ketan malang

Ketika mendengar kata ‘ketan’ dan Jawa Timur, tentu saja pikiran akan langsung tertuju ke kedai ketan di Batu. Kempat yang juga dijuluki Ketan Malang ini terkenal berkat sensasi escape yang dapat dirasakan saat malam-malam makan ketan di sekitar alun-alun yang sangat menyenangkan.

Akan tetapi untuk wilayah Malang Raya, ternyata masih ada banyak kedai ketan legendaris ataupun inovatif yang sangat menarik untuk dicoba, lho! Dengan begitu, tentu saja berwisata kuliner ketan Malang akan terasa jauh lebih menyenangkan dan juga memuaskan.

Ketan sendiri sejatinya merupakan jajanan lawas, yang saat ini mulai berinovasi menjadi semakin lezat dengan cita rasa modern serta topping yang cukup beragam. Nah, berikut ini ada rekomendasi lima kedai ketan Malang yang lezat dan wajib dicoba!

BACA JUGA: 9 Tempat Kuliner Malam Sidoarjo, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

-->

1. Pos Ketan Legenda 1967

resep ketan bubuk
Instagram/Unboxing.jajan

Kedai ketan Malang yang pertama adalah Pos Ketan Legenda 1967. Sesuai dengan namanya, kedai ini menjadi salah satu legenda kuliner di Malang Raya yang telah hadir sejak 1967 silam. Hingga saat ini, Pos Ketan Legenda telah menghadirkan banyak cabang di wilayah Batu, Malang, bahkan sampai Surabaya.

Ya, Pos Ketan Legenda 1967 juga menjadi pelopor kedai ketan dengan berbagai macam variasi topping yang menarik. Mulai dari durian, susu, maupun meses. Harga ketan di tempat ini juga cukup terjangkau, yakni mulai dari 8 ribu hingga 17 ribu rupiah.

2. Ketan Lorong

Berbeda dari Pos Ketan Legenda 1967 yang sering dijadikan sebagai tujuan bagi para pelancong dari luar kota, Kedai Ketan Lorong menjadi destinasi utama dari para muda-mudi di wilayah Batu untuk nongkrong dan menghabiskan waktu. Kedai ini bertempat di di lorong pertokoan sekitar Alun-alun Batu.

Ketan Lorong bisa dibilang merupakan kedai warisan turun temurun. Sampai saat ini, Ketan Lorong telah dikelola oleh generasi ketiga. Kedai ketan ini buka 24 jam setiap hari, dengan harga menu mulai dari 5 ribu rupiah. Hadir pula ketan dengan berbagai varian topping seperti keju, susu, coklat, hingga kicir.

3. STMJ Bengawan Solo

Seperti yang telah diketahui, kedai STMJ biasanya menyajikan menu berupa ketan bubuk. Beralamat di Jl. R. Tumenggung Suryo No.35, Bunulrejo, STMJ Bengawan Solo buka dari pukul 6 sore hingga 1 dini hari. Kendati menu utamanya STMJ, namun hidangan yang lain juga tidak kalah lezat.

Hidangan lain yang dimaksud dalam hal ini, tentu saja ketannya. Di kedai yang satu ini, ketan dibanderol dengan harga mulai 9 ribu rupiah saja. Jika Sedulur ingin menambahkan berbagai macam topping, tenang saja. Biaya yang dibutuhkan juga tidak mahal, kok!

BACA JUGA: Nasi Bali Surabaya, Kuliner Hidden Gem yang Wajib Dicoba!

4. Ketan Bubuk Kudusan

ketan malang
Instagram/ketanbubukmalang

Kedai ketan Kudusan telah hadir sejak tahun 1970-an, dan menjadi kedai kaki lima yang punya dua cabang di wilayah Malang RAya. Satu piring ketan bubuk original di kedai ini, dibanderol dengan harga 8 ribu rupiah.

Sementara untuk ketan bubuk variasi dengan topping seperti keju, abon, meses, serta kicir dibanderol mulai 14 ribu sampai dengan 18 ribu rupiah. Ya, Ketan Bubuk Kudusan mulai buka pukul 5 sampai 10 pagi. Jadi memang sangat cocok sebagai teman jogging.

5. Ketan Susu Pak Yan

Di jalan panjang yang menghubungkan antara Malang dengan Batu, Sedulur akan menemukan kedai Susu Ketan Pak Yan. Kedai ini tepatnya berada di Jalan Tlogomas Malang. Cabang yang pertama ini buka mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam.

Sementara untuk dua cabangnya yang ada di Batu, buka selama 24 jam setiap hari. Lalu untuk varian ketan susu original, dibanderol seharga 4 ribu rupiah saja. Nah, Sedulur dapat menambahkan berbagai macam topping mulai dari kitkat, meses, hingga durian mulai dari 2 ribu hingga 8 ribu rupiah.

6. Warung Kopi Ketan Bubuk Kesatrian

Kedai ketan Malang yang berikutnya adalah Warung Kopi Ketan Bubuk Kesatrian. Bagi yang sudah biasa nongkrong di wilayah Jalan Mayjen M. Wiyono, tentu sudah tidak asing dengan salah satu kedai ketan legendaris di Malang raya ini.

Menu ketan yang tersedia, memiliki harga cukup terjangkau yaitu antara 3.500 hingga 25.000 rupiah saja. Bisa dibilang jika tempat yang satu ini telah dikenal secara meluas mempunyai cita rasa yang tidak pernah berubah sejak dulu kala.

BACA JUGA: 15 Tempat Kuliner Pagi di Malang, Enak dan Murah!

7. Ketan Klojen

ketan malang
Freepik/Jcomp

Rekomendasi ketan Malang yang terakhir yakni Ketan Klojen. Ketan Klojen sendiri terletak di Jalan Pajajaran dan menyajikan menu ketan hitam dengan es krim dengan kemasan yang cukup unik. Bukan hanya tampilan, sudah pasti rasa ketan yang dihadirkan juga nikmat dan juga menyegarkan.

Kemudian bicara soal harga, tampaknya Sedulur tidak perlu khawatir lagi tentang harga yang dibanderol di tempat ini. Jadi, harga menu yang ditawarkan terbilang cukup murah, yakni mulai dari 12.500 sampai dengan 16.000 rupiah saja.

Itu dia beberapa rekomendasi kedai ketan Malang yang wajib untuk Sedulur kunjungi. Walau termasuk jajanan tradisional yang sederhana, dengan kreatifitas sebuah ketan dan bubuk kedelai dapat dikreasikan menjadi sangat nikmat!