creator studio

Dalam penggunaan social media and digital marketing untuk menjalankan bisnis, terdapat banyak sekali cara yang dapat Sedulur explore. Dari sekian banyak cara yang ada, salah satu yang paling menarik adalah dengan menggunakan bantuan Facebook Creator Studio.

Namun ternyata, saat ini masih banyak yang belum bisa membedakannya dengan YouTube Creator Studio. Padahal, kedua tools tersebut jelas berbeda.  Ini merupakan fitur baru Facebook, khusus bagi para marketer dalam menerbitkan konten dan juga iklan secara gratis di Facebook ataupun Instagram.

Tidak hanya menerbitkan saja, namun Sedulur juga bisa mengelola konten dan iklan di kedua sosial media tersebut. Nah, bagi Sedulur yang merasa penasaran dengan tools baru Facebook ini, langsung saja simak informasi sebagai berikut.

BACA JUGA: 5 Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen & Aman

Apa Itu Facebook Creator Studio?

creator studio
Pexels

Facebook Creator Studio merupakan sebuah fitur yang dibuat oleh Facebook dan pertama diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Menurut Later, ide awal pembuatan fitur yang satu ini berasal dari aplikasi Facebook Creator.

Aplikasi yang satu ini ditujukan bagi para content creator agar dapat mengelola halamannya di Facebook dengan lebih mudah. Bagi Sedulur yang belum tahu, content creator adalah profesi atau orang yang membuat konten di berbagai platform, termasuk Facebook.

Kemudian pada bulan Agustus 2019, Facebook secara resmi mengumumkan Creator Studio, yakni semacam tool manajemen konten khusus bagi para pengguna Facebook.

Namun, beberapa bulan kemudian tepatnya pada Desember, Facebook turut menambahkan fitur baru, yakni Instagram Creator Account. Dengan adanya fitur yang satu ini, maka Sedulur tidak hanya mempunyai kemampuan untuk mengatur konten dalam Facebook, namun juga di Instagram.

Manfaat Fitur Facebook Creator Studio

creator studio
Pexels

Bagi para social media marketer, Creator Studio Instagram dan Facebook ini sangat dibutuhkan. Hal ini karena kini, Facebook dan Instagram menjadi dua media sosial terbesar dengan pengguna aktif yang paling banyak.

Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan dalam Creator Studio ini. Misalnya saja seperti melihat analitik, mengatur post, hingga monetisasi pada konten di Facebook dan Instagram. Untuk saat ini, Sedulur hanya bisa mengakses tool Creator Studio melalui desktop saja.

Fitur Facebook Creator Studio

creator studio
Pexels

Menurut Adobe Spark, social media management tool yang satu ini mempunyai banyak fitur yang sangat bermanfaat. Nah, di bawah ini ada beberapa fitur utama yang harus Sedulur pahami agar bisa menggunakan Creator Studio dengan baik.

  1. Content library

Dalam fitur content library, Sedulur dapat mengkategorikan konten berdasarkan tipenya. Dengan ini, maka Sedulur bisa lebih mudah mengetahui tipe konten apa saja yang pernah di-post maupun yang sudah dijadwalkan untuk di-upload.

  1. Insights

Dalam social media marketing, mengetahui apakah yang telah dilakukan itu sangat penting, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan juga sesuai dengan ekspektasi. Nah, hal ini dapat Sedulur ketahui melalui fitur insights.

  1. Monetization

Dalam tab Creator Studio Facebook monetisasi atau monetiztion, Sedulur bisa tahu apa saja syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapat penghasilan dari halaman Facebook. Jika sudah disetujui dan bisa mendapatkan uang, maka semua hal yang dibutuhkan terkait monetisasi dapat diakses melalui tab ini.

  1. Live dashboard

Livestream merupakan salah satu strategi marketing yang belakangan ini semakin disukai oleh audiens. Maka dari itu, disematkan lah fitur live dashboard yang dapat Sedulur gunakan untuk mengelola siaran secara langsung maupun tidak.

  1. Sound collection

Dalam pembuatan konten, musik menjadi salah satu aspek yang penting. Nah, Creator Studio ini telah menyediakan koleksi berbagai musik yang dapat Sedulur download dan gunakan secara bebas copyright untuk konten yang dibuat di Facebook dan Instagram Sedulur.

  1. Inbox

Meningkatkan engagement dengan audiens adalah hal yang wajib dilakukan oleh para konten creator. Untuk itu, terdapat fitur inbox yang mengintegrasikan kotak masuk Instagram dan Facebook Messenger. Selain pesan, inbox juga dapat digunakan untuk mengelola komentar pada kedua platform tersebut.

  1. Rights manager

Copyright menjadi persoalan yang serius dalam pembuatan konten. Nah, rights manager ini adalah fitur yang dapat mendeteksi adanya konten yang mirip secara otomatis. Jika hak ciptanya sudah bisa dipastikan, maka Sedulur dapat mengambil tindakan pada konten tersebut.

  1. Instagram Content Management

Fitur ini akan memberi Sedulur akses untuk mengelola platform Instagram. Sedulur akan diizinkan untuk melakukan cross-posting secara langsung ke IGTV, serta memantau pesan dan juga segala metrik penting dalam analitik Instagram.

BACA JUGA: 6 Cara Download Video Facebook Kualitas HD Lewat Hp & Web

Cara mengakses Facebook Creator Studio

Unsplash

Setelah tahu fitur-fitur yang dimiliki, berikut ini ada cara untuk Creator studio Facebook login yang bisa Sedulur ikuti.

  1. Langkah pertama, buka web browser.
  2. Kunjungi alamat business.facebook.com/creatorstudio.
  3. Kemudian, klik pada opsi Creator Studio login agar dapat terhubung secara langsung dengan akun Facebook yang Sedulur miliki.
  4. Setelah itu, ikuti sesuai instruksi yang diberikan.

Nah, sekarang Facebook Creator Studio sudah menjadi tool atau asisten Sedulur pada saat mengelola media sosial. Jadi pekerjaan Sedulur akan terasa jauh lebih ringan.

Mengelola Facebook di Creator Studio

Unsplash

Pada tab Content Library, Sedulur akan melihat gambaran umum tentang semua foto, video, tautan, dan juga tulisan teks pada Halaman Facebook yang telah difilter. Sedulur juga bisa mengambil tindakan pada setiap posting-an, seperti mengedit, menghapus, atau meningkatkan.

Berikut penjelasan alat-alat yang ada di bagian Content Library:

  • Posting

Sedulur bisa melihat ikhtisar semua posting dari halaman yang telah dipilih di bagian Posting.

  • Filter

Sedulur dapat mempersempit pencarian hanya dengan jenis tulisan tertentu, dengan klik pada jenis Posting lalu memilih Foto, Video, Tautan, atau Teks.

  • Tindakan

Sedulur bisa mengambil tindakan pada posting dengan mencentang kotak di sebelah kiri item.

  • Wawasan

Sedulur dapat mendapatkan wawasan mengenai kinerja posting tertentu dari Content Library.

Mengelola Instagram di Creator Studio

Unsplash

Creator Studio Instagram dapat diintegrasikan serta dimanfaatkan dengan baik. Perlu untuk Sedulur tahu, Instagram juga menyediakan halaman Content Library untuk informasi yang berkaitan dengan semua konten di Instagram,

Selain itu, tools ini juga menyediakan berbagai insight yang dapat dimaksimalkan untuk menganalisa konten yang telah Sedulur rilis. Fitur lain yang tidak kalah keren, adalah penjadwalan untuk posting-an di Instagram.

Dengan fitur tersebut, maka Sedulur bisa membuat jadwal terkait dengan konten yang akan di-posting. Jadi Sedulur tidak perlu repot untuk mengingat-ingat dan meng-upload konten sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

BACA JUGA: Apa Itu Facebook Lite & Bagaimana Cara Downloadnya, Lengkap

Berbagai manfaat yang diberikan oleh Facebook Creator Studio ini, membuat para content creator mulai banyak yang menggunakannya. Mereka mengaku, tools yang satu ini benar-benar membuat pekerjaan mereka terasa jauh lebih ringan.

Bahkan khusus untuk content creator gaming, Tersedia juga tools Creator Studio Facebook gaming yang tidak kalah menarik. Jadi tunggu apa lagi, langsung saja manfaatkan alat ini untuk menjadi content creator sejati!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.