pantai di sidoarjo

Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan laut. Letak geografis ini ternyata membuat pantai di Sidoarjo terkenal indah dan nyaman untuk dijadikan tempat berlibur. Bahkan, berbeda dengan laut di pantai pesisir selatan yang terkenal dengan ombak besar. Pantai di Sidoarjo memiliki ombak yang cukup bersahabat sehingga dapat dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Bagi Sedulur yang memang menyukai pantai dan pemandangan laut, memutuskan Sidoarjo sebagai tempat wisata merupakan pilihan tepat. Namun, agar bisa menemukan tempat yang nyaman ketika berlibur ke sana, Sedulur wajib untuk mengetahui apa saja pantai di Sidoarjo yang bisa jadi referensi untuk dikunjungi.

Kira-kira daftar pantai di Sidoarjo yang dimaksud? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

BACA JUGA: 15 Oleh-oleh Khas Sidoarjo yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

-->

1. Pantai Kalanganyar

pantai di sidoarjo
Pinhome

Rekomendasi pertama pantai di Sidoarjo yang wajib dikunjungi yaitu pantai Kalanganyar. Pantai ini bukan hanya memiliki pemandangan yang indah, namun juga memberikan fasilitas bagi pengunjungi yang suka memancing.

Sedulur bisa menghabiskan waktu dengan duduk dan sambil menunggu umpan kail disantap ikan dengan menyaksikan pemandangan pantai yang indah.

2. Pantai Kenjeran Lama

Rekomendasi kedua yaitu pantai Kenjeran Lama, salah satu pantai di Sidoarjo yang legendaris dan sangat populer hingga saat ini. Meskipun masuk dalam wilayah Surabaya secara administrasi, namun letaknya yang dekat Sidoarjo membuat pantai ini banyak dianggap sebagai pantai di Sidoarjo.

3. Pantai Gisik Cemandi

Papers

Rekomendasi pantai selanjutnya yaitu pantai Gisik Cemandi. Di pantai ini Sedulur bisa melihat perahu nelayan yang berjajar di tepian pantai. Sedulur bisa melihat dengan jelas momen matahari terbenam yang indahnya sungguh magis dan menghipnotis.

Sembari menyaksikan prosesi kembalinya matahari ke peraduan, Sedulur bisa melihat para nelayan yang mulai bersiap untuk berlayar. Dijamin seru sekali lho!

4. Pantai Dem Island

Pantai dengan pemandangan yang estetik dan fasilitas yang memanjakan tidak hanya terdapat di Bali, pantai di Sidoarjo juga memiliki hal tersebut. Sedulur bisa mendatangi pantai Dem Island untuk menikmati pemandangan indah yang estetik.

Berkunjung ke pantaiini bisa membuat Sedulur tenang di tepian pantai sambil berjemur dan duduk di bean bag yang empuk. Jangan lupa untuk memesan kelapa muda utuh agar momen bersantai Sedulur bisa lebih maksimal.

5. Pantai Kulit Kerang TPI

Rekomendasi pantai di Sidoarjo selanjutnya yaitu pantai Kulit Kerang TPI, di pantai ini Sedulur bisa dengan bebas mencari banyak kerang. Pantai ini terletak di sekitar daerah Sedati, Sidoarjo. Bukan hanya menikmati pemandangan Indah, tapi Sedulur juga bisa melakukan kegiatan mencari kerang.

BACA JUGA: 35 Cafe di Sidoarjo, Tempat Nongkrong Nyaman dan Kekinian!

6. Pantai Kepetingan

Pantai kepetingan
Pinterest

Bagi yang tinggal di sekitar Buduran, Sedulur bisa mengeksplorasi keindahan alam yang disuguhkan di Pantai Kepetingan. Bukan seperti pesisir pantai dengan pasir putihnya. Di pantai ini, pasirnya berwarna gelap. Hal tersebut bukan tanpa alasan, ternyata pantai ini memang lokasinya beririsan dengan muara sungai yang ada di Sidoarjo.

Di pantai ini, Sedulur bisa menikmati pemandangan sambil menaiki perahu kecil yang sudah disediakan oleh pengelolanya. Sedulur juga bisa melihat mangrove, tambak, serta hutan pantai yang mengelilingi kawasan tersebut.

7. Pantai Karang Hitam

Di pantai ini terdapat banyak bebatuan dan karang berwarna hitam. Maka itu diberi nama pantai Karang Hitam. Keberadaan bebatuan ini memiliki fungsi untuk menghempas ombak yang cukup besar.

Pantai ini masih terbilang sepi, Sedulur disarankan untuk mendatangi pantai ini di tempat yang berlokasi di Pasuruan saat moment golden hour hingga matahari terbenam. Dijamin Sedulur akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah.

8. Pantai Sontoh Laut

Tidak semua pantai di Sidoarjo memiliki pasir berwarna hitam. Salah satunya yaitu pantai Sontoh Laut yang memiliki hamparan pasir putih yang indah. Pantai ini secara administratif masuk dalam kawasan Surabaya namun berada dekat Sidoarjo karena berbatasan langsung.

9. Pantai Tlocor

pantai tlocor
Majalah Global

Di area pantai Tlocor ini, Sedulur bisa menikmati fasilitas liburan dengan menaiki perahu. Hanya dengan membayar sekitar Rp10 ribuan, Sedulur bisa menuju ke tengah laut bersama dengan rombongan.

Selain itu, Sedulur juga bisa menyantap makanan dari olahan seafood yang masih fresh. Sedulur juga akan merasakan kelezatan berbagai olahan seafood karena dimasak dengan bumbu khas Nusantara.

Liven Up

Menikmati suasana pantai Tlocor yang indah ini juga akan semakin lengkap dengan ditemani Liven Up, minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas mulai dari jalan-jalan, mencicipi kuliner seafood, hingga menikmati senja akan terasa lebih menyenangkan.

Sedulur bisa menemukan Liven Up di warung dan toko kelontong terdekat, serta di SuperApp. Tidak perlu khawatir karena beli Liven Up di SuperApp selalu ada promo spesial setiap saat yang bakal bikin belanja makin hemat. Menarik ‘kan? Jadi buruan beli sekarang juga ya!

10. Pulau Sarinah

Dengan akses transportasi air di daerah Tlocor, Sedulur bisa menuju ke Pulau Sarinah untuk melihat-lihat keindahan alami yang didominasi oleh tanaman mangrovenya. Pulau yang terbentuk dari semburan lumpur Lapindo ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

11.  Pantai Wughoyo

Sedulur yang suka mendatangi pantai di Sidoarjo dan mencari pantai yang belum banyak dijamah orang? Datangi saja Pantai Wughoyo yang berlokasi di area Sedati. Sedulur  bisa menyegarkan mata dengan melihat air pantainya yang berwarna biru bening.

Sedulur bisa melihat makhluk air yang tinggal di perairan tersebut. Akses untuk menuju ke sana memang masih belum bagus dan diaspal. Meskipun begitu, rasa lelahmu akan terbayarkan setelah melihat penampakan pantainya.

12. Jungle Waterpark Sidoarjo

jungle waterpark sidoarjo
Indonesia Bagoes

Jika rekomendasi pantai di Sidoarjo yang di atas telah Sedulur kunjungi, ada rekomendasi lain tempat wisata menarik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Tempat wisata ini terletak di Ketegan, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Setiap orang pasti menyukai wisata air, hal tersebut terbukti dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung ke tempat wisata Sidoarjo satu ini. Terdapat bermacam wahana permainan air yang bisa Sedulur kunjungi di tempat wisata satu ini. Mulai dari kolam ombak, seluncuran air raksasa, dan ember raksasa.

Sedulur membutuhkan waktu tempuh sekitar 25 menit untuk sampai di tempat wisata ini dari pusat kota Sidoarjo. Tentunya ini bukan jarak yang terlalu jauh untuk bisa bermain air bersama keluarga dan teman-teman.

Demikian tadi deretan daftar rekomendasi pantai di Sidoarjo yang bisa jadi referensi Sedulur untuk dikunjungi saat liburan atau di akhir pekan. Ada banyak pantai dengan keindahan yang masih asri dan belum banyak diketahui oleh masyarakat lainnya. Jadi selamat memilih dan berlibur di pantai Sidoarjo ya!