nasi babat surabaya

Kalau bicara tentang kuliner Surabaya, tentu Sedulur sepakat bahwa ada banyak sekali pilihannya yang memanjakan lidah. Nggak cuma nasi rawon atau pecel saja, tapi ada juga nasi babat Surabaya yang sangat melegenda.

Nasi babat Surabaya memiliki rasa yang cenderung asin gurih. Pasalnya, ada juga nasi babat yang diolah dengan rasa lebih ke manis. Saking populernya nasi babat Surabaya, banyak sekali artis atau konten kreator yang berkunjung di kota Pahlawan ini untuk mencicipi kelezatan kuliner satu ini.

Bagi Sedulur yang penasaran dan ingin mencoba mencicipi kelezatan nasi babat Surabaya. Kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi lokasi terbaik untuk menikmati kuliner satu ini. Yuk, langsung simak ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Cafe di Pusat Kota Surabaya yang Cozy!

1. Nasi Babat Cak Yasin

Nasi babat Surabaya
Instagram/Eattemptationsby

Nasi Babat Cak Yasin merupakan salah satu kuliner populer di Surabaya yang juga disambangi oleh Nex Carlos. Nasi babat ini menyajikan menu babat handuk goreng yang sudah diungkep sebelumnya.

Disuguhkan dengan nasi putih dan sambal pedas, kenikmatannya nggak perlu diragukan lagi. Kuliner pedas di Surabaya ini juga menawarkan menu nasi babat campur lengkap dengan usus. Lokasinya berada di Jalan Dukuh Kupang Raya Nomor 32, Sawahan, Surabaya dan buka 24 jam.

2. Sego Babat Ondomohen

Ada yang spesial di nasi babat Surabaya satu ini, yaitu Sego Babat Ondomohen yang menyajikan babat dengan nasi putih, sambal lalapan, dan bumbu rempah yang lezat. Bumbu rempah yang disajikan terbuat dari kelapa parut yang disangrai dengan bumbu.

Rasanya terasa gurih dan nikmat ketika disantap dengan nasi hangat. Harga per porsi menunya dibanderol mulai dari Rp16.500. Lokasinya berada di Jalan Walikota Mustajab Nomor 23, Genteng, Surabaya dan buka 24 jam.

3. Nasi Babat Usus “SAMBEL MERCON” Pak Cholik

Nasi Babat Usus “SAMBEL MERCON” Pak Cholik berlokasi di Jalan Tambang Boyo Nomor 138, Pacar Kembang, Tambaksari, Kota Surabaya. Warung ini buka dari pukul 17.00-00.00 WIB. Nasi Babat Pak Cholik menyajikan menu nasi putih atau nasi jagung babat dengan harga Rp20.000.

Salah satu ciri khas dari nasi babat ini adalah sambalnya yang benar-benar bisa memuaskan para pecinta pedas. Jadi, wajib Sedulur coba. Selain itu, spesialnya lagi di sini Sedulur bisa menikmati minuman sinom dan sari kedelai sebagai penyegarnya.

4. Nasi Babat Madura

Nasi Babat Madura ini berlokasi di Jalan Nyamplungan, Ampel, Semampir, Kota Surabaya. Mereka buka dari pukul 17.00-04.00 WIB. Di sini, Sedulur bisa menikmati babat dengan nasi putih atau nasi jagung yang gurih.

Spesialnya lagi, ada peyek yang bisa Sedulur tambahkan untuk melengkapi sensasi makanmu. Harga per porsi nasi babatnya dibanderol sekitar Rp17.000. Jadi kalau Sedulur sedang berada di daerah Semampir, mampir di warung ini.

5. Nasi Babat Gosyen

Satu porsi menu nasi babat di sini tidak berbeda jauh dari tempat makan enak di Surabaya lainnya. Pasalnya rasanya sangat menggugah selera dan mengenyangkan. Tekstur dari babatnya terbilang empuk dan berbumbu gurih. Disajikan dengan serundeng kelapa kering yang menjadi sensasi lain makan nasi babat Surabaya.

Selain babat, ada juga menu lauk lainnya seperti limpa, usus, hingga paru yang bisa dipilih. Harga per porsinya mulai dari Rp15.000 saja. Jadi sangat terjangkau ‘kan? Lokasi Nasi Babat Gosyen berada di Jalan Raya Dukuh Kupang Barat Nomor 25, Putat Jaya, Dukuh Pakis, Kota Surabaya dan buka dari pukul 06.00-13.00 WIB.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Makanan 24 Jam Surabaya Paling Enak!

6. Nasi Babat Mbok Lemu

nasi babat surabaya
Instagram/Eattemptationsby

Nasi Babat Mbok Lemu merupakan tempat makan nasi babat di Surabaya yang terkenal enak selanjutnya. Berlokasi di Jalan Kupang Baru Raya Nomor 24, Sukomanunggal, Surabaya, warung ini dikenal sebagai warung yang bersih dan menyuguhkan nasi babat yang mantap dan gurih.

Kalau Sedulur pecinta pedas, wajib ke warung ini dan merasakan sensasi sambal yang luar biasa pedas.  Warung ini menyajikan babat yang super empuk dan serundeng yang amat gurih. Seporsi nasi babatnya terbilang kaya akan lauk, ada babat, mie, serundeng kelapa, sambal, lalapan, dan nasi putih.

Ada juga menu lodeh, rawon, nasi campur hingga nasi empal. Harga per porsi menu di Nasi Babat Mbok Lemu dibanderol mulai dari Rp13.500. Buat Sedulur yang ingin menikmati sajian babat di rumah, bisa beli babat frozen dengan berat 150 gram dengan harga Rp55.000. Buka dari pukul 07.30-20.00 WIB.

7. Nasi Babat Surabaya Sidosermo

Di Nasi Babat Surabaya Sidosermo menawarkan menu nasi babat spesial yang disajikan di atas daun pisang. Penggunaan daun pisang ini tentu memberikan sensasi dan kenikmatan tersendiri ketika menyantapnya. Di dalamnya berisikan usus sapi goreng, babat goreng, tomat, serundeng kelapa, sambal, dan lalapan.

Harganya mulai dari Rp 13.000. Kalau Sedulur ingin menu selain jeroan sapi, bisa pilih sego sambel wader atau lele. Lokasi kuliner pedas di Surabaya ini berada di Jalan Sidosermo, Gang 3 (belakang toko pojok), Wonocolo, Surabaya. Jam bukanya dari pukul 10.00-22.00 WIB. Wajib banget untuk Sedulur coba nih!

8. Nasi Babat Kampung Malang

Nasi babat memang memiliki kenikmatan tersendiri karena biasanya disajikan dengan jeroan juga dan sambal. Sedulur pun bisa mencoba olahan babat nasi yang disajikan dengan sepiring nasi putih, usus goreng, sambal, dan lalapan di warung Nasi Babat Kampung Malang.

Harga per porsi menu nasi babat dibanderol dengan harga Rp 17.000. Selain nasi babat, Sedulur juga bisa memilih menu jeroan lainnya. Ada nasi lidah sapi, nasi paru sapi, nasi limpa sapi, hingga nasi kikil dengan harga sekitar Rp25.000.

Untuk lokasinya Nasi Babat Kampung Malang berada di Jalan Pandegiling Nomor 221, Tegalsari, Surabaya dan buka 24 jam.

9. Sego Babat Pak Lurah

Sego Babat Pak Lurah berlokasi di Jalan Arjuno Nomor 148 A, Sawahan, Kota Surabaya. Warung ini buka dari pukul 18.00-23.00 WIB. Di sini seporsi menu nasi babat dan usus dijual dengan harga mulai Rp22.000.

Setiap piring nasi babatnya ada tambahan serundeng kelapa yang melimpah. Jadi, akan sangat memuaskan pengunjung yang menikmati nasi babat di sini. Sambalnya juga pedas dan nikmat disantap dengan nasi hangat.

10. Sego Babat Ngagel Jaya

Ketika Sedulur berkunjung ke sini akan menikmati sepiring nasi babat dengan cita rasa khas yang lezat dan menggiurkan. Sepiring nasi babat di warung ini berisi nasi putih, babat yang sudah dipotong kecil-kecil, serundeng, bumbu kuning, dan sambal korek. Pedesnya bikin nagih, cocok buat Sedulur yang hobi makan pedas.

Tempat makan nasi babat ini berlokasi di Jalan Ngagel Jaya Selatan Nomor 43, Surabaya. Harga per porsinya sekitar Rp15.000. Sedulur bisa pesan sego babat campur dengan usus sapi, limpa, hingga paru.

Di sini Sedulur bisa menikmati santapan lezat saat malam hari dengan Sego Babat Ngagel Jaya sebagai menu makan malam yang mengenyangkan. Untuk rasanya juga tidak perlu diragukan lagi deh!

BACA JUGA: 12 Kuliner Pasar Atom Surabaya yang Enak dan Legendaris

11. Nasi Babat Paru Mulyosari

Instagram/Roylukito

Tempat makan nasi babat di Surabaya ini bisa Sedulur pesan dan nikmati di rumah menjadi nasi kotakan yang mengenyangkan. Bisa dipesan juga untuk acara tertentu di rumah. Sedulur bisa menikmati seporsi nasi babat, paru dengan serundeng kelapa, dan sambal dengan warna merah merekah nan menggiurkan.

Soal pedas juga tak perlu diragukan lagi, sudah pasti akan membakar lidah. Pesan juga jus sirsak untuk menambah sensasi makan nasi babat. Lokasi Nasi Babat Paru Mulyosari ini berada di Jalan Mulyosari I Nomor 102, Kalisari, Mulyorejo, Kota Surabaya. Warungnya buka dari pukul 08.00-22.00 WIB.

12. Nasi Babat A3 Fattar

Ada warung makan pinggir jalan di Surabaya yang menawarkan menu nasi babat dengan sambal pedas yang melimpah. Cocok banget dengan Sedulur yang suka dengan kuliner pedas.

Warung ini buka sejak pagi hari pukul 09.00 sampai malam. Sedulur bisa mampir ke Nasi Babat A3 Fattar untuk makan siang yang bikin keringat bercucuran. Lokasi tempat makan Nasi Babat A3 Fattar ini ada di Jalan Brawijaya Nomor 45, Sawunggaling, Wonokromo, Kota Surabaya.

13. Nasi Babat Madura STB

Buat Sedulur pencinta sambal bawang, bisa coba mampir ke Nasi Babat Madura STB yang berlokasi di Jalan Lidah Wetan, Depan Lapangan Poral, Lakarsantri, Surabaya. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

Sambal bawang di sini rasanya khas yang tentunya kepedasannya nggak kaleng-kaleng. Sangat nikmat ketika disantap dengan nasi babat isian babat paru, irisan daging, usus goreng, nasi putih, dan lalapan. Untuk harganya sangat terjangkau yaitu Rp23.500. Jadi Sedulur tidak perlu khawatir saat mencoba banyak hidangan di sini ya!

14. Nasi Babat Mbak Um

Sajian babat goreng kering yang bisa Sedulur coba di tempat makan nasi babat di Surabaya ini. Selain babat, Sedulur bisa tambah telur kecap dan mie sebagai isiannya. Kalau bosan dengan menu nasi babat, bisa pesan nasi ayam goreng, atau nasi campur.

Lokasinya berada di Jalan Babadan Di samping Pasar Cilik Nomor 59, Jepara, Bubutan, Surabaya. Menjajakan nasi babat dengan etalase kaca di pinggir jalan yang buka sejak pagi hari untuk sarapan. Jadi menu ini cocok jadi pilihan selain soto, rawon maupun pecel.

15. Nasi Jagung Babat “Pasar Senggol”

Bagi Sedulur yang ingin menikmati babat yang empuk dan sambal yang pedas, Sedulur bisa mencoba datang ke tempat makan Nasi Jagung Babat “Pasar Senggol”. Lokasinya berada di Jalan Jemur Andayani Nomor 51, Surabaya.

Warung sudah buka dari pukul 08.00-23.00 WIB. Dalam seporsi menu nasi babat jagung berisikan babat, usus, paru, dan sambal pedas dengan harga sekitar Rp17.000. Cocok buat Sedulur yang suka pedas!

16. Nasi Babat Usus Mbak Lilik

nasi babat surabaya
Instagram/Reinaldolauw

Satu porsi nasi babat di Nasi Babat Usus Mbak Lilik sedikit berbeda. Jika kebanyakan menggunakan sambal bawang, tapi di sini nasi babat ditambah sambal korek pedas menambah selera pecinta kuliner. Bagi pecinta pedas wajib coba nasi babat yang ditambah satu centong sambal. 

Harga satu porsi makanan pedas ini cukup terjangkau. Cukup merogoh kocek Rp15 ribu, kalian bisa menyantap nasi babat, usus, dan masih banyak pilihan lain. Warung makan Nasi Babat Usus Mbak Lilik berada di Raya Darmo Permai 1 No.81 Surabaya atau sebrang tahu campur seno jaya.

Tempat makan ini buka sore hari sekitar pukul 17:00 – 21:00 WIB. Jadi, wajib masuk dalam daftar kuliner Surabaya yang perlu Sedulur cicipi.

Itulah tadi rekomendasi nasi babat Surabaya yang wajib Sedulur coba saat berkunjung di Kota Pahlawan. Hidangan ini memang memberikan sensasi tersendiri ketika kita datang ke Surabaya, selain memang rasanya yang gurih. Kelezatan sambal pada nasi babat Surabaya juga menjadi kunci. 

Semoga rekomendasi kuliner nasi babat Surabaya di atas bisa membantumu menikmati kelezatan hidangan khas Kota Pahlawan ya. Walaupun begitu, Sedulur juga bisa mengeksplore lokasi nasi babat Surabaya lainnya karena masih banyak lokasi yang menarik untuk dicoba. Tapi, kira-kira lokasi mana dulu nih yang mau kamu jadikan tujuan mencicip nasi babat?