buah bidara

Buah bidara adalah salah satu superfood yang banyak diincar. Nama ilmiahnya Ziziphus jujuba dan dalam Bahasa  Inggris dikenal dengan nama jujube atau Chinese dates. Buah ini banyak ditemukan di kawasan Asia Selatan dengan bentuk bulat oval dan biji di tengah. Jika dilihat sekilas mirip dengan plum.

Rasa buah bidara pun dominan manis, mirip dengan apel. Buah ini sudah lama dipercaya dalam banyak pengobatan tradisional Tiongkok.  Selain enak, banyak yang penasaran tantang apa saja  manfaat buah bidara untuk kesehatan. Salah satunya, makanan segar ini bisa membantu  tidur lebih nyenyak dan lain sebagainya.

Sebelumnya, mari kita kupas tuntas tentang kandungan nutrisi buah bidara Arab dan jenis lainnya. Ia ternyata mengandung kalori, protein, karbohidrat, serat, kalium, dan vitamin C yang kadarnya cukup tinggi. Sudah terlihat mentereng, bukan? Yuk, langsung cari tahu beberapa khasiat dari ajaib berikut. 

BACA JUGA: 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

-->

Fakta buah bidara 

  • Banyak ditemukan di India dan Tiongkok. Buah bidara di Tiongkok bercitarasa lebih manis, sementara asli India agak lebih asam
  • Ada beberapa spesies buah bidara yang hidup di dunia, termasuk salah satunya yang liar dan tidak bisa dibudidayakan 
  • Buah ini bisa langsung dikonsumsi maupun dengan melalui proses pengolahan, seperti dikeringkan, dipanggang, direbus, atau dimasukan sebagai campuran makanan dan minuman. Beberapa juga mengolahnya dengan merendam buah ini dalam madu sehingga rasanya lebih manis 
  • Buah bidara tumbuh subur di daerah yang beriklim panas dan kering. Ia tidak bisa hidup di tempat yang suhunya lebih rendah dari 10 ˚Celcius. Itulah mengapa, ia tidak ditemukan di Indonesia yang tropis dan tingkat kelembabannya tinggi 
  • Pohon bidara tumbuh di tempat yang berpasir dan berkerikil, tanahnya kering, dan terkena matahari langsung. Mirip banget dengan kurma. Pohonnya cukup besar dan tinggi mencapai 4-40 kaki 
  • Ia biasa dipanen di musim semi dan musim panas 
  • Buah yang mentah kulitnya akan licin dan mulus, semakin matang kulitnya akan berkerut dan membuatnya mirip dengan kurma 

1. Kaya antioksidan dan bisa jadi agen antikanker 

manfaat buah bidara
unsplash.com

Selain penasaran dengan apa rasa buah bidara yang ternyata manis, buah ini ternyata bisa jadi agen antikanker. Jenis antioksidan dalam buah ini adalah flavonoid, polisakarida, dan vitamin C. Dengan kandungan ini, ia sudah jelas bisa membantu mencegah radikal bebas dan kerusakan sel. Kedua hal itu adalah sumber beberapa penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan kanker. 

2. Bisa membuat tidur lebih nyenyak dan meredakan stres

rasa buah bidara
unsplash.com

Studi dari Jian Guo Jiang, dkk. misalnya menemukan bahwa ekstrak buah bidara bisa jadi alternatif obat tidur alami yang aman dari efek samping. Ini karena efek sedatif dari flavonoid, saponin, dan polisakarida dalam jus buah bidara ternyata mampu membuat seseorang rileks dan nyaman.

Berbeda dengan obat tidur yang bisa membuat orang sampai kehilangan kesadaran dan pusing keesokan harinya, buah bidara justru membuat kualitas tidur lebih baik sehingga saat bangun tubuh terasa segar dan bugar. Ini juga berarti bidara mampu meredakan stres dan mengurangi rasa cemas berlebih. Sudah banyak praktisi kesehatan yang menyarankan bidara untuk terapi manajemen stres dan gangguan kecemasan. 

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Shampo Untuk Rambut Kering Sehat Kembali

3. Melembutkan kulit 

buah bidara arab
unsplash.com

Bidara Arab kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain menggunakan skincare, menutrisi kulit dari dalam pun bisa Sedulur lakukan dengan mengonsumsi buah bidara ini. Vitamin C sangat baik, bahkan serumnya dijual untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan bahkan mampu mendorong produksi kolagen. Kolagen berfungsi untuk menjaga kelembapan serta elastisitas kulit dan sayangnya jumlahnya bakal terus berkurang seiring pertambahan usia. 

4. Meningkatkan imunitas tubuh 

khasiat bidara
unsplash.com

Manfaat buah bidara ini ditemukan lewat penelitian Seyed Hossein Hoseinifar, dkk. Mereka menemukan bahwa bidara berdampak positif pada performa mucosal immunity. Mucosal immunity adalah sistem imunitas tubuh yang terdapat pada membran mukosa yang terdapat pada lubang hidung, bibir, telinga, dan kelopak mata. Sistem ini membantu mencegah infeksi virus dan penyakit yang bisa masuk lewat lubang tubuh manusia, seperti makanan, senyawa di udara, mikroorganisme dari benda-benda yang ada di sekitar kita dan lain sebagainya. 

5. Melancarkan pencernaan 

bidara superfood
unsplash.com

Sama seperti kurma, serat bidara bisa membantu melancarkan pencernaan manusia. Studi dari Luoyang Wang, dkk  menemukan bahwa ekstrak buah bidara bisa membantu meningkatkan efisiensi kinerja usus besar, bahkan melawan kanker di organ tersebut. Studi tersebut menemukan bahwa ekstrak bidara menunjukan fungsi anti tumor dan turut membantu perkembangan bakteri baik di usus.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan yang Disebutkan Al-Quran

6. Menyembuhkan luka 

bidara dan manfaatnya
unsplash.com

Selain buahnya, daun bidara juga banyak dipercaya kaya akan khasiat. Mengutip studi yang dilakukan Li Zhang, dkk. daun ini sering dipakai untuk terapi penyembuhan luka. Ini karena di dalam daunnya pun terdapat kandungan flavonoid. Benar-benar sangat kaya nutrisi dan manfaat buah ini. 

7. Meningkatkan kepadatan tulang

bidara untuk tulang
unsplash.com

Buah bidara yang dikeringkan kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk kepadatan tulang manusia. Sangat disarankan untuk penderita radang sendi dan efek inflamasinya baik untuk meredakan rasa sakit dan bengkak yang sering melanda para pengidapnya. Sedulur yang memiliki masalah pada tulang dan sendi bisa menjadikan bidara sebagai salah satu ikhtiar untuk meredakan penyakit yang kadang kambuh tersebut. 

BACA JUGA: 15+ Manfaat Singkong untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

8. Melancarkan peredaran darah

bidara untuk darah
unsplash.com

Bidara kaya akan mineral seperti kalium dan zat besi, sehingga baik untuk membantu peredaran darah dan produksi hemoglobin. Peredaran darah yang lancar bisa mendukung kesehatan jantung. Perlu dicoba, nih Sedulur. 

Kemungkinan efek samping

Sebenarnya secara umum bidara tidak memiliki efek samping karena masuk dalam makanan yang alami dan tidak melalui proses pengolahan yang berlebihan. Namun disarankan untuk tidak dikonsumsi bila Sedulur mengonsumsi obat tertentu seperti obat anti depresi atau pereda kejang. Untuk itu, jika Sedulur memiliki kondisi medis tertentu dan harus meminum obat secara rutin, konsultasikan kompatibilitasnya dengan buah bidara ini.  

Apa saja manfaat dari buah bidara sudah dibahas tuntas. Meski disebut superfood karena khasiatnya yang beragam dan sudah terbukti secara ilmiah, Sedulur tetap harus melakukan upaya lainnya seperti olahraga teratur, minum air putih yang banyak, dan istirahat yang cukup. Seyogyanya, sehat tidak hanya karena satu faktor penentu, tetapi konsistensi kita dalam melakukan upaya-upaya lain. 

Tentunya selain bidara, Sedulur tetap perlu kebutuhan harian lain. Daripada panas-panasan di pasar, manfaatkan Aplikasi Super untuk belanja sembako dan bahan makanan lain yang bisa menunjang kesehatan. Kamu tinggal duduk manis di rumah dan menunggu pesananmu di antar sampai depan pintu.