Bikin body email mudah

Masih banyak orang yang belum memahami cara menulis body email lamaran kerja yang baik dan benar. Padahal, penulisannya bisa mempengaruhi penilaian HRD kepada para pelamarnya. Ada pula pelamar yang tidak menyertakannya saat mengirim email, jadi hanya mengunggah CV saja.

Selain menyiapkan CV yang baik, tentunya body email lamaran kerja harus diisi juga dengan format yang baik. Jika masih bingung bagaimana caranya, coba perhatikan beberapa contoh penulisannya berikut ini, ya. 

BACA JUGA: 6 Cara Membuat Tanda Tangan Digital, Kerja Mudah dan Cepat

Pengertian body email

body email lamaran kerja
Unsplash

Sebelum membahas lebih lanjut tentang contoh penulisannya, ada baiknya mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Body email adalah kalimat perkenalan yang ditulis pada halaman awal email sebagai sebuah perantara. Selain itu, penulisannya juga merupakan sebuah penjelasan singkat mengenai diri sendiri ketika sedang melamar kerja.

Umumnya, penulisannya tidak terlalu panjang, hanya sekitar 200 kata saja. Apabila ingin menjelaskan dan mengenalkan diri sendiri dengan kalimat yang lebih panjang, disarankan untuk menuliskannya pada surat lamaran. Surat lamaran sendiri tercantum pada bagian file attachment surel.

Mengapa body email itu penting?

body email lamaran kerja
Unsplash

Terkadang, para recruiter terlalu sibuk untuk melakukan penyisiran dokumen. Hal ini terjadi karena terdapat banyak lamaran yang masuk. Jadi, bisa diibaratkan mencari jarum di tumpukan jerami. Maka, penulisan body email lamaran kerja itu diperlukan. Apabila seorang pelamar mengosongkannya begitu saja, maka bisa jadi akan kehilangan sebuah kesempatan berharga agar file bisa dilirik oleh para recruiter.

Jika bisa menuliskannya dengan benar dan baik, maka perhatian recruiter bisa tertarik dari sekian banyaknya pemohon. Dengan menggunakan tata penulisan yang benar juga bisa membuat kesan bahwa Sedulur merupakan pribadi yang profesional dan berakhlak baik.

1. Cara menulis body email yang baik dan benar : Mengisi Subject Line 

body email lamaran kerja
Unsplash

Menulis isi surel yang baik sama pentingnya dengan resume atau CV. Jadi, jangan berfokus pada resume atau SV saja. Maka dari itu, jangan lupa untuk memperhatikan cara menulisnya dengan benar. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi subject line. 

Subject Line atau baris subjek berfungsi untuk memberitahu penerima apa saja yang terdapat pada surel yang Sedulur kirimkan. Hal ini sangat menentukan apakah recruiter akan membuka surel dengan nama Sedulur atau malah sebaliknya.

Dalam penulisan isi body email lamaran kerja fresh graduate atau berpengalaman pada baris subjek, usahakan untuk menulisnya dengan kalimat yang pendek dan langsung ke inti supaya tidak membingungkan penerima. Untuk mempermudah penerima menyaringnya, gunakan pernyataan seperti “Job Application – Copywriter – Fatah”.

BACA JUGA: 15 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja yang Menjebak

2. Awali dengan salam pembuka dan menulis posisi yang dilamar

body email lamaran kerja
Unsplash

Dalam menulis sebuah pesan dan surat, salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah salam pembuka. Untuk penulisannya, Sedulur bisa menggunakan kalimat “Yang Terhormat” dan diikuti dengan nama lengkap perusahaan atau instansi yang dituju. 

Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat dan membuat surel yang akan dikirim menjadi terlihat profesional. Sertakan pula pernyataan yang berkaitan dengan bidang yang dilamar pada bagian bawah salam. 

Contoh body email untuk kirim cv pada salam pembuka ini adalah “Saya mendapatkan lowongan pekerjaan dengan posisi Data Analyst ini dari akun instagram @lokerjogja pada tanggal 24 Februari 2022”. 

Contoh tersebut menjelaskan bahwa butuh penjelasan kapan dan bagaimana cara Sedulur dalam menemukan iklan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan pernyataan bahwa Sedulur tertarik pada bidang atau posisi tersebut. 

3. Deskripsikan diri sebagai kandidat yang ideal

Unsplash

Selanjutnya adalah dengan mendeskripsikan diri sebagai kandidat yang ideal untuk perusahaan atau instansi. Meskipun body email lamaran kerja singkat, namun usahakan untuk bisa menyoroti kualifikasi serta keterampilan non teknis dan teknis yang paling relevan.

Selain itu, usahakan juga untuk bisa diterapkan pada bidang yang dimaksud. Jelaskan secara singkat mengenai pengalaman sebelumnya atau latar belakang pendidikan Sedulur. Ini bisa menjadikan Sedulur kandidat yang relevan dan baik untuk peran itu. Contoh kalimatnya adalah “Saya adalah seorang sosial media spesialis dengan pengalaman lebih dari tiga tahun bekerja pada bidang pemasaran dan digital.” 

4. Memberikan closing statement

Unsplash

Memberikan pernyataan penutup harus ditempatkan pada baris tersendiri. Tepatnya, pernyataan ini berada pada bawah kalimat terakhir dari bagian inti pesan body email lamaran kerja. Pernyataan ini harus berisi ungkapan antusiasme untuk bisa mendiskusikan lebih lanjut mengenai posisi pekerjaan dengan penerima, misalnya adalah “Saya berharap bisa mendengar kabar dari Anda sesegera mungkin.”

Kemudian, lanjutkan dengan pernyataan penutup serta salam penutupnya seperti “Hormat Saya”. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas ketersediaan HRD dalam membaca surel berisi lamaran dan sudah mempertimbangkan Sedulur. 

BACA JUGA: Kerja Work From Home Apa Bedanya dengan Remote Working

5. Cantumkan contact details 

Unsplash

Pada bagian bawah closing statement, sertakan pula nomor telepon, lokasi umum tempat tinggal, serta alamat surel. Gunanya adalah untuk memudahkan HRD dalam menghubungi pengirim. Hal inilah yang merupakan perbedaan body email dan cover letter. Pada bagian ini juga, bisa disisipkan tautan situs atau halaman profesional yang dimiliki Sedulur apabila ada.

Contoh body email lamaran kerja

Unsplash

Body email lamaran kerja contohnya bisa dilihat dari ulasan berikut ini:

a. Untuk fresh graduate

Kepada HRD PT. Travel Sejahtera Sentosa,

Terima kasih telah menyempatkan waktunya. Perkenalkan nama saya Muhammad Fatah, Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Tadika Mesra. Saya melihat lowongan di Glints dan tertarik untuk melamar pada posisi Penulis Konten di perusahaan Anda.

Saya memiliki beberapa pengalaman sebagai jurnalis di berbagai media online dan pernah melakukan magang di e-commerce. Dalam pengalaman sebelumnya di bayu.app, saya bertanggung jawab untuk menulis berita tentang resep makanan tradisional di Indonesia. Dengan pengalaman tersebut saya yakin dapat memberikan kontribusi terbaik dalam bidang menulis berita hingga konten marketing.

Ada penjelasan lebih tentang diri saya di CV yang telah saya lampirkan dalam email ini. Terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Fatah.

b. Untuk berpengalaman

Apabila sudah pernah bekerja selama beberapa tahun dan sedang mencari pekerjaan baru pada perusahaan atau instansi lain, maka berikut adalah contoh body email lamaran kerja dengan pengalaman di bawah ini. 

Subject line: Job Application – Pemandu Wisata – Kumala Sari

Yang terhormat, 

HRD PT. Tiga Candi

Perkenalkan, saya Kumala Sari. Saya menemukan informasi lowongan pekerjaan sebagai Pemandu Wisata di Linkedin PT. Tiga Candi. Oleh karena itu, saya tertarik dan mengirim email ini dengan maksud untuk melamar pada posisi tersebut. 

Saya memiliki background yang kuat di bidang pariwisata dengan gelar Sarjana Kepariwisataan dari Boston University. Sebelumnya, saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Pemandu Wisata selama 2 tahun. Selama menjadi Pemandu Wisata, saya telah memandu turis di berbagai tempat. Selain itu, saya juga memiliki pemahaman yang baik mengenai Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Perancis.

Bersama email ini, saya lampirkan CV dan portofolio yang bisa Bapak/Ibu jadikan pertimbangan. Terima kasih atas waktunya untuk membaca email ini dan mempertimbangkan saya untuk menjadi Pemandu Wisata di PT Tiga Candi. 

Hormat saya, 

Kumala Sari

0812 2123 1908.

Yogyakarta 

kumala@gmail.com

c. Contoh body email lamaran kerja english

Apabila Sedulur ingin terlihat lebih profesional dalam menulis body email lamaran kerja, maka salah satu langkah yang bisa dicoba adalah menulisnya dengan bahasa inggris. Selain membuatnya terlihat profesional, ini juga bisa menjadikan surat menjadi sebuah poin plus bagi seseorang. Berikut adalah contohnya yang bisa Sedulur gunakan.

Dear Human Resource Manager of  PT Makmur Sejahtera Sentosa,

Thank you for setting aside your time to read this email. My name is Risky Kejora, Bachelor’s Degree in Communication Management from Universitas Hayam Wuruk. I saw the vacancy at Linkedin and I am interested in applying for a Marketing Communication position at your company.

I have several experiences as Marketing Communication in various industries such as textiles, food, and automotive. My previous experience was at PT Perkasa Kekal Abadi. I was responsible for collaborating with various sectors as well as running promotional events at various automotive exhibitions in Indonesia. With this experience, I am sure that I can give my best contribution to PT Makmur Sejahtera Sentosa.

There is more depth of me on my CV that I have attached to this email. Thank you. Have a great day.

Best regards,

Risky Kejora

Nah, itu dia berbagai informasi yang berkaitan dengan body email lamaran kerja, mulai dari pengertian sampai contoh penulisannya. Intinya, jelaskan dirimu sebaik mungkin serta alasan mengapa tertarik untuk bergabung pada perusahaan atau instansi terkait. Jangan lupa juga untuk menyertakan CV dan pendukung lainnya supaya bisa melihat apakah kualifikasi sesuai dengan posisi yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.