bisnis pelajar modal 10k

Sedulur yang masih pelajar tentu belum memiliki beban keuangan, bahkan untuk kebutuhan pun masih dipenuhi oleh orangtua. Tapi kadang uang jajan yang diberi orangtuan tidak cukup untuk membeli berbagai kebutuhan, terutama kebutuhan untuk hobi dan kesenangan.

Jika begitu, kenapa tidak coba berbisnis untuk mendapatkan penghasilan sendiri? Ada banyak bisnis pelajar modal 10k yang bisa memberikan keuntungan super melimpah. Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa rekomendasi bisnis yang bisa dijalankan.

Terdapat beberapa rekomendasi bisnis pelajar modal 10k yang paling menguntungkan di tahun 2023 ini. Tanpa berlama-lama lagi, yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya

-->

1. Menulis artikel

binsin pelajar modal 10k
iStock

Bisnis yang aman untuk dijalankan oleh pelajar adalah bisnis yang bergerak di bidang jasa. Salah satu contohnya adalah dengan menulis artikel. Terutama bagi kamu yang memiliki hobi menulis, bisnis ini sangat menjanjikan dan bahkan bisa dijalankan tanpa modal sama sekali.

Modal menjalankan bisnis menulis artikel yaitu kemampuan menulis itu sendiri. Adapun modal yang dibutuhkan tidak akan lebih dari 10k. Banyak situs freelancer artikel yang membutuhkan banyak artikel, kamu bisa mencoba dari situs-situs tersebut.

Bisnis pelajar modal 10k ini lebih mudah lagi dijalankan jika kamu punya blog sendiri. Tidak ada salahnya untuk mulai memonetisasi blog pribadi, secara perlahan blog kamu akan memberikan penghasilan dari iklan yang tayang di blog.

2. Ilustrator

iStock

Rekomendasi bisnis pelajar modal 10k selanjutnya yaitu menjadi ilustrator. Bagi Sedulur yang hobi menggambar, kemampuan dan hobi kamu bisa dimanfaatkan untuk memberikan penghasilan. Menjalankan bisnis ini tidak akan membutuhkan modal besar.

Modal 10k cukup untuk menjalankan bisnis ini, dengan pensil, pena dan beberapa buku gambar sudah cukup menjalankan bisnis. Selanjutnya kamu tinggal publikasi karya-karya yang kamu miliki dan mulai menawarkan kemampuanmu kepada siapapun yang membutuhkannya.

3. Jual foto secara online

bisnis pelajar modal 10k
iStock

Bisnis pelajar modal 10k sangat mengguntungkan namun banyak yang mengabaikannya. Kamu yang punya hobi foto, kamu bisa jual foto-foto yang kamu miliki di situs foto online. Saat ini sudah banyak tersedia jasa situs penyedia gambar yang bisa kamu unduh secara gratis.

Salah satu situs yang bisa kamu coba untuk menjual foto-foto secara online yaitu Pexels, Shutterstock, Unsplash dan masih banyak lagi. Kamu tinggal upload foto-foto yang paling menarik dan paling bagus. Nantinya akan ada pemberitahuan jika fotomu ada yang membeli.

4. Menjadi influencer

iStock

Rekomendasi bisnis pelajar modal 10k selanjutnya yaitu dengan menjadi influencer. Pekerjaan  ini mungkin tidak asing lagi di kalangan pelajar dan mahasiswa yang aktif menggunakan media sosial. Menjadi seorang influencer media sosial memang tampak berpotensi memberikan penghasilan yang menjanjikan.

Jika kamu memiliki jumlah pengikut yang banyak di Instagram atau TikTok misalnya, tak ada salahnya Sedulur untuk mencoba menjadi seorang influencer dengan membuat konten yang menarik. Satu hal yang perlu kamu lakukan, yaitu dengan memantau apa saja yang sedang tren di media sosial, lalu manfaatkan momen tersebut untuk menambah engagement agar dapat memberikan penghasilan.

5. Menjadi streamer game

iStock

Menjadi gamer juga bisa jadi bisnis pelajar modal 10k yang menarik untuk dijalankan. Setiap pelajar pasti menjadikan bermain game sebagai salah satu hobi. Kenapa tidak memanfaatkan hobi untuk mendapatkan penghasilan.

Ditambah lagi, jika kemampuan kamu bermain game ternyata sangat baik. Kamu akan ditawarkan kontrak bermain game oleh platform streamer. Dari kontrak tersebut, kamu bisa mendapatkan penghasilan untuk uang jajan tambahan.

6. Menjadi podcaster

iStock

Selain influencer dan gamer, kamu juga bisa menjadi podcaster untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Saat ini, perkembangan podcast di Indonesia sangat pesat dan banyak yang sudah merasakan manfaatnya.

Sebagai pelajar, kamu bisa coba menjadi podcaster agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Platform seperti Spotify, Noise hingga Youtube bisa kamu manfaatkan untuk membuat konten podcast agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

7. Jasa cuci sepatu

iStock

Anak-anak SMA biasanya tidak ada waktu merawat sepatu mereka, namun di sisi lain seringkali para pelajar berlomba-lomba memiliki sepatu dengan model terbaru. Nah, hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis.

Kamu bisa menawarkan jasa cuci sepatu ke teman-temanmu. Kamu bisa tawarkan jasa ke temanmu yang tidak pernah mencuci sepatunya, sampaikan juga risiko yang didapatkan jika sepatu tidak dicuci secara rutin. 

Untuk tutorial mencuci sepatu yang baik, saat ini tersedia banyak tutorial yang bisa kamu baca di internet atau bahkan menyaksikan langsung di Youtube. Bahan dan perlengkap yang kamu butuhkan dijamin tidak sulit di dapat, modal yang dibutuhkan pun tidak besar.

8. Les Privat

iStock

Les privat adalah salah satu pilihan ide bisnis untuk pelajar yang baik. Sedulur yang duduk di bangku SMA bisa menjadi guru les privat untuk anak-anak SMP atau SD. Ketimbang menjual jasa joki tugas, akan lebih bermanfaat jika kamu menjadi guru les.

Dengan menjadi guru les, kamu juga akan terus dituntut untuk belajar. Kemampuan kamu dalam pelajaran terus terasah, kamu juga bisa mengasah kemampuan mengajar dan kamu akan mendapatkan bonus honor untuk jasa les yang kamu berikan. Lebih berkah dan bermanfaat.

9. Jualan pulsa

iStock

Salah satu bisnis pelajar modal 10k yang bisa kamu jalankan adalah dengan berjualan pulsa. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalankan bisnis ini. Terutama bagi kamu yang memiliki uang digital atau mobile banking. Kamu bisa memanfaatkannya dengan berjualan pulsa.

Kamu bisa menentukan tarif keuntungan di setiap pulsa yang kamu jual. Cara menjalankan bisnis ini sama seperti menjalankan bisnis jual pulsa pada umumnya. Ide bisnis ini bisa kamu jalankan sambil iseng. Tugas sekolah pun tidak akan terganggun dengan menjalankan bisnis ini. Dan yang lebih mudah lagi, kamu juga bisa berjualan pulsa dengan menggunakan Aplikasi Super. Sebab di sana ada berbagai pilihan untuk pembelian pulsa telepon ataupun pulsa listrik lho.

10. Jadi Dropshipper

iStock

Dropshipper adalah seseorang yang menjalankan bisnis dropship dengan menjual produk orang lain. Kamu hanya bertugas menjual barang-barang yang nantinya kamu akan mendapatkan komisi dan bonus jika menjual banyak produk.

Agar kamu bisa jadi dropshipper yang mendulang banyak keuntungan, kamu bisa memilih supplier yang menjual produk terkenal dan sedang tren. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan media sosial saat menjalankan bisnis ini. Media sosial sangat bermanfaat sebagai sarana promosi di era digital saat ini.

11. Jual jasa penerjemah

bisnis pelajar modal 10k
iStock

Sebagai media untuk melancarkan bahasa asing, kamu bisa mengasahnya dengan menawarkan jasa penerjemahan. Terutama untuk penerjemahan materi belajar atau materi tugas bahasa Inggris di sekolah. Bahkan, jika kemampuan menerjemahkan kamu bagus, kemampuanmu akan dilirik banyak orang.

Bukan hanya sesama teman di sekolah, bukan tidak mungkin kamu akan diminta untuk menerjemahkan tugas-tugas kakak-kakak mahasiswa. Tentu kesempatan menarik untuk menjalankan bisnis sambil mengembangkan dan mengasah bakat dan kemampuan.

12. Jual makanan dan camilan

iStock

Rekomendasi bisnis pelajar modal 10k terakhir yang bisa Sedulur coba yaitu dengan jual makanan dan camilan. Kamu tentu pernah ikut kepanitian untuk kegiatan sekolah ‘kan? Salah satu cara untuk mendapatkan dana adalah dengan menjual makanan dan camilan.

Nah, kamu bisa mencoba berjualan makanan dan camilan untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Banyak aneka makanan dan camilan yang bisa kamu pilih, mulai dari snack-snack kemasan hingga makanan ringan lainnya.

Agar kamu punya banyak pilihan, kamu bisa cek berbagai camilan dan aneka makanan di Aplikasi Super. Banyak diskon dan potongan harga yang ditawarkan Aplikasi Super, terutama jika kamu belanja dalam jumlah banyak. Tentu ini bisa bikin kamu lebih untung lagi.

Yuk, cek Aplikasi Super sekarang juga, kamu bisa langsung belanja berbagai kebutuhan untuk jualan. Jangan khawatir, kamu tidak butuh banyak modal untuk menjalankan bisnis ini, kok!

BACA JUGA: 25 Usaha Rumahan Modal 10 Ribu yang Menjanjikan

Tips bisnis untuk pelajar

iStock

Setelah mengetahui rekomendasi bisnis pelajar modal 10k di atas, kamu jangan sembarangan langsung menjalankan bisnis. Kamu harus pelajari beberapa tips agar bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan dengan lancar.

Menjalankan bisnis atau usaha penuh dengan risiko dan banyak tantangan yang harus dilalui, ditambah lagi risiko gagal yang akan dihadapi. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa simak tips yang ada di bawah ini:

1. Jangan ragu untuk memulai

Saat akan memulai bisnis, tentu kamu akan merasa ragu untuk memulainya. Keraguan tersebut tentu berawal dari ketakutan apakah kamu akan berhasil atau gagal dalam menjalankan bisnis. Kegagalan yang kamu alami merupakan hal yang wajar, karena kamu masih kurang pengalaman.

Hilangkan keraguan dan niatkan sepenuh hati dengan sungguh-sungguh. Niatkan bisnis sebagai jalan kamu untuk mendapatkan pengalaman, keuntungan adalah bonus. Sesungguhnya pengalaman adalah guru yang paling baik dalam memberikan pelajaran.

2. Alokasikan dana modal dengan bijak

Setelah kamu yakin dan bersungguh-sungguh untuk memulai bisnis, kamu harus mampu mengelola dana modal dengan bijak. Jangan sekali-kali menghamburkan modal untuk kebutuhan di luar bisnis atau untuk kebutuhan bisnis yang tidak begitu diperlukan. Amankan terlebih dahulu dana sebagai modal awal agar bisnis bisa berjalan.

3. Fokus jalankan bisnis

Saat memutuskan untuk memulai bisnis, artinya kamu telah berniat dan bersungguh-sungguh. Pertahankan niat dan kesungguhan tersebut agar kamu dapat tetap fokus menjalankan bisnis sehingga memberikan hasil yang maksimal.

Fokus menjalankan bisnis tanpa harus meninggalkan sekolah. Sehingga kamu dapat tetap seimbang dalam menjalankan bisnis dan menjalankan kewajibanmu untuk belajar di sekolah.

4. Jangan takut rugi

Tips terakhir yang perlu kamu ketahui yaitu kamu jangan takut rugi. Untung-rugi dalam bisnis adalah hal yang pasti. Pengalaman berbisnis akan membuat mentalmu semakin kuat, sekuat baja. Seiring berjalannya waktu, kamu juga tidak akan takut menghadapi segala tantangan, termasuk mengalami kerugian.

Rugi dalam berbisnis adalah hal yang wajar, setiap kerugian dan kegagal yang kamu alami bisa kamu jadikan pelajaran agar dapat lebih baik lagi ke depannya.

Nah itulah rekomendasi bisnis pelajar modal 10k yang bisa kamu coba, lumayan kamu bisa dapat uang jajan tambahan dengan berbisnis. Bukan hanya itu, kamu juga punya pengalaman bisnis yang bisa bikin mentalmu lebih kuat lagi menghadapi dunia kerja nantinya.

Jangan lupa juga cek Aplikasi Super, ya. Banyak barang menarik yang bisa jadi ide bisnis untuk dicoba. Bagi kamu yang belum download Aplikasi Super, kamu bisa segera download aplikasinya di Playstore ya.