cara jualan online

Bisnis online memang mulai marak dijalankan akhir-akhir ini. Tak hanya para penjual yang sebelumnya sudah memiliki toko fisik saja yang bergabung, para pemula yang biasanya anak muda juga tertarik dalam bisnis ini. Oleh karenanya, kali ini akan dibahas cara jualan online yang bisa Sedulur pelajari sebagai pemula.

Ada banyak sekali produk yang bisa Sedulur jual secara online. Mulai dari pakaian, makanan, peralatan rumah tangga, hingga alat-alat elektronik. Asalkan dijalankan dengan tekun dan teliti, bisnis online bisa menjadi ladang uang yang sangat menjanjikan. Bahkan omzet yang diperoleh bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Penasaran bagaimana cara jualan online untuk pemula yang pasti laris manis? Simak ulasan di bawah ini, ya!

BACA JUGA: 20 Jenis Usaha Yang Jarang Diminati tapi Dibutuhkan, Coba Aja!

Cara jualan online untuk pemula

Berikut ini 9 cara jualan online untuk pemula yang bisa Sedulur terapkan.

1. Menentukan nama brand dan produk yang akan dijual 

cara jualan online
iStock

Langkah awal yang bisa Sedulur lakukan saat akan memulai berjualan secara online adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Setelah itu, tentukan juga nama brand agar pembeli bisa dengan mudah mengenali toko online milik Sedulur. 

Meskipun Sedulur bisa menjual semua produk melalui toko online, namun ada baiknya jika Sedulur hanya fokus pada satu kategori produk saja. Selain memudahkan untuk membangun citra brand yang Sedulur miliki, kategori yang lebih spesifik akan lebih cepat mendapatkan keuntungan.

Sedulur bisa memulai dengan produk yang banyak diminati maupun produk kebutuhan primer masyarakat. Bisa jadi berupa makanan, alat-alat rumah tangga, maupun sembako. Jangan sampai Sedulur menjual produk yang hanya populer sesaat, karena hal ini tidak akan bertahan lama. 

Sementara itu, dalam pemilihan nama brand, Sedulur bisa menggunakan nama yang sederhana dan mudah diingat pembeli. Hidari nama-nama yang sulit dalam penulisan maupun pembacaannya untuk menghindari kesalahan penulisan saat pembeli akan mencari toko online milik Sedulur. 

2. Menentukan “Unique Selling Point”

iStock

Setelah memiliki nama brand, saatnya Sedulur menentukan Unique Selling Point atau ciri khas yang dimiliki oleh produk yang Sedulur jual. Penggunaan Unique Selling Point atau USP ini akan membuat produk milik Sedulur menjadi lebih menarik daripada produk milik kompetitor.

USP ini bukan menjelaskan tentang semua kelebihan produk, melainkan hanya menonjolkan satu hal yang menjadi pembeda antara bisnis Sedulur dengan orang lain. USP ini juga akan menyasar target konsumen yang lebih spesifik sehingga lebih mudah dalam memasarkan produk. 

Beberapa contoh USP yang digunakan oleh brand yang sudah ada, misalnya: 

  • Domino’s Pizza: Pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 menit
  • FedEx: Jaminan Paket Sampai Dalam Semalam

Untuk menentukan USP, Sedulur bisa memulainya dengan menempatkan diri sebagai pelanggan dan mencari tahun motivasi pelanggan untuk membeli produk. Selanjutnya, buat perbandingan antara produk Sedulur dengan produk kompetitor dengan bahasa yang enak didengar dan mudah diingat. 

3. Buat website resmi toko

iStock

Selanjutnya adalah membuat website resmi toko online yang Sedulur miliki. Dengan website ini, Sedulur akan lebih mudah dalam melakukan transaksi dengan pelanggan dan menjadi komunikasi yang lebih intens bersama mereka. Keberadaan website ini juga akan membuat bisnis online miliki Sedulur lebih profesional dan memiliki kredibilitas.

Mengapa website resmi toko sangat penting? Sebab beberapa pelanggan biasanya cenderung tidak mempercayai produk maupun layanan dari sebuah bisnis jika mereka tidak dapat ditemukan di internet. Dengan demikian, memiliki website toko resmi akan memberikan jaminan kepada pelanggan agar mereka mau mempercayai produk yang Sedulur jual. 

Selain memiliki website resmi, Sedulur juga harus menguruskan agar memiliki tampilan yang baik. Sebab penampilan website ini juga menjadi bahan pertimbangan pelanggan untuk berbelanja secara online. Website yang menarik juga akan membuat jangkauan pasar menjadi lebih luas.  

BACA JUGA: 7 Usaha yang Menghasilkan Uang Hingga Jutaan Setiap Hari

4. Berjualan di E Commerce atau Marketplace 

cara jualan online
iStock

Selain melakukan transaksi melalui website resmi pribadi, Sedulur juga bisa ikut bergabung ke dalam e-commerce atau marketplace. Cara jualan online yang satu ini dinilai lebih banyak menarik pelanggan karena di zaman sekarang banyak orang yang cenderung memilih belanja di marketplace. Hal ini karena berbagai kemudahan yang ditawarkan, seperti pilihan produk yang beragam, harga yang lebih murah, dan gratis ongkir atau pengiriman.

Beberapa tips dalam berjualan di e-commerce atau marketplace, antara lain:

  • Memilih distributor terpercaya yang memiliki harga bersaing. Hal ini penting dilakukan agar keuntungan yang didapatkan semakin besar. Keuntungan yang besar ini nantinya akan dibagi dengan biaya aplikasi atau biaya admin sehingga Sedulur bisa menyiasatinya dengan memilih distributor dengan harga yang lebih murah.
  • Jual dengan harga yang bersaing. Para pelanggan umumnya akan memilih toko yang menyediakan produk kebutuhannya dengan harga yang lebih murah. Untuk itu, Sedulur bisa menurunkan harga produk sekitar Rp500 – Rp1000 dari harga milik kompetitor.
  • Tambahkan testimoni pelanggan. Selain deskripsi produk yang jelas, tampilan gambar dan video produk juga harus diperhatikan. Selain itu, testimoni dari pelanggan terdahulu juga akan membuat calon pembeli baru tertarik.
  • Berikan layanan terbaik, misalnya membalas chat dengan cepat dan ramah, atau mengemas produk dengan rapi dan aman.
  • Ikut kampanye bulanan yang dilaksanakan marketplace, seperti promo diskon dan flash sale di tanggal kembar setiap bulannya.  

5. Menerapkan strategi marketing “Word of Mouth”

iStock

Berikutnya adalah menerapkan strategi marketing Word of mouth, yakni strategi pemasaran dengan menciptakan kondisi dimana produk atau brand mulai dibicarakan oleh banyak orang. Strategi ini tidak hanya meningkatkan popularitas brand, namun juga berpengaruh pada peningkatan penjualan, kepercayaan konsumen, dan lebih menghemat biaya iklan.

Sedulur bisa memulainya dengan mempromosikan produk kepada orang-orang terdekat, baik keluarga besar, teman sekolah, dan rekan kerja. Jika dirasa sudah mulai banyak peminat, menggunakan jasa influencer dengan cara endorse juga bisa Sedulur lakukan. 

6. Aktif berjualan di media sosial

cara jualan online
iStock

Selain berjualan di marketplace, Sedulur juga perlu aktif berjualan di media sosial lainnya. Sebab, banyak pengguna media sosial yang juga memanfaatkan fitur belanja yang tersedia. Beberapa media sosial yang bisa Sedulur gunakan adalah TikTok, Instagram, Facebook, dan Twitter. 

BACA JUGA: 12 Franchise Minimarket yang Menguntungkan Beserta Modalnya

7. Menerapkan strategi “Content Marketing”

iStock

Strategi marketing lain yang perlu Sedulur lakukan adalah Content Marketing, atau strategi pemasaran yang berfokus pada produksi dan publikasi konten. Bukan sekadar konten biasa, Sedulur harus membuat konten yang menarik perhatian dan tentunya relevan dengan target pasar.

Sedulur bisa menggunakan teknik copywriting yang baik dan tepat dalam mendukung konten-konten tersebut, Misalnya menggunakan teknik AIDA dan PAS. Konten yang dibuat juga akan membuat komunikasi toko dan pelanggan semakin erat.  

8. Melakukan promosi produk

iStock

Bila sudah ada budget yang cukup, Sedulur bisa mulai melakukan promosi produk secara profesional. Cara ini dapat menyesuaikan kebutuhan pengiklan dan target yang ingin dicapai dengan bantuan mesin pintar. Misalnya menggunakan Misalnya Google Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

Nantinya, Iklan yang Sedulur pasang akan ditampilkan sesuai dengan segmentasi pasar dan target audiens yang lebih advanced. Misalnya pada interest targeting, connection/behavior targeting, custom targeting, dan lookalike targeting.

9. Buat toko mudah dijangkau

cara jualan online
iStock

Langkah terakhir, Sedulur bisa membuat toko online yang Sedulur miliki lebih mudah dijangkau pelanggan. Cara ini dilakukan agar nama toko bisa lebih mudah ditemukan pada pencarian Google. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri ke Google Search Console maupun menggunakan Google My Business.

Gunakan GSC untuk mengoptimalkan website bisnis sehingga lebih mudah muncul pada pencarian Google. Sedulur akan mengetahui seberapa banyak orang yang mengunjungi dan mengklik, bahkan juga bisa menganalisa perangkat apa yang mereka gunakan ketika mengakses website.

Sementara pada Google My Business, pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi toko. Mulai dari produk yang dijual, alamat dan jam buka, serta menu atau pertanyaan penting lainnya. Sedulur bisa menganalisis karakter pelanggan dan bisa berkomunikasi secara langsung melalui fitur rating dan komentar.

BACA JUGA: Biaya Franchise Teh Poci Beserta Syarat dan Cara Daftarnya

Ide jualan online untuk pemula

Setelah mengetahui cara jualan online di atas, kini saatnya Sedulur menentukan produk apa yang akan Sedulur jual. Pemilihan produk ini menjadi bagian awal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis online kedepannya.

1. Makanan

iStock

Ide produk yang pertama adalah makanan. Produk ini tidak akan pernah sepi peminat karena manusia tentunya membutuhkan makanan setiap harinya. Sedulur bisa menjual aneka makanan berat seperti nasi kebuli, rice bowl, atau nasi goreng, ataupun menjual makanan ringan seperti seblak, kentang goreng, dan kue kering.

Selain makanan basah yang harus cepat dihabiskan, Sedulur juga bisa menjual frozen food dan makanan dalam kemasan yang memiliki daya tahan lebih lama. Bila ingin jenis makanan yang lain, produk makanan kucing dan ikan juga cukup ramai peminatnya.

2. Pakaian

iStock

Selain makanan, kebutuhan dasar manusia yang lain adalah pakaian. Bisnis pakaian online ini sudah terbukti laris manis sejak sepuluh tahun terakhir. Sedulur hanya perlu memutuskan untuk menjual pakaian wanita atau pakaian laki-laki, pakaian dewasa, remaja, atau anak-anak, dan pakaian muslim atau umum.

Segmen pasar yang lebih spesifik akan membuat Sedulur lebih fokus pada bisnis yang dijalankan. Selain itu, Sedulur juga bisa semakin mengeksplorasi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan lebih banyak model pakaian untuk mereka.

3. Aksesori wanita

cara jualan online
iStock

Selain pakaian, para wanita biasanya juga akan menggunakan berbagai aksesori lainnya. Mulai dari tas, kacamata, sepatu, kaos kaki, gelang, kalung, hingga jilbab untuk para Muslim. Sedulur bisa memilih salah satu dari pilihan tersebut dan fokus pada berbagai model yang sedang trend. Misalnya pada jilbab, Sedulur bisa coba menjual pashmina, bergo, jilbab sports, ataupun jilbab segiempat biasa.

BACA JUGA: 12 Ide Bisnis Pelajar Modal 10K Paling Menguntungkan di 2023

4. Gadget

cara jualan online
iStock

Gadget juga menjadi ide jualan online yang ramai peminat. Meskipun secara fisik Sedulur tidak memiliki konter HP, namun produk ini tetap bisa Sedulur jual melalui toko online. Sedulur bisa menggunakan website untuk lebih menarik minat dan kepercayaan pelanggan. Beberapa gadget yang ramai di pasaran, diantaranya HP, laptop, dan tab.

5. Produk perawatan diri

iStock

Produk perawatan diri juga bisa menjadi ide jualan online yang sangat menjanjikan. Produk yang identik dengan wanita ini menjadi salah satu jenis usaha yang memiliki segmen pasar sangat besar di Indonesia. Bahkan tak hanya para wanita, produk-produk ini juga bisa digunakan oleh para pria.

Beberapa produk perawatan diri yang bisa Sedulur jual adalah sabun mandi, shampoo, body lotion, moisturizer, bedak, lipstik, serum, dan aneka jenis make up. Selain itu, berbagai jenis parfum juga bisa masuk dalam kategori ini. 

6. Alat elektronik

iStock

Bukan hanya gadget, alat elektronik juga memiliki banyak peminat di pasar online. Mulai dari yang berukuran kecil hingga besar, semuanya bisa Sedulur jual dengan mudah. Namun sebagai pemula, Sedulur bisa menjual alat elektronik berukuran kecil terlebih dahulu, misalnya mixer, blender, mouse, headset, panci listrik, ataupun kipas angin mini.

BACA JUGA: 25 Usaha Rumahan Modal 10 Ribu yang Menjanjikan

7. Sembako

cara jualan online
iStock

Ide jualan online yang terakhir adalah sembako dan bumbu dapur serta kebutuhan memasak lainnya. Meskipun Sedulur belum memiliki toko kelontong, namun tidak ada salahnya untuk menjual produk-produk sembako secara online. Hal ini karena kategori sembako merupakan bagian dari kebutuhan dasar setiap manusia sehingga pangsa pasarnya sangat besar.

Sedulur bisa mulai menjual beras, minyak goreng, aneka tepung, gula, telur, susu, hingga aneka bumbu dapur lainnya. Selain itu, Sedulur juga bisa melengkapinya dengan berbagai snack serta makanan dan minuman ringan yang banyak disukai anak-anak.

Nah, agar jualan sembako Sedulur bisa semakin untung, Sedulur bisa kulakan produk-produk yang akan dijual kembali tersebut melalui Aplikasi Super. Tak hanya disuguhkan dengan pilihan produk yang lengkap, Sedulur juga akan mendapatkan harga terbaik dengan berbagai diskon dan cashback menarik.

Sedulur juga bisa mendapatkan harga grosir dan voucher gratis ongkir dalam setiap transaksi yang dilakukan. Lebih dari itu, barang pesanan Sedulur juga akan dikirimkan sehari setelahnya sampai ke depan rumah masing-masing. Sangat praktis, bukan?

Nah, bila hasil jualan online ini sudah cukup banyak, Sedulur juga bisa mulai membuka toko kelontong di rumah untuk menjual barang-barang kepada masyarakat sekitar. Jangan lupa untuk tetap menggunakan Aplikasi Super saat kulakan agar keuntungan yang Sedulur dapatkan semakin melimpah. Download sekarang di Google PlayStore, ya!