usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Motivasi memulai bisnis itu sebenarnya sederhana. Kamu tinggal memikirkan soal usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang. Langkah selanjutnya, baru kamu mulai menyeriusi soal modal, brand, strategi bisnis, dan cara pendistribusiannya.

Agar mendapatkan gambaran lebih luas, kamu perlu mengenal banyak lini bisnis tak kenal musim yang bisa ditekuni. Mulai dari yang sederhana hingga bisnis bermodal besar, kamu bisa menyesuaikannya dengan budget, peluang, dan keuntungan yang bisa didapatkan dalam jangka pendek hingga panjang.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Frozen Food Terbaik Yang Diminati Konsumen

Inspirasi usaha yang pasti laku dan membutuhkan modal Rp0

1. Jualan buku kuliah

usaha yang jarang tapi dibutuhkan
iStock

Bisnis yang jarang diminati namun justru memiliki banyak keuntungan adalah jualan buku kuliah. Bagi mahasiswa tentunya membutuhkan buku pegangan maupun literatur yang digunakan untuk studinya. Namun sayangnya, untuk membeli buku di toko buku tentu mereka berpikir dua kali karena harnganya yang cukup mahal. Dengan begitu,  Mahasiswa tentu memilih alternatif yang dekat dengan mereka.

-->

Sedulur dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan masuk ke dunia ini untuk menjual buku kuliah. Sedulur dapat berkerja sama dengan beberapa penerbit sebagai reseller untuk memulai usaha untuk jualan buku kuliah.

2.Jual kebutuhan hidroponik

iStock

Agrobisnis sudah menjadi usaha yang umum dilakukan di Indonesia. Ditambah lagi dengan banyaknya lahan yang subur. Meski begitu ternyata masih tak banyak orang bisa melakukan kegiatan agrobisnis karena terkendala lahan, terutama orang-orang yang tinggal di perkotaan.

Untuk itu, Sedulur dapat membuka peluang usaha dengan menjual kebutuhan hidroponik. Usaha agribisnis ini sangat diminati, terutama jika Sedulur tinggal di perkotaan yang mana orang-orang banyak yang memiliki hobi bercocok tanam tetapi terkendala akan lahan.

Jika memiliki aset tanah yang cukup luas, Sedulur dapat menjual greenhouse hidroponik. Atau juga dapat mendirikan sejumlah greenhouse yang dilengkapi peralatan hidroponik.

Masing-masing greenhouse dijual kepada para pelaku bisnis yang hendak memulai agrobisnis. Bisnis greenhouse ini sebaiknya dipadukan dengan kemampuan yang Sedulur miliki dalam bercocok tanam. Sedulur juga dapat menawarkan jasa budi daya tanaman pangan dengan sistem bagi hasil. Pelanggan hanya perlu menanam modal kepadam dan Sedulur yang akan mengurus greenhouse mereka dan pelanggan mendapatkan hasil dari investasinya.

3.Jualan pulsa di desa

Bimbingan Islam

Kebutuhan pulsa dan kuota saat ini juga menjadi salah satu kebutuhan yang harus dicukupi. Semua orang membutuhkan pulsa dan kuota untuk mengakses internet di ponselnya. Di kota, membeli pulsa bukan lagi sesuatu yang sulit. Namun sebaliknya dengan di desa. Jika Sedulur hidup di desa, berjualan pulsa menjadi salah peluang bisnis yang harus dimanfaatkan.

Sedulur bisa jualan pulsa di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak modal. Hanya cukup menata meja dan beberapa kartu perdana, kartu isi ulang, atau kuota maka Sedulur sudah bisa berjualan tanpa harus keluar rumah. Sedulur juga dapat menawarkannya melalui status media sosia agar usaha semakin dikenal orang-orang sekitar.

Selain itu, Sedulur juga dapat menambahkan fitur lain misalnya token listrik, pembayaran PLN, pembayaran pajak, Shopeepay, Gopay, dan masih banyak yang lainnyasesuai dengan kebutuhan masyarakat di sekitar.

4. Jasa digital marketing UMKM

usaha yang jarang tapi dibutuhkan
iStock

Jasa yang diminati tetapi jarang tersedia saat ini adalah jasa digital marketing. Semakin maraknya dunia UMKM saat ini ternyata cukup berpengaruh pada dunia digital marketing. Namun sayangnya, tidak banyak pelaku usaha yang bisa menjalankan digital marketing sendiri, sehingga membutuhkan bantuan.

Nah, hal tersebut tentunya dapt Sedulur manfaatkan dengan menawarkan jasa konsultasi digital marketing bagi pelaku UMKM agar bisnisnya semakin lancar dan laris di pasaran. Setidaknya terdapat 6 hal yang harus ditawarkan oleh pemilik jasa digital marketing, mulai dari media sosial marketing, content marketing, SEO, search engine marketing, affiliate marketing, hingga email marketing.

Semua ini bisa didapatkan melalui jasa digital marketing dan Sedulur dapat menawarkan jasa tersebut secara lengkap kepada pelaku UMKM. Ketika jasa yang Sedulur hasilkan baik, maka mereka akan menyarankan pelaku UMKM lainnya untuk mengikuti jejaknya yaitu dengan menggunakan jasa digital marketing yang Sedulur punya.

 

5. Jasa mengelola server website

iStock

Selain usaha jasa digital marketing, Sedulur juga dapat menawarkan jasa mengelola server website. Tentu saja untuk menjalankan usaha ini dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni agar tak mengecewakan pelanggan.

Di era yang serba digital saat ini, pengaruh website menjadi besar bagi siapapun. Banyak usaha atau instansi yang membutuhkan server website, tetapi tidak bisa mengelolanya. Untuk itu, tawarkan pada mereka jasa mengelola server website, mulai dari pembuatannya, mengisi fitur, hingga mengelola. Dengan begitu, maka banyak pelaku usaha atau instansi yang menggunakan jasa yang Sedulur sediakan agar memudahkan pekerjaan mereka.

BACA JUGA : Biaya Franchise Teh Poci Beserta Syarat dan Cara Daftarnya

6. Sewa alat membuat konten

usaha yang jarang tapi dibutuhkan
iStock

Usaha yang jarang ada selanjutnya adalah persewaan alat membuat konten. Saat ini banyak content creator yang membuat konten dengan apa adanya. Karena untuk membeli peralatan, tentu tak semuanya memiliki keuangan yang cukup baik. Padahal mereka tentu ingin kualitas kontennya semakin baik.

Nah Sedulur dapat memanfaatkan peluang ini dengan menawarkan jasa persewaan alat untuk membuat konten. Banyak peralatan yang bisa Sedulur sediakan, terlebih lagi jika Sedulur mempunyai modal yang cukup besar. Misalnya seperti menyediakan drone, tripod, headset, speaker, kamera, dan lainnya. Dengan berbagai peralatan tersebut, tentu para konten kreator akan sangat terbantu.

Kualitas konten mereka menjadi meningkat dan usaha yang Sedulur mulai rintis tentu akan semakin laku keras karena mereka tak perlu membeli peralatan, cukup menyewa alat dari Sedulur yang sediakan saja.

7. Jasa reparasi barang

iStock

Jika sedulur mempunyai keahlian untuk melakukan reparasi, maka Sedulur dapat menawarkan jasa ini. Jasa reparasi barang sangat bermanfaat, terutama bagi mahasiswa atau kelas ekonomi menengah ke bawah. Hal ini karena banyak yang berpikir daripada membeli barang baru, lebih baik memperbaiki yang rusak.

Banyak barang yang bisa direparasi, dimulai dari jam tangan atau jam dinding, remote televisi, kipas angin, magic jar, bahkan payung sekalipun. kamu tak perlu memasang harga yang tinggi, tetapi rutin melakukan promosi. Dengan demikian, jasa reparasi barang yang kamu tawarkan akan dilirik.

Terlebih saat ini jasa reparasi barang terbilang sulit ditemui. Orang-orang banyak yang memilih cara praktis yaitu membeli barang baru, namun tentu ini tidak dilakukan bagi orang dengan ekonomi yang pas-pasan.

8. Jasa screenshot chat iPhone

Screenlane

Meski terdengar cukup aneh, tapi pada nyatanya, jasa ini diminati lho Sedulur. Apalagi cukup banyak pengguna smartphone yang ingin terlihat menggunakan iPhone dalam kesehariannya. Oleh sebab itu, mereka mencari cara untuk mencari jasa screenshot seolah-olah dirinya adalah pengguna iPhone.

Jika Sedulur merupakan pengguna iPhone, tentu ini kesempatan emas untuk yang harus Sedulur manfaatkan. Sedulur dapat menggunakan iPhone untuk mencari uang dengan cara menawarkan jasa tersebut. Tidak perlu modal bahkan tak perlu keluar rumah agar jasa yang ditawarkan laku, Sedulur pun cukup menawarkan jasa tersebut melalui media sosial yang dimiliki.

9. Angkringan

iStock

Menjadi salah satu kota destinasi wisata yang kondang di tanah air, kamu bisa mencoba membuka bisnis angkringan. Usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini bisa mengobatai rasa rindu banyak orang di sekitarmu yang pernah singgah ke Kota Yogyakarta.

Tak perlu memilih menu sulit seperti kopi joss, siapkan saja menu sego kucing dengan berbagai variasi lauk baceman, sate telur, sate usus, dan minuman seperti teh dan jeruk yang ditaruh di gerobak kayu. Dipatok dengan harga terjangkau, bisnismu ini dijamin bakal laris manis.

10. Kafe

usaha yang jarang tapi dibutuhkan di desa
Unsplash

Bila memiliki uang dingin lebih dan bingung mau dipakai untuk apa, tak ada salahnya untuk mencoba memulai bisnis kafe. Berbeda dengan kedai streetfood biasa, dibutuhkan riset dan persiapan lebih untuk memulainya.

Dari segi lokasi, kamu harus mencari tempat yang biaya sewanya terjangkau di kawasan strategis. Selain itu, kamu juga harus melakukan trial and error untuk menu yang dibuat. Branding dari segi penamaan, logo, rekrutmen pegawai, dan sistem pembayaran juga tidak boleh luput dari proses persiapannya.

Bila semua aspek sudah terpenuhi dan siap beroperasi, kamu bisa menjalankan bisnis ini untuk jangka panjang. Jangan ragu untuk memberikan promo dan diskon terbaik untuk mendapatkan pelanggan setia, ya.

11. Pembuatan dan editing konten

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Pembuatan dan editing konten
Unsplash

Bagi anak muda yang memiliki skill untuk menjadi conten creator, kamu bisa merogoh cuan lebih dengan menawarkan jasa pembuatan dan editing konten. Terkesan aneh, tapi usaha yang jarang tapi dibutuhkan di desa ini adalah peluang yang wajib untuk dicoba.

Kebanyakan, penduduk di desa kurang familiar dengan program dan aplikasi untuk mengedit foto maupun video. Kebutuhan untuk membuat konten yang bagus tentu membuat mereka mencari orang yang bisa diandalkan untuk memenuhi hal tersebut. Dengan kekuatan promosi dari mulut ke mulut, kepiawaianmu dalam mengedit bisa semakin dikenal. Cuan pun ikut semakin banyak berdatangan.

BACA JUGA : 12 Ide Bisnis Pelajar Modal 10K Paling Menguntungkan di 2023

12. Jasa foto produk

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Jasa foto produk
Unsplash

Jika diperhatikan, jasa foto produk juga termasuk dalam usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Terlebih lagi bagi perintis bisnis kecil-kecilan. Banyak dari mereka yang tidak tahu teknik mengambil gambar yang tepat supaya produk yang dijual terlihat menarik dan meyakinkan.

Kamu bisa bekerja sekaligus memberikan kemudahan bagi pemilik small business ini untuk ikut mengembangkan usahanya. Bila klien suka dengan hasilnya, tentu kamu akan direkomendasikan kepada rekan-rekan lainnya dan mengajak mereka untuk memakai jasamu.

13. Sewa kamera profesional

iStock

Kebutuhan alat foto dan perekam berkualitas bagus semakin meningkat. Bila kamu memiliki kamera DSLR, action cam, dan drone, tak ada salahnya untuk memulai bisnis tak kenal musim ini. Musim penghujan maupun panas, jasa sewa ini bakalan selalu ramai.

Kamu perlu menentukan harga sewa harian berdasarkan jenis kameranya. Supaya ada repeat order dari klien, kamu bisa memberikan paket diskon yang menguntungkan kedua belah pihak. Jangan sampai kamu buntung, ya.

14. Budidaya hewan hias

usaha yang pasti laku ikan hias
Unsplash

Punya hobi memelihara hewan hias seperti ikan? Tak ada salahnya menjadikan kegiatan ini menjadi hobi. Supaya usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini lebih berprospek, kamu juga perlu memperbanyak interaksi dengan sesama penyuka hewan hias. 

Selain menambah ilmu, kamu juga bisa dengan mudah mempromosikan bisnis ini. Membuat akun khusus jualan juga lebih disarankan supaya peluang semakin dikenal juga ikut besar.

15. Kursus memasak

iStock

Punya kemampuan memasak dan memiliki kepekaan lidah yang tajam? Kenapa tidak buka kursus memasak saja? Kamu bisa membuka sesi kursus untuk privat, grup kecil, maupun kelompok besar. Usaha rumahan yang tidak ada matinya ini bisa menyasar anak muda maupun istri muda yang ingin belajar memasak tapi tak tahu harus berguru kepada siapa.

Kamu bisa mulai mengalkulasi jumlah pertemuan dalam kurun waktu beberapa minggu. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan menu, alat, dan bahan masakan untuk selanjutnya dimasak bersama muridmu.

BACA JUGA: Tips Lengkap Membuka Toko Sembako dan Cara Mengelolanya

16. Jasa laundry

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Jasa laundry
Unsplash

Apabila mencuci dan setrika adalah kegiatan rumah favorit, kamu bisa menjadikan kedua hal tersebut sebagau sumber pemasukan tambahan. Kamu bisa memulai usaha yang dibutuhkan setiap hari ini dengan berbekal mesin cuci, setrika, dan spot menjemur baju yang memadai.

Kamu tidak akan menyangka jika bisnis yang sering dianggap sepele ini cepat balik modal. Pasalnya, banyak orang yang merasa terbantu dan efisien memakai jasa laundry ini untuk merapikan baju. Apalagi bagi anak muda dan orangtua yang tidak punya banyak waktu untuk mencuci dan setrika, bakal jadi langganan tetap, nih.

17. Fashion designer

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Fashion designer
Unplash

Menjadi fashion designer memang membutuhkan proses panjang. Meski belum bisa memamerkan karya, kamu bisa terus mengembangkan skill menjahit dan mendesain pakaianmu dengan membuka jasa modiste.

Kamu bisa membuatkan desain dan menjahit pakaian sesuai request pelangganmu. Kamu juga bisa menjahit banyak pakaian yang nantinya disewakan untuk berbagai acara formal. Jangan biarkan kemampuanmu terbuang sia-sia, ya.

18. Jasa cuci sepatu

iStock

Bisnis tak kenal musim lain yang patut untuk dicoba adalah jasa cuci sepatu. Bila belum punya modal untuk membuka gerai, kamu bisa menawarkan jasa ini kepada keluarga, saudara, tetangga, dan teman dekatmu dan mencucinya di rumah.

Pastikan untuk memahami ilmu mencuci sepatu yang baik dan benar, ya. Membersihkan sepatu memang terkesan mudah, tapi bakalan fatal kalau dilakukan secara sembrono.

19. Wedding organizer

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan Wedding organizer
Unsplash

Menyediakan jasa wedding organizer bisa menjadi usaha yang menjanjikan dimasa depan. Pasalnya, pasangan yang menikah akan terus ada. Kehadiran staf yang teliti untuk mengurus keperluan pernikahan juga sangat membantu pasangan yang pada kesehariannya memang sibuk bekerja. 

20. Super Agen

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan super agen
image source: Unsplash

Bagi yang tinggal area pedesaan di Jawa Timur dan Makassar, Sedulur tidak perlu bingung lagi untuk mencari ide bisnis. Usaha yang jarang tapi dibutuhkan di desa ternyata punya banyak peluang untuk berkembang dan sukses. Salah satunya adalah dengan menjadi Super Agen. 

Sedulur dapat membantu warga di sekitar rumahmu untuk mendapatkan sembako dengan harga terjangkau. Komisi yang akan kamu dapatkan per bulannya juga tidak kalah banyak dengan pekerja kantoran di kota besar.

Kamu bisa mengunduh Aplikasi Super dari gawai Android-mu. Setelah daftar dan memesan, Sedulur bisa menentukan sistem pembayarannya melalui virtual account maupun COD. Diantar sampai rumah, belanja makin mudah, bukan?

Dari sekian banyak usaha yang jarang tapi dibutuhkan minim modal di atas, adakah bisnis yang buatmu tertarik untuk mengeksekusinya? Kunci yang harus selalu diingat adalah mulailah dengan persiapan matang, konsisten, dan mau beradaptasi untuk mengikuti kebutuhan masyarakat di sekitar. Bakalan sukses tuh pasti.

Nah, selain beberapa bisnis di atas, Sedulur juga dapat membuka bisnis toko kelontong, mengingat bisnis ini memiliki potensi yang cukup menguntungkan. Sedulur dapat kulakan di Aplikasi Super lho, jadi tidak perlu repot-repot pergi ke pasar. Kulakan di Aplikasi Super barang akan diantar sampai depan rumah tanpa perlu bayar ongkir. Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super belanja jadi mudah, untung semakin melimpah.