumsi makanan sehat. Dapatkan ragam makanan sehat berkualitas dari Aplikasi Super. Selain harganya miring, belanjanya pun sangat mudah. Sedulur tinggal klik dan barang pesanan Sedulur akan diantar sampai ke rumah. Yuk, install Aplikasi Super sekarang juga!