manfaat kumis kucing

Bagi yang suka mengamati tanaman di sekitar, tentu kamu sudah familiar dengan kumis kucing. Meskipun terkesan seperti tumbuhan biasa, nyatanya ada banyak manfaat kumis kucing yang sangat membantu untuk memperbaikin kondisi tubuh dari banyak penyakit kronis.

Bukan asal memberi nama, tanaman ini memiliki kesamaan bentuk yang sekilas mirip seperti kumis hewan kucing. Kumis putihnya menjuntai di antara kelopak bunganya. Memiliki nama lain orthosiphon aristatus, tanaman ini memang sudah lama dijadikan sebagai salah satu bahan utama untuk ramuan obat. Tumbuh subur di negara beriklim tropis, kumis kucing tumbuh subur di beberapa area di Tiongkok, India, dan negara di Asia Tenggara lainnya termasuk Indonesia.

Agar Sedulur tidak lagi menganggap tanaman ini sebagai angin lalu, kamu perlu memahami apa manfaat kumis kucing yang siapa tahu akan dibutuhkan sewaktu-waktu. Simak baik-baik, ya.

BACA JUGA: Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

1. Asma

manfaat daun kumis kucing asma
Unsplash

Daun kumis kucing sendiri punya manfaat yang mampu membantu masalah pernafasan seperti asma. Selain dengan menjaga kondisi dan meminum obat yang sudah diresepkan dokter, kamu bisa menstabilkan kondisi pernafasanmu dengan meracik ramuan dari daunnya. Bila dikombinasikan, bakalan lebih efektif khasiatnya.

2. Batuk

manfaat kumis kucing untuk kesehatan Batuk
Unsplash

Selain asma, daun ini juga efektif untuk membantu proses penyembuhan batuk. Kamu bisa menyiapkan beberapa lembar daun kumis kucing dengan berat sekitar 15-20 gram. Campur dengan 1 gelas air lalu rebus. Air rebusan itu bisa diminum 3 kali dalam sehari. Sebagai alternatif, kamu bisa meminumnya pada pagi, siang, dan malam hari.

BACA JUGA: Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Otak Hingga Jantung

3. Gusi bengkak

daun kumis kucing Gusi bengkak
Unsplash

Tanaman kumis kucing juga mampu mengobati rasa sakit di area mulut. Salah satunya adalah gusi bengkak. Sebelum semakin sakit karena sudah berdarah, kamu bisa berkumur memakai air rebusan daun ini untuk menyempurnakan proses penyembuhan dengan meminum obat.

4. Menurunkan kadar gula

Menurunkan kadar gula
Unsplash

Kadar gula yang terlalu tinggi bisa membuat kondisi seseorang jadi tidak stabil dan kritis. Untuk mencegah hal itu, kamu perlu memperhatikan pola makan. Selain itu, kamu juga bisa merasakan manfaat tanaman kumis kucing dalam case ini. Berdasrkan penelitian yang sudah dilakukan, data menunjukkan bahwa ekstrak herbal dari daun kumis kucing efektif untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Senyawa yang berperan sebagai pelarut dari daun ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah, meningkatkan leptin, serta HDL secara signifikan. Trombosit darah tidak saling menempel satu sama lain, risiko terkena serangan jantung dan stroke pun juga ikut menurun.

BACA JUGA: Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan yang Disebutkan Al-Quran

5. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan kadar gula
Unsplash

Manfaat daun kumis kucing lainnya yang tak kalah hebat adalah berkat kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah. Terdapat asam rosmarinik yang menyasar enxim Angiotensin Conversting (ACE) yang mampu membuat pembuluh darah melebar. Hal ini mampu membuat tekanan ikut berkurang dan berangsur normal.

Apabila tekanan darah normal, proses pemompaan darah yang dilakukan oleh jantung dapat berlangsung dengan baik kembali.

6. Meminimalisir infeksi saluran kemih dan batu ginjal

Meminimalisir infeksi saluran kemih dan batu ginjal
Unsplash

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang tak kalah magis adalah kemampuannya untuk menurunkan probabilitas terjadinya infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Ada senyawa dari kumis kucing yang memiliki sifat diuretik dan antibakteri alami yang membantu proses pengairan kandung kemih dan serangan patogen. Dari situ, saluran kemih lebih terjaga dan mengurangi risiko infeksi. Proses ini ternyata mampu mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain itu, ginjal juga bisa terlindungi dan akibat dari konsumsi obat-obatan tertentu.

BACA JUGA: Manfaat Singkong untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

7. Masalah otot

manfaat daun kumis kucing Masalah otot
Unsplash

Bila dilihat sekilas terkesan tidak istimewa, nyatanya tanaman ini memiliki sejuta kebaikan. Manfaat kumis kucing lainnya ini diandalkan sebagai antiinflamasi. Daunnya terbukti cukup efektif dalam mengurangi kadar asam urat dalam darah. Dari sini, masalah otot seperti rematik, asam urat, dan radang sendi dapat berkurang.

Kamu bisa mengolah daunnya dengan cara yang mudah. Pertama-tama, siapkan 5 lembar daun kumis kucing dan rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, biarkan sampau suhunya dingin. Setelah itu, bisa langsung diminum. Kamu bisa meminum setengah gelas dan diminum 3 kali dalam sehari.

8. Antijamur

manfaat tanaman kumis kucing Antijamur
Unsplash

Selain menjadi agen antiinflamasi, tanaman ini juga bisa mencegah zat asin dan parasit yang masuk ke dalam tubuh. Peradangan yang diidap oleh penderita infeksi jamur bisa merasakan khasiatnya dengan racikan jamu herbal ini.

BACA JUGA: Ragam Manfaat Jinten Hitam (Habbatussauda) Melawan Penyakit

9. Mendongkrak kekuatan tulang

kekuatan tulang
Unsplash

Siapa sangka bila daun ini bisa menjadi agen untuk meningkatkan kekuatan tulang manusia. Kandungan kalsium dan potasiumnya mampu menambah kadar gizi untuk membuat tulang jadi lebih sehat dan mencegah kekeroposan. 

10. Detoksifikasi liver

apa manfaat kumis kucing Detoksifikasi liver
Unsplash

Selain organ tubuh yang sudah disebutkan di atas, liver adalah organ lainnya yang ikut kecipratan manfaat kumis kucing. Antioksidannya mampu mencegah kerusakan liver akibat konsumsi obat-obatan  dalam jangka waktu tertentu serta alkohol.

Agen detoksifikasi yang dikandung di ekstrak daun kumis kucingnya mampu mengurangi perlemakan hati dan konsentrasi bilirubin yang mengakibatkan penyakit kuning.

11. Meningkatkan daya ingat

manfaat kumis kucing daya ingat
Unsplash

Selain organ dalam, sel-sel di otak juga merasakan manfaat dari kumis kucing. Asam rosmarinic-nya mempunya andil untuk meingkatkan daya ingat. Selain itu, kandungan ini mampu mencegah kematian sel saraf yang disebabkan ole beta amiloid yang menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer. Tak berhenti di situ, kamu juga bisa merasakan efek menenangkan yang bisa membantu seseorang untuk mengurangi gejala kecemasan. 

12. Mengurangi alergi gatal

manfaat kumis kucing alergi gatal
Unsplash

Gatal adalah salah satu yang dirasakan ketika seseorang mengalami alergi. Kamu bisa merasakan manfaat kumis kucing dengan meraciknya sebagai ramuan rebusan. Berikut bahan yang perlu disiapkan serta cara membuatnya.

Bahan:

  • Setengah genggam daun kumis kucing
  • Meniran
  • Sambiloto
  • 4 gelas air
  • 2 jari temulawak

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan di panci dan rebus hingga mendidih
  2. Saring ampasnya dan jamu herbal ini bisa langsung diminum 2 kali sehari untuk meredakan rasa gatalnya

Meskipun manfaat kumis kucing dikenal ampuh, akan tetap tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang. Pasalnya, kadar natrium dalam tubuhmu bisa berkurang dan itu juga akan memberi efek yang kurang baik. Untuk wanita yang sedang hamil, hindari kumis kucing untuk dikonsumsi, ya.

Agar kondisi tubuh selalu membaik, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi bahan makanan berkualitas baik. Kebutuhan itu bisa kamu dapatkan dengan Aplikasi Super. Dengan berbelanja di apps serba bisa ini, kamu bisa mendapat segala jenis sembako favoritmu dengan harga terjangkau. 

Selain itu, orderanmu bisa diantar sampai di rumah. Tak perlu repot keluar lagi, ‘kan? Supaya bisa merasakan pengalaman belanja di wea 4.0 ini, segera download Aplikasi Super di Play Store sekarang juga, ya.