struktur artikel

Bagi Sedulur yang memiliki hobi membaca maupun menulis, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah artikel. Sedulur bisa menemukan tulisan struktur artikel di majalah, koran, maupun mesin pencari seperti Google. Bahkan, saat membaca ini pun, Sedulur termasuk membaca sebuah artikel, lho.

Lantas apa yang dimaksud artikel itu? Bagaimana struktur artikel dan jenis-jenisnya? Berikut ini pembahasan lengkap mengenai pengertian artikel, ciri-ciri, jenis, dan contohnya. Mari belajar bersama agar Sedulur makin memahami susunan artikel yang benar.

BACA JUGA: Pengertian Blog, Ini Jenis, Struktur, Fungsi, dan Kegunaannya!

Pengertian artikel

struktur artikel
Unsplash

Artikel adalah karangan dari seorang penulis berisi opini dan fakta secara mendalam dengan panjang tertentu yang dapat dipublikasikan di media cetak maupun media online. Contoh mudahnya, Sedulur bisa mengetahui susunan membuat artikel di koran, majalah, web, portal berita, blog, media sosial, dan sebagainya.

Hanya saja, saat ini Sedulur perlu lebih berhati-hati saat menjumpai sebuah artikel karena banyak bertebaran artikel-artikel yang isinya ternyata hoaks. Carilah artikel yang sumbernya kredibel. Selain itu, ketahui juga struktur artikel yang baik sehingga Sedulur dapat memahami ciri-ciri artikel yang bisa dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Tujuan artikel bagi penulis

Unsplash

Setiap tulisan tentunya memiliki tujuannya masing-masing. Misalnya, teks prosedur bertujuan untuk memberi petunjuk, sementara teks eksplanasi tujuannya menjelaskan sesuatu. Nah, kali ini mari bahas tujuan utama dari artikel. Tujuan artikel bisa dilihat dari dua sudut pandang, yakni tujuan bagi penulis dan pembacanya. Beberapa tujuan artikel bagi penulis, antara lain:

  • Sarana menyampaikan gagasan.
  • Sarana berpikir sistematis.
  • Sarana publikasi hasil pemikiran ilmiah.
  • Sarana menguraikan pokok masalah yang telah ditentukan peneliti.
  • Sarana menjelaskan sesuatu sesuai bidang ilmu tertentu.

Tujuan artikel bagi pembaca

Unsplash

Itulah beberapa tujuan artikel bagi penulis. Sementara itu, tujuan dan manfaat artikel bagi pembaca, di antaranya:

  • Sarana mendapatkan pengetahuan dan informasi.
  • Sarana mengedukasi.
  • Sarana hiburan bagi pembaca.

Ciri-ciri artikel

struktur artikel
Unsplash

Selain tujuannya, Sedulur perlu mengetahui lebih jauh ciri-ciri artikel. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi bahwa tulisan yang Sedulur baca termasuk artikel atau bukan. Artikel secara umum seperti contoh artikel website biasanya memiliki ciri-ciri berikut ini.

  • Isinya bersumber dari fakta sebenarnya.
  • Berupa karya tulis padat, singkat, jelas, serta bahasanya tuntas dan tidak berbelit-belit.
  • Artikel hasil tulisan manusia dan orisinal.
  • Bersifat faktual karena sumbernya jelas.
  • Isinya bisa berupa pengetahuan, informasi, peristiwa, hasil riset, dan hasil penemuan lainnya.
  • Sesuai kebutuhan pembaca.

BACA JUGA: 10 Cara Menjadi Penulis Buku, Novel, dan Film untuk Pemula

Jenis artikel

Tulisan di blog seperti ini memang termasuk jenis artikel. Namun, berdasarkan fungsinya, ada beberapa jenis struktur artikel yang perlu Sedulur pahami. Berikut daftarnya.

1. Artikel deskripsi

Unsplash

Sesuai namanya, artikel deskripsi adalah jenis artikel berupa karangan yang menggambarkan mengenai suatu hal kepada pembaca. Hal ini membuat pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat, dan mendengar isi dari deskripsi tersebut. Ciri khas artikel ini yaitu menggambarkan sesuatu dalam paragrafnya. Paragraf memiliki penjelasan sangat rinci dan jelas yang melibatkan kesan indera di dalamnya. Penggambaran objek seperti ukuran, warna, dan bentuk dibuat detail secara nyata.

2. Artikel narasi

Unsplash

Jenis artikel narasi menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis. Struktur artikel dibuat mulai dari awal, tengah, hingga akhir cerita. Di dalam artikel narasi terdapat tokoh, latar, konflik, dan penyelesaian. Fungsi artikel ini yaitu menyampaikan informasi kepada pembaca secara rinci dan faktual dengan bahasa yang lebih santai serta mudah dipahami.

Artikel narasi membantu pembaca mengenal lebih dekat tentang apa atau siapa yang diusung dalam sebuah peristiwa. Beberapa contoh artikel narasi yaitu autobiografi, biografi, dan kisah pengalaman.

3. Artikel eksposisi

Unsplash

Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang menjelaskan atau memberikan informasi secara faktual. Tujuannya untuk menambah wawasan pembacanya. Biasanya artikel eksposisi memuat informasi yang menjawab 5W+1H, yakni what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Eksposisi hanya memuat informasi ilmiah dan terbukti kebenarannya. Jadi, jenis artikel ini tidak boleh berisi karangan fiktif yang dibuat-buat. Artikel eksposisi umumnya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

4. Artikel argumentasi atau opini

struktur artikel
Unsplash

Artikel argumentasi atau opini adalah suatu karangan yang dibuat penulis untuk membuktikan kebenaran mengenai suatu pendapat dengan menyajikan fakta maupun data sebagai alasan. Di dalam artikel ini biasanya terdapat unsur opini, serta data atau fakta kuat yang menjadi pendukung opini.

Secara garis besar, pada dasarnya semua artikel memuat opini. Tetapi, artikel jenis ini lebih membahas topik tertentu dengan sangat mendalam. Oleh karena itu, artikel opini lebih sering ditulis oleh seorang penulis yang sudah ahli atau fokus membahas topik tertentu. Artikel opini dapat ditemukan pada bagian khusus di media cetak seperti koran atau majalah. Bagian khusus ini biasa disebut tajuk rencana, editorial, kolom opini, dan sebagainya.

5. Artikel persuasi

Unsplash

Jenis artikel ini bertujuan memengaruhi atau mengajak pembaca mempercayai, bahkan melakukan apa yang disampaikan penulis. Artikel persuasi biasanya digunakan dalam kampanye-kampanye. Penulis artikel persuasi harus mampu menggabungkan motivasi dan fakta yang bisa membujuk pembaca melakukan sesuatu yang disarankan dalam karangan. Contoh susunan artikel ilmiah bersifat persuasi adalah kampanye anti-narkoba yang berisi mengenai bahaya narkoba.

Struktur artikel

struktur artikel
Unsplash

Struktur artikel website maupun media cetak umumnya terdiri dari judul, pendahuluan, leher artikel, isi, dan penutup. Berikut penjelasan tiap bagiannya.

  • Judul artikel, harus menggambarkan isi keseluruhan dari artikel yang dibuat. Khusus artikel website, judul juga perlu disesuaikan dengan Search Engine Optimization (SEO). Judul setidaknya mengandung kata kunci yang ditargetkan. Hindari menggunakan judul clickbait karena bisa membuat pembaca kecewa.
  • Pendahuluan, berisi pembahasan awal mendasar tentang sebuah topik. Bagian pendahuluan atau pembukaan bisa dibuat menjadi artikel deduktif, yakni menjelaskan pembahasan umum terlebih dahulu, baru menuju ke penjelasan khusus. Atau sebaliknya, menjadi artikel induktif di mana awal paragraf langsung berisi pembahasan secara khusus.
  • Leher artikel, disebut juga bridge atau jembatan. Memiliki fungsi menyambungkan bagian awal pendahuluan dengan isi dari artikel. Letak struktur artikel bagian leher berada persis setelah pendahuluan.
  • Isi artikel, berisi pembahasan mendalam dari sebuah topik. Pembahasannya disusun lebih detail dan lengkap sesuai kebutuhan pembaca serta tidak boleh keluar dari topik utama.
  • Penutup, biasa disebut juga bagian kesimpulan. Bagian ini berisi kesimpulan atau rangkuman dari inti artikel. Terletak pada paragraf paling bawah dari artikel.

Struktur artikel di atas bisa diterapkan pada jenis artikel apa saja, termasuk untuk keperluan blog. Jika Sedulur ingin menulis artikel di blog, tinggal cari kata kunci paling relevan dan sesuai SEO, lalu masukkan ke dalam pembahasan artikel. Cara ini akan membuat artikel yang Sedulur buat memiliki kemungkinan lebih besar untuk muncul dalam mesin pencari.

BACA JUGA: 10 Lomba Menulis Blog Gratis Hadiah Jutaan Terbaru 2022

Panjang struktur artikel

Unsplash

Tulisan berjumlah 500 kata sebenarnya sudah cukup untuk dipakai sebagai konten artikel. Hanya saja, pembahasannya mungkin kurang mendalam. Idealnya, artikel memiliki jumlah tulisan berjumlah 800—1.500 kata. Jumlah artikel tersebut dapat dipublikasikan di media mana pun, baik cetak maupun online.

Penulisan dan susunan judul artikel yang baik contohnya di Google memiliki jumlah kata yang panjang. Hal ini dinilai bisa mendapatkan penelusuran organik lebih baik daripada konten artikel yang pendek. Sedulur bisa membuat artikel dengan panjang kata 1.500 untuk mendapatkan struktur artikel yang baik serta pembahasannya lebih rinci.

Contoh artikel

struktur artikel
Unsplash

Artikel yang benar setidaknya memuat bagian judul, pembuka, isi, dan penutup. Berikut ini contoh artikel singkat yang bisa menjadi referensi Sedulur.

Bunga Mawar Serbaguna

Bunga mawar menjadi simbol dari rasa cinta dan kehangatan. Seseorang yang memperoleh bunga mawar yang indah pasti akan merasa begitu hangat. Ketulusan yang diberikan seolah tergambarkan pada bunga berwarna merah yang harum ini.

Namun, ternyata bunga mawar banyak dipakai di industri kecantikan. Minyak yang terdapat dalam bunga mawar dapat membuat kulit tetap sehat dan glowing. Bukan hanya itu, wangi dari bunga mawar yang eksotis juga banyak dipakai oleh perusahaan parfum di dunia. Bunga mawar juga dibuat minuman menyehatkan dengan aroma khas.

Itulah manfaat dari bunga mawar yang bisa kita temui di kehidupan sehari-hari. Tuhan memang menciptakan sesuatu dengan manfaat, bukan dengan kesia-siaan. Begitu pula dengan bunga mawar yang cantik ini.

Bagaimana, Sedulur sudah lebih paham mengenai struktur artikel dan jenis-jenisnya? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Sedulur tentang kepenulisan, ya. Setelah memahami konsep artikel, kini saatnya Sedulur mengasah kreativitas dengan mulai menulis artikel sendiri. Bisa dimulai dari menulis di blog, lho. Selamat mencoba!

Oh iya, Sedulur bisa pula mengembangkan blog pribadi dengan mengikuti lomba blog. Salah satu lomba blog yang bisa diikuti adalah Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan. Kontes ini diselenggarakan spesial oleh Aplikasi Super pada 4 April—5 Juni 2022. Terbuka untuk umum serta GRATIS. Mengangkat tema pahlawan, di sini Sedulur bisa menulis sosok pahlawan di sekitar sesuai versi terbaikmu.

Jika tulisan yang telah dibuat terpilih sebagai pemenang, Sedulur bakal mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Enggak cuma itu saja, menariknya yang membedakan kontes blog ini dengan lomba lainnya adalah, Super akan bantu mewujudkan impianmu terhadap sosok ‘pahlawan’ yang diangkat dalam tulisan. Menarik banget, ‘kan? Daripada penasaran, silakan cek infonya di sini.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.