Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan dan Paling Menjanjikan

Motivasi memulai bisnis itu sebenarnya sederhana. Kamu tinggal memikirkan soal usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang. Langkah selanjutnya, baru kamu mulai menyeriusi soal modal, brand, strategi bisnis, dan cara pendistribusiannya.

Agar mendapatkan gambaran lebih luas, kamu perlu mengenal banyak lini bisnis tak kenal musim yang bisa ditekuni. Mulai dari yang sederhana hingga bisnis bermodal besar, kamu bisa menyesuaikannya dengan budget, peluang, dan keuntungan yang bisa didapatkan dalam jangka pendek hingga panjang.

Inspirasi usaha yang pasti laku dan membutuhkan modal Rp0

1. Makanan siap masak

usaha yang dibutuhkan setiap hari makanan
image source: Unsplash

Salah satu peluang bisnis tak kenal musim adalah makanan. Tak hanya makanan jadi seperti yang dijual di kafe dan resto, kamu pun bisa mencoba menjual paket makanan siap masak yang menyasar ibu pekerja sibuk. Pasalnya, mereka ingin memasak lebih cepat untuk keluarga sebelum berangkat bekerja tanpa perlu belanja ke pasar terlebih dahulu.

Selain itu, bisnis ini juga bisa memperluas marketmu, yakni anak kos yang baru belajar memasak. Inovasi dan kemudahan ini akan memudahkan bagi mereka yang ingin memasak sederhana tanpa perlu belanja ke tukang sayur.

2. Katering

usaha yang pasti laku katering
image source: Unsplash

Ingin menjalankan usaha yang dibutuhkan setiap hari oleh banyak orang di sekitarmu? Coba saja mencoba memasak untuk katering. Untuk langkah awal, kamu bisa memasak katering mingguan maupun bulanan. Tentukan juga range harga mulai dari menu yang dipatok belasan ribu hingga yang termahal.

Kamu butuh menyiapkan menu mingguan yang bisa dipilih oleh pelanggan. Menunya pun fleksibel bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Setelah itu, kamu pun tingga memikirkan soal teknis pengiriman dan pembayarannya.

3. Makanan organik

usaha yang menjanjikan dimasa depan Makanan organik
image source: Unsplash

Selain makanan dan camilan, ada sasaran yang bisa kamu jadikan market bisnismu. Yakni yang mengonsumsi makanan organik. Bebas dari kandungan bahan berbahaya di proses penanaman, harga bahan organik juga dipatok lebih mahal daripada bahan biasa.

Kamu bisa menawarkan makanan yang dibuat dari bahan organik dalam bentuk olahan makanan jadi. Misalnya kue, snack, minuman, makanan, dan jajanan lainnya. 

4. Jamu

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Jamu
image source: Unsplash

Selain makanan, kamu bisa memikirkan bisnis sederhana dalam bentuk minuman. Salah satu usaha yang menjanjikan dimasa depan adalah jamu. Meskipun minuman herbal ini terkesan tradisional, kreativitas untuk membuat jamu ini bisa merambah banyak target adalah PR dan  menjadi tugasmu.

5. Thrift store

bisnis tak kenal musim Thrift store
image source: Unsplash

Gerakan yang memperlambat siklus fast fashion membuat banyak orang tertarik untuk mengurangi membeli pakaian baru. Mereka lebih tertarik untuk membeli pakaian second yang masih bagus kualitasnya. Tak hanya golongan tersebut, bagi yang ingin menerapkan gaya hidup minimalism juga berencana untuk mengurangi jumlah pakaian yang ada di lemari.

Dari perubahan ini, kamu bisa memulai salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya sederhana dengan membuka thrift store. Kamu bisa menjual pakaian bekas layak pakai secara online. Kamu bisa memulainya dengan melakukan foto produk, editing, distribusi, dan pengiriman.

Bila sudah memiliki banyak pelanggan dan demand naik, kamu bisa menambah koleksi dengan membantu menjualkan pakaian milik keluarga, saudara, maupun teman. Labanyak bisa didapat dengan skema komisi beberapa persen dari harga jualnya.

Baca juga: Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Jadi Ide Bisnis

6. Clothing line

usaha rumahan yang tidak ada matinya clothing line
image source: Unsplash

Bisnis clothing line merupakan usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang dari segala kelas ekonomi. Pasalnya, siapa saja pasti menginginkan pakaian yang murah dengan kualitas bagus. Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menjual pakaian kekinian.

Supaya lebih terarah, kamu bisa menentukan target pasarmu terlebih dulu. Apakah lebih menyasar anak-anak, remaja, dan orang dewasa menurut gendernya. 

7. Streetfood khas negara asing

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Streetfood khas negara asing
image source: Unsplash

Pernah liburan ke luar negeri dan mencicipi streetfood khasnya? Tak ada salahnya untuk mencoba usaha yang pasti laku dengan membuka kedai streetfood kecil-kecilan ini. Dari segi persaingan juga tidak terlalu berat karena bukan musiman yang bakal meredup dalam hitungan bulan.

Kamu bisa mencoba membuka kedai streetfood sederhana bermodalkan gerobak. Pasang stand banner yang menunjukkan brand-mu. Selain itu, patokan harga yang terjangkau itu penting. Pasalnya, pelanggan akan kabur jika harganya menguras dompet dan beralih untuk jajan di tempat lain.

8. Angkringan

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Angkringan
image source: celebrities.id

Menjadi salah satu kota destinasi wisata yang kondang di tanah air, kamu bisa mencoba membuka bisnis angkringan. Usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini bisa mengobatai rasa rindu banyak orang di sekitarmu yang pernah singgah ke Kota Yogyakarta.

Tak perlu memilih menu sulit seperti kopi joss, siapkan saja menu sego kucing dengan berbagai variasi lauk baceman, sate telur, sate usus, dan minuman seperti teh dan jeruk yang ditaruh di gerobak kayu. Dipatok dengan harga terjangkau, bisnismu ini dijamin bakal laris manis.

9. Kafe

usaha yang jarang tapi dibutuhkan di desa
image source: Unsplash

Bila memiliki uang dingin lebih dan bingung mau dipakai untuk apa, tak ada salahnya untuk mencoba memulai bisnis kafe. Berbeda dengan kedai streetfood biasa, dibutuhkan riset dan persiapan lebih untuk memulainya.

Dari segi lokasi, kamu harus mencari tempat yang biaya sewanya terjangkau di kawasan strategis. Selain itu, kamu juga harus melakukan trial and error untuk menu yang dibuat. Branding dari segi penamaan, logo, rekrutmen pegawai, dan sistem pembayaran juga tidak boleh luput dari proses persiapannya.

Bila semua aspek sudah terpenuhi dan siap beroperasi, kamu bisa menjalankan bisnis ini untuk jangka panjang. Jangan ragu untuk memberikan promo dan diskon terbaik untuk mendapatkan pelanggan setia, ya.

10. Pembuatan dan editing konten

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Pembuatan dan editing konten
image source: Unsplash

Bagi anak muda yang memiliki skill untuk menjadi conten creator, kamu bisa merogoh cuan lebih dengan menawarkan jasa pembuatan dan editing konten. Terkesan aneh, tapi usaha yang jarang tapi dibutuhkan di desa ini adalah peluang yang wajib untuk dicoba.

Kebanyakan, penduduk di desa kurang familiar dengan program dan aplikasi untuk mengedit foto maupun video. Kebutuhan untuk membuat konten yang bagus tentu membuat mereka mencari orang yang bisa diandalkan untuk memenuhi hal tersebut. Dengan kekuatan promosi dari mulut ke mulut, kepiawaianmu dalam mengedit bisa semakin dikenal. Cuan pun ikut semakin banyak berdatangan.

Baca juga: Usaha Makanan yang Menjanjikan Ini Bisa Dicoba

11. Jasa foto produk

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Jasa foto produk
image source: Unsplash

Jika diperhatikan, jasa foto produk juga termasuk dalam usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Terlebih lagi bagi perintis bisnis kecil-kecilan. Banyak dari mereka yang tidak tahu teknik mengambil gambar yang tepat supaya produk yang dijual terlihat menarik dan meyakinkan.

Kamu bisa bekerja sekaligus memberikan kemudahan bagi pemilik small business ini untuk ikut mengembangkan usahanya. Bila klien suka dengan hasilnya, tentu kamu akan direkomendasikan kepada rekan-rekan lainnya dan mengajak mereka untuk memakai jasamu.

12. Sewa kamera profesional

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Sewa kamera profesional
image source: Unsplash

Kebutuhan alat foto dan perekam berkualitas bagus semakin meningkat. Bila kamu memiliki kamera DSLR, action cam, dan drone, tak ada salahnya untuk memulai bisnis tak kenal musim ini. Musim penghujan maupun panas, jasa sewa ini bakalan selalu ramai.

Kamu perlu menentukan harga sewa harian berdasarkan jenis kameranya. Supaya ada repeat order dari klien, kamu bisa memberikan paket diskon yang menguntungkan kedua belah pihak. Jangan sampai kamu buntung, ya.

13. Isi pulsa & saldo e-wallet

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Isi pulsa & saldo e-wallet
image source: Unsplash

Saat ini, membeli pulsa dan saldo e-wallet memang sudah mudah diakses dari mana saja. Asalkan punya koneksi internet stabil, tak akan ada kendala. Namun bukan berarti kamu tidak boleh memulai bisnis kecil-kecilan ini.

Usaha yang pasti laku ini bakal bakal diserbu oleh banyak orang yang sedang tidak punyak akses internet untuk topup. Apalagi kalau kamu punya toko di pinggir jalan, bakalan ramai didatangi oleh banyak orang tua hingga ojek online.

14. Budidaya hewan hias

usaha yang pasti laku ikan hias
image source: Unsplash

Punya hobi memelihara hewan hias seperti ikan? Tak ada salahnya menjadikan kegiatan ini menjadi hobi. Supaya usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini lebih berprospek, kamu juga perlu memperbanyak interaksi dengan sesama penyuka hewan hias. 

Selain menambah ilmu, kamu juga bisa dengan mudah mempromosikan bisnis ini. Membuat akun khusus jualan juga lebih disarankan supaya peluang semakin dikenal juga ikut besar.

15. Kursus memasak

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Kursus memasak
image source: Unsplash

Punya kemampuan memasak dan memiliki kepekaan lidah yang tajam? Kenapa tidak buka kursus memasak saja? Kamu bisa membuka sesi kursus untuk privat, grup kecil, maupun kelompok besar. Usaha rumahan yang tidak ada matinya ini bisa menyasar anak muda maupun istri muda yang ingin belajar memasak tapi tak tahu harus berguru kepada siapa.

Kamu bisa mulai mengalkulasi jumlah pertemuan dalam kurun waktu beberapa minggu. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan menu, alat, dan bahan masakan untuk selanjutnya dimasak bersama muridmu.

Baca juga: Tips Lengkap Membuka Toko Sembako dan Cara Mengelolanya

16. Jasa laundry

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Jasa laundry
image source: Unsplash

Apabila mencuci dan setrika adalah kegiatan rumah favorit, kamu bisa menjadikan kedua hal tersebut sebagau sumber pemasukan tambahan. Kamu bisa memulai usaha yang dibutuhkan setiap hari ini dengan berbekal mesin cuci, setrika, dan spot menjemur baju yang memadai.

Kamu tidak akan menyangka jika bisnis yang sering dianggap sepele ini cepat balik modal. Pasalnya, banyak orang yang merasa terbantu dan efisien memakai jasa laundry ini untuk merapikan baju. Apalagi bagi anak muda dan orangtua yang tidak punya banyak waktu untuk mencuci dan setrika, bakal jadi langganan tetap, nih.

17. Fashion designer

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Fashion designer
image source: Unsplash

Menjadi fashion designer memang membutuhkan proses panjang. Meski belum bisa memamerkan karya, kamu bisa terus mengembangkan skill menjahit dan mendesain pakaianmu dengan membuka jasa modiste.

Kamu bisa membuatkan desain dan menjahit pakaian sesuai request pelangganmu. Kamu juga bisa menjahit banyak pakaian yang nantinya disewakan untuk berbagai acara formal. Jangan biarkan kemampuanmu terbuang sia-sia, ya.

18. Jasa cuci sepatu

usaha yang dibutuhkan setiap hari cuci sepatu
image source: Unsplash

Bisnis tak kenal musim lain yang patut untuk dicoba adalah jasa cuci sepatu. Bila belum punya modal untuk membuka gerai, kamu bisa menawarkan jasa ini kepada keluarga, saudara, tetangga, dan teman dekatmu dan mencucinya di rumah.

Pastikan untuk memahami ilmu mencuci sepatu yang baik dan benar, ya. Membersihkan sepatu memang terkesan mudah, tapi bakalan fatal kalau dilakukan secara sembrono.

19. Wedding organizer

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Wedding organizer
image source: Unsplash

Menyediakan jasa wedding organizer bisa menjadi usaha yang menjanjikan dimasa depan. Pasalnya, pasangan yang menikah akan terus ada. Kehadiran staf yang teliti untuk mengurus keperluan pernikahan juga sangat membantu pasangan yang pada kesehariannya memang sibuk bekerja. 

20. Super Agen

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan super agen
image source: Unsplash

Bagi yang tinggal area pedesaan di Jawa Timur dan Makassar, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari ide bisnis. Usaha yang jarang tapi dibutuhkan di desa ternyata punya banyak peluang untuk berkembang dan sukses. Salah satunya adalah dengan menjadi Super Agen. 

Kamu bisa membantu warga di sekitar rumahmu untuk mendapatkan sembako dengan harga terjangkau. Komisi yang akan kamu dapatkan per bulannya juga tidak kalah banyak dengan pekerja kantoran di kota besar.

Kamu bisa menunduh Aplikasi Super dari gawai Android-mu. Setelah daftar dan memesan, kamu bisa menentukan sistem pembayarannya melalui virtual account maupun COD. Diantar sampai rumah, belanja makin mudah, bukan?

Dari sekian banyak usaha yang jarang tapi dibutuhkan minim modal di atas, adakah bisnis yang buatmu tertarik untuk mengeksekusinya? Kunci yang harus selalu diingat adalah mulailah dengan persiapan matang, konsisten, dan mau beradaptasi untuk mengikuti kebutuhan masyarakat di sekitar. Bakalan sukses tuh pasti.

Tertarik untuk menambah penghasilan dengan jam kerja yang fleksibel? Gabung menjadi Super Agen yuk, Sedulur! Cari tahu caranya di sini!