Manfaat belimbung wuluh biasanya digunakan sebagai penyedap rasa masakan agar semakin nikmat dan lezat. Nah, disamping itu, ternyata belimbing wuluh bisa digunakan sebagai obat lho.

Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat belimbing wuluh dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk keperluan memasak atau hal lain sebagainya.

17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

BACA JUGA : 8 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Jaga Jantung Hingga Tulang

1. Mengatur Kadar Gula Darah

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
Portal jember

Salah satu manfaat belimbing wuluh yang pertama adalah bisa mengontrol jumlah kadar gula darah. Buah ini, juga dapat memantau aktivitas hormon insulin dalam tubuh. Sebab, dalam daging buah belimbing terdapat kandungan flavonoid dan serat makanan yang kaya dalam buah blimbing wuluh mampu bekerja untuk mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba setelah makan, sehingga membantu mencegah munculnya penyakit diabetes secara tiba-tiba.

-->

2. Obat Hipertensi

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
Hermina hospital

Selanjutnya, belimbing wuluh bisa digunakan sebagai obat menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Cara penggunaanya adalah, minum rebusan dari buah yang kaya akan serat ini,  sehingga Sedulur mendapatkan manfaat pada tekanan darah. Ya, dia akan bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah arteri, vena dan kapiler serta juga merelaksasi otot jantung.

Kandungan antioksidan tingkat sedang yang ada pada belimbing wuluh, dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu faktor penyebab munculnya penyakit seperti kanker, diabetes melitus, hingga penyakit neurodegeneratif. Tentunya sangat dianjurkan bagi penderita tekanan darah tinggi ataupun diabetes melitus.

BACA JUGA : 10 Fakta & Manfaat Tentang Ikan Sapu-sapu, Bisa Dimakan?

3. Obat wasir

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
alodokter

Manfaat belimbing wuluh yang tak akan Moms kira sebelumnya adalah mengatasi wasir. di dalam buah tersebut, terdapat elemen anti-inflamasi yang kuat yaitu tanin dan terpenoid. Senyawa ini membantu mengurangi pembengkakan di dalam pem buluh darah anus dan rektum.

Dengan memanfaatkan ekstrak buah dan daun ke daerah terkena atau mengurangi rasa sakit,  pembengkakan dan pendarahan sehingga perlahan akan memperbaiki wasir.

BACA JUGA : 10 Vitamin Kucing Terbaik Untuk Nafsu Makan Hingga Alergi

4. Obat Batuk dan Pilek

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
alodokter

Siapa sangka, dalam belimbing wuluh terdapat kandungan vitamin C yang memberikan manfaat luar biasa untuk fungsi sistem kekebalan tubuh.

Pada gilirannya, ekstrak belimbing wuluh akan memperkuat mekanisme pertahanan tubuh dan kemudian mampu mengobati batuk dan pilek karena perubahan musim dan alergi. Alhasil, bisa menjadi semacam tameng agar tubuh tidak gampang terkena sakit.

BACA JUGA : 8 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi, Baik Dikonsumsi

5. Membantu diet

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
Republika

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya, yang mesti Sedulur tahu adalah, bahwa buah ini bisa digunakan sebagai obat untuk diet. Jadi, buah ini sangat tepat buat Sedulur yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Tentu mengkonsumsi belimbing wuluh bisa menjadi salah satu alternatifnya. Di dalam buah ini terdapat serat. Jika dikonsumsi, maka serat ini bisa membuat Sedulur lebih cepat kenyang dan kenyang lebih lama juga. Dengan begini, keinginan Sedulur untuk makan kemudian akan berkurang.

6. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
Ciputra hospital

Manfaat lain yang bisa dirasakan setelah mengkonsumsi buah belimbing wuluh adalah, bisa menjaga kesehatan tulang. Bagi Sedulur yang sedang bermasalah dengan kesehatan tulang tidak ada salahnya memakan buah yang satu ini. Bukan tanpa alasan, mengapa belimbing wuluh bisa digunakan sebagai obat dalam menjaga kesehatan tulang.  Belimbing wuluh kaya akan kalsium, sehingga manfaat belimbing wuluh juga meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga integritas struktural kerangka dalam tubuh.

Makan ekstrak belimbing wuluh dalam bentuk buah kering, akan memberikan Moms manfaat yang sangat baik untuk tulang.

BACA JUGA : 12 Manfaat & Posisi Cuddling yang Baik Untuk Kesehatan

7. Mempercepat dalam penyembuhan luka

PortalMadura

Salah satu manfaat blimbing wuluh adalah bisa menyembuhkan luka dengan sangat cepat. Sekarang tidak perlu lagi harus mencari obat-obatan kimia hanya untuk menyembuhkan luka. Sebab, buah belimbing wuluh bisa digunakan sebagai obatnya.

Saat sedulur mengalami luka, maka tubuh membutuhkan kolagen yang dapat memperbaiki jaringan rusak tersebut. Agar dapat memproduksi kolagen, tubuh membutuhkan asupan vitamin  C yang cukup.

Dalam belimbing wuluh, terdapat kandungan vitamin C. Vitamin ini diketahui mampu merangsang pembentukan kolagen yang cukup baik untuk kulit sehingga sangat baik dalam proses penyembuhan luka.

8. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

republika

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya ialah untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sebab, dalam kandungan  buah ini, terdapat antioksidan, serat, vitamin C dan kalium di dalamnya.

Fungsi kalium sendiri, berguna sebagai obat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tidak hanya vitamin c pada buah ini juga bisa bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (ateoroklosis).

Meski belimbing wuluh aman untuk dikonsumsi rutin, namun sejauh ini belum banyak bukti ilmiah. Oleh karena itu, tetap diskusikan dengan dokter jika hendak mencoba pengobatan alternatif menggunakan belimbing wuluh.

9. Mengatasi Sakit Gigi

klikdokter

Manfaat Belimbing Wuluh selanjutnya untuk mengatasi sakit gigi. Manfaat belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk mengobati sakit dan nyeri pada gigi. Caranya hampir sama seperti untuk mengobati jerawat, Moms hanya perlu menghancurkan belimbing wuluh namun jangan terlalu halus.

Lalu kemudian oleskan ke area gigi yang sakit. Sedulur bisa menunggu kurang lebih selama satu jam, dan biarkan buah itu bekerja dan kemudian berkumurlah dengan air hangat.

10. Obat kram dan nyeri otot

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
alodokter

Buah satu ini juga terbukti ampuh mengatasi nyeri otot dan kram dengan menjadikannya sebagai ramuan sederhana.

Sedulur bisa menumbuk halus satu butir belimbing wuluh besar, 10 butir cengkeh, dan 15 butir merica putih. Kemudian oleskan ramuan ini ke bagian tubuh yang terasa nyeri atau kram dan rasakan manfaat belimbing wuluh.

11. Mengatasi Sakit Linu

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
sehatq

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi belimbing wuluh adalah, bisa mengobati sakit linu akibat rematik. Adapun cara mengkonsumsi belimbing wuluh untuk menobati sendi-sendi yang sakit. Sedulur bisa menghancurkan belimbing wuluh beserta daunya kemudian tambahkan kapur sirih dan aduk bahan-bahan hingga semua tercampur rata.

Jika sudah, Sedulur bisa mengoleskan ramuan ke bagian sendi yang linu selama 2-3 kali sehari guna mendapatkan hasil maksimal. Namun, Moms juga perlu menghindari aktivitas yang bertumpu pada banyak tulang supaya bisa cepat pulih.

Ekstrak buah belimbing wuluh juga dapat mengurangi kandungan mikroba L. monocytogenes Scott A dan S. typhimurium pada udang mentah yang telah dicuci dan disimpan dalam suhu 4 derajat Celsius.

Dengan kata lain, belimbing wuluh dapat dijadikan sebagai bahan alami pencuci udang sehingga aman untuk dikonsumsi.

12. Obat flu

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
alodokter

Saat mengalami batuk pilek, seseorang dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, serta minum lebih banyak air putih.

Selain itu, ada tambahan obat lain yang perlu dikonsumsi meski sifatnya alami yaitu belimbing wuluh. Cara membuatnya cukup mudah sebagai obat batuk dan pilek yaitu dengan cara rebus buah blimbing wuluh.

Manfaat rebusan belimbing wuluh untuk kesehatan lainnya untuk mengatasi batuk dan pilek. Hal ini bukan tanpa alasan sebab ada kandungan etanol di dalamnya. Bahkan penelitian ini sudah dipercaya oleh orang Brazil sejak 1876.

Selain itu juga bisa mencoba menggunakan belimbing wuluh untuk mengobatinya. Namun, tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

13. Mengatasi jerawat

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
halodoc

Memiliki jerawat di sekujur wajah memang sangat menganggu sekali. Terlebih jumlahnya bisa mencapai puluhan, tentu masalah ini, bisa membuat rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang. Namun, saat ini sudah ada solusi dalam mengatasi jerawat di sekujur wajah Sedulur.

Salah satunya adalah, menggunakan buah belimbim wuluh. Manfaat belimbing wuluh sangat baik untuk mengatasi jerawat. Belimbing wuluh mengandung saponin, yaitu suatu senyawa yang bersifat antibakteria dan antiinflamasi.

Kandungan yang penting dalam buah belimbing wuluh, tentu membuat buah ini sangat layak digunakan sebagai obat jerawat buat Sedulur yang mengalaminya.

Caranya mudah, Moms hanya perlu mencucinya hingga bersih dan kemudian hancurkan beberapa belimbing sayur ini hingga halus. Setelah itu, oleskan ke wajah untuk digunakan sebagai masker wajah dan bilas setelah beberapa menit.

Pakai selalu secara rutin buah belimbing wuluh, agar mendapatkan hasil yang maksimal sehingga masalah jerawat di sekitar wajah segera hilang. Kandungan asam dan zat anti inflamasi yang terdapat dalam buah ini diyakini mampu mengempeskan jerawat. Namun sebelum menggunakannya, diskusikan dahulu dengan dokter ya Moms.

14. Menjaga kulit awet muda

alodokter

Tidak hanya dipakai sebagai masker untuk wajah. Namun, nyatanya buah belimbing wuluh cukup ampuh untuk menjaga kulit wajah agar tetap bersih dan sehat.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam daging belimbing wuluh, cukup kaya kandungan vitamin C. Kandungan vitamin ini penting untuk pembentukan kolagen dari dalam tubuh. Kolagen sangat penting dalam menjaga elastisitas kulit. Maka dari itu, manfaat belimbing wuluh berikutnya adalah menjadi kulit awert muda.

15. Mencerahkan wajah

Manfaat Belimbing Wuluh yang Sayang untuk Dilewatka
IDN times

Buat wanita atau pria yang ingin tampil bersih dan keren, bisa menggunakan ekstrak buah belimbing wuluh. Manfaat belimbing wuluh untuk wajah  yaitu memperbaiki warna kulit yang belang atau memudarkan flek pada wajah. Semua itu berkat kandungan vitamin C pada belimbing wuluh.

Gunakan belimbing wuluh yang sudah dihaluskan untuk dijadikan sebagai masker atau scrub. Terapkan pada kulit wajah atau tubuh, lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

16. Obat sariawan

CNN Indonesia

Mengalami sakit sariwan di sekitar mulut, memang sangat mengganggu dan cukup perih ketika akan memasukan makanan dan minuman. Namun, persoalan tersebut, kini sudah bisa diatas dengan baik. Salah satunya adalah mengkonsumsi buah belimbing wuluh. Ya manfaat buah belimbing wuluh sangat baik bagi Sedulur yang sedang mengalami sariawan.

Belimbing wuluh kaya akan zat vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan bisa menyembuhkann sariawan.  Sedulur bisa mengkonsumsi buah belimbing wuluh segar saat menderita sariawan

BACA JUGA : 9 Fakta Ikan Nilem, Ikan Kecil yang Bisa Menghilangkan Stress

17. Obat Diabetes

CNN Indonesia

Selain buahnya, daun belimbing wuluh juga bisa dijadikan obat. Manfaat daun belimbing wuluh yang terakhir adalah, sebagai obat untuk penderitaa penyakit Diabetes Melitus. Cara penggunaanya sangat mudah, Sedulur wajib mencuci daun belimbing wuluh dengan bersih menggunakan air yang mengalir. Setelah itu, campur dengan air bersih dan rebus hingga matang.

Selanjutnya, ambil air rebusannya, dan diminum sehari dua kali yaitu pada waktu pagi dan waktu sore hari. Lakukan secara berkala, supaya segera sembuh.

Demikian 17 manfaat belimbing wuluh bagi kesehata tubuh. Jangan lupa, Sedulur wajib menjaga kesehatan dengan meminum air rebusan belimbing wuluh. Supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Jika Sedulur ingin mengolah belimbing wuluh sebagai masakan, jangan lupa untuk berbelanja kebutuhannya di Aplikasi Super. Segala kebutuhan pokok pasti tersedia di sini.

Yuk, download aplikasinya sekarang!