pantai klatak

Bagi Sedulur yang sedang mencari tempat wisata di Jawa Timur, maka bisa memasukkan Pantai Klatak ke dalam daftar. Salah satu pantai terbaik ini, menawarkan keindahan alam dengan suasana yang tenang. Pantai nan indah tersebut, terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Bisa dibilang jika objek wisata pantai yang satu ini, masih tergolong alami dan natural. Bukan tanpa alasan, hal ini karena pantai tersebut memang belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Langsung saja, berikut ini ulasan lengkap mengenai Pantai Klatak yang cantik nan eksotik ini.

BACA JUGA: Daya Tarik Pantai Pelang Trenggalek Beserta Harga Tiketnya

Sekilas Mengenai Pantai Klatak

pantai klatak
Viva Jatim/Madchan Jazuli

Pantai Klatak merupakan salah satu pantai yang ada di Tulungagung, Jawa Timur. Pantai yang satu ini mempunyai ciri khas dengan bebatuan yang ada di area bibir pantainya. Walaupun berbatu, tampilan visualnya benar-benar menarik dan sangat memukau.

Kondisi lanskap dari pantai yang berbatu itulah, yang membuatnya terlihat unik dan berbeda dari kebanyakan pantai yang ada di Jawa Timur. Bahkan menjadi yang paling unik di antara tempat-tempat wisata baru di Tulungagung lainnya.

Terlebih untuk saat ini, terdapat spot baru berupa jembatan yang sedang viral dan menjadi perhatian banyak orang. Ya, jembatan tersebut memiliki nama Jembatan Cinta. Walau hanya berupa jembatan yang sederhana, pamornya berhasil meroket berkat unggahan dari para wisatawan di media sosial.

Tentu saja Jembatan Cinta tidak menjadi satu-satunya daya tarik yang dimiliki. Para wisatawan juga bisa menikmati keindahan view sunset yang sangat indah dan syahdu.

Lokasi Pantai Klatak

Secara administrasi, lokasi dari Pantai Klatak ini berada di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk alamat lengkapnya, yakni di Jalan Pantai Waru Doyong Klatak, Soireng, Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Rute Menuju Pantai Klatak

Rute yang harus dilalui bisa menuju pantai yang satu ini juga sangat mudah. Jika Sedulur berangkat dari pusat Kota Tulungagung dan menggunakan Google Maps, maka rutenya yakni melewati Jalan Lintas Selatan. Perjalanan yang dilakukan hanya butuh waktu tempuh selama satu jam saja.

Untuk mempermudah perjalanan, disarankan menggunakan kendaraan pribadi saja. Jika tidak, alternatif lain dapat dipilih yakni dengan menyewa kendaraan dari jasa rental mobil terdekat.

Jika Sedulur berasal dari luar kota, tidak perlu bingung karena ada banyak tempat rental mobil khusus bagi wisatawan dari luar kota. Sedulur hanya perlu memilih paket rental mobil luar kota dengan sopir maupun tanpa sopir sesuai dengan kebutuhan.

Jam Operasional Pantai Klatak

Berbeda dari beberapa objek wisata pantai di Tulungagung yang hanya dibuka dari pagi hingga sore, jam operasional dari Pantai Klatak sendiri ini adalah 24 jam penuh setiap harinya. Dengan begitu, para pengunjung bisa bebas mengunjungi di pantai tersebut, bahkan hingga pagi.

Jadi tidak heran apabila banyak pengunjung yang mendirikan tenda di sekitar kawasan pantai yang landai. Para pengunjung pun juga bisa memandang sunset yang indah di pantai, kemudian langsung dengan menikmati suasana malam dengan leluasa.

Hal ini tentu membuat Sedulur dapat datang ke objek wisata yang satu ini sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. Namun jika ingin merasakan suasana yang lebih nyaman dan sepi, sebaiknya hindari datang di saat libur akhir pekan maupun musim liburan. Sebab jumlah pengunjung akan meningkat secara signifikan.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Pantai di Sidoarjo yang Eksotis dan Indah!

Biaya Tiket Masuk Pantai Klatak

pantai klatak
Unsplash/Geraldine Lewa

Dapat dikatakan jika salah satu kelebihan objek wisata alam Tulungagung ini, yakni tiket masuknya yang terbilang cukup terjangkau. Jadi memang sangat cocok sebagai destinasi wisata bagi semua kalangan masyarakat.

Ya, biaya tiket masuk Pantai Klatak ini memang sangat murah. Akan tetapi, tarif tiket masuk ini belum termasuk biaya untuk parkir kendaraan serta biaya-biaya tambahan yang lainnya. Dengan kata lain, para pengunjung yang datang dengan kendaraan, harus menyiapkan budget tambahan untuk parkir.

Hal yang sama juga berlaku bagi para pengunjung, yang ingin membeli dan berbelanja produk oleh-oleh khas dari Tulungagung yang tersedia di kios-kios makanan terdekat. Nah, berikut ini informasi seputar tiket masuk dan biaya parkir objek terbaru dari wisata pantai ini.

  • Tiket masuk : Rp5.000 per orang
  • Parkir sepeda motor : Rp3.000 per sepeda motor
  • Parkir mobil : Rp5.000 per mobil

Nah, dengan harga tiket yang cukup murah, pastinya Sedulur bisa memanfaatkan budget liburan yang masih dimiliki walaupun tidak banyak. Misalkan ingin menikmati lezatnya makanan khas dari Jawa Timur, maka bisa menemukannya di warung-warung terdekat.

Daya Tarik Pantai Klatak

Banyak orang yang berkunjung ke Pantai Klatak, tentu saja karena daya tarik yang dihadirkan. Berikut ini beberapa daya tarik bisa Sedulur temukan di objek wisata ini.

  • Camping di tepi pantai
  • Goa dekat tebing
  • Jembatan cinta
  • Ombak laut yang tenang
  • Panorama pantai yang sangat indah
  • Pemandangan perahu-perahu mengapung di area perairan
  • Pusat budidaya lobster dan ikan laut
  • Sunset yang indah
  • View bibir pantai yang penuh dengan batu-batu kali

Spot Menarik di Pantai Klatak

Dari beberapa daya tarik yang dihadirkan, spot Jembatan Cinta dinilai menjadi primadona di mata para wisatawan yang berkunjung. Hal ini lantaran tampilan visual yang dimilikinya benar-benar menarik. Sehingga banyak wisatawan yang asyik berfoto di spot ini.

Selain itu, pesona sunset di ufuk barat di Pantai ini juga tidak kalah menarik, lho. Sedulur dapat menyaksikan keindahan dari fenomena alam harian ini dari bagian tepian pantai.

Hanya cukup dengan duduk santai di atas bebatuan yang ada di tepi pantai sembari asyik menyantap kue kering khas dari Jawa Timur, Sedulur bisa benar-benar menikmati surga dunia.

BACA JUGA: Pantai Tambakrejo Blitar, Pantai Indah dan Menawan

Fasilitas di Pantai Klatak

Unsplash/Kimson Doan

Walau masih tergolong sebagai objek wisata baru, Pantai Klatak telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan juga memadai. Hanya saja, di tempat sini belum tersedia fasilitas penginapan yang bisa menjadi akomodasi bagi para wisatawan yang ingin menginap di kawasan pantai.

Alternatif lain yang bisa dipilih, Sedulur yang ingin menginap bisa mencari referensi penginapan di luar lokasi wisata. Sementara untuk fasilitas-fasilitas lain yang tersedia di objek wisata satu ini, antara lain adalah seperti berikut.

  • Area parkir kendaraan yang luas
  • Gazebo atau saung
  • Kios makanan dan minuman
  • Tempat ibadah sholat
  • Toilet dan kamar mandi
  • Warung wisata

Pantai Klatak yang ada Kabupaten Tulungagung ini, menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk Sedulur kunjungi bersama teman-teman atau keluarga. Keindahan alam yang luar biasa dengan fasilitas yang memadai, membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama di sini!