Jintan hitam atau habbatussauda memiliki segudang khasiat untuk melawan penyakit, beberapa manfaat jintan hitam sangat efektif untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tetap bugar dan mampu melawan penyakit. Nama latin dari jintan hitam adalah Nigella sativa, yang berasal dari Asia Barat dan Asia Selatan.

Sejak dari lama, jintan hitam digunakan sebagai bumbu penyedap, pengawt dan juga obat alami. Aroma khas yang dihasilkan adalah pahit-pedas, dapat membuat makanan memiliki khas. Selain itu, terdapat beberapa manfaat jintan hitam yang sangat penting untuk tubuh. Kira-kira apa saja manfaat tersebut? Yuk, langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Tempuyung, Ramuan Penghancur Batu Ginjal

1. Menurunkan tekanan darah

1. Manfaat jintan hitam untuk menurunkan tekanan darah
pexels

Manfaat jintan hitam yang pertama yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Sedulur bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengkonsumsi pil ekstrak habbatussauda setiap hari selama dua bulan secara konsisten. Bagi para penderita hipertensi, tekanan darah akan menurun secara perlahan.

-->

Jika Sedulur, terutama wanita, memiliki penyakit hipertensi dengan disertai penyakit komplikasi hal ini dapat beresiko terhadap kesehatan kita. Untuk mencegah hal tersebut, maka manfaat jintan hitam untuk wanita sangat penting sebagai antisipasi. Tekanan darah tinggi umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang sehat dan seimbang, juga beban pikiran yang terlalu berat, sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

2. Melawan kanker

2. Melawan kanker
pexels

Jintan hitam manfaat selanjutnya adalah dapat secara efektif untuk melawan kanker. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan etanol yang terdapat dalam jintan hitam. Antioksidan etanol dapat menghambat penyebaran sel kanker dan dapat membuat sel kanker tidak menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh lainnya.

Beberapa jenis kanker, seperti kanker pankreas, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker prostat, kanker kulit dan kanker usus besar dapat dilawan secara efektif oleh kanduangan yang terdapat pada jintan hitam. Namun, lagi-lagi harus dengan pengawasan dokter dan ahli secara ketat.

Pemberian dan cara mengkonsumsi jintan hitam pun harus dengan rekomendasi dokter. Karena, dokter dan para ahli mengatahui takaran yang tepat dari jintan hitam untuk kebutuhan tubuh kita. Jika tidak, kita bisa terkena efek samping dari mengkonsumsi jintan hitam secara sembarangan.

3. Dapat menurunkan kolesterol

3. Manfaat jintan hitam dapat menurunkan kolesterol
freepik

Habbatussauda juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang dalam tubuh kita. Berdasarkan penelitian dan berbagai uji coba ilmiah yang telah dilakukan, setiap orang yang mengkonsumsi habbatussauda dengan dosis 100-200 mg setiap harinya, dapat menunrunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, hal ini tentu saja perlu dipastikan dengan pengawasan dokter secara langsung.

Sedulur bisa mendapatkan manfaat dari habbatussauda ini dengan mengkonsumsi secara rutin. Bisa mengkonsumsi secara langsung dengan meminum pil, atau mencampurkannya dengan berbagai kandungan seperti madu, teh atau lemon. Salah satu manfaat jintan hitam dan madu, dapat terhindar dari kolesterol jahat dan berbagai ancaman untuk tubuh lainnya.

Baca Juga: 15+ Manfaat Daun Suji yang Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit

4. Menurunkan risiko diabetes

4. Menurunkan risiko diabetes
freepik

Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes. Hal tersebut disebabkan dalam jintan hitam terkandung Thymoquinone (TQ) yang merupakan senyawa aktif yang dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes. Selain itu, saat jintan hitam dicampurkan dengan rempah herbal yang mengandung myrrh, gum olybanum, dan gum asafoetida, hal tersebut dapat secara efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Namun, tentu saja perihal dua manfaat tersebut harus mendapatkan pengawasan secara langsung dari dokter dan ahli gizi dan nutrisi. Karena, jika tidak dalam pengawasan yang tepat, kita bisa saja terkena efek samping jintan hitam. Bukannya dapat memberikan manfaat untuk tubuh, tapi malah sebaliknya, yaitu membahayakan tubuh.

5. Membunuh bakteri yang berbahaya

5. Manfaat jintan hitam mampu membunuh bakteri yang berbahaya
freepik

Jintan hitam juga dapat secara efektif membunuh bakteri berbahaya yang mengancam tubuh kita. Terutama bakteri yang disebabkan oleh infeksi, seperti infeksi telinga hingga infeksi pneumonia. Hal tersebut disebabkan oleh sifat antibakteri yang terdapat pada jintan hitam. Sifat antibakteri tersebut dapat melawan strain bakteri tertentu yang terdapat dalam tubuh.

Selain itu, terdapat juga manfaat jintan hitam untuk lambung. Yang dapat membuat kinerja lambung dan organ dalam tubuh tetap optimal. Ada juga manfaat jintan hitam untuk kejantanan pria, yang dapat meningkatkan vitalitas dan kualitas sperma. Oleh karena itu, wajar belaka jika jintan hitam dikenal sebagai obat untuk segala penyakit. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai manfaatnya untuk menyehatkan tubuh.

6. Mengurangi peradangan

6. Mengurangi peradangan
alodokter

Peradangan merupakan reaksi normal dari tubuh yang muncul untuk melindungi tubuh itu sendiri. Respon yang muncul biasanya seperti memar dan cedera, terutama pada bagian kulit dan bagian tubuh bagian luar. Untuk mencegah peradangan, Sedulur bisa memanfaatkan jintan hitam. Termasuk juga jika Sedulur mengalami masalah peradangan pada wajah.

Terdapat manfaat jintan hitam untuk wajah, yang bisa menyehatkan, melembutkan dan menyegarkan wajah. Namun, peradangan tidak hanya terjadi pada kulit dan bagian luar tubuh saja. Jika peradangan kronis terjadi, hal tersebut dapat berkontribusi untuk menimbulkan berbagai penyakit berbahaya di dalam tubuh. Seperti penyakit diabetes, kanker, hingga penyakit jantung.

Untuk mencegah hal tersebut, Sedulur bisa secara konsisten dan perlahan mengkonsumsi jintan hitam. Saat ini, tersedia berbagai pil jintan hitam yang bisa Sedulur konsumsi dengan mudah. Konsumsi dua pil dalam sehari sangat cukup untuk berkontribusi menyehatkan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga: Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

7. Menjaga fungsi hati

7. Menjaga fungsi hati
freepik

Manfaat jintan hitam habbatussauda yang terakhir adalah dapat melindungi fungsi hati. Seperti yang kita ketahui, hati merupakan organ dalam tubuh yang memegang peran penting untuk mengeluarkan racun yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Jika fungsi hati terganggu, racun-racun akan menyebar ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Jintan hitam dipercara dapat melindungi hati dari kerusakan, begitu pun fungsi ginjal bisa dijaga agar tetap optimal. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan dari jintan hitam dan juga kemampuan jintan hitam dalam mengurangi peradangan dan stress oksidatif.

Bukan hanya itu, jintan hitam juga dapat secara efektif mengurangi toksisitas bahan kimia yang dapat membuat hati dan ginjal kita bekerja berat sehingga mengalami gangguan. Dampaknya, tubuh kita akan secara perlahan melemah dan terserang penyakit dengan mudah. Oleh karena itu, mengkonsumsi jintan hitam adalah solusi agar tubuh tetap sehat.

Sekian penjelasan terkait segudang manfaat jintan hitam, semoga bisa menambah wawasan Sedulur terkait berbagai kandungan bermanfaat dari bahan dan bumbu dapur yang kita temui setiap hari. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan bahan-bahan makanan yang berkualitas dan bergizi, agar tubuh bisa tetap sehat dan produktif setiap harinya.

Sedulur bisa membeli pasokan makanan berkualitas dan bergizi dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan makanan dengan lengkap, kualitas terbaik dan harga super murah. Jika tidak percaya, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakannya langsung sekarang juga.