Sedulur mungkin asing mendengar nama daun tempuyung, berbeda dengan penderita sakit batu ginjal. Daun tempuyung merupakan bahan utama dalam membuat ramuan untuk menghancurkan batu ginjal. Tapi, apa sih sebenarnya tanaman bernama tempuyung ini?

Daun tempuyung memiliki nama latin Sonchus arvensis, merupakan jenis tanaman liar yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Karena merupakan tanaman liar, Sedulur mungkin pernah melihatnya namun tidak menyadarinya. Memiliki tinggi sekitar 150 cm, yang sering tumbuh di pinggir jalan atau sela-sela parit dan tembok. Ciri-ciri daun tempuyung ini mudah diidentifikasi, dengan daun yng ujungnya lancip berwarna hijau keunguan.

Bukan hanya untuk para penderita sakit batu ginjal, tanaman liar ini memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Berikut ini daftar dari manfaat daun tempuyung yang wajib Sedulur ketahui! Yuk, langsung kita simak!

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Binahong yang Dapat Atasi Berbagai Penyakit

1. Penghancur batu ginjal

daun tempuyung
freepik

Daun dari tanaman tempuyung paling awal dikenal akan manfaatnya untuk menyembuhkan batu ginjal. Manfaat daun tempuyung dan cara pengolahannya pun sangat mudah. Tempuyung dikenal mampu secara efektif meluruhkan batu ginjal, dengan mengolahnya menjadi krital yang dibuang dalam urine kita.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kalium yang tinggi yang terdapat dalam daun tempuyung. Sedulur bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengkonsumsi air rebusan tempuyung. Minum secara rutin setiap hari dalam waktu yang panjang. Setidaknya hingga batu ginjal menghilang. Selan ginjal, terdapat juga manfaat daun tempuyung untuk lambung

2. Mengatasi asam urat

2. Mengatasi asam urat
pinterest

Bagi Sedulur yang memiliki asam urat, tempuyung bisa mengatasi asam urat yang Sedulur derita. Bahkan mampu menyembuhkannya. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan tempuyung yang memiliki sifat dapat melarutkan kristal asam urat, kemudian mendorongnya keluar menjadi urine.

Cara mengkonsumsi daun tempuyung bisa Sedulur lakukan secara disiplin dan konsisten dalam waktu yang lama, agar dapat mencegah pembentukan enzim yang meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Lebih baik, Sedulur mengkonsumsinya dengan cara merebusnya dan meminum air rebusannya secara rutin, di pagi dan malam hari.

3. Menjaga tekanan darah

daun tempuyung
freepik

Bagi Sedulur yang memiliki hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Sedulur bisa mengkonsumsi daun tempuyung secara rutin. Hipertensi mungkin terdengar sebagai gejala sakit ringan, namun kondisi tersebut tidak boleh disepelekan, karena bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, dan gangguan kesehatan kronis lainnya.

Dalam tempuyung terdapat kandungan asam amino, polifenol, lipid, lupeol hingga protein. Kandungan tersebut dapat mencegah tekanan darah terjadi dalam tubuh kita. Cara konsumsinya, bisa Sedulur jadikan terlebih dahulu ekstrak dan dikonsumsi secara rutin agar tekanan darah dapat terkendali.

4. Mempercepat penyembuhan luka

alodokter

Daun tempuyung juga efektif untuk mempercepat penyembuhan luka yang Sedulur alami. Terutama luka memar dan luka bakar. Cara penggunaan untuk menyembuhkan luka sangat mudah. Sedulur tinggal mengambil beberapa helai tempuyung, lalu tumbuk-tumbuk hingga mengeluarkan getah.

Tempelkan pada luka yang Sedulur derita. Getas dan saripati dari tempuyung dapat membantu kulit untuk beregenerasi lebih cepat. Sehingga proses penyembuhan luka bisa berlangsung sangat cepat. Lalu, selain itu tempuyung juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk kompress saat demam. Caranya sama, getah dan saripati tempuyung dapat dengan cepat menyerap panas tubuh.

Baca Juga: 12 Manfaat Bunga Telang yang Baik Untuk Mengurangi Stress

5. Mengatasi gangguan telinga

daun tempuyung
hellosehat

Terdapat juga daun tempuyung untuk mengatasi gangguan telinga. Sedulur seing mendengar bunyi berdenging tiba-tiba? Jika pernah, bisa jadi Sedulur memiliki masalah pada telinga Sedulur. Tempuyung bisa Sedulur gunakan sebagai obat tetes, Sedulur bisa menumbuhk tempuyung hingga mengeluarkan saripati dan meneteskannya.

Sedulur juga bisa merebus tempuyung dalam waktu lama, air rebusan tersebut bisa Sedulur gunakan sebagai obat tetes. Lakukan secara rutin, agar gangguan telinga yang Sedulur derita bisa secara cepat menghilang. Sisa air rebusan yang masih banyak juga bisa Sedulur minum, agar bisa mendapatkan khasiat tempuyung untuk organ bagian dalam Sedulur. Agar Sedulur menjadi lebih sehat setiap harinya.

6. Mengobati peradangan

hellosehat

Kegunaan daun tempuyung selanjutnya adalah dapat membantu mengobati peradangan yang kita derita. Seperti wasir contohnya. Untuk menghilangkan peradangan dalam tubuh, terutama wasir. Sedulur bisa menggunakan daun ini untuk mengobatinya. Caranya sangat mudah, yaitu tinggai menempelkan daun yang telah dihancurkan ke dalam bagian yang sakit wasir.

Sementara itu, untuk mencegah peradangan lainnya. Sedulur juga bisa mengkonsumsi daun ini dengan dara meminum air rebusannya. Daun yang Sedulur dapatkan dicuci bersih terlebih dahulu, kemudian keringkan dan siapkan panci untuk merebus air. Setelah mendidih, Sedulur bisa memasukkan daun dan biarkan air rebusan berubah warna. Airnya bisa Sedulur minum secara rutin untuk menghilangkan peradangan.

7. Dapat mengurangi kecemasan

daun tempuyung
freepik

Manfaat daun tempuyung ini diulas berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2009 yang lalu. Berdasarkan penjelasan dari jurnal tersebut, daun ini dapat mengurangi kecemasan setelah melakukan tes-tes kepada objek-objek mahluk hidup.

Dalam daun ini, terdapat efek antithigmotactic yang dapat mencegah kecemasan. Namun, belum ada kelanjutan terkait hasil penelitian ini. Tentu saja, penelitian lebih lanjut dan mendalam diperlukan agar mendapatkan khasiat. Jika tidak, salahnya penggunaan bisa menimbulkan efek samping yang tidak diperlukan.

8. Antitumor dan antikanker

klikdokter

Khasiat dari daun tempuyung yang terakhir adalah dapat menjadi penangkal tumor dan kanker. Daun yang memiliki nama latin Sonchus arvensis memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang edekti dalam mencegah tumor dan kanker berkembang dalam tubuh. Terutama bagi yang telah terbukti memiliki gejala tumor dan kanker.

Daun ini dapat mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang menjadi sebab utama tumbuhnya tumor dan kanker secara cepat. Cara mengkonsumsi daun tempuyung untuk khasiat ini bisa dengan cara direbus lalu airnya diminum, kemudian bisa juga dimasak dijadikan lauk makan, seperti tumisan sayur, sayur sup dan omelet.

Baca Juga: 15 Manfaat Kencur Untuk Mengobati Diare Hingga Kanker

Manfaat dari daun ini didapatkan dari kandungan berharga yang ada di dalamnya, terdapat kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalam tempuyung, yaitu di antaranya:

  • Kalsium
  • Sodium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Zinc
  • Besi
  • Magnesium
  • Mangan
  • Vitamin C (hingga 779 miligram)
  • Asam lemak esensial
  • Karotenoidnya

Jika melihat daftar khasiat dari daun tempuyung di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tumbuhan liar sekalipun memiliki manfaat yang tinggi untuk tubuh. Namun, kita seringkali mengabaikannya. Setelah membaca artikel ini, ketika melihat daun tersebut di pinggir jalan, Sedulur bisa memetiknya dan mengolahnya untuk dikonsumsi.

Dibarengi dengan bahan makanan yang bergizi dan berkualitas, kesehatan tubuh Sedulur dijamin akan terjaga dengan baik. Sedulur bisa membeli berbagai bahan makanan yang bergizi dengan cek Aplikasi Super. Tersedia lengkap berbagai bahan makanan bergizi. Jika tidak percaya, Sedulur bisa cek langsung.

Namun, Sedulur wajib download terlebih dahulu aplikasinya, terutama Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super di handphonemu. Yuk, klik di sini untuk download!