manfaat buah tin

Tentu saja Sedulur pernah mendengar jika manfaat buah tin dan zaitun itu sangatlah banyak. Bahkan nama dari kedua buah tersebut juga tercantum dalam kitab suci Al Quran. Ya, jadi bisa dibilang jika buah tin dan buah zaitun itu bukanlah sembarang buah. Hal ini kembali lagi karena manfaat yang dimilikinya sangatlah banyak.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang manfaat buah tin. Buah tin sendiri adalah buah yang bentuknya unik, menyerupai sebuah tetesan air mata. Ukurannya sebesar ibu jari orang dewasa, mempunyai kulit warna ungu atau hijau, dan berisikan banyak biji di dalamnya.

Jika Sedulur mendapatkan pertanyaan semacam “tulislah tiga manfaat buah tin!”, maka itu akan menjadi pertanyaan yang sangat mudah. Karena di bawah ini akan disebutkan 15 manfaat yang bisa didapatkan dari buah tin.

BACA JUGA: 8 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Jaga Jantung Hingga Tulang

-->

1. Menurunkan kolesterol

manfaat buah tin
lifepack

Di urutan pertama, manfaat buah tin adalah untuk menurunkan kolesterol. Buah tin ini memiliki kandungan pectin, serat larut yang dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh manusia. Serat yang terkandung dalam buah ini, akan bekerja dengan membersihkan kolesterol berlebih dalam sistem pencernaan.

Kemudian kolesterol tersebut akan dibawa ke usus agar hilang. Selain itu, buah tin juga mengandung vitamin B6 yang memiliki tugas untuk memproduksi serotonin. Serotonin ini dipercaya mampu meningkatkan mood seseorang dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuhnya.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

manfaat buah tin
cookingwsheila

Buah tin ini dipercaya mampu membantu meredakan sembelit dan membuat kesehatan pencernaan secara keseluruhan meningkat. Sedulur bisa merendam 2 hingga 3 buah tin di dalam air selama semalam. Kemudian konsumsi buah tersebut dengan madu di keesokan pagi. Dikutip dari Livestrong, buah ini kaya akan serat dan membantu pergerakan usus sehingga sembelit bisa diatasi.

Serat pada buah ini juga efektif untuk mengobati diare dan juga menenangkan seluruh sistem pencernaan. Tidak hanya untuk orang biasa, buah ini juga dianjurkan bagi ibu hamil yang kerap menderita sembelit. Kandungan serat tinggi inilah, yang membuat buah tim sering digunakan sebagai salah satu obat pencahar alami.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

manfaat buah tin
herminahospital

Manfaat buah tin yang berikutnya adalah mengurangi kadar trigliserida di dalam darah, dan berkontribusi agar kesehatan jantung lebih meningkat. Trigliserida ini merupakan partikel lemak dalam darah yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.

Tidak hanya itu, Jurnal of the American College of Nutrition juga berhasil mengungkap jika antioksidan yang ada di dalam buah tin ini mampu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh penyebab penyakit jantung coroner. Buah tin ini juga mengandung asam lemak omega-3, omega-6, dan fenol yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Mencegah kanker usus besar

manfaat buah tin
lawan kanker

Jika Sedulur mengonsumsi buah tin ini secara teratur, maka dijamin risiko kanker usus besar bisa diturunkan. Serat yang terkandung dalam buah tin ini bisa membantu menghilangkan limbah yang ada di tubuh secara cepat.

Maka dati itu, serat dari buah tin ini mampu mencegah kanker usus besar dengan sangat baik. Banyaknya biji di dalam satu buah tin, mengandung musin tingkat tinggi. Musin tersebut akan mengumpulkan limbah dan juga lendir di dalam usus besar, kemudian membuangnya.

5. Memperkuat tulang

manfaat buah tin
hellosehat

Yang berikutnya ini ada manfaat buah tin untuk bayi yang baru lahir dan ibu hamil, yakni untuk membantu kesehatan tulang. Hal ini bisa terjadi karena buah tin kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan juga magnesium. Melansir dari Huffington Post, buah tin mampu meningkatkan kepadatan tulang serta mengurangi kerusakan pada tulang.

Kalsium ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang, dan salah satu sumber terbaik dari kalsium adalah buah tin. Di samping itu, kalsium ini sangat mendukung perkembangan tulang dan gigi janin selama dalam kandungan. Bahkan kalsium dari buah tin juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memperkuat tubuh hingga menuju hari kelahiran.

6. Baik untuk kesuburan dan meningkatkan stamina seksual

manfaat buah tin
theasianparent

Apa manfaat buah tin untuk kesuburan laki-laki itu ada? Jawabannya ada, karena buah ini dinilai mampu mengatasi kemandulan pria dan juga meningkatkan jumlah mortalitas sperma. Selain untuk laki-laki, buah tin ini juga bisa menyuburkan wanita dengan mengontrol keseimbangan hormon dan membuat waktu menstruasi jadi lebih teratur.

Jadi jika Sedulur memakan buah tin, maka ini akan sangat membantu kesuburan dan juga kesehatan. Akan tetapi, Sedulur juga harus tetap mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Jangan lupakan juga olahraga secara teratur ya.

Manfaat buah tin untuk laki-laki yang berikutnya adalah mampu membantu menghindari berbagai macam disfungsi seksual seperti disfungsi ereksi, kemandulan, dan juga nafsu seksual. Walaupun tidak ada penelitian secara lanjut akan manfaat yang satu ini, namun banyak orang yang percaya jika buah tin ini dianggap sebagai simbol kesuburan dan kejantanan.

Buah ini juga menghasilkan asam amino yang memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi dari oksida nitrat. Asam nitrat ini mampu memperluas pembuluh darah dan juga membuat produksi oksida nitrat meningkat. Dengan ini, maka darah bisa mengalir ke seluruh tubuh dengan lancar, termasuk juga dengan organ seksual.

7. Mengontrol gula darah

manfaat buah tin
hellosehat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutrients, menemukan jika minuman yang mengandung ekstrak buah tin dengan dosis tinggi mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minuman tanpa ekstrak buah tin. Hal ini berarti minuman semacam ini mampu menghadirkan efek yang baik untuk kadar gula darah.

Buah tin ini juga dinilai mampu mengatasi diabetes gestasional. Akan tetapi untuk buah tin yang kering, tingginya gula yang terkandung di dalamnya bisa memicu peningkatan kadar gula darah jangka pendek. Jadi apabila Sedulur kesulitan dalam mengatur kadar gula darah, alangkah baiknya membatasi asupan buah tin kering.

8. Kaya akan antioksidan

manfaat buah tin
alodokter

Buah tin ini merupakan pembangkit tenaga antioksidan, yang dinilai mampu menetralkan radikal bebas dalam tubuh manusia dalam melawan berbagai macam penyakit. Semakin matang buah tin, maka kandungan antioksidan di dalamnya juga akan semakin banyak. Buah tin ini merupakan sumber antioksidan fenolik, yang mampu memperkaya lipoprotein dalam plasma.

BACA JUGA: Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

9. Mengatasi anemia

genbest

Tubuh yang kekurangan zat besi, bisa menyebabkan anemia defisiensi besi. Buah tin kering, menjadi kunci dari hemoglobin karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Buah yang satu ini, sangat bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin yang ada di dalam darah.

Wanita yang sedang menstruasi, ibu hamil, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, dan juga remaja harus memantau kadar zat besi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari komplikasi. Oleh sebab itu, konsumsi buah tin kering ini sangat dianjurkan karena manfaatnya cukup dibutuhkan oleh tubuh kita.

10. Menyembuhkan kutil

hellosehat

Sebuah studi yang dilakukan oleh International Journal of Dermatology, telah membandingkan efek crtyotherapy (penggunaan getah pohon tin) dan lateks pohontin pada kutil biasa. Dalam studi itu, para peneliti berhasil menemukan bahwa crtyththerapy berhasil mengobati kutil dengan menggunakan getah pohon buah tin.

Akan tetapi, para peneliti tersebut belum melakukan penelitian dan pengembangan secara lebih lanjut tentang manfaat dari buah tin untuk kutil ini. Akan tetapi, penggunaan dari getah pohon tin ini sangat aman dan mudah digunakan. Selain itu, tidak ada efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan getah pohon tin ini.

11. Mengatasi insomnia

alodokter

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah insomnia. Nah, khasiat buah tin untuk wanita hamil yang lain adalah mengatasi insomnia. Jika insomnia sudah berhasil diatasi, pastinya kualitas tidur juga bisa ditingkatkan lagi. Manfaat yang satu ini, bisa diperoleh karena adanya kandungan asam amino tripofan, sehingga tubuh bisa membuat melatonin.

Triptofan yang terkandung di dalam buah tin ini juga akan membantu mensintesis vitamin B3 di dalam tubuh kita, termasuk juga dengan mencegah insomnia. Kekurangan vitamin B3, akan membuat tubuh kita terasa tidak stabil dan gelisah dan bisa mengganggu ritme tidur.

BACA JUGA: 17 Ide Kado Pernikahan Untuk Sahabat, yang Unik & Bermanfaat

12. Menyembuhkan sakit tenggorokan

alodokter

Berkat kandungan lendir yang sangat tinggi, buah tin ini juga dipercaya mampu melindungi dan  menyembuhkan sakit tenggorokan. Buah-buahan yang satu ini dapat menerangkan tenggorokan, dan jus buah tin dapat menghilangkan stres serta rasa sakit di tenggorokan Sedulur.

Tidak hanya itu, buah tin ini juga sering digunakan sebagai obat alami untuk penyakit tonsilitis. Buah yang satu ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi yang timbul karena kondisi tersebut.

13. Menjadi Antikanker

itsbuah

Tidak hanya buahnya saja, namun daunnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Jadi manfaat daun buah tin adalah sebagai antikanker. Ada banyak penelitian tabung reaksi yang telah dilakukan untuk melihat efek daun tin terhadap sel kanker.

Dan hasilnya sangatlah positif dan bahkan sangat menjanjikan. Daun tin dan juga getah alami yang ada pada bagian pohon, telah terbukti menunjukkan aktivitas antitumor pada kanker usus besar, kanker serviks, kanker payudara, dan juga sel kanker hati. Akan tetapi, hal ini bukan berarti jika mengonsumsi daun tin akan memberikan efek pada penderita kanker secara langsung.

BACA JUGA: Manfaat Ikan Gabus Kaya Nutrisi yang Baik Untuk Pertumbuhan

14. Mengatasi demam

alodokter

Sebenarnya masih dibutuhkan penelitian secara lebih lanjut untuk menguji efek buah tin untuk mengatasi demam. Namun sebuah penelitian, berhasil menunjukkan jika ekstrak alkohol dalam buah tin mampu menurunkan suhu tubuh sampai 5 jam.

Studi secara lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasi akan temuan yang satu ini. Bagaimanapun juga, para peneliti masih belum benar-benar yakni bagaimana buah tin ini bisa memberikan efek berupa penurunan suhu tubuh.

15. Meningkatkan kesehatan hati

pexels

Manfaat yang terakhir dari buah tin, yakni dapat membersihkan penghalang yang ada di hati, sehingga kesehatannya bisa lebih ditingkatkan. Namun hal ini tidak dengan menggunakan buahnya, tapi daunnya. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, menunjukkan manfaat dari ekstrak daun buah tin ini menunjukkan aktivitas hepatoprotektif. Hepatoprotektif ini adalah sebuah aktivitas yang untuk mencegah kerusakan hati manusia.

 

Itulah beberapa manfaat buah tin yang perlu untuk Sedulur ketahui. Karena banyaknya manfaat yang dihadirkan oleh buah tin ini, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah tersebut secara rutin.

Ya, sebenarnya tidak ada bahaya buah tin yang perlu dikhawatirkan. Namun seperti yang tadi sudah dikatakan, jika kandungan gula di dalam buah ini cukup tinggi. Jadi bagi Sedulur yang susah menjaga gula darah, lebih baik tidak terlalu sering mengonsumsi buah tin ini.

Nah buat Sedulur yang juga butuh berbelanja kebutuhan pokok, bisa langsung belanja lewat Aplikasi Super lho! Caranya mudah, tinggal unduh aplikasinya di sini, lalu tinggal pilih bahan-bahan apa yang dibutuhkan!