lomba menulis 2022

Lomba menulis 2022 menjadi acara paling banyak dicari, terutama bagi para blogger. Selain mendapatkan hadiah menarik apabila menang, lomba blog dapat mengembangkan kemampuan menulis. Di zaman serba maju seperti sekarang, informasi lomba menulis dapat dicari dengan mudah melalui internet maupun media sosial.

Sejak pergantian tahun, blogger yang mencari peruntungan melalui lomba mulai aktif mencari informasi. Mulai dari info lomba blog Januari, Februari, Maret, dan seterusnya di tahun 2022. Nah, bagi Sedulur yang tertarik mengikuti lomba menulis 2022, tidak usah bingung. Berikut ini beberapa pilihan lomba yang bisa diikuti. Yuk, langsung simak infonya sampai selesai!

BACA JUGA: Cara Membuat Blog Gratis yang Dapat Menghasilkan Uang

1. IndiHome JBN Blogging Competition

lomba menulis 2022
Freepik

Lomba menulis 2022 pertama yang bisa Sedulur ikuti adalah IndiHome JBN Blogging Competition. Acara ini diselenggarakan oleh IndiHome Jatimbalinusra untuk mengajak publik meningkatkan wawasan melalui karya tulis. Periode lomba blog berakhir hingga 28 Februari 2022. Masih ada waktu beberapa hari lagi bagi Sedulur yang ingin berpartisipasi.

-->

Lomba blog dari IndiHome ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Jurnalistik dan Hari Kasih Sayang. Adapun tema yang bisa dipilih yaitu “Internet untuk aktivitas tanpa batas” dan “Internet patas solusi supaya LDR ga kandas”. Hadiah yang bisa diperoleh dari lomba menulis 2022 ini senilai jutaan rupiah.

Rinciannya, juara 1 mendapatkan Rp1.500.000, juara 2 hadiahnya Rp1.000.000, dan juara 3 memperoleh Rp750.000. Informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan, silakan cek Instagram @indihome.jatimbalinusra. Pendaftarannya bisa dilakukan lewat link tlkm.id/IndiHomeJBNBlog.

2. Envirochallenge Online Competition

Freepik

Lomba online ini akan dilaksanakan dengan 3 kategori, antara lain penulisan esai, pembuatan jingle, dan desain poster. Periode kompetisinya berlangsung dari tanggal 14 Februari—4 Maret 2022. Namun, perlu diketahui, Envirochallenge Online Competition hanya bisa diikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA/Sederajat.

Terkait lomba menulis esai, tema yang diangkat yaitu “Dampak Plastik Sekali Pakai Terhadap Lingkungan dan Perubahan Iklim”. Peserta wajib menulis esai maksimal berjumlah 1.500 kata. Hadiah yang ditawarkan berupa uang elektronik dan merchandise The Body Shop senilai total Rp6.750.000.

3. LEAGUE 1 DEKADE IT’s Buah

Freepik

LEAGUE 1 DEKADE IT’s Buah lomba blog adalah acara yang bertujuan mewadahi kreativitas masyarakat, terutama generasi milenial untuk menyampaikan aspirasi dan kepeduliannya dengan kesehatan maupun kesejahteraan petani melalui karya tulis. Tema besar lomba ini yaitu “Cegah Punahnya Petani Nusantara dengan Mendukung Produk Pangan Lokal (edisi buah dan sayur lokal)”.

Periode lomba blog berlangsung pada tanggal 9 Februari–12 Maret 2022. Hadiah lomba blog Maret dari IT’s Buah ini senilai jutaan rupiah beserta sertifikat. Informasi lengkap tentang mekanisme lomba dapat dilihat di situs itsbuah.com.

BACA JUGA: Info Lomba Online Gratis, Hadiah Jutaan Rupiah 2022

4. Writingpedia Lomba Menulis Puisi Nasional 2022

Freepik

Selain lomba blog, Sedulur juga bisa mengikuti lomba menulis puisi nasional dari Writingpedia. Puisi yang dibuat tidak ada ketentuan tema alias bebas. Pelajar maupun umum dapat mengikuti lomba menulis puisi ini. Sayangnya, lomba ini tidak gratis. Ada biaya pendaftaran mulai dari Rp35.000.

Periode pendaftaran dan pengiriman karya diperpanjang dari tanggal 20 Januari 2022—13 Maret 2022. Hasil pemenang diumumkan pada tanggal 21 Maret 2022. Tidak hanya mendapatkan hadiah berupa uang, pemenang juga mendapatkan sertifikat elektronik serta berkesempatan menjadi kontributor buku.

5. Lomba Menulis 2022 Sariagri

lomba menulis 2022
Freepik

Lomba berikutnya fokus pada SEO Competition. Peserta wajib menulis artikel sesuai SEO dan mengikuti ketentuan yang dibuat Sariagri. Tema yang diangkat berupa review forum pertanian di Komunitas Sariagri. Kriteria pemenang ditentukan oleh hasil ranking blog serta kualitas tulisan. Total hadiah yang bisa Sedulur dapat jika memenangkan kompetisi ini yaitu senilai Rp5.000.000. Info pendaftaran dan syarat mengikuti lomba, silakan cek di situs event.sariagri.id.

6. Lomba Menulis Blog 2022 Arvahub

Freepik

Di awal tahun 2022, Arvahub menggelar lomba blog dengan tema besar “Virtual Office Jakarta”. Lomba ini hanya dapat diikuti oleh peserta berusia 17 tahun ke atas. Pendaftaran lomba ditutup pada tanggal 31 Maret 2022. Hadiah utama lomba blog Arvahub berupa Paket Pendirian PT atau CV Gratis + Virtual Office Dinar, dan masih banyak hadiah lainnya.

Penilaian pemenang dilihat dari kualitas dan kreativitas mengembangkan isi artikel, orisinalitas konten yang dibuat, serta kesesuaiannya dengan tema, syarat, dan ketentuan lomba. Tertarik mencobanya? Sedulur dapat mengunjungi situs arvahub.com untuk pendaftaran.

7. Soul in a Box Blog Competition

Freepik

Lomba menulis 2022 berikutnya adalah Soul in a Box Blog Competition. Kompetisi ini diselenggarakan oleh PT Jiwa Tekno Kultura untuk memberi kesempatan para blogger Indonesia berkreasi lewat artikel. Artikel peserta diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi tentang katering berkualitas.

Periode lomba dimulai dari tanggal 14 Februari—14 April 2022. Pendaftaran peserta tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Lomba blog dari Soul in a Box terbuka untuk umum. Hadiah yang ditawarkan total sebesar Rp12 juta.

8. SEO Blogging Competition Harisenin

Freepik

Bagi Sedulur yang tertarik mengikuti lomba menulis 2022 di bidang pendidikan, maka dapat mendaftar dalam SEO Blogging Competition Harisenin. Tema besar yang diangkat yaitu “Sadar Harus Belajar”. Dari topiknya saja, sudah pendidikan banget, ‘kan? Cocok untuk Sedulur yang ingin menyampaikan aspirasi tentang pendidikan.

Kompetisi blog yang digelar oleh Harisenin ini gratis, tidak dipungut biaya. Periode lomba berlangsung sejak 5 Desember 2021—30 April 2022. Lomba blog Harisenin termasuk yang paling lama periodenya. Sedulur masih mempunyai banyak waktu untuk menyiapkan ide konten yang unik dan autentik.

BACA JUGA: Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula Terbaru & Termudah

9. Lomba Menulis 2022 Rumahweb

lomba menulis 2022
Freepik

Membangun sebuah bisnis online saat ini menjadi impian banyak orang. Sedulur dapat menuangkan ide kreatif tentang bisnis online untuk membantu orang-orang membangun bisnisnya. Caranya dengan mengikuti lomba blog “Mudahnya Memulai Bisnis Online Bersama Rumahweb”. Periode lomba ini berlangsung sejak tanggal 08 Februari—20 Mei 2022. Tulisan paling menarik dan inspiratif terkait bisnis online berkesempatan memenangkan hadiah jutaan rupiah.

10. Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan

lomba menulis 2022
Freepik

Lomba online yang bisa menjadi wadah terbaik dalam menyampaikan aspirasi, yaitu Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan. Kontes ini diselenggarakan spesial oleh Aplikasi Super pada 4 April—5 Juni 2022. Terbuka untuk umum serta GRATIS. Mengangkat tema pahlawan, di sini Sedulur bisa menulis sosok pahlawan di sekitar sesuai versi terbaikmu.

Jika tulisan yang telah dibuat terpilih sebagai pemenang, Sedulur bakal mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Enggak cuma itu saja, menariknya yang membedakan kontes blog ini dengan lomba lainnya adalah, nantinya sosok yang kamu angkat sebagai ‘pahlawan’ akan mendapatkan ‘kado’ spesial dari Aplikasi Super. Menarik banget, ‘kan? Daripada penasaran, silakan cek infonya di sini.

Itulah beberapa informasi lomba menulis 2022. Selain informasi lomba blog periode Januari hingga Mei, Sedulur juga bisa menelusuri informasi lomba blog Juni maupun lomba blog Juli di internet untuk menyiapkan diri dari sekarang.

Lomba blog sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan menulis sekaligus mencari penghasilan tambahan. Cara mengikutinya pun praktis dan mudah, seperti Kontes Blog Super Bercerita tadi. Karena dilakukan secara online, Sedulur bisa mengerjakan dari rumah, terus tinggal kirim deh artikelnya. Yuk, buruan daftar!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.