usaha rumahan modal 10 ribu

Bagi Sedulur yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tentu menjalankan usaha atau bisnis sampingan merupakan hal yang menarik. Namun, memulai sebuah usaha tentu membutuhkan modal. Seringkali modal menjadi kendala usaha untuk memulai bisnis.

Namun tenang, Sedulur yang berniat membuka bisnis atau usaha tidak perlu khawatir. Ada banyak jenis usaha rumahan modal 10 ribu yang potensial dan menjanjikan. Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar rekomendasi usaha yang menjanjikan tersebut.

Sebelum masuk ke daftar usaha rumahan modal 10 ribu, tentu Sedulur harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari menjalankan usaha rumahan modal 10 ribu. Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Ide Bisnis Modal 100ribuan Yang Cuan!

-->

Kelebihan dan kekurangan usaha rumahan modal 10 ribu

Aplikasi Super

Sebelum membahas rekomendasi usaha rumahan modal 10 ribu, ada baiknya Sedulur mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari usaha rumahan dengan modal kecil ini yaitu sebagai berikut:

  • Mudah untuk diaplikasikan,
  • Modal ringan atau sedikit,
  • Dapat menghasilkan keuntungan setiap harinya,
  • Bersifat terus-menerus,
  • Dapat berkembang menjadi bisnis yang potensial.

Sementara itu, kekurangan dari bisnis ini yaitu:

  • Memiliki keuntungan yang tidak besar,
  • Bersifat sementara,
  • Sulit dijalankan jika tidak ditekuni dengan baik.

Tentu saja kekurangan di atas merupakan sebuah tantangan sekaligus risiko yang wajib Sedulur hadapi. Namun jika Sedulur bisa melalui semuanya, Sedulur bisa mendapatkan keuntungan dan penghasilan tambahan dari bisnis yang Sedulur jalankan.

Usaha rumahan modal 10 ribu: Usaha jasa

usaha rumahan modal 10 ribu
Blog Elo7

Pertama adalah daftar usaha rumahan modal 10 ribu yang bergerak di bidang jasa. Dengan modal 10 ribu, tentunya ada beberapa usaha rumahan yang bisa kita kerjakan, salah satunya dengan membuka beberapa jasa. Bahkan daftar usaha ini bisa dimulai dengan modal kurang dari 10 ribu.

Berikut ini daftar usahanya, yaitu:

1. Les private

Usaha rumahan modal 10 ribu pertama di bidang jasa yaitu dengan membuka les private. Sejak pandemi dan sekolah dialihkan di rumah, banyak orangtua yang memperhatikan pendidikan anaknya. Maka dari itu, banyak orangtua yang membutuhkan guru les private untuk anak-anaknya agar tetap bisa belajar dengan baik.

Bagi Sedulur yang memiliki keterampilan dalam suatu bidang ilmu dan biasa dalam mengajar, Sedulur bisa menjalankan bisnis satu ini. Bahkan untuk menjalankan bisnis ini, Sedulur tidak membutuhkan modal sama sekali, cukup dengan kemampuan dan keterampilan yang Sedulur miliki.

2. Jasa joki tugas

Selain les private, usaha rumahan modal 10 ribu yang bisa Sedulur jalankan di bidang jasa yaitu membuka joki tugas. Usaha joki tugas juga kerap dicari oleh kalangan para pelajar hingga mahasiswa. Bisnis satu ini berpotensi menguntungkan terutama bagi Sedulur yang memiliki banyak waktu.

Oleh karena itu, Sedulur dapat menawarkan jasa berikut kepada teman-teman, saudara-saudara, kerabat atau kenalan lainnya yang membutuhkan joki.

3. Jasa bersih-bersih rumah

Usaha rumahan modal 10 ribu lainnya yaitu dengan menawarkan jasa bersih-bersih rumah. Kesibukan membuat rumah seringkali terbengkalai dan jarang dibersihkan. Jasa bersih-bersih rumah hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut.

Sedulur bisa membuka jasa bersih-bersih dengan mempromosikan kepada orang-orang sekitar rumah Sedulur. Alat-alat kebersihan tentu wajib Sedulur sediakan sendiri atau menggunakan alat kebersihan yang dimiliki oleh pelanggan.

Bisnis jasa ini bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali, Sedulur hanya perlu menyiapkan tenaga dan ketelitian untuk membersihkan setiap sudut rumah yang kotor.

4. Jasa titip sayuran

Jastip atau bisnis jasa penitipan tentunya layak untuk Sedulur coba, sebab Sedulur tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Salah satunya adalah bisnis jasa titip sayuran.

Di pagi hari, ketika Sedulur melakukan rutinitas berbelanja ke pasar, Sedulur bisa menawarkan kepada lingkungan sekitar rumah untuk menawarkan jasa titip sayuran. Sedulur akan mendapatkan keuntungan yang mengalir setiap harinya.

5. Jasa jahit pakaian

Rekomendasi usaha rumahan modal 10 ribu yang bisa Sedulur jalankan yaitu usaha jasa jahit pakaian. Menjahit merupakan keterampilan khusus yang tidak semua orang memilikinya dan Sedulur cukup beruntung bila ternyata memiliki kemampuan dibidang tersebut.

Sedulur bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menerima jahitan dari orang-orang di sekitar rumah Sedulur, dari keluarga hingga teman-teman Sedulur. Sedulur hanya membutuhkan modal mesin jahit.

6. Jasa terjemahan

Banyak yang belum menyadari bahwa menjadi penerjemah merupakan salah satu bisnis rumahan di bidang jasa yang menarik untuk dijalankan. Karena, Sedulur bisa mendapatkan sejumlah uang dari honor penerjemahan yang dilakukan di rumah.

Jika jasa penerjemahan Sedulur banyak diminiati, Sedulur bisa mengembangkannya menjadi sebuah perusahaan atau berbentuk CV. Tentu, Sedulur harus terus mengasah kemampuan bahasa asing.

Sedulur bisa terus mengasah kemampuan tersebut dengan mengikuti les bahasa dan mengikuti berbagai workshop penerjemahan hingga kemampuan penerjemahan Sedulur menjadi semakin baik lain.

7. Jasa cuci sepatu

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis cuci sepatu mulai populer dikalangan remaja. Namun pengusaha yang memulai usaha ini masih tergolong sedikit, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi Sedulur untuk memulai usaha rumahan yang lagi trend satu ini dan mendapatkan keuntungan besar darinya.

Harga sepatu kini semakin mahal, meski merek lokal sekalipun. Dengan harga sepatu yang mahal, mereka tentu berhati-hati dalam merawatnya. Agar meminimalisir resiko kerusakan, pemilik sepatu biasanya lebih memilih jasa cuci sepatu yang profesional.

Memulai usaha ini pun juga tidak membutuhkan modal yang besar, hanya perlu ketelitian dan memastikan sepatu dicuci bersih, Sedulur bisa menjalankan bisnis ini.

8. Jasa foto dan video

Salah satu ide bisnis rumahan yang bisa Sedulur coba adalah membuka studio foto atau video yang memberikan jasa dokumentasi untuk segala keperluan. Ditambah lagi, membuka usaha ini akan sangat menguntungkan di tengah menggeliatnya usaha online shop.

Online shop mengharuskan setiap perusahaan memiliki foto produk yang sangat bagus dan memadai, hal tersebut bisa dilihat sebagai peluang dengan membuka tempat usaha jasa foto dan video. Walaupun memang modal yang dikeluarkan cukup besar, namun pemasukannya pun tidak kalah luar biasa.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Digital yang Paling Menguntungkan

Usaha rumahan modal 10 ribu: Usaha pertanian

Freepik

 

Rekomendasi usaha rumahan modal 10 ribu yang bisa Sedulur jalankan yaitu usaha pertanian. Usaha ini merupakan salah satu usaha yang mengguntungkan dijalankan di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena Indonesia merupakan negara tropis dan negara agraris yang mengandalkan pertanian sebagai komoditi utama.

Terdapat beberapa jenis usaha pertanian yang bisa Sedulur jalankan, di antaranya yaitu:

1. Jual tanaman hias

Jual tanaman hias merupakan usaha rumahan modal 10 ribu yang bisa Sedulur jalankan. Banyak masyarakat yang saat ini membutuhkan tanaman hias karena dapat mempercantik halaman depan rumah atau interior rumah. Tanaman hias juga dapat berfungsi membuat sirkulasi udara rumah semakin baik.

Selain itu juga perawatan tanaman hias tidak begitu sulit untuk dilakukan, hal ini juga menjadi daya tarik masyarakat untuk membeli tanaman hias. Selain itu, menjual tanaman hias juga bisa ditambah dengan menjual batu alam.

Tanaman hias dan batu alam merupakan kombinasi dan komposisi yang pas untuk membuat halaman rumah kita menjadi cantik dan indah. Terdapat berbagai macam jenis tanaman hias yang bisa Sedulur jual, riset terlebih dahulu tanaman hias yang disukai dan paling banyak dibeli di daerah tempat Sedulur.

2. Jual kompos dan pupuk

Menjual pupuk juga menjadi salah satu alternatif usaha lain di bidang pertanian yang bisa Sedulur lakukan. Walaupun tidak menjual hasil pertanian, namun menjalankan usaha pupuk masih selingkaran dan masih ada di dalam bagian usaha pertanian.

Hal yang paling menarik dalam menjalankan usaha pupuk, Sedulur bisa membuat pupuk sendiri dan mempelajarinya. Banyak jenis pupuk yang ada dan digunakan oleh para petani, mulai dari pupuk biasa, pupuk kompos, dan pupuk kandang.

Pelajari cara membuat pupuk dan kebutuhan setiap tumbuhan terdapat pupuk-pupuk tertentu. Dengan mengetahui cara membuat pupuk dan kebutuhan tumbuhan akan setiap jenis pupuk, Sedulur dapat membaca peluang dan pasar serta kebutuhan petani terhadap pupuk.

3. Jual tanaman hidroponik

Usaha rumahan modal 10 ribu di bidang pertanian selanjutnya yaitu menjual tanaman hidroponik. Dalam beberapa tahun belakangan, usaha ini ramai dijalankan oleh masyarakat karena sangat mudah dijalankan dengan modal yang kecil.

Selain prosesnya yang sangat mudah dan peralatannya yang murah, hasil tanaman hidroponik pun bisa dijual dan memberikan keuntungan. Selain itu, harga jual dari tanaman hidroponik juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan harga sayuran biasa. Tentu saja, pertimbangan ini menjadi akan sangat menguntungkan dan wajib untuk dicoba.

Usaha rumahan modal 10 ribu: Usaha berbasis digital

Paper.id

Di era digital saat ini, menjalankan usaha rumahan modal 10 ribu bisa dengan menjalankan usaha berbasis digital. Usaha jual pulsa dan kuota internet misalnya, merupakan salah satu contoh bisnis berbasis digital yang bisa Sedulur manfaatkan.

Terdapat beberapa bisnis berbasis digital yang bisa Sedulur jalankan, berikut ini beberapa rekomendasinya, yaitu:

1. Jual pulsa dan kuota internet

Uusaha rumahan modal 10 ribu yang pertama yaitu dengan menjual pulsa dan kuota internet, bahkan Sedulur bisa lebih meluaskannya lagi dengan membukan layanan PPOB atau Payment Point Online Bank, sebuah layanan yang menyelenggarakan pembayaran atau pembelian online.

Pembayaran online saat ini merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh masyarakat, mulai dari membayar pulsa, internet, listrik dan lain sebagainya. Membuka bisnis PPOB melihat kebutuhan saat ini merupakan salah satu peluang bisnis rumahan yang lagi trend saat ini sedang dilakukan.

Sedulur bisa menawarkan beberapa jasa pembayaran dan transaksi kebutuhan masyarakat. Sebagaimana sistem perbankan yang lebih ramah dan lebih mudah yang bisa dinikmati pelayanannya oleh masyarakat.

Kebutuhan akan pulsa dan paket internet saat ini juga sangat tinggi, karena hampir seluruh masyarakat telah memiliki handphone yang membutuhkan internet dan pulsa. Tentu bisnis ini sangat menarik untuk dicoba

2. Jasa freelance desain grafis

Usaha rumahan modal 10 ribu yang berbasis digital selanjutnya yaitu dengan menjual jasa desain grafis. Bisnis ini bisa dijalankan oleh Sedulur, terutama yang memiliki skill desain dan menggambar. Untuk awal Sedulur bisa menyusun portofolio Sedulur agar dapat menarik hati calon klien.

Untuk menjalankan bisnis ini, Sedulur harus memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi yang canggih, memiliki drawing tab dan pena digital. Hal ini untuk mempermudah Sedulur dalam merumuskan konsep ide hingga mengeksekusinya. Sedulur juga harus menggunakan software yang mumpuni, seperti Adobe Photoshop hingga Illustrator.

3. Jasa menulis konten

Jasa selanjutnya yang bisa menjadi usaha rumahan modal 10 ribu yaitu dengan memberikan jasa menulis konten digital. Memiliki kemampuan menulis memang cukup menguntungkan, hal ini karena Sedulur bisa menghasilkan uang melalui menulis.

Di era digital seperti sekarang ini banyak sekali website yang bersedia membayar untuk sebuah tulisan yang berkualitas. Keunggulan menjadi penulis konten lainnya yaitu pekerjaan ini dapat dilakukan di mana saja. Selain itu, menjadi penulis konten relatif mudah untuk dipelajari.

4. Jasa reseller online

Rekomendasi usaha rumahan modal 10 ribu selanjutnya yaitu dengan menjadi reseller bisa sangat menungguntungkan di era digital saat ini. Sedulur bisa bekerjasama dengan sebuah perusahaan yang memiliki produk dan lalu menjual produk yang dimiliki perusahaan tersebut.

Keuntungan menjadi reseller adalah Sedulur akan mendapatkan komisi setiap bulannya. Selain itu, Sedulur bisa menjalankan usaha ini di rumah saja. Di era digital ini, menjadi reseller online bisa menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang menguntungkan dan mendatangkan banyak pemasukan.

BACA JUGA: Ide Bisnis Makanan Kekinian dengan Modal Kecil

Usaha rumahan modal 10 ribu: Usaha di bidang makanan dan minuman

usara rumahan modal 10 ribu
Aplikasi Super

Daftar rekomendasi terakhir usaha rumahan modal 10 ribu yaitu di bidang makanan. Terdapat banyak jenis usaha yang bisa Sedulur jalankan, mulai dari menjual berbagai makanan hingga menjual berbagai produk sembako yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya usaha sembako.

Berikut ini daftar usaha yang bisa Sedulur jalankan, yaitu:

1. Jualan kue basah

Bisnis makanan dan minuman merupakan bisnis yang menguntungkan, salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan potensial yaitu bisnis kue basah. Terdapat banyak resep kue basah yang tersedia dan bisa Sedulur coba, pembuatannya pun tidak begitu sulit.

Salah satu contohnya misalkan kue basah nagasari, bolu panggan, lemper ayam dan banyak kue basah lagi yang tidak membutuhkan modal hingga 10rb. Tentu ini merupakan bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan.

2. Jualan kue kering

Selain kue basah, tentu saja ada kue kering yang bisa Sedulur coba. Menjelang hari raya, terutama hari raya Idul Fitri, menjual kue kering bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, dipengaruhi dengan kebiasaan masyarakat Indonesia itu sendiri.

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang seringkali menyuguhkan kue untuk merayakan kebersamaan dan berkumpul di hari raya Idul Fitri membuat kebutuhan akan kue kering meningkat. Hal ini tentu merupakan salah satu ide yang menarik untuk dijalankan.

3. Jualan gorengan

Gorengan merupakan makanan kesukaan masyarakat Indonesia, tentu bisnis ini bisa jadi salah satu pilihan untuk Sedulur jalankan. Beberapa jenis gorengan yang disukai yaitu tahu isi, tempe goreng, bakwan, pisang goreng, cireng dan lain sebagainnya.

Masyarakat Indonesia mengenal gorengan sebagai camilan yang pas untuk sarapan dan teman makan berat. Makanan ini memiliki bahan dasar tepung dan aneka sayuran, modal yang dibutuhkan tidak begitu besar untuk menjalankan bisnis satu ini.

4. Jualan stik bawang

Stik bawang merupakan camilan yang disukai banyak orang. Stik bawang yang gurih, lezat dan memiliki bentuk memanjang seperti stik dapat menjadi alternatif usaha rumahan modal 10 ribu rupiah.

Untuk membuat stik bawang, Sedulur hanya perlu membuat adonan terdiri dari tepung tapioka dan tepung protein dicampur dengan berbagai bumbu. Kemudian gunakan mesin penggiling untuk dicetak memanjang. Lalu goreng adonan dan sajikan dengan bumbu yang bervariasi.

5. Jualan popcorn

Hanya dengan jagung manis, Sedulur bisa menjalankan bisnis satu ini. Popcorn merupakan camilan yang disukai berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga usia dewasa. Berbagai cita rasa yang tersedia juga membuat popcorn bisa dinikmati kapan pun.

Untuk membuat popcorn, Sedulur hanya menyiapkan biji jagung, minyak dan bumbu tabur. Panaskan minyak dengan api kecil, biarkan panas terlebih dahulu dan masukkan biji jagung. Tunggu sebentar dengan perlahan biji jagung pun akan meletup dan menjadi popcorn.

6. Jualan es lilin

Es lilin kerap menjadi makanan tradisional yang tidak akan terlupakan bagi masyarakat. Cara pembuatannya juga cukup mudah dan Anda tidak akan sampai menghabiskan modal 10 ribu rupiah. Siapkan bahan-bahan seperti plastik panjang, air mineral, serta beberapa sachet minuman kemasan.

Seduh minuman kemasan seperti nutrisari, pop ice, teh sisri, chocolatos drink, dan sebagainya lalu masukkan ke dalam plastik dan bekukan. Salah satu es lilin kekinian yang disesuaikan dengan bahan-bahan yang ekonomis.

7. Jualan es batu

Selain berjualan es lilin, Sedulur juga bisa berjualan es batu karena menjual es batu sangat mengguntungkan untuk Sedulur jalankan. Sedulur bahkan tidak memerlukan modal untuk berjualan es batu.

Cukup sediakan air yang sudah dimasak dan lalu kemudian masukkan ke dalam plastik dan bekukan. Sedulur bisa menjual es batu tersebut kepada orang-orang sekitar yang ada di lingkungan rumah Sedulur. Terutama saat tering siang hari, es batu dijamin akan laris manis.

8. Jualan air isi ulang

Usaha satu ini sangat dibutuhkan dan dapat membuat Sedulur bisa mendapatkan pemasukan dan keuntungan setiap harinya. Hampir di setiap rumah menggunakan jasa isi ulang air minum yang digunakan sebagai pasokan air bersih.

Selain itu, bisnis satu ini juga sangat potensial untuk berkembang dan menjadi sebuah usaha rumahan yang sukses besar. Banyak masyarakat yang membutuhkan air bersih untuk kebutuhan minum, sementara tidak semua rumah memiliki akses untuk mendapatkan air bersih untuk minum.

Pada titik ini, potensi bisnis ini bisa sangat berkembang dan memberikan penghasilan yang besar. Bahkan jika bisnis ini stabil, bisnis ini bisa memberikan penghasilan lebih dibandingkan dengan gaji bulanan.

9. Jualan aneka minuman segar

Jenis bisnis rumahan selanjutnya yang bisa memberikan Sedulur keuntungan adalah menjual aneka jenis minuman, baik jus buah, kopi atau thai tea, baik dingin maupun hangat. Menjalankan usaha ini juga bisa Sedulur lakukan di rumah dan bisa dijalankan dengan modal yang kecil.

Salah satu bisnis yang menarik karena sesuai dengan tren yang tengah berkembang. Semakin ramai tren tersebut, semakin besar potensinya untuk berkembang dan sukses.

10. Jualan sembako dengan membuka warung

Rekomendasi usaha terakhir yang bisa Sedulur jalankan yaitu dengan membuka warung dengan menjual berbagai sembako. Sembako merupakan kebutuhan utama masyarakat, yang dibutuhkan untuk membuat berbagai makanan setiap harinya.

Potensi membuka warung dengan menjual berbagai sembako sangat menguntungkan, tidak perlu khawatir modal yang dibutuhkan, Sedulur bisa memanfaatkan Aplikasi Super sebagai awal membuka warung. Lengkap tersedia berbagai kebutuhan sembako di Aplikasi Super yang bisa Sedulur beli.

Harga yang ditawarkan lebih murah dan Sedulur bisa melakukan pemesanan melalaui aplikasi, tidak perlu repot belanja keluar rumah. Manfaatkan Aplikasi Super untuk kebutuhan bisnis sembako Sedulur agar Sedulur bisa lebih untung super melimpah.

Nah itulah daftar rekomendasi usaha rumahan modal 10 ribu yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur jalankan. Satu hal yang perlu Sedulur ingat, apapun bisnisnya, disiplin dan tekun adalah kuncinya. Dengan disiplin dan tekun, bisnis apapun yang Sedulur jalankan bisa mendatangkan keuntungan.