manfaat daun suji

Daun suji sudah terkenal dapat digunakan sebagai campuran olahan makanan seperti kue tradisional  khas Jawa yaitu klepon, dadar gulung, atau krep gulung isi kelapa yang berwarna hijau. Namun, di luar kegunaan daun suji sebagai campuran olahan makanan dan minuman, ternyata banyak sekali manfaat daun suji untuk keperluan kesehatan seperti pengobatan berbagai macam penyakit.

Dalam kandungan daun suji terdapat beberapa senyawa penting bioaktif yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa bioktif yang terkandung dalam dalam daun suji antara lain alkaloid, flavonoid, tannin, terpenoid, saponin, polifenol dan glukosa. Tidak hanya itu, daun suji juga mengandung vitamin C di dalamnya membuat manfaat daun suji untuk kesehatan semakin beragam. Segudang manfaat daun suji ini tentu mendorong para peneliti melakukan penelitian lebih jauh mengenai khasiat yang diberikan.

Daun suji atau Dracaena angustifolia adalah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil. Tanaman ini memiliki ciri berwarna hijau gelap, berbentuk pita memanjang, runcing dan bunganya berwarna putih kekuningan. Di Jawa Barat, daun suji banyak digunakan untuk mengobati batuk, asma, dan gangguan paru-paru. Wilayah Asia Timur yang meliputii Jepang, Korea Selatan hingga China, manfaat daun suji sudah digunakan untuk pengobatan tradisional sebagai sumber tonikum dan mengatasi leukemia.

Mengenai manfaat dan efek samping daun suji sebagai obat dari berbagai macam penyakit,  berikut penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA :Fakta Darah Haid Hitam dan Artinya Bagi Kesehatan Perempuan

1. Mengatasi masalah pernapasan

manfaat daun suji
alodokter

Manfaat daun suji pertama yang sedulur wajib tahu adalah, sebagai obat mengatasi permasalahan pernapasan. Banyak sekali penyakit yang bisa menyerang organ pernapasan seperti tenggorokan sakit, sariawan, radang tenggorokan hingga masalah sariawan.

Nah, daun suji dapat digunakan untuk menjadi salah satu obat herbal luar biasa yang dapat digunakan untuk mengimbangi penggunaan obat kimia secara berlebihan. Cara penggunaan daun suji cukup mudah. Pertama, dengan cara merebus daun suji terlebih dahulu, selanjutnya saring air rebusan daun suji, lalu minum saat hangat. Manfaat daun suji bisa untuk penyakit  paru-paru, mengobati asma, hingga penyakit TBC atau tuberculossis.

2. Menurunkan kadar kolestrol

manfaat daun suji
dream

Selanjutnya, manfaat daun suji berguna untuk menurunkan kadar kolesterol. Persoalan semacam ini biasanya sering dihadapi oleh mereka yang mempunyai pola makan dan pola hidup yang tidak terkontrol sehingga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit serius seperti jantung, diabetes, hingga penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sebuah penelitian menyebutkan, ekstrak daun suji juga bisa menyembuhkan secara bertahap penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sedulur juga akan terlindungi dari penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan lain sebagainya.

3. Menaikan berat badan

manfaat daun suji
 klikdokter

Masalah berat badan tak hanya upaya untuk mengurangi, tapi ada juga orang-orang yang berjuang menaikkan berat badan. Meski jarang terjadi, namun bukan berarti tidak ada solusi yang tepat dalam mengatasi persoalan tersebut.

Bagi sedulur yang mengalami masalah mengenai berat badan, bisa mengambil manfaat daun suji. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Ambil daun suji beberapa helai dan campurkan ke makanan Sedulur. Namun, Sedulur juga harus mengimbangi dengan kegiatan olahraga agar tujuan dalam meningkatkan berat badan bisa tercapai. Jika Sedulur mengalami masalah berkelanjutan terkait dengan berat badan, bisa langsung menghubungi dokter.

4. Menurunkan Resiko Preeklampsia

manfaat daun suji
infobioqumica

Preeklampsia adaah kondisi peningkatan tekanan darah disertai dengan dengan adanya protein dalam urine. Kondisi ini biasanya dialami wanita saat memasuki usia kehamilan lebih dari 20 minggu. Preeklampsia harus ditangani secara hati-hati, untuk mencegah terjadinya komplikasi dan mencegah berkembangnya menjadi eklamsia yang bisa mengancam janin.

Sebagai solusi untuk mencegah risiko ini, perlu meminum air rebusan daun suji. Dalam kandungan daun suji terdapat salah satu komponen klorofil. Kandungan ini dipercaya bisa mempercepat penyembuhan penyakit hipertensi.

5. Mengobati penyakit paru-paru

manfaat daun suji
harapan rakyat online

Seperti disebutkan di poin pertama, ada pula manfaat daun suji untuk penyakit paru-paru. Ya caranya dengan mengambil beberapa helai daun suji, lalu tumbuk daun, dan diperas. Jika sudah mendapatkan perasan daun suji, maka air perasannya dicampurkan dengan air panas. Dalam sehari, Sedulur wajib minum sebanyak 3 kali air rebusan dari daun suji tersebut. Apabila mengalami efek samping setelah mengonsumsinya, bisa langsung konsultasikan ke dokter terkait.

6. Mengobati sakit gigi

manfaat daun suji
kompas

Belum banyak yang tahu, jika manfaat daun suji dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.  Mengalami sakit gigi sungguh sangat menyiksa bukan? Penyakit ini bisa dirasakan oleh semua orang baik muda, tua, anak-anak hingga dewasa.

Cara menggunakan daun suji untuk mengobati sakit gigi sangat mudah, Sedulur hanya perlu mengambil beberapa helai daun suji dan ditumbuk. Selanjutnya, tumbukan daun suji dicampurkan dengan segelas air hangat. Minumlah tiga kali dalam sehari dan lakukan secara berkelanjutan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan Tubuh

7. Obat Batuk Berdahak

manfaat daun suji
merdeka

Batuk adalah penyakit yang biasanya datang saat adanya peralihan musim kemarau dan musim hujan. Atau datang saat imun tubuh mulai menurun. Meski batuk termasuk penyakit yang tak perlu banyak mengkonsumsi obat, namun tak ada salahnya untuk menggunakan daun suji sebagai obatnya.

Cara menggunakannya mudah. Kamu hanya perlu mencuci 5 sampai 6 daun suji dan selanjutnya ditumbuk sampai halus. Setelah itu seduh tumbukan daun suji dengan air panas. Saring rebusan air suji tersebut dan konsumsi setiap hari minimal 3 kali.

8. Obat Kencing Nanah

Waspadai Gejala Kencing Nanah pada Pria dan Wanita - Bangkapos.com
tribun

Manfaat daun suji selanjutnya ialah sebagai obat mengatasi kencing nanah. Penyakit ini memiliki ciri-ciri  ada sensasi terbakar bagi pria. Sementara bagi wanita, volume haid jadi lebih banyak dari biasanya.

Maka dari itu perlu penanganan secara bertahap dan hati-hati. Caranya mengkonsumsi daun suji dengan baik dan benar. Pertama adalah rebus daun suji hingga mendidih dan hingga menyisakan air setengahnya. Lalu selanjutnnya minumlah ramuan  herbal tersebut dua gelas sebanyak dua kali sehari.

9. Meningkatkan produksi ASI

Cara Meningkatkan Produksi ASI dengan Teknik Pengosongan Payudara - Health  Liputan6.com
liputan6

Bagi sedulur yang baru saja melahirkan anak, tenyata daun suji memiliki banyak khasiat penting. Salah satunya adalah, meningkatkan produksi Air Susu Ibu atau ASI. Daun suji dipercaya bisa meningkatkan Air Susu Ibu karena memiliki galactogogue yang memiliki fungsi zat laktasi yang penting.

10. Mengatasi keputihan

manfaat daun suji
merdeka

Masalah keputihan biasanya menyerang kaum wanita. Aktivitas ini sangat menganggu dan bisa menurunkan rasa percayadiri. Nah, daun suji bermanfaat dalam mengatasi persoalan ini. Sebuah penelitian pernah menjelasan, daun suji memiliki sifat antibakteria dapat mengobati masalah keputihan yang berlebih. Jadi, itulah manfaat daun suji untuk mengobati keputihan.

11. Mengobati Penyakit Gonero

manfaat daun suji
liputan 6

Gonero merupakan penyakit seksual yang menular dan muncul akibat dari melakukan hubungan seks berlainan jenis tanpa menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom. Namun, penyakit ini dipercaya bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi daun suji.

Berbagai penelitan pernah dilakukan dan hasilnya daun suji yang digabungkan dengan tctaria crenata mampu menyembuhkan penyakit gonore. Meski demikian, belum ada penelitian lebih lnjut mengenai manfaat daun suji secara langsung mengingat belum ada testimoni yang dari para penyintas penyakit gonore.

12. Meredakan Gejala Syok Anafilaktik

Anafilaksis : Penyebab – Gejala dan Pengobatan - IDN Medis
IDN Media

Gejala Syok Anafilaktik adalah sebuah gejala alergi berat akibat dar reaksi obat-obatan kimia. Gejalanya ditandai dengan sulitnya bernapas, muka bengkak, pusing, hingga kehilangan kesadaran. Persoalan tersebut, ternyata mulai bisa diatas dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal seperti daun suji. Beberapa studi menyebutkan ada kandungan flavonoid pada daun suji. Meski demikian manfaat daun suji ini baru bisa dibuktikan pada hewan dan untuk uji coba ke tubuh manusia belum ada.

BACA JUGA : Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK, Bisa Online

13. Mengobati Beri-Beri dan Disentri

Disentri - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter
alodokter

Manfaat daun suji untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai obat mengatasi penyakit beri-beri dan disentri. Disentri adalah penyakit infeksi dalam usus yang menyebabkan diare disertai darah dan lendir. Sedangkan beri-beri merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf dan sistem peredaran darah dan biasanya dialami oleh anak usia 1-4 tahun.

Cara mengkonsumsi daun suji sebagai obat disentri dan beri-beri ternyata sangat mudah. Sedulur hanya perlu mengambi beberapa daun suji, cuci dengan bersih, dan tiriskan. Lalu selanjutnya direbus dengan air panas.  Air rebusan daun suji bisa Sedulur konsumsi secara teratur minimal sehari sekali untuk mengurangi efek penyakit beri-beri dan disentri.

14. Meredakan nyeri haid

Penyebab Nyeri Haid yang Tidak Tertahankan dan Cara Mengatasinya - Alodokter
alodokter

Mengalami nyeri perut biasanya dialami oleh wanita sebelum mentruasi. Biasanya rasa nyeri ini, timbul karena tubuh mengeluarkan hormon prostalgladin lebih banyak yang memicu peradangan dan kontrasi otot rahim. Manfaat daun suji juga bisa meredakan nyeri haid pada wanita.

Terkait penggunaan daun suji untuk meredakan haid cukup mudah. Ambil daun suji segar sebanyak 20 gram, kemudian rebus dengan 2 gelas air dan konsumsi air rebusan daun suji tersebut sebanyak satu gelas dalam sehari.

15. Mengobati Penyakit Leukimia

Bagaimana Leukimia Bisa Berujung Kematian? | Republika Online
republika

Manfaat daun suji untuk kesehatan diyakini bisa berpotensi mengobati penyakit leukimia. Suatu zat antioksidan yang dimiliki berguna untuk mengembalikan kondisi jaringan normal. Penyakit Leukimia disebut juga kanker darah, yang disebabkan karena tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. Leukimia dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak.

Di dalam daun suji terdapat kandungan senyawa penting yang sangat berguna untuk tubuh  seperti alkoloid, flavonoid, terpenoid, tanin, saponin dan beberapa anti oksidan lainnya. Namun, setiap akan mengkonsumsi, perlu Sedulur melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Manfaat daun suji ternyata bisa mengobati segala macam jenis penyakit, baik yang kronis maupun yang bergejala sedang. Namun, hidup sehat perlu dimulai dari sekarang supaya tubuh terbebas dari penyakit.

Sedulur bisa mulai menjalani hidup sehat dengan mengubah pola makan, pola tidur, hingga melakukan olahraga secara teratur. Jangan lupa pula cukupi kebutuhan sehari-hari Sedulur hanya dengan berbelanja dengan harga hemat dan barang berkualitas di Aplikasi Super